Cara Memilih Durian Paling Jos Dan Memuaskan

muhammad adnin


Cara Memilih Durian Paling Jos Dan Memuaskan. Sebenarnya saat akan membeli buah durian (duren) matang, cukuplah mudah caranya. Tak perlu repot dan hanya cukup meminta tolong pilihkan pada si penjualnya. Maka setelah itu selesai sudah kan urusannya.

Cara Memilih Durian Paling Jos Dan Memuaskan

Namun buat saya pribadi atau juga dari kalangan pencinta buah durian yang lain tentunya mempunyai pandangan berbeda. Puas rasanya, bila mana kita berhasil memilih buah durian yang matang dari hasil carian sendiri. Dan selain itu justru di sinilah letak dari ritual dan bagian seni membeli duren, sesungguhnya...haha

Nah buat rekan-rekan yang kebetulan gemar makan durian, dan tengah mencari tahu Tips atau cara paling mudah, paling jos deh pokoknya dalam memilih Durian yang Matang. Karenanya penulis sengaja hadirkan di sini. Besar harapannya semoga dapat berguna dan bisa menjadi referensi saat anda hendak mencobanya.

Cara Memilih Durian Paling Jos Dan Memuaskan

Tips Mudah memilih Durian Matang

Bentuk buah
  • Sangat di anjurkan saat memilih buah durian pilihlah yang bentuknya bulat, karena bila buah sudah demikian dapat di pastikan kulitnya tipis dan daging buahnya tebal. Sebaliknya, jangan memilih durian yang berbentuk lonjong, karena duren dengan bentuk seperti itu, biasanya cuma tebal di kulit.
  • Ternyata bukan hanya orang saja yang bisa masuk angin, namun hal itupun bisa pula di istilahkan dengan buah durian. Umumnya Durian yang sudah terbuka bagian kulitnya. Nantinya bakal berpengaruh ke aroma rasanya, manis sih tetep terasa. Namun tingkat kesegaran dan rasa legitnya itu loh yang gak akan kita dapatkan.
  • Janganlah memilih apalagi sampai membeli buah durian yang kulitnya berlubang. Karena buah seperti ini sudah pasti' kan terdapat ulat di dalamnya. 
Cara Memilih Durian Paling Jos Dan Memuaskan
Warna dan Tekstur buah
  • Warna kuning agak tua pada kulit tidak selalu menjamin durian itu matang. Bahkan warna kuning agak kehijauan pun bisa matang bila kita mengetahui tehknik dalam memilihnya. Langkah itu kita bisa lakukan dengan cara menekan bagian kulit yang jarang di tumbuhi duri, dengan menggunakan ibu jari (jempol) anda. Bila di rasakan empuk atau membal di permukaan yang kita tekan tadi, dapat di pastikan duren sudah dalam kondisi matang. Dan bila mana sebaliknya (atau masih keras) maka durian itu menandakan masih mentah, gimana mudah kan.
Cara Memilih Durian Paling Jos Dan Memuaskan

  • Cara sederhana lain yang bisa di lakukan yaitu dengan menggunakan bantuan sebilah pisau yang dapat kita pinjem dari si penjualnya. Dengan cara mengarahkan kebagian bawah buahnya, lalu kita congkel ujung bawahnya dengan pisau tadi tanpa mengeluarkan tenaga sedikitpun. Dan bila sudah kita congkel langsung terbuka (meletek) dengan mudah, pertanda buah durian itu sudah matang dan siap untuk di makan.
Pada umumnya, memang durian jenis monthong Bangkok lah yang paling mudah untuk di cari bagian ruas garisnya. bila di bandingkan dengan jenis buah durian lokal. Selamat berduren ria. *yet.


158 komentar:

  1. I LOVE Durian, sooo much... :)
    Terimakasih banyak sharenya, yaa kalau bisa yang dibagi-bagi bukan cuma tips milih buah durian yang masak, tapi buah duriannya juga, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,jangan gambarnya aja, duriannya lempar kesini hehe...dilempar durian malah dedel duel nanti

      Delete
    2. pecah nanti nih layar komputer kita

      Delete
    3. gambar paling atas enak tuh jam jam segini :)

      Delete
  2. .: TQ 4 ur tips, mudah2an ntar kalo ane beli durian kagak salah lagi...^_^

    ReplyDelete
  3. Tips yg benar^ bagus sob. saya juga suka durian, sayangnya ditmpatku belum musim, tapi tipsnya bisa digunakan..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang musim rambutan ya Mas..

      Delete
    2. di malaysia kok ga nunggu musim,durian selalu ada yah :)

      Delete
    3. Duriannya dari Indonesia kayanya hihi..

      Delete
  4. klu buah duren ada gk bang heheh. trmksih sobat infonya ini sangat bermanfa'at karna kami suka buah durian apa lgi belah durian wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal bukan belah ketupat, nanti ketemu jajaran genjang

      Delete
    2. met pgi met aktifitas mas bro. smga hari,ini lebih baik dari hari yng kemarin Amin. heheheh betul jga mas

      Delete
    3. hahai... siip sejuk sekali

      Delete
  5. No comment Mas kalau ma buah yang satu ini, Buat serem bagi Saia Mas.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nh.. sekeluarga ku pun kurung suka makan buah duren.

      Delete
    2. saya malah gak doyan =___= *maklum orang kampung deh saya :D .

      Delete
  6. Wah, infonya menarik gan... Ditunggu info terbaru lainnya...

    ReplyDelete
  7. durian yang nikmat, tapi aku ga bisa makan banyak-banyak..
    karena durian itu panas, bikin jerawat...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi air panas, bikin bisulan

      Delete
    2. apalagi berjemur di panasan, bikin item

      Delete
    3. aku juga ga berani makan banyak.....bikin pusing kepala

      Delete
    4. kepala pusing bukan karena panas, tapi karena utang. itu nek sayaaa.

      Delete
    5. obatnya cukup duit sekampil...

      Delete
    6. hihi, diseimpen ngisor kasur

      Delete
  8. nanti saya praktekin kalo mau beli, sekarang nih masih bokek :D

    ReplyDelete
  9. Mas Sen saya mah setahun sekali makan buah Durian na juga,, jehhehe..
    salam sukses iang mas.. :P

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. pasti penyanyi bela durian artis favoritnya.

      Delete
    2. hahahaha, sambil joged ngetiknya

      Delete
  11. ini saya forward ke email Arien anak saya. secara orang rumah semua suka buah ini, kecuali saya. ilmu banget. point banget. selama ini kayaknya metode istri saya bukan seperti yang kayak Mas Budi ini. memperkaya banget nih Mas. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus sukanya buah apa mas Zach?

      Delete
    2. mas zac sukanya buah mangga
      mangga mas dicicipi.....:D

      Delete
    3. buah tangan, hahaha..
      mangga dicicipi buah tanganipun

      Delete
    4. Mangga-mangga kalebet!

      #roaming

      Delete
    5. saya tahu buah kesukaan mas zach

      Delete
  12. Wah buah kesukaan saya nih sob! Saya gak pernah tahu cara memilih buah ini, yang saya tahu hanya makan nya aja..hehehe :D

    ReplyDelete
  13. Ternyata sekarang selain musim hujan, musim durian! Wow mantap!

    ReplyDelete
  14. Tips bagus buat pencinta buah berduri ini. Tapi sayang, mas Budi. Saya terpaksa menahan selera utk buah ini,hehe...Soalnya pengopi berat...

    ReplyDelete
  15. w'ew..nice sob bisa ane pakek caranya...........

    ReplyDelete
  16. Jujur mas tadi mlem bebende hate ( kekasih ) dia minta durian jadi keingetan neh belum di beliin hehe .. durian durian dimanakah kau berada hehe

    ReplyDelete
  17. Durian, durian.. beli durian mas.. murah kok 20 rebu sja.. hahahhaa

    ReplyDelete
  18. Makanan favorit sya mas.. pernah beli kmrin pas belah di rumah harus berantem dulu sma duriannya, hahahahha// rupanya belom matang. Nice sharing mas. mudah2an ga gagal lagi.. :)

    ReplyDelete
  19. Durian klo dimakan pakek pulut. hmmmm.. enank tenan.

    ReplyDelete
  20. nice share gan...
    kunjungan balik gan...

    ReplyDelete
  21. Dimedan lgi panen raya durian nih mas..
    Harganya :
    Ukuran kecil (2m kepal tangan) rp.4000,- bahkan kalau pandai menawar bisa dapat Rp10,000/3buah.
    Yg super (jumbo) Rp25,000,-an... ditanggung mantap surantap ataw kalo pandai menawar bias dapat 100,000/6-7 buah...

    ReplyDelete
  22. Lumayan besar juga itu daging buahnya Mas...enak ini :)

    ReplyDelete
  23. wah maniak duren beneran ki. sampai detail banget ngejelasinnya..nanti kalau disini mudim durian langsung mau praktek

    ReplyDelete
  24. ok thenks yah.. bisa bedain antara duren bulet dgn lonjong. yg bulet lebih bagus yah.. :|

    ReplyDelete
  25. nyam-nyam jadi kepingin nih bang,pasti harum dan nikmat rasanya

    ReplyDelete
  26. ow tidak...
    aku gak doyan duren...
    hiks..

    ReplyDelete
  27. aduuuhhh bang budi,, bikin saya ngiler aja nih liat duren.. hehehe.. :)

    Tugas beres disini bang.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jagan ngiler disini loh sob. tar banjir...xixixi

      Delete
    2. hahaha.. banjir iler ya sob..

      bang budi... tugas beres disini.. :)

      Delete
  28. enggemar durian kayaknya wajib juga baca postingan ini :D

    ReplyDelete
  29. biasanya kalo beli duren, dipilihin dan dibukain sama abangnya :)

    ReplyDelete
  30. wah saya gak tau kalau cara milih nya sob, tau nya cuma makan aja..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti yang gratisan ya sob. tinggal makan aja...hehehehe

      Delete
  31. Kang Pur ini bikin aku ngiler aza..maaf nih kang baru bisa datang kesini soalnya lagi ga enak badan dalam beberapa hari ini dan ini saja ngabsen pakai HP..hhhddeechhh...hahahahyyy

    ReplyDelete
  32. Baru kali ini saya dapat ilmu milih durian,biasanya minta pilihan pedagangnya..boleh juga ilmunya dipraktekin nih..mas

    ReplyDelete
  33. durian,..buah yang selalu bikin air liur ini menetes hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihh, bau tuh, elap gih sekarang :p :D

      Delete
  34. hahahaha biasanya saya main ambil saja sobat, asal besar langsung angkat, hehehehe emang sech terkadang ada yang masih mengkal, namun baunya sudah menggoda.

    makasih tipsnya sob, ntr pas musim durian saya praktekin dech tipsnya sobat...?

    ReplyDelete
  35. wahh,,mkasi nih sobat tisp nya ,,sngat membantu bagi sya yg doyan ama durian ini

    ReplyDelete
  36. wah tipsnya akan sangat membantu nih om, makasi

    ReplyDelete
  37. bls knjungan.. tips yg membantu..tp ayu bila kata npk durian..tk nyempat nk memilih..kai amik je...heheheee... (ayusham... http://eiqaleysha.blogspot.com )

    ReplyDelete
  38. Wah, makasih infonya kawan. . . Biasanya tinggal makan. Hehehe

    ReplyDelete
  39. Mantap tipsnya sob.. terimakasih..

    ReplyDelete
  40. saya jadi pengen makan durian mas enak banget gambarnya heh

    ReplyDelete
  41. pas banget lagi musim bang, kalo beli di supermarket kayanya ga sangsi..tapi kalo dipinggir jalan yang susah, beberapa kali saya beli isinya kurang memuaskan, makasih tipsnya bang

    ReplyDelete
  42. Buah durian adalah buah favoritku.. dulu, sekarang tdk lagi.. karena ada kolesterol.. masih tetap bisa makan sich, tapi ndak banyak.. hehehe

    ReplyDelete
  43. Hiehiehei kok mas tau sih kalau di Pontianak saat ini sedang rame musim Durian? Saya biasa beli durian di bilangan jalan Teuku Umar karena pusat Durian Pontianak biasanya di sana. Ada juga durian yang dijual di Mall, saya lupa namanya nama durian apa itu.

    Kalaw nda salah namanya "durian monthong" ya. Harganya cukup mahal. Tapi asyik juga icip icip durian di lesehan pinggir jalan, terasa sekali wisata kulinernya hiheiheiheiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi di bikin kolak, tambah maknyus....

      Delete
    2. Klepon rasa durian? Wah itu pasti nikmat luar biasa. Yang pernah saya icip icip sih Ketan pake saos durian. Wihh luar biasa syedaaapppp

      Cuma ada 1 menu khas Melayu Pontianak yang sampai sekarang saya belum mampu untuk mencobanya. Baunya yang menyengat luar biasa. Saya belum terbiasa dengan makanan itu. Namanya Tempoyak. Orang Pontianak pasti tau menu itu.

      20 tahun lebih saya di Pontianak masih belum bisa memakan menu yang satu itu. Nda tahan aromanya menyengat dan (maaf) membuat perut saya mual

      Delete
    3. Pada gak suka duren toh? Toss!

      Delete
  44. saya gak begitu suka durian mas. takut tertusuk durinya..hehehe

    tugas siang beres mas.

    ReplyDelete
  45. belum lama saya beli.. ketipu.. :p
    ternyata yang bentuknya bulat itu berpengaruh juga ya..
    terimakasih atas tipsnya :)

    ReplyDelete
  46. boleh dikirim ndak sob duriannya hehe....
    tipnya tepat sekali

    ReplyDelete
  47. kalau saya, milh duriannya bar teman sj dulu yg nyoban trs klo enak kutan deh makan. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko' suka yang bekas teman mbak Ririe...

      Delete
  48. Sobat, demi popularitas blog kita, kita saling Me-Review Alexa yuk! Demi kebaikan blog kita juga, selain itu juga Dapat meningkatkan TRAFFIC blog kita juga lho ;)

    ReplyDelete
  49. Makasih mas tipsnya, sangat bermanfaat.
    Saya jadi tau cara memilih durian yang sudah matang tanpa di icip dulu hehe.. :D

    ReplyDelete
  50. wah, saya jadi ingin makan duren sob

    ReplyDelete
  51. waah, buah durian...ai lik gan...follow sukses, d tunggu follow baliknya :)

    ReplyDelete
  52. kadang ketipu sama tampilan luar durian nya mas, tapi udah dikasih tau mas budy jadi tau deh, mksh ya

    ReplyDelete
  53. hmm.. tapi, sayang sayanya ngga suka sama durian mas..
    tp, keren deh buat infonya..

    ReplyDelete
  54. Iiih, jadi pengin belah duren deeh. -__-"

    ReplyDelete
  55. .. wachhhhh,, aq suka banget ma durian. he..86x ..

    ReplyDelete
  56. durian emang enak banget jadi pengen makan sekarang.....

    ReplyDelete
  57. sayajustru pusing gan kalau bau durian. mending ngalah aja dah menjauh, apalagi sampe nyari durian.

    ReplyDelete
  58. Berkunjung dan menyimak....
    Setelah lama tak jumpa... ^_^
    Duren? Asyik juga nihhj... jadi ngiler....

    ReplyDelete
  59. ini salah satu buah kesukaan saya
    teirma kasih sudah bagi2 informasi dan tispnya

    ReplyDelete
  60. datang lagi untuk mencium harumnya aroma buah durian bang :D

    ReplyDelete
  61. Enak banget tuh duren ,,,,buah yang paling saya suka Mas budi,,,saya pernah mengalami mabuk duren haha

    ReplyDelete
  62. aduuuh .. aku krang suka duren gan :D

    ReplyDelete
  63. baca artikel ini sampe serasa kecium itu bau durian :D

    ReplyDelete
  64. waduh kangen ama durian bang,,meski gk doyan tp saya suka baunya hehehehe,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  65. haha saya nggak begitu suka makan durian sob :D

    ReplyDelete
  66. haseeeeek hadir untuk tengok durian yang harum dimari bang hehehehe,,,,,

    ReplyDelete
  67. yang pasti yang enak di makan sob hehehehehe
    di daerahku di kota agung lampung juga masih banyak sob durian,,,
    met malam sob

    ReplyDelete
  68. Really your blog is very interesting.... It contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It's just amazing.... Thanks very much for the share.

    ReplyDelete
  69. lagi jalan" pagi eh bau durian matang,,langsung dah ane mampir dimari bang sekalian bawa secangkir kopi anget :D

    ReplyDelete
  70. kami memang pilih ikut duri. tapi paling penting, yang harum dan wangi menjadi keutamaan ;-)

    ReplyDelete
  71. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo Jr... kalau tips sederhana yang terakhir itu bisa membuat si penjual durian marah kalau tidak jadi membelinya. Saya ada satu lagi tip untuk memastikan durian sudah masak atau belum, iaitu dengan mencium baunya. Bau durian masak pasti lebih jelas berbanding yang mentah...hehe. lumayan tipsnya ini. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
  72. jujur lho , aku selalu gagal pilih duren yang bner,, huaaaaaaa makanya suka sebel sndri. hmmm ternyata malah yg bulet ya mas yg udah mateng. skrng aku jd tau nie, setidaknya nanti bisa sok pilih" tp ngrti cara milihnya., haha maksih ya mas .

    ReplyDelete
  73. wah saya pernah mabuk durian mas rasanya ngak enak sekali jadi kapok deh sama buah yang satu ini

    ReplyDelete
  74. durian rasa nangka ada nggak nih? hehe

    ReplyDelete
  75. wah kalo durian saya nyimak bang, cs sy gk doyan :D

    ReplyDelete
  76. Kayaknya ahli duren nih si akang hehe

    ReplyDelete
  77. kalau mau yang murah plus aneka jenis durian silahkan berkunjung ke magelang minggu depan ada festival durian tahunan ;)

    ReplyDelete
  78. Cocok sekali mas budi tipsnya. Soale sekarang lgi musimnya durian mas...
    Boleh juga tuh duriannya di umlam ...

    ReplyDelete
  79. tips nya mantap gan,selama ini saya hanya nebak2, cium dulu kalau baunya pakek banget berarti manis tapi kadang meleset juga hehehe

    ReplyDelete
  80. Menggoda banget durennya, Bang :D

    ReplyDelete
  81. ane kemarin beli durian tapi dalam nya bosok wkwkwk :D nyesel banget ane padahal hanrga nya mahal banget deh huft :D

    ReplyDelete
  82. Wah, lagi musim durian ya? Saya gak terlalu suka durian, paling kalau ada yang beliin es krim durian barulah dimakan dan itu pun gak habis #hihi

    ReplyDelete
  83. Nyimak saja karena gak doyan ama durian hehe

    ReplyDelete
  84. Mantapp gan , tp kebanyakan makan durian juga kurang sehat

    ReplyDelete
  85. musim durian memang selalu jadi musim yang saya tunggu, selain musim mangga :)

    ReplyDelete
  86. sangat menggoda gan aroma buah durian ini, ane jadi ngiler pengen makan durian hahaha

    ReplyDelete
  87. Aneh lo mas kadang-kadang blognya mas bud tuh berat banget tuk di akses .. terlepas dari itu tipsnya mantapz karena saya maniak durian hehe

    ReplyDelete
  88. owh seperti itu toh mas .. kayaknya sama nih maniak durian hehe

    ReplyDelete
  89. berkunjung sambil menikmati wanginya aroma durian sini bang

    ReplyDelete
  90. aku sih kurang suka sama durian ,tapi keluarga aku bener suka, jadi info ini sangat bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  91. sip,langsung praktek tipsnya mas nanti klo mau beli durian hehehe..
    kunjungi balik ya :)

    ReplyDelete
  92. di mana ya ruangan komen untuk blog?? sukar untuk bukan pemilik FB berkomentar di sini (untuk entry terbaru)

    ReplyDelete
  93. mas purnomo jahat.
    pas nggak musimnya bikin pengen kaya gini.
    haduh

    ReplyDelete
  94. Mantaps tips nya, kebetulan ku juga penggila buah Durian

    ReplyDelete
  95. saya suka durian yg hanya ada satu ulas dalam satu tampok sahaja ... marem gitu bila dapat makannya ...

    ReplyDelete
  96. Saya juga sering salah pilih durian, tampak bagus dari luar tapi isinya busuk,,

    ReplyDelete
  97. knp ea jmn sekrg bnyak djumpai durian pangkasan

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum