Cara Paling Mudah Mengembalikan Posting Yang Telah Terhapus

muhammad adnin


Cara Paling Mudah Mengembalikan Posting Yang Telah Terhapus.Mungkin dari kita ada yang pernah mengalaminya.Akibatnya sudah barang tentu lah,hal ini membuat perasaan seketika menjadi binggung,sedih atau bahkan sempat kecewa,di karenakan salah satu artikel yang dengan susah payah di tulis dan di buat secara tak sengaja terhapus(terdelate) oleh kita.Sama halnya pula dengan kejadian yang baru kemarin saya alami pada sebuah artikel yang berjudul "Banjir 17 Januari Kembali Landa Jakarta",yang mana saat itu langsung lenyap selama beberapa hari dengan begitu saja.

Setelah berusaha googling untuk mencari referensi cara mengatasi sekaligus mengembalikannya.Dan hingga akhirnya pun artikel yang sudah terhapus bisa berhasil di tampilkan kembali malam tadi.
Memang sebelumnya saya sudah mencoba dengan cara lain,yakni hanya sebatas mengcopy artikel dan gambarnya lewat RSS Feed kiriman email,namun hal ini sama di lakukan seperti halnya ketika kita membuat postingan baru,hanya judul dan isinya saja yang sama.Sedangkan untuk komentar yang sudah sempat masuk sebelumnya tidak dapat ikut di tampilkan.

Nah di kesempatan ini,bukannya saya berniat menggurui namun hanya ingin berbagi pengalaman,yang barangkali bisa berguna di saat anda mengalami hal serupa.

Cara dan langkahnya

Cara Paling Mudah Mengembalikan Posting Yang Telah Terhapus

  • Buka halaman pencarian google lalu ketikan judul atau permalink post anda yang terhapus.Kemudian klik tanda panah dan klik menu cache.
  • Setelah anda di hantar masuk kehalaman cache posting,di lanjutkan dengan mencari artikel postID nya.Caranya dengan meng klik kanan pada halaman dan klik menu view source (tekan ctrl+u).
  • Untuk mencari postID atau ID posting di halaman source tadi lebih mudah,gunakan keyword postID pada kolom.Dan seperti contoh pada gambar yang di beri kotak merah nomor postID nya.
Cara Paling Mudah Mengembalikan Posting Yang Telah Terhapus

  • Kemudian simpan,copy dan paste nomor postID ke notepad.
Cara Paling Mudah Mengembalikan Posting Yang Telah Terhapus

  • Langkah selanjutnya masuk dan login,buka dashboard,tuju halaman post kemudian pilih salah satu artikel anda yang pernah di terbitkan(dalam memilihnya bebas terserah).Arahkan kursor pilih menu edit dan klik.Setelah terbuka tinggal di copy linknya.
Cara Paling Mudah Mengembalikan Posting Yang Telah Terhapus
  • Setelah link tadi di copy kemudian pastekan ke tab baru di browser anda.Maka segera ganti IDpost yang tertera dengan IDpost yang telah anda simpan di notepad tadi.Kemudian tekan enter.
  • Biarkan tunggu prosesnya berjalan dan anda nantinya akan di bawa kehalaman post editor.
  • Setelah muncul konten lengkap baik dari isi artikel,gambar,permalink maupun label dan lainya.Langkah terakhir tinggal klik publish,maka artikel berikut komentar anda yang pernah terhapus akan terbit kembali.*yet.

terima kasih untuk mas A. Khoirul(admin buka rahasia blogspot)

68 komentar:

  1. katanya seperti itu bisa ya, saya juga pernah baca tapi belum sempat dipraktekan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah ngalamin artikel terhapus tanpa sengaja Mas Pur
      Ternyata ada solusinya. di coba dulu trik nya Mas Makasih :)

      Delete
    2. kalo yang udah terhapus baik itu sengaja maupun tidak ya saya relakan saja hehe

      Delete
    3. beda lagi ceritanya kalo blog na di delete mbah google alternativ lain ke bing cache :d

      Delete
    4. woalah simbah juga suka sok marah ya jewer dan menghapus belog yang dianggap nakal gitu yah. Ini simbah masih abg usianya wajar juga jika pemarah ya?

      Delete
  2. Wah waahh.... luar biasa sekali ya ? Bisa mengembalikan artikel yang tidak sengaja terhapus.
    Thaks tipsnya.

    ReplyDelete
  3. aku sih suka rutin ngebek ap blog
    trauma kejadian 7 taun silam, seluruh blog lenyap diisengin orang :(

    ReplyDelete
  4. wah ternyata caranya cukup mudah ya mas Pur, makasih infonya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yah Mas Is. trik nya Mas Pur perlu di coba
      Kali aja artikel saya yang kehapus bisa balik lagi

      Delete
  5. Mantap nih tips yang satu ini tentang mengembalikan postingan yang terhapus,saya simpan dulu bro nanti kalau sewaktu diperlukan ada referensinya

    ReplyDelete
  6. bermanfaat sekali sharingnya mas, saya pernah terhapus postingannya namun saya gak tahu cara mengembalikannya lagi, akhirnya saya nulis lagi dengan susah payah, hmmm :(
    makasih telah berbagi ^^

    ReplyDelete
  7. Sukur dah sudah kembali posting yang ilang. Memang bikin cemas dan bingung hal kayak begituan

    ReplyDelete
  8. jadi tips buat bekal nantinya deh mas, saat ini saya sering bek ap segala aktivitas blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bekal saya isinya roti, om

      Delete
    2. bungkus baek baek masukin lemari sbagai senjata sat di butukan nantinya. Tenang aja ga ada basinya kayaknya

      Delete
  9. wah ternyata masih bisa dimunculkan walau sudah didelete ya...

    ReplyDelete
  10. Jadi tidak khawatir lagi kan mas kalau post kita sewaktu-waktu terhapus,mantap mas

    ReplyDelete
  11. Kalau artikel yang ilang belum kebaca mesin pencarian gimana tuh mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu syaratnya memang harus terindex dulu mas...
      Soalnya kan kita minta bantuan langsung ke google lewat cachenya :)

      Delete
  12. ane pernah sekali gak sengaja ngapus post, dan sialnya gak tau cara mengembalikannya. Thanks buat tipsnya mas

    ReplyDelete
  13. harus saya catat nih Pak. selain memback up artikel yang dibuat, perlu juga mengetahui cara ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo udah buat catatannya, saya dikopiin satu ya, mbak

      Delete
  14. Di BM dulu mas..pasti ini berguna lho sebab kadang kala juga mengalami hal yang sama

    ReplyDelete
  15. Kalau tidak terindex google itu yang susah ya.. Thanks tipsnya

    ReplyDelete
  16. Saya baru tau cara ini Mas. Sangat bermanfaat,

    ReplyDelete
  17. tips yang sangat sangat bagus.
    tapi kalau seumpama postingan yang terhapus itu tidak muncul di google pencarian? terus bagaimana caranya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinannya ada dua mbak Muya
      Karena telat atau terlalu lama mengembalikannya dan karena blm teridex..
      Salah satu cara bisa mencopi paste kembali artikel yang sudah terhapus lewat kiriman berlangaan Rss Feed lewat email.. :)
      Namun konsekwensinya tidak bisa mengembalikan url yang sama serta komentarnya juga gak ikut kebawa :)
      Katanya sih gitu mbak :)

      Delete
  18. Saya kira artikel tersebut memang sengaja dihapus oleh Mas Budi. Soalnya kemarin saya sempat buka dari halaman beranda untuk melihat komentar yang sudah saya terbitkan, Eitc...hilang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga berpikiran sama mas hehe...

      Delete

  19. Hello my friend.
    Pleasant day.
    Teb.

    ReplyDelete
  20. Informasinya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  21. Cara yang cukup simple terima kasih sob

    ReplyDelete
  22. Cara yang yg cukup mudah sob mengembalikan artikel yg kehapus karena duplikat konten misalnya hehe

    ReplyDelete
  23. wah boleh juga nih mas tutorialnya. Untuk antisipasi kalau adapostingan yang sengaja atau tidak disengaja dihapus ya. Jadi tidak perlu nulis ulang lagi. Thanks mas budi atas share nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sampai nulis ulang lagi pasti repot yah mbak dengan cara di tas pasti lebih mudah :)

      Delete
  24. Selamat Malam Mas Pur. wah saya ketinggalan berita
    Penting Dari Mas Pur ini. gara-gara saya kena korban
    Banjir juga Mas. wah info bermanfaat nih Mas saya pernah
    Mengalami artikel yang gak sengaja terhapus ijin coba
    Terima kasih atas artikel dan berbaginya salam Hormat :)

    ReplyDelete
  25. boleh juga nih mas Budi cara mengembalikan artikel yang terhapusnya, penting sekali nih, ijin bookmark yah :)

    ReplyDelete
  26. Salam budi...

    Makasih budi atas peneranannya...

    hari itu sy lihat di blolist saya,blog budi berada di atas seolah2 ada entri tp bila sy dt ke sini ternyata tiada entri yg terkini...hahaha.....

    ReplyDelete
  27. Sip gan, buat jaga jaga nih . Heihee

    ReplyDelete
  28. Makasih mas, tutorialnya, sampai saat ini belum pernah kehapus, izin tak simpan ya mas.

    ReplyDelete
  29. Bisa kembali ya post terhapus
    Ini benar-benar kabar bagus

    Terimakasih

    ReplyDelete
  30. Weh caranya unik sekali ya, mantap

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah saya belum pernah mengalaminya mas Bud, makasih infonya

    ReplyDelete
  32. info yang menarik gan
    bisa dipraktekkan kalau postingan ada yang gak sengaja kehapus
    ijin follow dan ditunggu follbacknya ya
    hehhe

    ReplyDelete
  33. ternyata bisa dikembalikan ya mas. info yang sangat berguna

    ReplyDelete
  34. akan saya kembalikan arktikel saya yg sudah terhapus dngan cara ini
    hehehehe
    thanks mas

    ReplyDelete
  35. pantesan aku dari sore tadi pingin silaturahmi kemari. berhubung jaringan nte lemot baru tengah malam nyampek kemari..
    ternyata mas budi lagi berbagi informas yang sangat bermanfaat sekali,,
    ini aku bookmark mas, nanti klo ada kasus pasti tak pakai. thx

    ReplyDelete
  36. sampai saat ini sih belum pernah terhapus artikelnya, tapi penting juga tahu caranya seperti yang dijelaskan di atas, makasih mas :)

    ReplyDelete

  37. Belum pernah ada posting yang kehapus, tapi tipsnya keren banget :)
    Salam!

    ReplyDelete
  38. Saya belum pernah mengalami hal seperti ini. Beberapa waktu lalu saya malah menghapus puluhan artikel di blog yang tidak saya butuhkan lagi. Memang bila artikel itu masih fresh, penting, dibutuhkan, spesial, dan menarik tentu kita 'galau' bila sampai terhapus secara tidak sengaja dan tidak dapat mengembalikannya. Namun selalu ada solusi untuk setiap permasalahan yang kita alami. Terima kasih sharing dan motivasinya. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  39. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo Jr..... Saya pernah dua kali terdelete posting dan amat menecewakan. Tidak pernah terfikir untuk mencari solusinya. Hanya copas semula (untung sudah dicopy dulu) atau menulis yang baru (tidak sempat copy). Hal ini amat menyakitkan hati dan harus bersabar. Informasi dan tutorial di atas sanagt membantu jika berlaku lagi. Terima kasih ya. Salam sejahtera dari Sariei, Sarawak :D SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  40. ini nih artikel yang ane cari.. soalnya ane sempat puyeng kehilangan artikel trending ane.. mksi gan sharenya.. coba saya terapin

    ReplyDelete
  41. mantab nih artikelnya bisa ctrl Z istilahnya.. jadi ketika artikel kita yang hilang bisa dicomot kembali dengan cara itu ya gan :)

    ReplyDelete
  42. waw tinggal copy kan mas pur :)
    benar benar tips yang bermanfaat nih semoga jangan deh kalo terhapus hehehe

    ReplyDelete
  43. selamat Pagi Mas. Insya Allah kalau kedepannya ada Postingan yang tidak sengaja saya delete, saya Pasti kembali mencari Postingan ini untuk langsung mempraktekkannya Mas...

    ReplyDelete
  44. Wah kalau post yang sudah atau sengaja di hapus, bisa juga di balikin ya mas. Soalnya saya pengen balikin post2 yang pernah saya hapus mas hehehe

    oke akan saya coba triknya mas budy ini.. Terima kasih mas.?

    ReplyDelete
  45. betul banget mas pur saya sendiri pernah mengalami postingan blog yang sudah terhapus kemudian saya memanfaatkan chace tersebut Alhamdulillah berhasil :)

    ReplyDelete
  46. pengen juga nih bisa mengembalikan artikel yang telah di hapus. Ada sekitar 100 artikel yang tidak bisa diselamatkan di Blog saya mas. Tapi ketika di cari cache nya, hanya ketemu 2 artikel saja. Dan 1 artikel dari blog lain yang kebetulan copas artikel dari blog saya wkwkwk :D

    ReplyDelete
  47. Ilmu baru saya belum pernah menggunakan trik ini mas,,, bisa di cobain di blog saya artikel yang telah terhapus

    ReplyDelete
  48. Hello and good weekend.
    I'll be cataract surgery.
    On 18 and 25 February.
    But I'll come visit as soon as possible
    Teb.

    ReplyDelete
  49. ini nih yang saya cari-cari, sungguh bermanfaat sob..
    jng lp follow back y

    ReplyDelete
  50. wih ternyata begitu cara nya yah.. makasih gan bermanfaat sekali buat saya :)

    ReplyDelete
  51. bisa juga nih di coba caranya,dulu pernah salah hapus artikel.. tak kira draft ternyata itu postingan.Jadi bingung mengembalikannya lagi

    ReplyDelete
  52. thanks udh berhasil . mampir http://ombimo.blogspot.com

    ReplyDelete
  53. Min kalo sering hapus hapus artikel itu ada efeknya ga ke blog itu sendiri?

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum