Lahan Hijau Untuk Apa?

muhammad adnin

Lahan Hijau Untuk Apa?Lahan Hijau Untuk Apa? Lahan Hijau Untuk Apa?.Di atas lahan hijau seluas inilah,nantinya akan segera di sulap menjadi sebuah tempat hunian masa depan dan modern.Sedangkan untuk  proyek pengerjaan pembangunannya sendiri tengah baru di mulai untuk beberapa waktu kedepan.Selain apartemen yang tentunya menjandi salah satu tujuan utama dari pembangunannya tadi,hal ini akan di ikuti pula dengan keberadaan fasilitas lain.Seperti tersedianya pusat perbelanjaan,perkantoran,tempat makan dan tempat hiburan lainnya,yang sudah barang tentu dari kesemuanya di wujudkan sebagai sarana penunjang dan pelengkap di dalamnya.

Tentang daerah pembangunan apartemennya sendiri,ceritanya bakal berlokasi di jalan Letjen Suprapto(di kawasan Cempaka putih,Jakarta Pusat).Tepatnya berhadapan persis dan berseberangan dengan sebuah Mall besar yang sudah terlebih dulu ada di sana.Dan karena daerah ini pula merupakan pertemuan dua batas wilayah,yakni antara Jakarta timur dan utara.Dengan begitu membuat jalur kawasan ini memang terbilang sangat mudah di akses,dan semakin terlihat strategis posisinya.

Lahan Hijau Untuk Apa?
sebelum mall besar ini berdiri,kawasan tersebut dulunya pun adalah lahan hijau nan subur.Di mana sebagian besar areanya terisi sebidang ladang yang di tumbuhi bermacam jenis palawijah oleh masyarakat sekitar,serta terdapat pula rawa-rawa dan hektaran tanah yang di penuhi oleh semak belukar kala itu.Hampir mirip memang dengan tempat yang akan di jadikan apartemen saat ini,nantinya.Namun kurang lebih keduanya memiliki fungsi yang sama,yakni sebagai lahan untuk resapan air di saat musim penghujan tiba.(dan kini tinggal menyisakan satu lahan yang masih bertahan... meski kilauan hijaunya nampak bisa terlihat hanya untuk hari ini saja).*yet.
 

99 komentar:

  1. makin habis aja ya pak lahan hijaunya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju dengan mas Rizal, sepertinya ada benarnya

      Delete
    2. lahan hijaunya bisa dipindah ke atas gedung mungkin

      Delete
    3. apalagi atap gedungnya pake alang-alang
      pasti jakarta langsung terpandang

      Delete
    4. itu yang bangun siapa yah,trus nanti yang nempatin siapa???Mang Yono,Penyuluh Perikanan,Andez RN,apa Anisayu,,,tapi tidak mungkin ach,apa Mas Budi sendiri yang menempatinya nanti,,

      Delete
    5. klau atap gedungnya ada atap lagi mbk atas wkwkwkwk

      Delete
    6. diatasnya lagi ada atap
      dibawah ya gelap

      Delete
    7. tenang saja masih ada corbuser si tukang sulap pasti jakarta makin gemerlap

      Delete
    8. hati-hati mas Andes,nanti disulap jadi kodok loh hihi

      Delete
    9. yuk kita tanem alang2 di gedunga yuk

      Delete
  2. wah.. hunian masadepan.. kuburan donk sobat.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kuburanlah hunian masa depan ..

      Delete
    2. bukan kuburan tapi makam wkwkwk

      Delete
    3. bukan makam tapi ruang bawah tanah

      Delete
    4. bukan ruang bawah tanah tapi balik papan

      Delete
  3. mudah2an nanti ada lahan lain sebagai gantinya, karena tentunya lahan untuk resapan airpun penting kan ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting sekali kang, biar air ndak habis

      Delete
    2. trus lahan penggantinya dimana,??harusnya didekat situ juga kan??

      Delete
  4. sekitar kita sudah bnyak pembangunan , asalkan pembangunan itu baik dan bermanfaat sih tak apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mas, tapi yg perlu diperhatikan Dampaknya jakarta yg sudah rawan banjir, apalagi itu daerah rawa

      Delete
    2. kan ada banjir kanal mas, jadi ndak banjir lagi... kalau ndak jebol lagi hehehe

      Delete
    3. kan banjir kanalnya,sekarang jadi ruko Mang,,,

      Delete
  5. Seharusnya mereka itu menyadari kalau jakarta sudah terlalu berat utk dibuat bangunan beton seperti yg dimaksud, bahkan rencana kedepan jakarta akan dipindahkan ke kalimantan, sebaiknya jangan dibuat bangunan yg semakin memberatkan yg akibatnya jakarta bisa tenggelam, tapi justeru perlunya penghijauan yg perlu digalakkan mas Budi..?
    tapi itu pendapat saya saja..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. malahan ada rencana mas, di Jakarta dikawasan SCBD mau dibangun bangunan setinggi 638 atau 111 lantai, katanya bangunan ini bakalan termasuk bangunan tertinggi ke 5 di Dunia

      Delete
    2. ternyata Jakarta ga mau kalah dg 101 taipei ya
      kalau gedung 111dibangun sesuai rencana

      wah wah wah rumput-rumput bergoyang hanya dari desa
      sebab di kota sudah tak ada

      Delete
    3. setuja ehh setuju sobat PP,

      Delete
  6. Hadir lagi disini,Mas...
    Wah,tampaknya Jakarta sudah kehabisan lahan penghijauan nih...
    Makin panas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas budi nih ada bunda hadir disini katanya kepanasan,
      minta air kulkasnya dong :D

      Delete
    2. duh lupa ngisi sob ,, ada juga air ....

      Delete
  7. mantap nih, mudah mudahan mamang kebagian membangun proyeknya eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruan dong mang, aku udah bawa cangkul nih :D

      Delete
    2. rejeki mang yono banyak

      Delete
    3. wkwkwk, mang Yono memang jagonya memanfaatkan peluang

      Delete
    4. weleh weleh,ternyata mang Yono ngintip bangunanya,buruan atuh di pasangin patok dulu hihihi

      Delete
    5. aku pinjem capingnya dong mang biar semangat pasang patoknya :D
      hihihi

      Delete
  8. Hadooh..bapak pembangunannya udah ga ada masih aja bangunan mulu yang dipentingin...lama2 yang keliatan hijau hanya warna bangunannya..bukan hijau tanaman, klu begini terus2an apa kata dunia mas hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dunia minta hijau Mas Nyzam..

      Delete
    2. kita cat aja yuk m atau cabutin tuh gedung2 tinggi ,kita tanemin alanag2

      Delete
  9. tenang saja mas budi, lahan hijau gelora bung karno masih lebar kok. buat main bola juga masih bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan dibuat rusuh supporter lho..

      Delete
    2. Entar jangan-jangan lahan hijau gbk dibikin mall karena nggak ada lahan lagi hehe...

      Delete
    3. mau di bangun roller coster aja mas biar keren gitu :D

      Delete
  10. semoga saja lahan hijau yang masih tersisa bisa dimanfaatkan dengan baik ya mas bud :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa sih nggak usah nambah pembangunan mal maupun apartemen lagi, kasian juga sih untuk generasi penerus kita nanti nggak ada lahan hijau lagi...

      Delete
  11. ya mas, lahan hijau di jakarta semakin sedikit, sehingga perlu adanya penghijauan untuk keseimbangan ekosistem Jakarta agar tidak selalu banjir

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang saja mas muroi, sebentar lagi ada program jakarta bertingkat :)

      Delete
  12. Jakarta harus ditambah dan diperbanyak lahan hijau, jangan malah lahan hijau dihilangkan. Ingat bahwa bahaya banjir selalu datang mengancam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada perahu karet,,karet gelang,

      Delete
    2. Karet gelang buat ngiket rambut yang kang...

      Delete
  13. Lahan hijau sangat dibutuhkan....tetapi sedah kehabisan space ya...tergusur dengan kebutuhan yang lain...
    berkunjung nih sob,,,salam knal

    ReplyDelete
  14. kalau di jakarta lahan hijau untuk di banguni apartemen, yang sering nongol di tv tuh, yang jargonnya murah tgl 28 naik, hihihihi..

    ReplyDelete
  15. percuma aja donk ya mas skrang di buat lahan hijau tapi besok2 dabangun gedung2 :/

    ReplyDelete
  16. rasanya agak takut
    kalau langit akan cemberut
    sebab tak ada hijaunya rumput
    di jakarta yang penduduknya seperti semut
    hiruk pikuk semrawut
    sampai kesudut-sudut
    gedung-gedung yang makin menggendut


    ReplyDelete
    Replies
    1. sampai-sampai orangnya kalang kabut...

      Delete
    2. terlanjur di jakarta susah mau cabut

      Delete
    3. koruptornya juga banyak, aku salut

      Delete
  17. Wah prihatin, pembangunan yang kurang berwawasan lingkungan

    ReplyDelete
  18. Sekarang aja sawah udah jadi perumahan.hadehh

    ReplyDelete
  19. paling ntar lagi juga jadi perumahan atau mall mas....seharusnya dijadikan hutan kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling tidak diperbanyak taman-taman dan taman bermain yang hijau gitu biar ada banyak sumber resapan hehe...

      Delete
  20. Semoga 7 generasi ke depan masih bisa menikmati indahnya lahan hijau..

    ReplyDelete
  21. sngat disyangkan di ibu kota kwasan hijau nya mulai sdikit

    ReplyDelete
  22. Mudahan saja lahan yang ada bisa dijadikan tempat bermanfaat bagi masyarakat setidaknya jangan semua dijadikan tempat atau gedung besar maksimalkan lahan penghijauan.

    ReplyDelete
  23. masih kurang saja rupanya pembangunan di Ibu kota,
    trus lahan hijaunya ?? trus trus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan gak menambah masalah lagi yah kang :)

      Delete
  24. siap2 saja ngungsi karena banjir..sebab daerah resapan airnya sudah semakin berkurang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang sudah gk ada banjir yng ada cuma ancrit heheh

      Delete
    2. kl banjir duit mlh pd seneng bang

      Delete
    3. iya apa lgi hujan pasir hahahah

      Delete
  25. salam mas...met malam....

    pembangunan itu penting juga mas...

    ReplyDelete
  26. Sayang juga sih lahan terbuka hijau mau dipake pembangunan apartemen, makin sempit kayaknya area untuk tanah resapannya yah, mudah mudahan dibarengi dengan pelestarian lingkungan yang baik dan banyakin juga pepohonan biar nggak terlalu gersang :)

    ReplyDelete
  27. lahan hijau sangat bermanfaat bukan untuk keindahan saja, tapi untuk kebersihan udara kota, sebagai kanopi kota. kalo lahan hijau udah bergeser menjadi hutan beton, maka sulit kita yg tinggal di kota merasa nikmatnya alam. sama kayak di kota mataram, kota kelahiran sy, yg sekarang udah kayak hutan ruko, di sana sini pembangunan ruko. dan sukurnya sekarang sy tinggal jauh dari kota, di kabupaten, yg lahan hijaunya masih sangatttt banyak

    ReplyDelete
  28. Kasihan kambing dan hewan lain kayak kerbau, sapi, kuda kemana lagi mereka akan merumput di jakarta kl semua lahan hijau di sulap jd areal perumahan dsb. Kenapa saya lebih kasihan pada hewan? kenapa yah? kalau manusianya malah pada lebih suka tinggal di jakarta walau mereka saling berdesakan di sana, mungkin karena cari duit di jkt sangat mudah kali jd para manusia suka tinggal di jkt

    ReplyDelete
  29. Kalau daerah resapan air di bangun pemukiman bisa kena banjir kalau musim hujan itu mas

    ReplyDelete
  30. yang pastinya biar adem gitu. hehehe

    ReplyDelete
  31. Ya.. jika lahan hijau bakalan akan dibangun atau dibuat tempat hunian elit, pastinya serapan air juga akan berkurang dan akibatnya adalah banjir.. selain polusi udara juga akan meningkat.

    ReplyDelete
  32. pantas aja manakala datang musim penghujan jakarta selalu digenangi banjir, ya mungkin ini salah satu penyebabnya lahan resapan air semakin berkurang tiap tahunnya, semoga hal ini dapa menjadi perhatian bagi instansi terkait.

    ReplyDelete
  33. Wah bentar lagi pasti banjir. wkakakaka

    ReplyDelete
  34. membenahi jakarta dalam kondisi sekarang untuk memiliki lahan bermain buat anak anak saja sudah sulit ya mas, apa lagi ditambah mal baru yang terus bermunculan,, sepertinya jakarta memang didesain sebagai kota banjir namer satu di dunia ya, ngeri juga

    ReplyDelete
  35. semoga saja masih ada lahan buat tumbuhan :)

    ReplyDelete
  36. Harusnya bikin apartemen di atas lautan jadi nggak ngurangin lahan hijau yah mas...

    ReplyDelete
  37. lahannya hilang buat bikin mall...jd gak ada tempat buat nanam pohon buat penghijauan

    ReplyDelete
  38. seharusnya diperbanyak lahan penghijauan ,ketimbang mementingkan keuntungan semata

    ReplyDelete
  39. harusnya bangun mal di pedalaman kalimantan yang masih banyak hutan
    biar yang rame pindah dan merata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan yang pasti kang rawin bakal lebih mudah mencari SPG...;o)

      Delete
  40. lama-lama lahan warna-warni makin banyak..

    ReplyDelete
  41. Sebenarnya banyak sekali manfaat dari lahan hijau. Selain sebagai daerah resapan air (recharge area), juga sebagai penyumbang oksigen di udara, dan pada akhirnya dapat mengurangi emisi gas karbon diudara. Itulah alasan mengapa di Jakarta kondisi nya kurang kondusif. banyak polusi udara, banjir ada dimana-mana, dan pencemaran limbah banyak terjadi. Dengan adanya lahan hijau, paling-tidak dapat mengurangi hal-hal semacam itu :)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum