Si Emak Di Cumbu Pailid

budi purnomo


Fisik lemah karena kodratnya,namun hati kuat seperti baja karena predikat ibu yang di embannya.Berbicara soal ibu......terutama sosok seorang ibu dengan permasalahan yang amat pelik yang di hadapi hampir setiap harinya di keluarga.
Di bawah ini saya mengambil contoh,meskipun bersumber dari sebuah lagu,semoga bisa menjadi renungan buat kita.

Mak perut Udin keroncongan
Belum makan dari tadi malam

Mak beliin dong Inah pakaian untuk seragam
Inah cuma punya sepasang,
itu juga sudah penuh tambal
Inah malu sama teman-teman

Mak beliin buku tulis keluh Ujang
Buku kemarin yang mak belikan
Sudah habis terisi pelajaran


Baik anakku kan mak penuhi permintaan kalian
Asal bapak sudah pulang
Baik anakku kan mak penuhi permintaan kalian
Asal bapak sudah pulang

Tiba-tiba pintu depan di ketuk orang
Mang Mamat teman sekerjanya ayahnya datang
Membawa kabar
Tentang malapetaka yang menimpa ayahnya
Dia tertiban beton dari atas bangunan
Kini dia terbujur lesu di atas kasur rumah sakit

Si ibu binggung harus bagaimana

Mak kenapa ayah kok belum pulang?
Tanya ketiga putra-putrinya
Si ibu binggung harus menjawab apa

Mak nanti kalau ayah sudah pulang
Pasti membawa banyak uang
Bisa membeli nasi udin tak lapar lagi
Bisa membeli baju untuk seragam
Inah tak malu lagi
Bisa membeli buku tulis untuk Ujang

Kata ketiga putra putrinya
Yang tidak tahu bahwa ayahnya terkena
Musibah

Si ibu binggung harus menjawab apa
Si ibu binggung harus menjawab apa
Menangi dia

Terbayang jelas bayang wajah suaminya
Dan terpikir soal biaya pengobatan suaminya
Yang terlalu mahal bagi ukuran pekerja kasar
Yang terlalu mahal bagi ukuran pekerja kasar

Terngiang jelas permintaan putra putrinya
Yang tak mungkin bisa terkabulkan
Si ibu binggung harus bagaimana
Si ibu binggung harus bagaimana
Si ibu bnggung harus bagaimana
Menangis Dia

Dalam kalut
Ia selalu mengharap uang mandor suaminya
Untuk keperluan anaknya
Untuk biaya pengobatan suaminya

Tapi si mandor pelit
Waktu si ibu meminta pertolongan si mandor
Suaminya
Yang rupanya mandor itu bandot tertawa genit
Dalam otak si ibu terselip
Pikiran yang amat sempit
Sebab keluarga yang saya ceritakan itu pailit
Dan amat sangat memerlukan duit

Dengan perantara tubuh molek si ibu
Keperluan anaknya dan biaya pengobatan
Suaminya
Bisa terpenuhi

Si ibu tersenyum
Si ibu tersenyum
Si ibu tersenyum
Melihat kelurganya bisa kembali seperti semula
Sekalipun hati si ibu amat tersiksa

Si ibu tersenyum
Melihat keluarganya bisa kembali seperti
Semula
Sekalipun hati si ibu tersiksa
*Mak by Iwan Fals

Bagi para sahabat yang ingin mendownload lagunya Emak-Iwan Fals,saya memberikan linknya disini .
Hormati ibumu......hormati ibumu.....hormati ibumu.....hormati bapakmu.....(pesan nabi)
Sebegitu besarnya jasa sosok ibu buat kehidupan kita,semoga dengan tulisan Si Emak Di Cumbu Pailid ini,dapat membawa manfaat sehingga kita pun lebih menyayangi dan mencintai ibunda kita.*yet.
*sumber gambar

90 komentar:

  1. wah...sumpah sampe gimana gitu ane baca ini sob,aduh...dia itu jual diri ya sob demi keluarganya,tapi kalo bisa sih jangan gitu caranya.tapi ya mau gimana lagi kali ya,kalo kita di posisi dia,mungkin kita ngelakuin hal yang sama. btw,itu lirik lagu siapa sob...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibawah kan udah ada tuh bro ditulis lirik lagu by andy fals.. :D

      Delete
    2. hehehe matanya lagi burem

      Delete
    3. Haha...lagu dari album pertamax iwan fals bang kaka :)

      Delete
  2. itu lirik lagu ya.?? karya iwan fals?? aku blm prnh dnger lagunya.. coba download lagunya ahh.. penasaran kyak apa lagunya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo..monggo..biar ga penasaran sob hehe.. :)

      Delete
  3. lagunya Bang Iwan Fals ya kang, koq baru denger kang Lirik lagunya... mw download ah... xixiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea kang eka...cuma lagunya lagu lawas banget..klw ga salah kluar thn 80an..sy lagi SD dulu... :)
      Monggo.. Kang silahkan.. :)

      Delete
  4. mantaf sob
    izin untuk merenungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mantap lagi denger lagu nya juga sob.. :)

      Delete
  5. Ibu q sayang, maafkan q. Semoga q kelak bisa membahagiakanmu. Salam buat semua ibu. Miris q Mas, nanges Mas, nelongso bahasa Jawinipun....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..smoga cepat terkabul keinginan mas hendrik buat ibundanya.. :)
      Ea mas.. Terlebih dengerin langsung lagu nya..jadi pengen cari tisu..:D

      Delete
  6. ibu insan yg mulia....
    banyangkan...
    seorang ibu bisa menjaga anaknya mungkin lebih dari satu
    dengan penuh kasih dan syang demi kelangsungan hidup mereka.betapa mulia hati seorang ibu.

    renungkan...
    kita sebagai anak,kadang jumlah kita banyak dalam satu keluarga
    namun untuk menjaga seorang ibu kadang kita tak mampu.
    sebagai contoh...seorang anak yg sukses berharta dan bertahta,namun karena kesuksesanya dia sanggup menghantar ibunya di pantai jompo atau tempat2 penjagaan orang tua.padahal seharusnya itu tanggung jawab kita

    nice share gan....sukses slalu buat anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang.. Demi karir atau tidak mau repot..mereka tega berbuat seperti itu...
      Trima ksh bang..sukses slalu jg buat bang Reo :)

      Delete
  7. ibu. berbagai macam tipikal ibu di muka bumi ini. lagu di atas bukan semu, itu ada tentu. ada pelaku, ada obyek dan ada kisahnya.
    dan kita hanya berdoa, semoga kita ada di wilayah yang terlindungi dan di ridai Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas..lagu2 iwan fals hampir keselurahan di ambil dari kenyataan kisah atau cerita di tengah masyarakat kita..sengaja jdnya sy mengambil perumpaan via lagu itu.. :)

      Amin... Ya mas :)

      Delete
  8. kalo zaman sekarang kalau tertimpa musibah gitu
    ibu2 mending menitipkan anaknya lalu keluar negri jadi pahlawan devisa
    daripada jual badan ....

    ah malu saya sebagai wanita kalau diri karna itu dosa
    walau demi keluarga atau anaknya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..ini hanya gambaran utk sosok seorang ibu..yg di hadapin sama 2 pilihan mba... Ibarat orang yg terapung di tengah lautan..tau itu sepotong kayu terapung..toh masih di renggut dan pegang juga buat visa bertahan.. :)

      Delete
  9. segelintir orang tidak pernah merasakan kesusahan seperti itu.
    semoga orang" yg di lebihkan hartanya menjadi lebih peka trhadap emak-emak seperti diatas.

    ReplyDelete
  10. . . hadechhhhhhhhhhhh,, ternyata lirik lagu. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi blm pernah denger kan mba e... Hehe :D

      Delete
  11. sebuah lagu yang tepat sekali penggambaran-nya, ketika seorang ibu yang berpikiran pendek demi memberi hidup kepada anak-nya dan diri-nya... tanpa memikirkan dosa yang diakibatkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali bang Har.. Keadaan yg menuntut ibu hrs mengambil keputusan dg cepat..walau di akhir lirik lagu si ibupun amat tersiksa...
      Mksh bang..salam :)

      Delete
  12. terharu tapi kurang setuju dengan tindakan yg d ambil leh si ibu,tapi kepepet yak? haha -.- mending minjem duit ke orang lain deh,emang orang cuman mandornya doang?ckck -.- tenang aj di dunia ini masih tersedia stok orang baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sis..:)
      Itulah warna warni kehidupan..

      Delete
  13. Replies
    1. Ea mas memang lagu nya iwan fals..lagu awal dia berkarir di blantika musik lokal..hehe :)

      Delete
  14. Walaupun akhirnya sang Ibu mengambil tindakan yang tidak tepat, tapi bagaimanapun itu ia lakukan demi keluarga tercinta. betapa besarnya kasih sayangnya pada keluarga, sehingga dalam keadaan sepelik itu, dia rela untuk 'mengorbankan' dirinya. Seseuatu hal yang menginspirasi, tapi tidak bisa kita benarkan, dan tidak usah pula kita kecam. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sob...
      Ini hanya satu gambaran :)

      Delete
  15. ehm. dalam cerita itu, si ibunya mengambil tindakan yang tindakan ya ga pantas ya (sedikit penghalusan, seperti kang arra). wah sedih ya, hanya demi keluarganya ia sampai begitu. ehm. keren, tapi ko saya ga pernah denger lagu itu ya? aneh.. jadi penasaran juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tepatnya pilihan ya bang.. :)
      lagu nya memang sdh lama sekali ni bang..n juga jarang di publikasi ..namun buat pecinta OI..pasti tau.hehe

      Delete
  16. Kalimat terahir itu yang patut di garis bawahi gan..hormati ibu mu

    ReplyDelete
  17. jd pengen denger lagunya kayak apa nih

    ReplyDelete
  18. Jadi inget emak ane :( emaaaakkk

    ReplyDelete
  19. Kasihan semuanya deh...
    Yang untung si mandor, memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sob..susah memang klw punya predikat bandot...hehe :D

      Delete
  20. Kasih sayang seorang ibu memang amat besar, kita sebisa mungkin jgn menyakiti ibu kita.

    Lirik lagunya jg menyedihkan sob, saya jd teringat sama ibu saya, sudah 2thn saya tdk brtemu ibu saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knapa sob..karena pekerjaan ya eblm dapat waktu luang :)
      Buat mengunjungi ibunda :)

      Delete
  21. Syair lagu yang makna nya dalem banget neh,,,

    ReplyDelete
  22. tragis ya, kenapa si ibu mengambil jalan seperti itu ya bang? pasti sudah sangat kepepet dengan keadaanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sob cuma ibu yg tau persis keadaan yg menimpa lluarganya...n dlm mengambil kputusannya pula.. ;)

      Delete
  23. Wah, saya malah belum denger lagunya sob. Ijin download.

    ReplyDelete
  24. Isi lirik tersebut sungguh mengharukan Sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sob lagu2 nya iwan fals..memang syarat sma pesan moral :)

      Delete
  25. A Monday morning visit with a smile..

    ReplyDelete
  26. kayak apasih lagunya. dari lyricnya koq segitunya. download juga ah

    ReplyDelete
  27. kisahnya sungguh memilukan sob.. sampai nangis tersedu2 ane.. hikzz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kalau mau tisu..tingal ambil di warung sebelah ya sob..wkwk :D

      Delete
  28. jalan terusssssssssssss http://kreasiisengmiti.blogspot.com/2012/09/haaduhh-aku-keassssikan-internetan.html .

    ReplyDelete
  29. sekalipun cuma lirik lagu,..tapi sarat dengan makna,...

    ReplyDelete
  30. mencoba memahami lebih dalam makna tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smoga bermanfaat buat kita ya sob :)

      Delete

  31. Members (223) follow balik gan, terima kasih

    ReplyDelete
  32. follow ke 228 sukses sob, ditunggu follow baliknya yah =))

    ReplyDelete
  33. mantab nie lagu lama ya? samar kayak pernah denger.. nice share

    ReplyDelete
  34. Sungguh kita nggak akan pernah menyangka seseungguhkan perjuangan menjadi seorang Ibu ndak bisa dilukiskan. Dalam kondisi apapun, entah itu ekonomi baik maupun serba kekurangan, insting dan naluri Ibu untuk melindungi keluarganya melebihi dari yang dimiliki laki-laki. Apalagi jika kondisi ekonomi yang sangat terbatas, bahkan jika dia harus menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga, sebisanya dia rela nggak makan, rela nggak tidur asal yang menjadi tanggungannya terbebas dari beban hidup.
    Pun kalopun sampai terjerembab pada kekelaman, itu sebuah perjuangan dan pertarungan hebat dengan batinnya.
    Maka benar, bahwa hormatilah ibumu, ibumu, ibumu lalu bapakmu, karena kita tidak bisa menyelami dalamnya keikhlasan ibu dalam menjalankan perannya

    ReplyDelete
  35. Hello Blogger Selamat beraktivitas, selamat berkarya untuk peningkatan kualitas dan kuantitas blogger Indonesia ...
    Rare angon Nak Bali Belog ++ Follower 230 disini Sobat

    Salam sukses

    ReplyDelete
  36. Sedih plus prihatin, karena memang terjadi benar2 di kehidupan nyata, kan? Solusinya, setiap perempuan harus cukup ilmu dan punya ketrampilan, jika terjadi hal2 yang sulit, seorang ibu bisa mencari nafkah secara halal.

    ReplyDelete
  37. Artikel yang sangat bermanfaat :D
    Tapi saya sudah punya lagunya, << OI Sejati

    ReplyDelete
  38. Memang sob, perjuangan ibu untuk membesarkan kita itu sangat besar...
    Sangat bermanfaat sob buat intspeksi diri.... :)
    Follow #231 Sukses....
    Follow back ya... :D
    Salam blogger....

    ReplyDelete
  39. Kasihan betul nasib ibu ini. Makanya kita perlu pendidikan yg memandirikan perempuan secara ekonomi. ketika semua bergantung pd suami, inilah yg tetjadi

    ReplyDelete
  40. seperti udara kasih yang engkau berikan, tak mampu kumembalas ibu-ibu...
    salam kenal OM Budi :)

    ReplyDelete
  41. jadi merinding nih saya nmembaca artikel sobat apalagi ditambah lagu bang iwan falz,,,tetapi bisa menjadi semangat buat saya

    ReplyDelete
  42. ibu

    Ribuan kilo jalan yang kau tempuh

    Lewati rintang untuk aku anakmu

    Ibuku sayang masih terus berjalan

    Walau tapak kaki, penuh darah... penuh nanah

    Seperti udara... kasih yang engkau berikan

    Tak mampu ku membalas...ibu...ibu

    Ingin kudekat dan menangis di pangkuanmu

    Sampai aku tertidur, bagai masa kecil dulu

    Lalu doa-doa baluri sekujur tubuhku

    Dengan apa membalas...ibu...ibu....

    Seperti udara... kasih yang engkau berikan

    Tak mampu ku membalas...ibu...ibu

    #iwan fals

    ReplyDelete
  43. Ibu tidak pernah berharap banyak terhadap kita, Ibu selalu merawat kita sejak kita di kangdunga sampai kita lahir, Kasih sayang seorang ibu tidak pernah ada batasnya.

    Rubah perilaku kita kepada orang tua kita, terutama kepada ibu kita menjadi lebih baik. Jangan lagi kita menyakiti hatinya, karena kita takkan pernah mampu membalas jasanya.

    ReplyDelete
  44. g usah lama2 dech sob...? langsung sedot lagu nya hehehe makasih nih sob..?

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum