Penyebab Abu Vulkanik Kelud,Tak Sampai Guyur Ibukota

muhammad adnin


Penyebab Abu Vulkanik Kelud,Tak Sampai Guyur IbukotaPenyebab Abu Vulkanik Kelud,Tak Sampai Guyur Ibukota.Lagi-lagi musibah beruntun terjadi di negeri tercinta ini.Dari mulai banjir,tanah longsor sampai meletusnya gunung berapi di sejumlah daerah.Kedatangannya pun tanpa di tandai isyarat atau lewat aba-aba terlebih dulu.Sampai segitu kuatnya,nampak mengerikan dan kerap muncul semau dan sekehendaknya.
Entahlah,apakah ini menunjukan satu teguran karena tanda masih sayang-Nya.
Atau jangan-jangan hal ini pula,bisa jadi merupakan imbas dari sebuah kekeliruan dan rasa ketidak-syukuran.
Namun di balik itu semua,kita bersama yakin akan ada sebuah hikmah besar,agar kita bisa lebih ramah lagi terhadap alam serta pandai mengingat pemberian nikmat dari Tuhannya.

Masih sering terdengar dan terlihat ramai di berbagai media hingga hari ini,tentang pemberitaan meletusnya Gunung Kelud pada beberapa waktu lalu.Terutama akan dampak dari abu vulkaniknya yang tidak hanya menghujani sekitar lokasi gunung saja,namun lebih jauh meluas sampai ratusan kilo ke daerah atau kota lain di wilayah Jawa.

Sementara itu menurut para ahli di bidangnya memperkirakan setidaknya Jakarta juga berpotensi terkena guyuran abu vulkanik gunung Kelud, (meskipun hal itu sangat kecil kemungkinannya).
Alasan dari perkiraan itu selain dasyatnya letusan,di sebabkan pula saat ini sedang masuk musim transisi di iringi angin kencang dan adanya tutupan awam hitam.
Oleh karenanya ada kemungkinan abu bisa sampai ke Ibukota,kendati demikian efeknya tidaklah sampai membahayakan (ujar,Kepala Bidang Informasi BPBD,DKI Jakarta).

Namun berbeda dengan alasan dari Pak Irwan rekan sekerja saya,ia mengatakan pandangannya lewat broadcast massagenya.

Penyebab Abu Vulkanik Kelud,Tak Sampai Guyur Ibukota

Jadi,memang persoalan macet dan tingginya tingkat polusi,bukan hanya membuat tak nyaman warga ibukotanya,ternyata.
Tapi ada pihak (warga lain) yang mengeluhkan kondisi yang sama,termasuk sekumpulan abu kelud ini pun ikut urun merasakannya.(ada ada aja)*yet.

66 komentar:

  1. Ternyata ada juga keuntungan dengan macetnya ibukota. Abu vulkanik gunung kelut yang bepergian kemanamana jadi enggan singgah di jakarta karena macetnya lalulintas ibu kota. Jadi ga harus menanggung dapak hujan abu jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiyah lagian kenapa abu vulkanik itu ngga mau masuk Jakarta....dia males ketemu pak admin....;o)

      Delete
    2. hahaha memangnya kenapa tuh pak adminya kang Cilembu,menyeramkan kali yah hahaha

      Delete
    3. Sepertinya lingkungan Pak Adminya sudah Panas dan banyak abu
      Kang Dede, jadi Abu vulkaniknya Males gak dapet tempat hhh :D

      Delete
  2. setiap kejadian Allah itu ada hikmahnya yg tersembunyi perlu bersabar saja menempuhi setiap ujiannnya....gunung2 berapi x meletus setiap hari tapi beratus tahun sekali..dan xbanyak negara yg milikinya..ianya harta negara Indonesia yg xternilai juga.

    ReplyDelete
  3. Betul mas Pur. Bencana alam itu peringatan dari yang Maha Kuasa. Boleh jadi kemurkaan Allah karena kita mulai ingkar akan nikmatNya. Atau boleh jadi pertanda Allah masing sayang pada kita. Namun kita berdoa agar sahabat-sahabat kita terhinbdar dari bencana alam terwsebut...

    ReplyDelete
  4. Mungkin bemcana utk kita tapi rezeki utk org lain

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah Nganjuk Kena abunya sebentar dan tidak separah yang lainnya,walaupun jarak kediri dengan nganjuk termasuk dekat ..wahhh suara letusannya aja kedengeran sampai nganjuk,,, dan intinya bencana alam itu mutlak memang cara Allah mengingatkan umatnya yang ndableg ndableg,hehe...

    ReplyDelete
  6. kwakwakwa... pendapat pak irwan itu ilmiah juga lho gan... :D

    ReplyDelete
  7. wkwkwkwk.. bener pisan bikin ngakak nih pesan brodcast :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masyarakat Jakarta mendambakan Abu
      Vulkanik kali Mas Intan hahahahha :D

      Delete
  8. hehehee..setuju dengan pak Irwan...siapa coba yang berani ng'lawan abu metromini...akang berani ngga coba?

    ReplyDelete
  9. agak mengerikan ini bencananya yaa....

    ReplyDelete
  10. Bumi ini dn seluruh isinya adalah milik Sang Pencipta....setiap apa yg berlaku itu adalah utk kita berfikir dn bermuhasabah...kalau kita tidak dpt melihat bknlah krn mata kita yg buta tetapi yg buta itu adalah matahati yg ada di dlm dada.....

    Salam buat mas budi..

    ReplyDelete
  11. memang harus kita renungkan atas semua bencana yg melanda negeri kita nih mas...

    ReplyDelete
  12. hmm.. ngeri banget tuh.. harus lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta

    kunjungan perdana mas..
    salam kenal dan sukses selalu..
    Follback ya mas zon-go.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. pasti ada hikmahnya musibah yang terjadi.. semoga semuanya berada dalam keadaan yang baik..

    ReplyDelete
  14. Semoga saja abu vulkanik ini cepat selesai karena sangat mengganggu pernapasan, dan mudahan bencana letusan gunung kelud segera berakhir.

    ReplyDelete
  15. Halah, tak kira tenanan mas Pur .. ternyata minder sama debu metromini, kopaja, dan bajaj .. :d

    ReplyDelete
  16. iya semoga saja abu vulkanik nya cepet ilang dan warga yang tertimpa bencana nya di berikan ketabahan aminnnnn

    ReplyDelete
  17. hahaha baru sadar saya, serius baca diatas, Tapi pas baca yang dibawah bikin ketawa..

    ReplyDelete
  18. Jadi bertarung ya mas abu yang dari kelud kalah...hebat ibukota

    ReplyDelete
  19. semoga saja jakarta tidak kebagian guyuran debu vulkanik mas,,
    saya kok ngeri membayangkannya , karena disana sangat penduduk..

    ReplyDelete
  20. Sungguh pendapat yang hebat dari ahlinya mungkin debu vulkanik buru buru nyampek tujuannya jadi gak mau lewat di jakarta wkwkwkwk

    ReplyDelete
  21. Lucu-lucu baca pesan dari pak irwan tersebut
    hahaha

    ReplyDelete
  22. Waduh Mas Pur, saya bacanya sudah serius karena ingin tau penjelasan ilmiahnya. Ngga taunya, males kena macet Jakarta :D

    ReplyDelete
  23. Wasem kirain serius akhir-akhirnya BC juga kwwkw

    ReplyDelete
  24. sepertinya angin nya berhembus ke barat dan ke selatan mas, sehingga jakarta nggak ikut terkena hujan abu vulkanik itu. Syukur banget ya mas soalnya kalau terkena hujan abu, bisa repot nggak bisa keluar rumah hehe ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau pas hujan abu pasti malas mau keluar rumah yah mbak :)

      Delete
    2. iya mas, soalnya harus pakai masker buat nutupi mulut dan juga pakai mantel biar nggak kehujanan hehehe :D

      Delete
  25. tuhan masih lg sayangnya hambanya.. moga diberi perlindungan buat semua.. hati2 ya

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ,,,,,tempat saya tinggal sekarang tidak terlalu jauh dari TKP ( Pasuruan Jawa Timur ) cuma hari pertama saja itupun tidak terlalu parah,kemudian besoknya hujan derasa sehingga debu vulkanik yang menempel langsung bersih disiram hujan deras, Alhamdulillah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah kalau begitu kang soalnya kalau nggak hujan malah bikin repot semua orang yah.

      Delete
  27. malah pada ngelawak :D semoga cepet selesai ya bencana G.kelut :)

    ReplyDelete
  28. Semoga musibah ini cepat berlalu

    ReplyDelete
  29. Ngebanyol via bbm :p, disini di jogja debunya banyak banget padal jauh sekitar 200an KM dari TKP semoga ja ujan terus biar debunya hanyut. :D

    ReplyDelete
  30. di tempat saya juga kena nih (Sidoarjo).. tapi alhamdulillah cuma 1 hari saja

    ReplyDelete
  31. yahh...lumayan lah kena abu nya ajj..tp bikin batuk jg sih

    ReplyDelete
  32. Allah maha besar, sekali letusan hampir semua wilayah ikut merasakan. semoga saja ni ada hikmahnya..

    ReplyDelete
  33. semoga gak ada letusan susulan...
    Aduh, ngebanyangin kalau jakarta kena dampak gunung kelud...udah kena banjir, macet...ehhh nambah lagi abu vulkanik

    ReplyDelete
  34. berarti abu vulkanik kalah sama debu dari metromini yah mas haha....

    ReplyDelete
  35. ha2x.. rupanya kalah saingan dgn abu di ibukota ya.,

    ReplyDelete
  36. bahaha..itu broadcast massagenya lucu banget mas, iya juga yah mungkin begitu alasannya

    ReplyDelete
  37. Jadi tidak jadinya masuk abu vulkanik gunung kelud akibat macet ya Kang. He,, he,, he,,

    Salam

    ReplyDelete
  38. wah,di tempat saya abu vulkanik masih terasa mas.. susah di bersihkan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya brow.. Kalo di genteng lengket jadi susah bersihinnya

      Delete
  39. abunya aja udah ogah antri macet apalagi manusianya ya.. hehe...
    kalo di daerah ane mah untung cuma dampak awan nya jadi mendung gitu

    ReplyDelete
  40. untung aja nggak sampai di jakarta ya mas, kalau sampai bisa payah, perekonomian jakarta bisa terhenti kalau ada hujan abu ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, daerah banten alhamdulillah aman :D

      Delete
  41. abunya sampai jg di kampung halamanku mas

    ReplyDelete
  42. semua memang kembali kepada Alloh, secara ilmiah arah dan kecepatan angin menentukan kemana abu itu pergi. ane lihat foto satelit ternyata yang mengenai jogja sampai garut itu cuma ujung ekornya saja. inti kumpulan abu menuju lautan arah barat selatan.
    bayangkan, baru ujung ekornya aja dah kayak gitu, apalagi kalo arah angin lurus ke barat, brarti full komplit abunya menutupi pulau jawa. akan setebal apa ya? :(

    ReplyDelete
  43. serem juga kalau sampai kena lahar panasnya yah mas, gambarnya aja sampai merah menyala begitu pasti panasnya luar biasa sekali.

    ReplyDelete
  44. Untung saja Jakarta Macet yah Mas Pur
    Jadinya abu Vulkanik gak nyampe Jakarta hhh :D

    ReplyDelete
  45. ngeri ya letusanya, daerah ane kena badai vulkanik gan...

    ReplyDelete
  46. Hehehehe ada-ada saja, sampai abu vulkanik pun enggan masuk jakarta karena macetnya :D

    ReplyDelete
  47. kalau hujan abu di kota besar, memang agak merepotkan ya mas karena kebanyakan tanah nya sudah di aspal. Jadi harus dibersihkan secara manual agar tidak berdebu lagi :)

    ReplyDelete
  48. wkakakak... lucu nih.
    sayang saya telat baca.. kalo nggak mau tek bikin status.

    ReplyDelete
  49. Untung tidak sampai ibukota ya, kasihan pasti merepotkan, mudah2an musibah i negeri ini cepat selesai

    ReplyDelete
  50. Masalah abu vulkanik juga terjadi di daerah saya mas yaitu gunung sinabung kabupaten tanah karo, saat abu vulkanik itu aktif, jarak radiusnya sampai ke medan lho, pantesan sepede motor saya pada kotor, salam kenal mas purnomo. terima kasih

    ReplyDelete
  51. Hheheheee... ternyata kemacetan di Jakarta di takuti oleh abu vulkanik gunung kelud ya kang xixiii ....

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum