Berusaha Jadi Tangan yang Diatas

muhammad adnin


Berusaha Jadi Tangan yang DiatasBerusaha Jadi Tangan yang Diatas.Bukan satu hal yang dianggap ga mungkin ataupun berlebihan,kiranya.Coba lihat dan tunggu saja dulu,akan sesuatu yang memang belum pernah di lakukan,bukan berarti ga berpotensi bakal membuahkan hasil dengan apa yang di inginkannya.Ya..meski terkadang pemikiran itu akan bercabang dua,nantinya.Bisa jadi membawa ke arah yang positif(baik) dan ga menutup kemungkinannya juga sampai ngejurus kearah sebaliknya.

Karena lantaran keadaan atau kerasnya hidup,hal ini sering di jadikan salah satu alasan.Padahal asal mau berusaha (paling ga),akan membuat lebih punya nilai,ketimbang harus puas dengan jalan yang sedang di lakoninya. Namun mungkin sudah sanking terlanjur  merasa enak tanpa perlu harus peras keringat mendapat uang,"meminta" sudah di jadikan sebagai satu profesi yang nyaman,menurutnya.

Seperti di setiap paginya,di saat melewati jembatan penyeberangan.Saya kerap kali bertemu dengan laki-laki yang cuma berdiri bersandar di pinggir pagar jembatan,sambil bergerak spontan menengadahkan tangan,ketika di saat ada orang yang melintas di hadapannya.Sesekali pernah memberi,namun jadi tulus ga tulus juga(perasaan) untuk memberinya lagi di lain waktu,karena merhatikan kondisi pisiknya yang kelihat sehat alias segar bugar.Dan kalo pun ternyata di temui,ada orang lain yang masih ingin memberinya rezeki,itu semata tak lepas dari turut campur tangan Sang Penciptanya.*yet.

86 komentar:

  1. artikel yg mngingatkan sya bahwa kita hrus bersyukur atas segala krunia yg diberikan oleh-Nya..

    krna masih ada org yg lebih susah dibndingkan kita yg sekarang ini

    ReplyDelete
  2. meminta minta saat ini sudah jadi profesi ya mas, padahal di kampung halamannya punya rumah gedong, ada loh desa yang rata-rata penduduknya bermata pencaharian pengemis, dan mereka rata-rata kaya..

    karena sudah nyaman, mereka enggan mencari pekerjaan yang lain, padahal tangan diatas itu lebih baik daripada tangan dibawah, nice....

    ReplyDelete
  3. emang,ni bos sekarang lagi tenar tentang minta meminta. di daerah aq juga ada sob satu kampung kerjanya cuma gituan semuah tapi anehnya kaya2 semuah sob. trmksih infonya sobat

    ReplyDelete
  4. wah bingung saya mau comentar apa bang masalah ginian hixhixhix,,,,mending ngopi dulu bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nemuin orang lagi kebingungan (lumayan buat uji coba hipnotis)
      hohoho..

      Delete
    2. Gak usah komentar mas cahyo yg penting klik saja tulisan warna hijau download di sudut kanan atas, iya..untuk berbagi saja..hehe

      Delete
    3. ini cita-citaku
      ingin selalu membantu
      kepada yang ga mampu
      dari rezeki yang Tuhan beri padaku

      semoga aku selalu
      diberi sehat dan lancar di kerjaanku
      demi aku dan yang papti masih menbutuhkanku

      inilah niat hatiku ..

      ---

      artikelnya baik
      akupun tertarik

      Delete
    4. Ikutan nimbrung nih...
      Semoga dalam memberi dibarengi keikhlasan, bukan karena anu atau inu.. hehehehe

      Lama memeram si Buah alpukat
      Dan biasanya diperam dalam beras
      Lama memendam pencarian dalam niat
      Dan hasilnya bisa berbalas...

      Delete
  5. hmpir dsmua daerah d negri ini ada yg sprti ini, pdhal dari segi fisik lahir batin masih muda sehat n mampu. ya kmbali namanya manusia mmpunyai sifat yg berbeda2, tdk sharusnya mreka mlakukan kgiatan trsbut say yakin klo sbnarnya mereka mmpunyai kmampuan untuk bekerja jika ada keinginan. klaupun dpat pkrjaan yg sifatnya kasaran tp stidaknya itu lebih baik dari pada hrus meminta2

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah di daerah jambi hampir tidak ada yang namanya (peng*mis) alias minta minta.. jadi ya biasa biasa saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum keliatan nongol mas, tapi kalo emang gak ada ya alhamdulillah berarti masyarakatnya makmur

      Delete
  7. bersyukurlah sobat karena masih bisa memberi sesuatu kepada orang lain yang lebih membutuhkan daripada kita, dan tangan diatas memang lebih terhormat kedudukannya..baik di dunia maupun dalam pandangan ALLAH ..salam..keep happy blogging always :-)

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini mungkin ada beberapa orang yang notabene memiliki fisik dan akal yang sehat, tapi lebih memilih jalan pintas untuk bisa mendapatkan sesuatu tanpa harus bekerja keras dengan cara meminta-minta. Kadang kita jadi bingung mana yg benar2 membutuhkan atau yang cuma pura2 saja.

    ReplyDelete
  9. Naahlho,,,kalau sudah begini siapa yang harus disalahkan,??? Ketika di tanya ,kenapa anda meminta-minta ? jawabanya : karena mencari pekerjaan susah,( klise) trus,,,masih bagus meminta-minta daripada mencuri"jawabnya",trusb saya ngomong dalam hati bye,,,sambil meninggalkan orang tersebut,,,jiahhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. jangan malas ingat pesan mama .

      Delete
  10. betul tu mas bro, lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah!

    ReplyDelete
  11. bnyk gan yg meminta2 pdhal psiknya masih kuat utk mencari uang sndiri. itulah gan org2 yg mlas hanya brpangku tngan pd org lain

    ReplyDelete
  12. Ya terkadang susah untuk dipertanyakan kenapa enak tgn dibawah daripada diatas
    tapi yg pasti ketika masih mampu untuk bekerja kenapa harus meminta ...

    ReplyDelete
  13. bersyukurlah orang - orang yg d kasih rezeki yg berlebih dri pda orang lain , tapi ya kembali ke diri kita masing2 sajaa ..

    ReplyDelete
  14. yang sudah ya ikhlaskan saja mas, yang belum ya gapapa kalo mau dikasih lagi :) hehehe

    ReplyDelete
  15. Kalau fisik bisa bekerja seharusnya kita berusaha dan bekerja bukan dijadikan hal yang dianggap tidak seharusnya dilakukan seperti mengemis itu tadi,karena di tempat saya ada banyak orang Mas yang normal tapi jadi pengemis seharusnya mereka bersyukur dan mau berusaha untuk bekerja sperti itu tadi.

    ReplyDelete
  16. bener banget mas, kadang2 ane jadi gak iklas karena orangnya itu2 aja tiap hari

    ReplyDelete
  17. klo pengamen mungkin masih ada nilai produktifnya, tapi klo secara fisik segar bugar begitu menjadi tangan di bawah, sering kali membuat kita berpikir 2 kali untuk memberinya sesuatu.

    ReplyDelete
  18. betul sekali sob, yg penting iklas saja :D

    ReplyDelete
  19. TrafikID.com Only 7 Seconds Surfing AutoTraffic Exchange, AutoSurf Terbaik Indonesia, Only 7 Seconds Surfing, silahkan daftar di http://trafikid.com/

    ReplyDelete
  20. alangkah lebih baik bila tangan kanan kita diatas dan tangan kiri kita tidak melihatnya...tau dong apa yang saya maksudkan...;o)

    salam sehat dan ceria selalu kang, selamat bulan rajab juga.

    ReplyDelete
  21. semoga saja dengan uluran tangan mas budi dan orang lainnya menyadarkan beliau untuk tidak berpangku tngn, dan menjadikan hidupnya menjadi tangan diatas oriented

    ReplyDelete
  22. Ya usaha itu memang perlu dan penting utk kita lakukan, akan sangat menyenangkan di bandingkan tangan selalu di bawah. :D

    ReplyDelete
  23. Betul banget bang, kita harus berusaha menjadi tangan diatas, ya walaupun kita lagi dalam keadaan yg baik.

    Terimakasih pencerahanya.

    ReplyDelete
  24. dear friend happy is who, day and night
    the sun from the heart laughs, I wish you a wonderful Sunday

    ReplyDelete
  25. waduh kok gambarnya keran yah :)

    ReplyDelete
  26. sedekah memang tiada matinya untuk memperluas rizki kita ya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali dan saya sangat setuju yang dikatakan kang farhan, emang top cerrr

      Delete
  27. benar campur tangan yang diatas sangat menentukan ya mas. walau itu direncana maupun spontan.

    benar kadang klo kita lihat fisik sehat wal andong tapi meminta minta rasanya ada antipati dalam hati memang

    ReplyDelete
  28. tapi skarang meminta2 udah dijadikan profesi, masih inget nggak pengemis yang tertangkap trus bawa uang puluhan juta ...ckckckc

    ReplyDelete
  29. mojokerto tempatnya ini mas, bahkan kota sekecil mjokerto anak2nya sudah ganas seperti memalak saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2nya saja sudah ganas apalagi buyut2nya ya mas :D

      Delete
    2. apalagi pak lek dan pak dhe nya, hehe

      Delete
  30. Buat saya terdiam sejenak membaca entry ini....

    ReplyDelete
  31. sebagai insan yang baik ada baiknya tangan kita ada diatas (dngan asumsi kita pnya lebih untuk dibagikan). Sebesar apapun yg kita bagikan harus dilandasi dngan keikhlasan. Tuhan pasti akan mengganti apa yg kita sedekahkan..(insyaAllah)

    ReplyDelete
  32. Lebih baik memberi dari pada menerima,selagi kita bisa lakukanlah

    ReplyDelete
  33. memang lebih baik memberi dari pada kita meminta ya kang, itu juga dgn hati yg ikhlas memberinya, dan yg diberi juga jgn menuntut lebih .... :)

    ReplyDelete
  34. Kalau ada rejeki sebaiknya diberi saja mas dan ikhlas, tapi kalau gak yang penting jangan diomelin kasihan dia, soalnya mungkin hanya itu peluang mereka mendapatkan rejeki, apalagi jakarta kehidupannya keras.

    ReplyDelete
  35. memang benar gan, terkadang kita sangat sulit menjadi orang yang memberi, wallupun keadaan kita lumayan mampu

    ReplyDelete
  36. yach kalo jaman sekarang itu udah dijadiin profesi,bukan hanya orang miskin aja,tapi orang yang lumayan kaya pun jadi ikut pengemis gitu. Tanya kepada rumput yang bergoyang..

    ReplyDelete
  37. Autosurf Terbaik Indonesia Hanya butuh 7 detik surfing, daftar sekarang di http://www.trafikid.com GRATIS !

    ReplyDelete
  38. Betul sob.
    Tapi kadang jadi kurang ikhlas kalo ada pengemis yg badan nya sehat dan tidak cacat. Seharusnya dia mampu bekerja.

    ReplyDelete
  39. hmm, tp dalam islam meminta minta itu tidak diajarkan. Kalau mau bersedekah, lebih baik melalui masjid dan nantinya disalurkan kepada yg berhak. Sy sih pernah ngasih rejeki utk orang minta2 dijalan, tp sangat jarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti di akhirat wajahnya akan krowak ya mas, atau gripis.

      Delete
  40. Tangan di atas memang jauh lebih baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, tapi bagaimana jika tangan diatas itu yang meminta, yang memberi tangannya di bawah

      Delete
  41. hmm iya sih mas kadang kalo ngeliat pengemis yang masih muda suka geregetan . hehhe ..
    tapi ya sebisa mungkin lebih baik memberi daripada meminta :)

    ReplyDelete
  42. betul mas, ada bagusnya kita berusaha hidup dengan banyak memberi, karena sebaik-baiknya manusia itu yang bermanfaat bagi manusia lain.

    salam blogger,
    oldsunday.blogspot.com

    ReplyDelete
  43. Memberi tidak hanya diukur dengan uang, tapi bisa juga dengan tenaga, waktu, perhatian, kasih dll, lebih baik memberi dapipada menerima...

    ReplyDelete
  44. dengan berusaha kita pasti bisa, ...jika hidup tanpa usaha itu sama saja dengan hiduup segan mati tak mau.....

    ReplyDelete
  45. http://www.trafikid.com/ 10.000 kunjungan gratis tiap hari dengan autosurf terbaik TrafikID.com, Daftar Sekarang !!

    ReplyDelete
  46. http://www.seo.trafikid.com/ Tutorial SEO Killer, jadikan web anda super SEO Friendly

    ReplyDelete
  47. Iya kang Pur padahal kita kepengen juga sih memberi dengan ikhlas kalau kondisinya memang memprihatinkan,contohnya ada anggota tubuh dia yang tak sempurna tapi kalau orangnya sehat kita rasa2nya malas untuk memberi padahal kalau mau berusaha saja banyak koq lapangan kerja walaupun cuma jadi buruh panggul..itulah kalau penyakit MALAS telah melanda manusiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..hahahahyyyy

    ReplyDelete
  48. hidup ini terasa indah bila saling berbagi..
    kunjungan malam disini gan.. ^_^

    ReplyDelete
  49. dengan kata lain memberi lebih baik dari yang menerima ya mas.. Tapi kalau meminta sama yg diatas alias berdoa itu gimana ya mas?

    ReplyDelete
  50. sekarang indonesia lagi mengalami penurunan moral. ya salah satunya sperti itu gan, cuma minta aja. apalagi masih muda.

    ReplyDelete
  51. Susah juga Mas ketemu orang yang seperti itu. Elpiji mahal lagi sekarang. ckckckck

    ReplyDelete
  52. Begitulah ciri ciri orang malas, tidak mau berusaha, hanya mengandalkan orang lain.

    ReplyDelete
  53. Kunjungan pagi di blog sahabat. :D

    ReplyDelete
  54. kedengerannya klise, tp pasti pada sulit n berat ngejalaninnya :P
    termasuk saya :(

    ReplyDelete
  55. dear friend, the people
    Life is like
    the dice game.
    If your not
    Lucky throw,
    the you desire you,
    so take what comes
    and make the best
    out of it, so a good
    Starting in the short
    Rest of week, many Tuesday - Regards, with hugs of Dieter

    ReplyDelete
  56. dear Friend, long live the
    tested friend
    in which word
    and act together, I wish you a great Wednesday, many regards, Dieter

    ReplyDelete
  57. sering banget liat peminta-minta yang masih sehat, segar bugar, usianya muda..duh rasanya miris aja gitu. di sisi lain sering ketemu kakek-kakek yang sudah sangat renta tapi masih jualan keliling, mending ngasih sama kakek-kakek itu aja daripada sama peminta-minta yang masih muda dan segar bugar...

    ReplyDelete
  58. blogwalking here~
    iya emng bagusan tangan di atas sih :))

    ReplyDelete
  59. yah....selama masih sehat dan fisik kuat lebih baik berusaha walaupu hanya sekedar mencari kayu bakar...thanks artikelnya.

    ReplyDelete
  60. ikutan komentar nih hieiehiee. Artikel ini singkat padat, namun juga sangat memberikan inspirasi sekali untuk berbagi rezeki kepada yang memerlukan atau membutuhkan. Orang seringkali salah kaprah memberi atau bersedekah dalam bentuk materi, padahal untuk beramal dan berbuat baik tidak harus dalam bentuk materi.

    ReplyDelete
  61. walaupun artikelnya agak mbulet tetapi ada makna yang tersirat dan nebgingatkan kita untukk segera bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang ini

    ReplyDelete
  62. mantab deh jadi tangan diatas.. ane jadi pengen :D

    ReplyDelete
  63. bener gan.. selama kita masih sehat walafiat kita harus bisa jadi tangan di atas :d

    ReplyDelete
  64. terima kasih utk perkongsian ini... =)

    ReplyDelete
  65. Konon 'tangan yang diatas lebih baik dari pada tangan yang dibawah'. Memberi lebih baik dari pada meminta. Masih ada jutaan saudara kita yang hidup dalam kemiskinan. Inilah yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah dan kepedulian warga menengah keatas.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum