Peranan Usaha Dan Doa

muhammad adnin


 Peranan Usaha Dan DoaPeranan Usaha Dan Doa. Serasa serasi bila keduanya bisa berjalan selalu seiring. Dalam artian lain bisa di bilang seperti ini, antara usaha dan doa memang tak bisa di pisahkan, seumpama dengan cukup hanya giat berusaha saja namun tak di sertai dengan doa, lalu merasa optimis 99%, usahanya bakal berhasil sukses dan akan beres segala urusannya... atau sebaliknya hanya cukup berdoa saja, lantas berharap lalu pasrah dan berkeyakinan pasti doanya akan terkabul, meski sadar betul bahwa dirinya tidak melakukan usaha apa-apa.

Setiap insan mesti mempunyai cita-cita atau keinginan untuk bisa segera terwujud. Dan untuk pencapaian kesuksesan (keinginan) itu datangnya pun memang tidak bim sala bim atau tinggal sekali tepuk langsung jadi (seperti memasak mie instan,layaknya). Melainkan dengan satu kerja keras, perasan tetes keringat bahkan cucuran air mata. Namun alangkah amat di sayangkan ketika pengorbanan usaha yang tengah atau sudah di lakukan membuat kita seakan "sombong" di hadapan Tuhan nya. Entahlah.. di karenakan lupa, lalai ataupun dengan sengaja tak dapat menyisihkan waktu walau cuma barang sebentar, untuk berdoa memohon pada Nya.

Sampai di akhir ketikan ini,saya ingin juga menambahkan kutipan sebuah cerita, yang mungkin pernah anda tahu, dengar atau pun pernah membaca kisahnya.

Hari itu, langit di sekitaran hutan kondisinya lumayan cerah.Awan putih melayang tersapu kuatnya angin hingga menyebar terlihat kemana-mana. Namun ada seorang pemuda tengah tersesat di dalamnya. Sejak sore hingga malam menjelang semakin membuat ia binggung, mengapa belum juga menemukan tanda penunjuk jalan untuk melangkah pulang. Sementara ketika ia berniat menghentikan pencarian dan hendak melepas lelah, mendadak ia di buat terkejut karena persis di depannya ada segerombolan serigala yang tengah kelaparan dengan menatap liar sambil menjulurkan lidah dan memamerkan ketajaman taring-taringnya. Kendati apa gerangan yang hendak di lakukan si pemuda itu tadi? Tak lama ia pun bergegas mundur beberapa langkah, lalu mengangkat kedua belah tangan sambil memejamkan kedua bola matanya, seraya berdoa memohon perlindungan kepada Tuhannya.

Setalah usai berdoa si pemuda pun perlahan membuka kedua matanya.... kling ! Sungguh menakjubkan, karena segerombolan serigala lapar itu pun langsung lenyap dari pandangannya. Bukan main senangnya hati si pemuda itu. Namun sayang seribu kali sayang rasa senangnya tak bertahan lama, di mana kala ia ingin membalikan tubuhnya kebelakang, kembali ia di kejutkan dengan tingkah aneh dari salah satu kawanan serigala itu. Badannya nampak terlihat paling besar kekar dan bisa di pastikan ini dia nih pemimpin ketua gerombolannya yang sedang tengah khusyu memimpin sebuah doa.

Setelah di rasa selesai, si pemuda itu pun memberanikan diri untuk mendekat dan bertanya ke pada sang pemimpin "Maaf kalau saya lancang.... anda sedang memimpin dan membaca sebuah doa, sepertinya.... Kalau pun boleh saya tahu, doa apa gerangan yang kalian baca tadi?
Kemudian pemimpin gerombolan serigala itu dengan rona wajah setengah ceria, lantas menjawab, "Kami sedang membaca Doa sebelum makan... Dan tahukah Kau sobat.... kenapa? Karena kami akan segera makan besar dan enak hari ini"... maka bersiaplah!*yet.

152 komentar:

  1. beberapa kali BW saya menemukan artikel tentang usaha dan doa ini mas,tapi ya lain versi.

    memang antara usaha dan doa tidak bisa dipisahkan yah...
    usaha tanpa doa berarti sombong
    doa tanpa usaha berarti nekat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tuh Bro,,,

      Delete
    2. Setuju sama komentarnya Muroi El-Barezy

      Delete
    3. kalo kata TUhan seperti kita harus menyeimbangkan antara dunia dan akhirat .. mungkin kurang lebihnya seperti itu kali ya

      Delete
    4. Wah, idem ajalah sama yg koment duluan...

      Delete
    5. NGIKUT AGAN2 DI ATAS BANG MUROY SEBAGAI IMAM

      Delete
    6. hahaha... kayaknya perlu deh baca yang paling akhir di tulisan Mas Budi, biar tidak tersesat di hutan, wkwkwk

      Delete
    7. emang doa, tanpa usaha ngga afdol, usaha tanpa do'a mana bisa...keduanya emang ngga bisa dipisahin ko'

      Delete
    8. kaya pasangan kekasih yah kang nggak bisa dipisahin doa dan usahanya :)

      Delete
    9. Wah mas Anthonie perangko banget nih hahaha

      Delete
  2. alur ceritanya asik......enak dibaca. kok doa sebelum makan yah yg di baca ketua itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau baca do'a sebelum tidur ya nggak cocok..hehehehe

      Delete
    2. bener mas kstiawan, piye to mbak indah la wong mau makan je....hikhik

      Delete
    3. apalagi dibaca sebelum ngengek

      Delete
    4. padahal bacanya gak nyampe kelar .... *saya* .

      Delete
    5. kebiasaan nih mbak mis tia

      Delete
    6. contoh tuh,pemimpin serigala,mau makan berdo'a dulu,padaha mereka itu Serigala,

      Delete
  3. Isitilahnya oraet labora bekerja sambil berdoa,tapi kisah diatas menjadi sebuah renungang juga bahwa perlunya sebuah doa dalam kondisi atau keadaan apapun itu juga.

    ReplyDelete
  4. Ternyata Kang binatangnya berdoa juga ya sebelum makan hebat ini binatangnya taat pada agama. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, Mas Riyono nih baca beneran

      Delete
  5. Itulah doa memang harus menjadi kunci utama sebelum melakukan sebuah usaha,dan akhirnya doa tersebut merestui apa yang hendak kita perbuat.

    ReplyDelete
  6. hahahahaha, itu begitu srigala ngejawab berdoa sebelum makan. jantung itu orang langsung berdetak ingin copot kaleee ya, hahhahaha, aseek aseeek ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseek.. dapet nasi kotak gratis.

      Delete
  7. Berusaha adalah cara kita mencapai tujuan, sedangkan berdoa adalah cara kita untuk memohon bimbingan arah mencapai tujuan :D

    ReplyDelete
  8. doa memang sangat penting bagi kehidupan gan .. :)

    ReplyDelete
  9. Kita sudah berusaha, namun jangan lupa disertai dengan doa, karena segala sesuatu ada yang menentukan yaitu Allah SWT.
    Salam.

    ReplyDelete
  10. hahaha, kasian banget dah jadi makanan srigala wkwkwkkwk ...
    hebat ya srigala juga bisa doa sebelum makan :)

    ReplyDelete
  11. cerita dan alurnya memang kren,, perjuangan harus disertai dengan doa by haji roma irama..
    namun di akhirnya malah baca do'a sblm makan.. hehhehe

    ReplyDelete
  12. Kalau saya jadi pemuda itu, saya jawab Amiiin, terus menggali kuburan sendiri, merokok, update status facebook, baru mempersilakan diri untuk dimakan. Kaya Tom and Jerry. :D :D

    ReplyDelete
  13. doa manakah yang akan dikabulkan?doa ketua atau doa aorang tersesat

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jelas do'a orang tersesat....

      Delete
    2. kalau menurut mas agus s sendiri mana yang mau dikabulkan? hayoo...

      Delete
    3. ada banyak versi ya ternyata, itu hak prerogatif Allah saya tidak tahu.
      enak tidur dirumah dari pada tersesat dihutan

      Delete
  14. berdo'a sebelum makan dan sebelum tidur.

    ReplyDelete
  15. heheheh seperti niat saya untuk berpoligami,..adalah doa yang selalu ku panjatkan

    ReplyDelete
  16. memang sudah sepatuhnya begitu mas..setiap usaha kita harus selalu disertai dngan doa. Masalah hasil akhir..biar Tuhan yang menentukan.

    Klo masalah cerita diatas, itu benar jga sebelum makan harus baca doa dulu. Haha..

    ReplyDelete
  17. Do'a adalah suatu permintaan,( kepada yang maha Kuasa )dan yang yang maha Kuasa akan memberikan yang diminta,namun dengan syarat ( usaha serta upaya )untuk meraih pemberianya itu,
    Jadi berdo'alah dan berusahalah,untuk menggapai cita-cita.

    ReplyDelete
  18. Berusaha tanpa do'a mungkin rizki yang di dapatkan bisa kurang Barokah nya.Serigala baca do'a sebelum makan manusia yang mau dimakan buru2 kabuuur...

    ReplyDelete
  19. Selamat Malam Sobat, Izinkan saya untuk membaca isi postingan blog mu ya..

    Jangan lupa anda mampir ke blog saya yang sederhana...

    Oiya Kalo bisa sihh Klik juga G+ nya...

    Makasih Sebelumnya..

    Selamat malam, selamat beristirahat...

    ReplyDelete
  20. Kalau udah berdoa dan berusaha.. namun masih belum ada hasil nya.. berarti itu masih belum waktunya..

    ReplyDelete
  21. rasaya bila usaha tanpa do'a ga enak
    jadi memulai usaha dengan niat baik sebagai do'a
    hasil usaha akan tampak
    dan pasti nikmat rasanya

    hehehe

    ceritanya itu menggetarkan tapi lucu :)

    ReplyDelete
  22. Doa dan usaha tentu tidak bisa dipisahkan, keduanya harus dilakukan bila ingin menggapai cita-cita...
    cerita yang menarik mas, hikmah di dalamnya mereka selalu memanjatkan doa kepada Tuhan YME, suatu bukti bahwa kita butuh pertolongan-Nya.

    ReplyDelete
  23. mantap pula ceritanya mas, mas budi emang sipp kalo nyuguhin artikel selalu menghibur :)

    ReplyDelete
  24. wah.. jadi ceritanya pemuda tersebut ya sob yang bakalan jadi makanannya.. duhh apes...

    ReplyDelete
  25. Ada doa dan ada usaha semuanya harus seimbang... maka pasti berhasil

    ReplyDelete
  26. wkwkwk..berarti si pemuda bakal dimakan serigala ya??? hahahaa
    ngakak jungkir balik :D

    ReplyDelete
  27. Doa dan usaha serta diakhiri dengan tawakkal ya mas Pur. Nice share mas.

    ReplyDelete
  28. Usaha dan doa memang satu kesatuan sob.

    ReplyDelete
  29. aku apalnya doa mau pipis doang
    gimana dong..?

    ReplyDelete
  30. usaha dan doa bagikan 1 uang koin dua mata sisi saling membutuhkan dan tdk lengkap klo hilang salah satunya... *smile

    ReplyDelete
  31. berdoa memank bagus untuk mengawali suatu pkerjaan

    ReplyDelete
  32. keduanya memang harus selaras,,
    kalo dijalanin satu-satu ga akan sempurna.

    btw tapi kasian juga yah ujungnya di makan juga . hehhe

    ReplyDelete
  33. usaha tanpa doa, sama halnya org yg berjalan tdk memakai mata.
    doa tanpa usaha, sama halnya pungguk yg merindukan bulan

    ReplyDelete
  34. setiap doa yang disampaikan dapat terwujud bila mendapat restu_NYA, kenapa, kalau usaha yang kita lakukan ternyata merupakan larangan_NYA, tentu tidak akan berhasil. salam

    ReplyDelete
  35. selalu mengiringi setiap usaha dengan doa

    ReplyDelete
  36. makjleb banget cerita pimpinan gerombolan srigalamya itu kang...memang sebelum makan kita diwajibkan untuk membaca do'a terlebih dulu...mudah mudahan saya juga terbiasa berdo'a sebelum makan.....;o)

    ReplyDelete
  37. Usaha dan doa memang harus sejalan dan tetap dobarengi, jika sudah berusaha dan berdoa maka semua plong.
    postingan yg menarik dan berguna sekali kawan
    terima kasih

    ReplyDelete
  38. Ya Allah, semoga kita semua diberikan kesehatan, keselamatan di setiap saat, setiap detik, setiap menit, dan setiap waktu serta panjangkanlah umur kami, umur yang bermanfaat di dunia dan di akhirat. Amin

    ReplyDelete
  39. KEBERHASILAN KITA DALAM BEKERJA TIDAK TERLEPAS DARI USAHA DAN DOA, SELAIN ITU RESTU DARI KEDUA ORANG TUA KITA... IYA GAK KANG HEHEHE...
    MET MLM KANG, MAAF BARU BISA HADIR LAGI ... :)

    ReplyDelete
  40. usaha dan berdo'a dalam menjalani kehidupan dan menggapai apa yg kita inginkan memang sesuatu yang harus kita lakukan mas.

    ReplyDelete
  41. Ulasannya menarik sekali sobat..Ilustrasinya mengalir menginspirasi & memotivasi..

    Setiap kita pasti punya keinginan atau impian yang ingin kita capai, tapi untuk menggapainya kita memang harus berusaha semaksimal mungkin dengan tidak lupa untuk tetap berdoa meminta kepada yang Maha Kuasa..

    Keduanya memang tidak bisa di pisahkan & wajib kita lakukan, untuk hasilnya kita bertawakal dan berserah diri saja kepada Allah SWT..

    Mudah"an yang terbaik akan menjadi milik kita..

    ReplyDelete
  42. wah.. ini true story apa gimana nih?

    ReplyDelete
  43. salam mas budi
    Lawatan pagi tirana aduka..
    Post yg menarik..tq

    ReplyDelete
  44. Selamat pagi kawan.
    Selamat beraktifitas.

    ReplyDelete
  45. keren nih artikenya mas purnomo

    ReplyDelete
  46. bener sekali mas doa dan usaha itu tidak bisa dipisahkan, layaknya bunga dan harumnya, namun setelah do'a dan usaha akan lebih mantap lagi kalau ditambah Tawakal. pasti hasilnya OK. hehhehhehhe

    nice artikel mas

    ReplyDelete
  47. Diengg.. ### si pemudabisa bahasa hewan.. ^^
    tak apalah yg penting nasehat buat berdoanya.. makasih

    ReplyDelete
  48. Wah, ceritanya keren nih Kang...
    Btw, sangat mendalam pesan yg mau disampaikan,..
    Ringan dan saya sampai harus nebak alur ceritanaya sebelum rampung bacanya...

    ReplyDelete
  49. menikmati cerita ini mas,
    bukankah doa intisarinya ibadah ya

    ReplyDelete
  50. Yang penting kita berdoa dulu sebelum berusaha...Have a nice weekend my friend :)

    ReplyDelete
  51. Asli saya penasaran dgn cerita ini. hari ini adalah hari ke3 saya tidak bisa tidur. Gara2 penasaran inti cerita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya karena gerah dan banyak nyamuk Mbak? hehehehe

      Delete
  52. Usaha dan doa, after that....itu hak Allah yg nentukan. Selama sdh maksimal usaha dan doanya, InsyaAllah apa pun hasilnya adlh yg terbaik # nyontek cermahx pak ustadz

    * endingnya maknyus, penasaran cr serigala berdoa*

    ReplyDelete
  53. do'a dan berusaha yakin pasti bisa

    ReplyDelete
  54. wah klo menurut pribadi 2 kalimat itu sangatlah erat kaitannya karena usaha tanpa do'a jadinya ria dan do'a tanpa usaha adalah mustahil (malas)....! nice post bang kopinya nih sy harap gorengannyapun ada :D

    ReplyDelete
  55. Doa dan berusaha merupakan modal dasar keberhasilan dan kesuksesan...

    ReplyDelete

  56. Kunjungan malam sobat...
    Jangan lupa kunjungan Baliknya ya...

    ReplyDelete
  57. Kunjungan Perdana sobat..
    jangan lupa kunjungi blog saya juga ya

    ReplyDelete
  58. Hmm...
    Baca cerita nya dulu sampe habis ya..

    ReplyDelete
  59. Doa dan usaha tak bisa dipisahkan dan lebih lengkap lagi jika ada iman dan takwa istilahnya duit ( doa usaha iman dan takwa)

    ReplyDelete
  60. Lama gk silahturahmi, blognya makin maju aja mas #Semangat

    ReplyDelete
  61. sembari berusaha tak lupa berdoa
    dan yang sabar memiliki hasilnya

    ReplyDelete
  62. .. srigala juga bisa baca doa?!? he..86x ..

    ReplyDelete
  63. kalau kata bang haji mah...Perjuangan dan Do'a, berjuang tanpa berdoa, bagai sayur tanpa garam...doa tanpa berjuang, bagai garam tanpa sayur...gituh kira2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang Hadi nggak baca nih pasti, huhh

      Delete
  64. datang berkunjung menyapa sahabat, salam sukses selalu..

    ReplyDelete
  65. Kunjungan pagi di blog sahabat.

    ReplyDelete
  66. terimakasih atas pencerahannya

    ReplyDelete
  67. iya Mas, peran doa jelas bener banget, memicu kekuatan luar biasa pada diri kita.

    soal srigalanya, ampuun selera humornya tinggi banget deh! haha

    ReplyDelete
  68. Usaha dan doa memang seyogianya harus serasi dan seimbang. Kalau buat saya.. Doa tanpa usaha akan sia-sia, sebaliknya usaha tanpa doa juga sia-sia. :)

    ReplyDelete
  69. doa dapat merubah segala sesuatu
    itu saya lihat di kamar nenek ku mas ...
    dan dikamar kakekku .. nenek tanpa kakek merana hehe
    memang segala sesuatu itu harus balance ...

    ReplyDelete
  70. ngopi" udah siang nih hehehehe,,,,,,,,,,mf telat hadir bang
    apakabar nih semoga sehat selalu amin 3x ya robbal'alamin

    ReplyDelete
  71. 10000 Kunjungan Gratis tiap hari, silahkan daftar di TrafkID.com , Hanya butuh waktu 7 Detik Surf, Daftar sekarang juga.
    www.trafikid.com

    ReplyDelete
  72. setelah disimak dengan seksama,saya mendapatkan hikmah dari artikelnya kang,terima kasih sangat bermanfaat sekali buat saya.

    ReplyDelete
  73. memang doa sebagai suport usaha sebagai pedangnya

    ReplyDelete
  74. Saya masih pake yang rada usang dikit mas tapi masih ampuh :
    Doa Usaha Ibadah Tawakal (DUIT) (~_~)

    ReplyDelete
  75. Hiii.. Serem banget ya, Bang. Mana serigalanya pake acara baca doa sebelom makan lagi..

    Memang selain berdoa kita juga mesti ikhtiar alias berusaha..

    ReplyDelete
  76. doa itu penting.. berdoa la walau apa cara sekali pun ya :)

    ReplyDelete
  77. wah .... msh byk serigala di dekatku sini mas :)

    ReplyDelete
  78. Do'a itu penting untuk mendukung keberhasilan sebuah usaha

    ReplyDelete
  79. doa dan usaha sama-sama penting agar tercapai apa yang dicita-citakan iya kan mas :)
    btw saya sudah follow blognya mas Budi, jangan lupa follow backnya mas :)

    ReplyDelete
  80. ternyata doa makan pula yang dibaca oleh kepala rombongan srigala....humornya segar banget...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ngaji juga berarti serigala ya mas

      Delete
  81. Berdo'a, berusaha dan berdo'a lagi
    Yakin harapan dapat termiliki
    Sebab sering saya alami
    Karena percaya Tuhan pasti memberi
    Atas usaha dan do'a suci hati

    ReplyDelete
  82. lama nggak kesini, langsung di suruh berdoa
    gimana kabarnya mas

    ReplyDelete
  83. Ini artikel lama yah Mas Purnomo hanya di perbaharui
    Tapi bagus juga Peranan usaha dan doa adalah penting
    Untuk hidup kita lebih baik makasih artikelnya Mas Pur :)

    ReplyDelete
  84. Doa tanpa usaha dapat dikatakan modal dengkul..
    Berusaha tanpa doa dapat dikatakan ngawur..
    Memang harus seimbang ya mas hehe :D

    ReplyDelete
  85. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Purnomo....

    Hehehe... lucu ada juga membaca kumpulan serigala juga membaca doa makan kalau menghadap makanannya. Satu cerita yang mengesankan bahawa tindakan/usaha harus juga dicari selain berdoa agar terlepas dari segala masalah. setelah itu barulah kita bertawakal.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  86. dari judulnya udah kerasa di hati ama perasaan baca artikelnya sampai selesai jadi bingung harus kasian apa ketawa ya.. haha :D

    ReplyDelete
  87. keduanya memang harus seimbang ya mas pur.. allah itu maha pemurah klo kita bisa imbang pasti apapun yang kita mau pasti dikabulin.. amien :D

    ReplyDelete
  88. wah kayaknya sang pemuda yang sebenarnya di doakan untuk menjadi santapan ya :D

    ReplyDelete
  89. ahaaa. saya ingat cerita ini. yang ada srigalanya. asyiiik

    ReplyDelete
  90. bener banget mas,kita harus sekuat tenaga untuk berusaha setelah itu berdoa sedang hasil akhir tuhan yang menentukan.karena apa yg kita anggap baik bagi kita belum tentu tuhan menganggapnya baik bagi kita.thx telah sharing artikel ini

    ReplyDelete
  91. Ini sumpah artikelnya unik banget dan sukses membuat saya bingung :D kisah fabel itu terutamanya. Usaha dan Doa, bagai dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain :)

    ReplyDelete
  92. semuanya harus beriringan, agar apa yang kita harapkan bisa trekabul semua.

    tapi ceritanya agak miris, selesai baca malah pengen ketawa.

    ReplyDelete
  93. Keduanya saling memili keterkaitan, saling menunjang satu sama lain. kalau salah satu saja hasilnya tidak akan lebih baik :)

    ReplyDelete
  94. seperti kayak mur dan baud yah mas pur :)
    apalagi di tambah 4wd tambah gampang klop nya sepeti hal nya usaha dan doa serta ditambah yakin bahwa akan dikabulkan :)

    ReplyDelete
  95. Manusia hanya bisa berusaha ya pur, hasilnya ya mutlak kehendak Alloh. Untuk itu kita hendaknya berdoa memohon kepada Alloh agar diberikan hasil yang terbaik untuk kita

    ReplyDelete
  96. hahahaha... lucu-lucu... ternyata yang dibaca doa mau makan toh... sekalian aja doa mau buka puasa, kan makin lahap tuh, srigalanya bakalan kabur kenceng bangettttt

    ReplyDelete
  97. hehehe, cerita ini emg gak langsung nerangin peranan doa. lha wong lucu! bhahaha
    gimanapun inget lagu Bang Haji: Perjuangan dan Doa. :)

    ReplyDelete
  98. Intinya, usaha tanpa diiringi doa atau ridho dari Tuhan pasti hasilnya nihil. Begitu juga kebalikannya :)

    ReplyDelete
  99. sebuah keberhasilan itu perlu didasari dengan doa dan usaha yang baik dan tekun

    ReplyDelete
  100. hidup ini penuh dengan perjuangan asalkan ada doa dan usaha pasti semua akan mudah untuk dijalani :)

    ReplyDelete
  101. Untuk menjadi orang yang baik, kita tidak cukup jika hanya berdoa saja, maka dari itu, juga diperlukan usaha untuk melakukannya. Berarti doa dan usaha adalah hal yang terkait ya?

    ReplyDelete
  102. Berdoa dan tetap berusaha adalah satu paket yg tidak dapat dipisahkan ya kang

    ReplyDelete
  103. doanya makbul, dan bersiap di doakan untuk dimakan..hhaha

    ReplyDelete
  104. setuju...... dengan tulisan agan...suatu nasehat yang bagus...trimakasih sudah bisa nyimak tulisan yang bagus ini...salam...

    ReplyDelete
  105. kalau kata kakek saya
    D.U.I.T

    Doa
    Usaha
    Ikhtiar
    Tawakal

    ReplyDelete
  106. doa dan kerja harus seimbangagar berkah

    ReplyDelete
  107. Saya rasa Doa dan usaha merupakan suatu aktifitas yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Hal ini selalu berjalan beriringan bila kita berusaha selalu dibarengi dengan doa agar yang dikerjakan itu selalu diberkahi Oleh-NYA.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum