Seberapa pantas Diwajibkan 2

muhammad adnin


Seberapa pantas Diwajibkan 2Seberapa pantas Diwajibkan 2.Entahlah bila pengambilan judul dari tulisan hari ini masih sambung menyambung dengan judul "Seberapa pantas Diwajibkan" yang pernah muncul di bulan februari lalu.Namun dari tulisan yang sudah pernah di publish tadi dan entri yang baru akan di sampaikan ini nantinya,kembali penulis di sini tidak berniat atau beranggapan kurang baik pada pihak manapun.Hanya sekedar wujud ekspresi yang berakhiran tanda tanya kecil semata,apa hal itu memang sekiranya pantas untuk diwajibkan.

Di saat ingin memasuki waktu pulang jam pelajaran terakhir jum'at kemarin di sekolahnya dan di karenakan sabtunya tidak ada acara belajar mengajar (libur).Wali kelas kembali mengingatkan ke pada murid-muridnya untuk di hari senin agar tidak lupa membawa sekuntum bunga dan sebuah coklat.Dan himbauan ini berlaku untuk semua siswa di sekolah SMP (anak saya berasal)baik dari kelas tujuh sampai kelas sembilan.

Bila di tanya untuk apa membawa kedua barang itu,alasannya sama persis di dua tahun yang lalu.Hal ini terkait dalam menyambut perayaan Hari Guru yang memang jatuh pada tiap 25 November,termasuk juga dalam perayaan di sekolah itu.Dan entah jika hal ini pun di ikuti untuk para siswa di periode tahun-tahun sebelumnya.

Meski tidak ada pemberitahuan tertulis dari pihak sekolah dan penjelasan sangsi bagi siswa yang tidak membawanya.Namun demikian di kuatirkan akan tetap menjadi beban moril dan bahan pertanyaan dari para teman sekelasnya,dan menimbulkan penilaian tersendiri dari para wali kelas jika ada salah satu siawanya yang tidak mematuhinya.
Selamat Hari Guru,di genggaman mu kini masa depan anak dan negeri ini turut urun di pertaruhkan.*yet.


87 komentar:

  1. SalamMas Budi Selamat siang nyimak artikel yang bermanfaat ini tentang
    Seberapa pantas Diwajibkan 2 kalau gaka salah, keren artikelnya sangat simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik dapet parcel Pertamax lagi dari Mas Budi di jamin lebih santer nih
      Ini cerita artikelnya Mas Budi Masih duduk di Bangku SMP ya Mas? hh :)

      Delete
    2. yang sekolahkan anaknya mas Budi, wah mas Karysta nggak teliti nih bacanya hehe...

      Delete
    3. Lho bener toh Mas Anthonie..? hhh saya kira Mas Budinya yang sekolah
      SMP Mas, atau cerita masa masih sekolah, jadi salah yah maaf deh Mas

      Delete
    4. harus ngasih coklat mas biar dimaafin sama mas Budi hehe...

      Delete
  2. pantaskah guru yang sekarang disebut pahlawan tanpa tanda jasa? itu pertanyaan besar buat saya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya pertanyaannya cukup keras sob, saya agak gk mengerti maksud dari pertanyaannya atau mungkin saya yang salah nangkap maksudnya :D

      Delete
    2. kalau tanpa tanda jasa emang pantes mas, hehehe

      Delete
    3. kalo dulu zaman oemar bakrie pantas disebut pahlawan, tapi kalo sekarang orang berlomba ingin menjadi pns utamanya guru, taulah jadi pns itu walaupun gk masuk kerja gaji teetep utuh :p

      Delete
  3. Ternyata hari ini hari guru ya mas maaf nggak pernah sekolah jadi nggak tau
    Kalau menurut saya pribadi hadiah adalah sebagai bentuk ungkapan saja yang paling penting adalah bagaimana
    menghargai sesuatu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adakah penghargaan tanpa bentuk ?
      Ini pertanyaan mbak....

      Delete
  4. wah mas memang harus dipertanyakan tapi susah juga bila ditanyakan bila guru nya agak g enak imbas nya ke anak di sekolah itu
    susah jaman sekarang ini itu harus teliti dulu

    ReplyDelete
  5. harusnya kita juga dapet kembang ya Mas? kan kita juga kaum pendidik.
    meski bunga bambu wulung yang clegit-clegit

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga bank kalo dari yang syariah nggak papa kan?

      Delete
    2. nanam bunga sendiri lebih bagus

      Delete
  6. Good afternoon, greetings perkenalan.kunjungi my blog yes or https://play.google.com/store/apps/details?id=air.PuzzleBarbie and https://play.google.com/store/apps/details? id = air.KumpulanDongeng maybe you have a child, brother, or nephew, there is a puzzle here and a collection of children's stories, to hone the intelligence of children, may be useful and good luck, thank you

    ReplyDelete
  7. selamat siang pak budi, sambil menyimak artikelnya saya datang sambil membawa game android full version FREE Download ^_^

    ReplyDelete
  8. ikut menyimak di senin siang yang cerah ini. salam blogger

    ReplyDelete
  9. wah gurunya pada pesta coklat tuh gan hehe....

    ReplyDelete
  10. Terlepas dari pro dan kontra atas himbauan tersebut secara pribadi saya salut dengan upaya untuk menumbuhkan rasa hormat dan menghargai seorang guru. Rasa hormat dan menghargai seorang murid kepada gurunya hendaknya tetap ditumbuhkan di era modern ini. Bunga dan coklat hanyalah lambang saja sebagai ungkapan bakti seorang murid kepada gurunya. Bukan pada nilai barangnya tetapi pada perhatiannya atau kepeduliannya pada Hari Guru. Tentu semua itu tidak ada paksaan. Para murid didorong untuk mengisi hari-harinya dengan perbuatan yang terpuji, mengharumkan nama sekolah dan keluarga, mau berbagi untuk orang lain dan saling tolong-menolong dalam kebaikan. Selamat Hari Guru Tahun 2013. Jasamu tiada terkira untuk negeri ini. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa. Salam cemerlang. Apa yang ingin saya sampaikan sudah terwakilkan disini.
      Selamat hari guru.

      Delete
    2. Berarti mbak asri dapat banyak bunga dan coklat dong

      Delete
  11. Pengalaman yang bermanfaat dan bagus nih :) izin menyimak saja dari hari senin yang paling menyebalkan untuk anak-anak sekolah :(

    ReplyDelete
  12. Saya pikir kepantasan tergantung dari kemampuan dan penghargaan tergantung pada keikhlasan. Yang penting bagaimana cara orang tua memberi pengertian pada anak begitu juga dengan guru.

    Selamat hari guru. Jasamu tidak ternilai dengan apapun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan yang penting bagaimana cara anak itu menerimanya..

      Delete
  13. Hhmm,,, ternyata ada perayaan hari guru ya di sekolah, saya malah enggak tahu nih, belum ngecek juga di sekolah tempat saya mengajar ekstrakurikuler. Tapi menurut saya ini juga akan jadi beban murid ya, ada baiknya diganti dengan hal lain selain bunga dan coklat itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas jadi beban. trus gurunya enak donk dapet coklat banyak..

      Delete
  14. Pada waktu aku sekolah dulu.. Tidak ada acara hari guru/maksdku bawa bunga dan cokelat..
    Mungkin karena sekolahanku di desa apa yaa,,,!???

    ReplyDelete
  15. mau komen apa ya..??

    penghargaan yg sesungguhnya itu bukan lewat barang atw benda nyata tp penghargaan yg sesungguhnya itu lewat Tanda hormat, apresiasix adalah lewat sikap...!

    guru hrs dihargai tp guru jg jgn sampe gila dihargai.....

    ReplyDelete
  16. ini delima,,, maka saya sarankanm sebaiknya yanbg tidak siap jadi gurum jangan melamar jadi guru, karena dampaknya adalah maju mundurnya bangsa ini....

    ReplyDelete
  17. Mungkin sang guru ini dulu pertama kali hanya omong iseng saja niatnya. Namun itulah dilemanya, seharusnya guru lebih berhati-hati dalam berkata terhadap anak-anak yang notabene masih labil dalam memahami sesuatu. Namun bisa juga ni guru kebablasen gaulnya. haha

    ReplyDelete
  18. Selamat hari guru mas budi, semoga anak anaknya pada saatnya nanti akan menjadi abak yg berprestasi dan sukses seperti bapaknya
    salam sukses mas budi

    ReplyDelete
  19. mantap gan :D jgn lupa mampir ke

    Andrekocak Blog

    ReplyDelete
  20. Mungkin untuk di bagi sama pacarnya gan :D

    ReplyDelete
  21. Ini sebagai ungkapan apa ya mas...??? klu valentine day sih ga masalah
    OOO..mungkin sbgai ungkapan terimakasih atas bimbingan2 para guru selama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp klu dari semua siswa membawa bunga dan cokelat bayangkan berapa banyak yg dikumpulkan dari sekian banyak siswa..itu satu tahun klu sepuluh tahun..ntar walikelasnya bisa bikin toko bunga ama cokelat tuh hehehe smile mas bro

      Delete
  22. guru sekarang memang sering aneh2..apa hubungannya coklat bunga dan hari guru ya...aku juga jadi bingung :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi saya bang, tambah bingung..

      Delete
    2. saya juga bingung mas hehe...

      Delete
    3. pada pegangan kursi hati2 kalau pada jatuh karena bingung

      Delete
  23. Kayagnya coklatnya enak tuh Mas *salah fokus :D haha..

    Selamat hari guru untuk semua guru-guru d Indonesia ^_^

    ReplyDelete
  24. ada-ada aja ya guru jaman sekarang. nah itu kalaudapet coklat dari muridnya mau di apain. mau dimakan apa di jual lagi ya. kan lumayan tuh dapet coklat banyak...hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya dih mas di obral atau di lelang

      Delete
  25. Waduh, saya malah baru tau hari ini hari Guru. Saya kurang setuju kalau ada sekolah yang mengharuskan murid2nya membawa coklat dan mawar, karena bisa membebankan murid2 dari kalangan eknomi kurang mampu. Lebih baik kalau murid2 diminta menyiapkan puisi untuk guru atau do'a bersama di sekolah.

    ReplyDelete
  26. kalau aku waktu masih jadi murid dulu
    aku akan patuhi perintah itu
    kalau cuma bawa coklat atau bunga belum layu
    sayang waktu itu aku ga mampu
    harus mempersembahkan puisi untuk hari guru

    andai saja sekarang bisa di ulang dulu

    oh guru...
    maafkan aku
    cuma bisa mengucap padamu
    TRIMAKASIH GURU
    kini aku tahu bakatku
    dari perintahmu yang sulit diwaktu dulu

    Selamat Hari Guru ...

    ReplyDelete
  27. Didaerah saya kebiasaan memberi bunga + coklat kepada guru dihari guru tidak ada mas, yang masih ada - ini pun tidak diharuskan - diakhir tahun ketika kenaikan kelas. Beberapa siswa biasanya memberi kado pada gurunya.
    Selamat Hari Guru :)

    ReplyDelete
  28. Menurut saya lebih dari sekedar memberi Coklat + bunga pun pantas, cuma jangan gurunya yang terkesan mohon minta dikasih :)
    Salam hangat!

    ReplyDelete
  29. saya ikut menyimak sambil hadir bawa dukungan ya mas,,, salam sukses!

    ReplyDelete
  30. wah di tempat saya tidak pernah ada tradisi seperti ini mas.. kebetulan banyak guru yang masih muda.. ntr malah gurunya klepek klepek karena so sweet malah beda mengartikannya mas hehehehe

    ReplyDelete
  31. Baru sempat mampir di blog mas budi lagi,artikel nya keren mas seperti yang sudah2 selalu bagus

    ReplyDelete
  32. kalau tiap siswa ngasih coklat berarti dapet banyak donk coklatnya hehe...

    ReplyDelete
  33. selamat hari guru ...
    hari ini saya gak dapet ucapan selamat ya, padahal kan saya bukan guru, hehehehe :)
    asik ya hari ini guru banyak dapet cokelat dan bunga dong di sekolah anaknya ...

    ReplyDelete
  34. umm, entahlah kalau memang benar seperti itu mungkin bapak dan ibu guru punya alasan untuk melakukannya

    ReplyDelete
  35. kalo saya kurang lebih sama dengan mas Nady, di daerah saya juga kayaknya gak ada tradisi seperti ini...tapi kalo siswa memberikan sesuatu buat guru selama itu tidak ada unsur paksaan menurut saya sih gak masalah, wajar-wajar saja sebagai bentuk ucapan terimakasih atas jasa-jasa guru yang cukup besar dalam mendidik siswa :)

    ReplyDelete
  36. Selamat pagi jelang siang. datang lagi saya Mas Budi, di artikel
    Tentang sekolah nice yah Mas, ternyata sobat semua juga pada antosias
    Salam Hormat buat Mas Budi dan Sobat semua yang ada di komentar ini :))

    ReplyDelete
  37. ada ada saja kalau ada periantah membawa seauatu ke gituan, gak ada penting pentingnya sebenarnya juga.

    ReplyDelete
  38. gak terbayang perbandingan jumlah guru di sekolah itu dengan jumlah coklat yang dibawa siswa, wah guru2 bakal pesta coklat ni...

    kenapa guru mewajibkan membawa bunga mawar juga ?? justru mungkin harumnya nama guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa akan sedikit berkurang wanginya jika itu dihargai dengan seremonial mewajibkan membawa bunga dan coklat untuk guru yang dibebankan kepada murid

    ReplyDelete
  39. Selamat hari guru!Karena jasa mereka lah kita jadi manusia yang cerdas,yang masih bodoh bukan kesalahan guru

    ReplyDelete
  40. tp terkadang tergantung siapa juga gurunya, ada guru yg baik pasti tentunya ada jg guru yg tdk baik, ada guru yg teladan, pasti jg ada guru yg tdk teladan, ada guru yg rajin pasti ada guru yg malas... kyknya pantas saja gelar pahlawan tanpa tanda jasa itu kita berikan jika guru tersebut guru yg rajin, baik, serta teladan..

    ReplyDelete
  41. Bawa coklat sama bunga gak masalah.. Tapi Meskipun demikian kalau di tinjau tidak sedikit para guru yang masih pada korupsi waktu..

    ReplyDelete
  42. Jasa seorang guru memang besar.

    ReplyDelete
  43. Selamat hari guru utk semua uru diIndonesia..kalau di Malaysia ini hari guru jatuh pada 16Mei setiap tahun...

    Selamat malam budi...selamat beristirehat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. *guru di Indonesia...maaf budi,tersalah menekan..hehe

      Delete
  44. Wah selamat hari guru. semoga dengan dengan peringatan hari guru ini, gaji dan fasilitas tenaga pendidik di negeri ini bisa ditingkatkan lagi mengingat sangat besar jasa para guru yang telah mencerdaskan anak bangsa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pahlawan tanpa tanda jasa, kita bisa pintar semua karena jasa-jasa para guru yah mbak :)

      Delete
  45. Itu gurunya mau jualan kali mas Bud... hehe

    ReplyDelete
  46. hrsnya sih guru jgn mewajibkan spt itu. Tp akan lebih cantik kl murid2nya yg py inisiatif sendiri untuk memberi hadiah kpd guru di hari guru :)

    ReplyDelete
  47. cokelaat ma bunga nya buat spa mas? buat bapak ibu guru ya? hehehe
    selamat hari guru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikumpulin ..buat yang ultah mbak

      Delete
    2. saya pas ultah dulu kok nggak ada yang ngasih coklat yah hehe...

      Delete
  48. selamat malam Sob...tanggal 25 kemarin diperingati sebagai hari Guru. Semoga Pendidikan di negara kita bisa lebih Maju lagi, jangan hanya sebatas berkembang saja terus...

    ReplyDelete
  49. kalau baca ini : "Selamat Hari Guru,di genggaman mu kini masa depan anak dan negeri ini turut urun di pertaruhkan",

    ngga pas juga kalau baca cerita diatas soal kadi kecil untuk "sang guru"

    ReplyDelete
  50. keren artikelnya sob , , ,
    salam kenal, , ,
    ditunggu kunjungan baliknya . . .

    ReplyDelete
  51. Hadir kembali mas budi untuk ikut belajar tentang seberapa pantas. Salam hormat buat mas budi dan sahabat blogger yang lainnya :D

    ReplyDelete
  52. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo....

    SELAMAT HARI GURU BUAT SEMUA GURU DI INDONESIA. Mudahan segala amal bakti kepada anak didik mendapat ganjaran besar di sisi Allah SWT atas kemuliaan profesi yang mengajak manusia menjadi insan berguna dan berilmu pengetahuan.

    Menurut saya, tidak salah kalau guru mengajar anak didiknya menghargai guru atau sesiapa sahaja, dengan menyuruh mereka memberi hadiah. Malah amalan ini juga diamalkan di kebanyakan sekolah di Malaysia. Anak-anak sangat suka. Ibu bapa juga sama menghargai jasa guru.

    Misalnya saya dan suami, sangat menggalakkan anak-anak memberi hadiah kepada guru mereka setiap kali datangnya sambutan hari guru. Kami akan sama-sama membeli hadiah yang mampu dibeli. tidak mestinya mahal tetapi sangat bermakna buat anak-anak kepada gurunya. Kami juga menggalakkan anak-anak membuat kartu khas untuk guru yang mengajar mereka.

    Malah ramai ibu bapa di Malaysia juga menghadiahkan sekolah tempat anak mereka belajar dengan membeli kek, buah-buahan dan makanan yang akan dimakan bersama oleh semua guru di sekolah. Amalan ini menjadi lebih meriah apabila sambutan tersebut dilakukan bersama anak murid yang diakhiri dengan acara makan, memberi hadiah dan persembahan setiap kelas.

    Menurut saya, tidak ada masalahnya kita mendidik anak menghargai jasa guru yang selalu dianggap BERJASA TANPA TANDA. Lihat dari sudut positinya. Mudahan bermanfaat buat anak-anak. Semoga para guru sentiasa komitmen dalam tugas mereka dan "bukan" mengharap hadiah semata-mata sebagai membalas jerih perit kerja mereka selama ini. Bergembiralah dnegan dunia pendidikan anda. SALUT BUAT JASA GURU SELURUHNYA.

    Salam ceria dari Sarikei, Sarawak. :D

    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  53. Salam hangat mas ..
    maaf baru mampir...
    kalo jaman dulu kayaknya murid yg berinisiatif untuk membuat acara buat guru2 nya.. atau skrg guru tidak menyatu ya dengan gurunya sehingga mesti disuruh ? ahhh... ingat dulu sekolah dikampung perayaan hari guru kami peringatin dengan cara yang sederhana.. murid membawa makanan masing2... tanpa paksaan... dan rela juga bongkar celengan

    kalo dalam hal murid senang melakukan nya gak jadi masalah.. tapi kalo gurunya netapin murid harus bawa "sesuatu" akhirnya jadi paksaan.... :(
    apalagi kalo minta mawar segar,,, wahh lumayan juga harganya :)

    ReplyDelete
  54. ikut mampir meskipun telat, artikelnya menarik dan membarikan sentuhan.. kira-kira sosok umar bakri yang seperti di siratkan oleh bang iwan fals ada gak jaman sekarang.

    ReplyDelete
  55. Guru, ya... ga bisa ngungkapin kata-kata :)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum