Tarawih ke masjid vs shopping ke mall

budi purnomo

Tak terasa kita sudah memasuki di sepuluh akhir Ramadhan tahun ini.Yang mana dua puluh hari telah kita lalui,yakni yang pertama sebagai datangnya Rahmat,kemudian di sepuluh hari kedua sebagai Pengampunan.Dan yang sedang tengah kita masuki kini di sepuluh hari akhir sebagai Pembebesan dan terhindarnya dari panasnya api neraka.
Dan tentunya di sepuluh akhir saat ini pula,terdapat satu malam penuh kemulian,malam nya seribu bulan dialah malam Lailatul Qadar,sangat di anjurkan sekali dalam kita menunggu akan kedatangannya,di malam-malam ganjil,namun tidak lantas kita melupakan dan menganggap hari-hari sebelumnya tidak mengandung makna apa-apa.

                                               
ilustrasi suasana hari di sepuluh akhir shopping di mall


Seperti yang telah di anjurkan dan di perintahkan,di sepuluh akhir Ramadhan baiknya saling berlomba untuk meningkatkan amal kebajikan.Namun kebanyakan dan kenyataannya,malah di sibukan dengan hal-hal yang mengarah kepersiapan jelang hari Raya.Di mulai berbelanja dari baju,celana,sandal,Gadget sampai ke aneka perabot yang nampaknya harus ikutan baru.Belum lagi di tambah mereka yang ingin merayakan hari lebarannya di kampung halaman(mudik),tentunya ingin mempersiapkan apa yang menjandi bawaannya,dapat di jadikan satu kebanggaan nantinya bila setiba di sana.

                                              
ilustrasi suasana hari di sepuluh akhir shalat tarawih di masjid


Maka tidak heran sepuluh hari akhir puasa justru Mall atau pusat perbelanjaan penuh ramai sesak di serbu oleh orang yang ingin merayakan Lebaran nya dengan berbelanja.
Sedangkan Masjid menjadi maju,maju di sini bukan berarti ramai oleh jama'ah nya,melainkan makin menambah maju shaft shalatnya,semakin mendekati hari hari akhir ramadhan semakin sepi masjid di datangi oleh jama'ah untuk shalat tarawih,bila di temui itupun (jama'ah)berasal dari kalangan orang tua saja.
Itulah fenomena dan gambaran dari tahun ke tahun menjelang akhir-akhir ramadhan,antara shalat Tarawih ke masjid vs shopping ke mall.sekira nya kita lebih cakap dan bijak dalam menjalankan dan menyikapi nya.*yet.

*sumber gambar by google.

224 komentar:

  1. semua manusia akan mati gan,
    masa mau mengejar dunia terus? nanti bekal di akhirat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raih dunia seakan kita hidup slamanya,gapai akhirat seakan kita akan mati esok.. :)
      Tentunya dg amal ibadah kita ya sis.. :D
      trima kasih sis Lin.. Buat koment pertamax hehe...
      Sukses slalu :)

      Delete
    2. Seharusnya jam buka mallnya di atur ulang gan,biar 2 kebutuhan tu bisa terpenuhi. . .

      Delete
    3. kira2 bisa ga ya sob.. hehe
      klw bisa ya sgt bagus sekali.. :)
      mksh ya sob buat kinjungannya :)

      Delete
    4. Untung di daerahku masih pelosok dan belum ada Mal,, :D

      Delete
    5. Ternyata ada sisi positip nya ya sob... :)
      Mksh yas sob :)

      Delete
    6. kayaknya mall lebih menarik yah daripada ke Mesjid hehe....

      Delete
    7. fpi harus mulai sweeping di mol-mol ini mas hehe...

      Delete
    8. sudah jadi tradisi di semua tempat gan :D

      Delete
    9. fpi juga lagi pada sibuk soping mas :D

      Delete
  2. wah,, astagfirullah..semakain berkurangnya pondasi agama pada pemuada sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih memang sob..melihat shaft di masjid yg kian hari makin merapat ke depan..
      Terima kasih ya sobatku.. :)

      Delete
  3. itulah penyakit manusia mereka berlomba melihatkan ke indahan dan ke elokan luar sahaja tetapi mereka lupa kalau dalam diri mereka belum tentu indah atau sekurang2nya mencuba menjadi lebih self control

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita mendapatkan keindahan ke duanya ya sob.. :) insya Allah
      Trima kasih sobatku :)

      Delete
  4. ya kayaknya dua^nya juga pentng sob, apalagi itu sudah menjadi tradisi,.....
    Tapi kita mesti harus berbuat apa????
    Kita hanya maklum, dan bisa mendoakan saja semoga semua berjalan lancar...yang penting mereka bahagia dan bisa merayakan hari lebaran..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbuat utk meraih kemenangan di satu bulan penuh dan merayakan lebaran dg kembali fitri.. Dg suka cita tentunya sob.. :)
      Trima kasih ya sobatku.. :D

      Delete
    2. Benar sekali sobat, itulah yang namanya perjuangan sobat, tugas kita hanya menyampaikan, yg penting kita jangan menyakiti mereka..hehe...semoga kita semua mendapat kemenangan dalam perjuangan di bulan suci Ramadlon ini, ..dan akan kembali fitrah seperti bayi yg baru lahir..
      Terima kasih sahabatku
      salam........

      Delete
    3. amin...
      trima kasih n salam hangat jg ya sobat :)

      Delete
    4. sama sama sahabatku...
      saya juga mengucaokan terima kasih..
      moga sukses puasanya, ..yah...

      Delete
    5. amin... :)
      moga sukses pula puasa sobat ku ya :D

      Delete
    6. kembali hadir di sini sahabatku,...
      silaturahmi rutin...hehe..
      semoga tetap sukses ...

      Delete
    7. pintu ini terbuka lebar2 menerima kehadiran sahabatku.. :D hehe..
      btw foto profil nya gonta ganti sob..
      pertanda lebaran mau dekat ya hehe (guyon) ya sob :)

      Delete
    8. bukan gonta ganti sahabatku, kalau berkunjung di sini saya harus banyak tersenyum, walaupun mau lebaran ini kantongku sedang kering yg penting senyum tetap ceria..mudah^an pemilik Blog ini selalu ceria dan bahagia terus ....hehe
      terima kasih

      Delete
    9. Haha...memang paling bisa nih sahabat ku yg satu ini hehe ;)

      Delete
    10. silaturahmi memang asyik yah..
      biar panjang tulisan komentarnya .hehe....
      supaya kren??!!

      Delete
    11. ane ikut sambung ya gan biar makin panjang :D

      Delete
    12. ikut ngumpul rame2 juga ah biar ikutan kece :D

      Delete
  5. hm...

    knapa ya kok shopping di mall bisa lebih menarik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. shopping di mall buat mendapat baju baru.. Shoping di masjid buat mendapat amal n pahala.. :)
      Menarik karna THR sdh turun kali sob..hehe :)
      Trima kasih sobatku :D

      Delete
    2. amal baru dinikmati nanti, sedangkan baju baru kan langsung dinikmati jadi lebih menarik ya sob

      Delete
    3. ea betul sob.. namun nikmat nya hya sesaat ya sob hehe.. :)

      Delete
  6. belanja boleh tapi ibadah mesti harus dan wajib
    biar dapat kemenangan yang sudah di ambang...
    apalagi Lailatul Qadar , semoga bisa merasakan... amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea ya mba ayu..pengaturan waktu nya kita hrs atur secara bijak.. :)
      Aminn :)
      Trima kasih ya mba :)

      Delete
    2. iya trimakasih juga...

      kalau aku habis taraweh tadarusan dan makan lalu blogging
      ga pernah ke mall hehehe

      Delete
    3. sama2 ya mba ayu.. :)
      ak jg malas mba apalagi sperti saat ini..ramainya bukan main..buat jalan bawa diri aja susah wkwk..padahal jarak mall dg rumahku ga begitu jauh.. :D

      Delete
  7. Belanja keperluan tentu suatu keharusan selama tak mengabaikan ibadah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sobatku :)
      Trima kasih sob.. :)
      Sukses salu :D

      Delete
  8. Mantep Ni Kawan Artikel Nya,ijin Nyimak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob.. :)
      Monggo.. Silahkan hehe... :)

      Delete
  9. semua ada pada diri kita masing2, yang menjalankan secara rutin akan merasakan hari kemenangan bagi umat yg menjalankan tetapi yg berbelanja akan merasakan hari kemenangan untuk menunjukan kemewahan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merayakan lebaran tidak harus slalu mewah ya sob.. Sy setuju tuh :)
      Mksh sob buat kunjungannya :)

      Delete
  10. setan yang dibelenggu itu terlanjur berinfiltrasi di aliran darah manusia kan. dan mall pun lebih eksotik ketimbang tarawih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shopping cih tidak di larang ya sob..hehe
      mksh ya sobat buat kunjungannya :)

      Delete
    2. kalau hanya semalam tidak apa-apa ya mas kan tarawihnya bisa ditunda pelaksanaannya, yang masalah adalah sopingnya berhari-hari hehe.....

      Delete
  11. hehehehehe... tidak bisa dipungkiri, kalau berburu sesuatu untuk merayakan Hari Raya atau Lebaran lebih ke masa-masa akhir di penghujung Ramadhan, salah satunya adalah karena THR yang diterima cenderung cair di penghujung Ramadhan, maka jangan diherankan kalau Mall2 lebih ramai kalau menjelang Lebaran. Dan mohon maaf semaaf-maafnya, berbelanja untuk merayakan Lebaran bukanlah untuk merayakan kemenangan dengan kemewahan, tapi salah satu dari implikasi perayaan, terutama untuk juniour-junior kita (anak-anak kita), mungkin masih ingat ketika kita masih kanak-kanak, betapa bangga dan bahagianya kita memakai pakaian baru saat berLebaran.
    Eh, koment saya nyambung gak yah ? hehehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sobatku.. Memberi kebahagian buat keluarga terutama anak2 merupakan dambaan kita.. :)
      Memang sdh menjadi taradisi ya sob... :)
      alangkah indah belanja lancar ibadah pun trus gencar.. :)
      Trima ksh sobat :)

      Delete
  12. wah memang sudah sangat mengkhawatirkan gan.tapi semua itu balik kepada diri kita masing-masing.kunjungan malam untuk agan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sob hehe :)
      Mksh ya buat kunjungannya.. :)

      Delete
    2. iya sob kita cm bisa ngritik orang, tp ga mau bercermin pada diri kita sendri.

      Delete
    3. wah..sahabat terbaiku tumben sekali nih mau berbagi... :D
      smoga dapat menjadikan renungan "KITA BERSAMA"
      alhamdulilah.. trima kasih sobat terbaik ku buat partisipasinya :D

      Delete
  13. ini benar-benar realita sahabatku..
    ditempat saya juga sama demikian.. :)
    hari demi harinya semakin luas ruang masjid itu, karena sedikitnya yang datang.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah.. Kira nya... Hehe :)
      Trima kasih ya sobat :)

      Delete
    2. sama-sama sahabatku..
      salam silaturahmi dari saya sahabatku.. ^_^

      Delete
    3. salam silahturahmi jg ya sob :)

      Delete
  14. Tradisi lama yang selalu terulang, mal yang rame masjid semi, apalagi jika sudah mendekati lebaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sob sesuai dg isi artikel ini hehe.. :)
      trima kasih ya sob ;)

      Delete
  15. ditempat saya masih penuh gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya sob :)
      trima kasih buat kunjungannta :)

      Delete
  16. Seakan sudah menjadi ciri khas pada bulan ramadhan, pada awal tarawih mesjidpun terasa sangat sesak, bahkan Jama'ah meluber sampai ke teras mesjid, tapi makin mendekati hari raya, mesjidpun akan semakin besar, ehm...tentu saja bukan mesjidnya yang tumbuh semakin luas, tapi jama'ahnya yang semakin menghilang, makanya mesjid terasa makin luas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali sobat :)
      trima kasih ya buat kunjungannya :)

      Delete
  17. yang selalu terjadi setelah pasca Ramadhan adalah masjid masjid kembali sunyi, dan jarang ada jamaahnya. Tidak seperi bulan Ramadhan yang meriah sekali. Mengapa ini selalu terjadi?

    Beda dengan Mall. Ramadhan makin meriah, pasca ramadhan ya tetap saja meriah. hmmmmmmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ironis ya kang.. :)
      perintah agama di kesampingkan...justru yg bukan malah di utamakan..
      trima kasih kang asep buat kunjungannya :D

      Delete
  18. Insya ALLAH ana yakin, moll akan lebih rame daripada jamaah tarawih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sudah seperti itu kenyataannya dari tahun ke tahun ya sob.. :)
      trima kasih ya :)

      Delete
  19. Bukan rahasia lagi kalo moll lebih disenengi oleh kebanyakan orang dari pada masjid.

    ReplyDelete
  20. logikanya kalau pertandingan bola, semakin akhir semakin rame. tapi beda ya sama ramadhan, ramenya ke pasar dan mall.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tuh sob..padahal yg di akhir ramadhan pun lagi seru2 nya untuk mendapatkan pahala yg berlipat ganda.. :)
      trima kasih ya sobat :D

      Delete
    2. iya gan, ayo kita raih. jangan di sisain kalau bisa gan pahalanya, ambil semua :D

      Delete
    3. ea sob..mumpung msh tersisa kita raih smuanya...karna ta ada yg menjamin thn depan kita akn bertemu ramadhan kembali..
      trima kasih sobat.. :)

      Delete
  21. itu khusus orang yang punya duit bang, orang yang ga punya duit kaya saya. ya ga kemana mana, mending ibadah aja dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. andai pun punya byk duit :)
      ku yakin sahabatku ini memilih utk tetep beribadah :)
      hehe...mksh ya sob ats kunjungannya :)

      Delete
  22. jangan kuatir sobat...semua umat Islam pasti masuk surga ,kecuali bagi yang tidak mau masuk surga.., yang utama adalah kita sendiri tetap sholat wajib dan sholat taraweh.. oke...keep happy blogging :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminn.. :D
      oke deh bang :)
      trima kasih jg buat kunjunganya ya bang Har.. :)

      Delete
    2. sipp..semoga kita bisa mencapai hari kemenangan seperti yang dijanjikan-NYA

      Delete
  23. . . emmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm,, aq numpank liat^ aja dech. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo..silahkan mba vpie :)
      spuas nya wkwk 87x... :D

      Delete
    2. . . he..86x. ea nich. abiznya bingnk mau comment apa. takut salah. he..86x . .

      Delete
    3. mba vpie... mang klw salah.. di apake ma admin nya wkwkwk 87x...

      Delete
    4. . . ya gak gitu sich. cuma aq takut salah ucap aja. he..86x . .

      Delete
  24. hari pertama puasa mesjid ramai banget jamaah-nya,, sampai2 sholat di luar mesjid,, menjelang hari terakhir puasa, mesjid menjadi lapang.. pada kemana tuh orang2,, rupanya lagi nyari baju baru.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob :) hehe..
      btw udah ikutan borong blm ni..baju barunya :D hehe...

      Delete
    2. belum sob.. ane masih mau meramaikan mesjid dulu.. hehehe.. :D

      bang budi udah borong baju belom.? :)

      Delete
    3. hehe... klw sy sih yg penting anak sama mamah nya aja sob..itupun bru esok sore rencana nya... :)hehe..

      Delete
    4. Andy, semua orang sibuk cari baju baru. kl ente carinya istri baru..Wuakakakaka

      Delete
  25. wahhh keterlaluan juga yah manusia ini...
    alhamdulillah di masjid agung dekat rumah saya tetep rame, 3 baris saff minimal jamaahnya :)

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah ya bang klw saat ini masih ramai jamaah nya :)
    trima kasih ya bang buar kunjungannya :D

    ReplyDelete
  27. udah ga heran makin akhir makin sepi shaf teraweh ... (termasuk gue ga teraweh T_T)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tarawih dong hehehe... :)
      mksh ya sob buat kunjungannya :)

      Delete
  28. Wah gan ini pertanda bahwa manusia lebih memilih kesenangan duniawi ktimbang beramal ibadah untuk ksenangan akherat, (heheheh sory aga so ustad dikit) mall vs masid semua udah hal lumrah gan begitulah dunia skarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin klo dulu masih jarang mall ya sob :)
      trima kasih ya buat kunjungannya :)

      Delete
  29. mungkin bisa lebih bermanfaat bila semua di lakukan secara seimbang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan shopping.. namun trawih jg ga di tertinggalkan ya sob... :)
      mksh ya sobat :)

      Delete
  30. Replies
    1. hehe... :)
      begitulah sob :D
      trima ksh byat kunjingannya..

      Delete
  31. sebaiknya selesaikan dulu ibadaha tarawih baru belanja, itu lebih baik, hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju tuh sob :)
      mksh ya buat kunjingannya :D

      Delete
  32. Apalagi dekarang udah mendekati lebaran tambahh rame yang ke mall nga kepikiran untuj sholat tarawehh wahh parahh niee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea sob..
      prihatin melihatnya :)
      mksh ya sob buat kunjubgannya :)

      Delete
  33. hemmm saya lebihh setuju mending ke mall ya habis tarawehh... udah beres tuhh urusan akhiratnya .. kan tinggal urusin duniannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob..atau bisa belanja nya sebelum tarawih.. :)
      trima ksh ya sob.buat kunjungannya :)

      Delete
    2. iyaa sobb.. tapi di tempat saya alhamdulilah masih banyak yang ikut shalat taraweh

      Delete
  34. itulah fakta real manusia. Bukannya semakin membaik justru sebaliknya semakin memburuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga. smskin membaik ya sob.. :)
      trma ksh sob :)

      Delete
  35. semakin menjelang akhir romadhon fadilah semakin melimpah tapi godaan juga bertambah berat ya sob, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob..ujian nya akan smakin berat :)
      mksh ya sob buat kunjungannya :)

      Delete
  36. kok sama dengan di sini ya, mall semakin rame masjid semakin sepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya.. prihatin ya mba.. :)
      ini jg terjadi di tempat tinggal saya ;)
      mksh ya mba buat kunjungannya :D

      Delete
  37. memang benar sobat, sisa menghitung hari menjelang lebaran masjid masjid pada sepi padahal, 10 hari terakhir adalah hari yang sangat penting dalam bulan ramadhan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob..amat di sayangkan memang :)
      trima kasih ya sobat buat kunjungannya :D

      Delete
  38. Salam ramadhan.

    terima kasih entrinya ya
    memang detik kita berlumba ke mall untuk shopping
    (termasuk momoy juga)
    terima kasih menyedarkan momoy
    jadi , kita ke mall pada siang hari dan masjid pada malam hari
    itu lebih nyaman dan bermanfaat bukan

    dear selamat hari raya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya sis... bila membawa manfaat... :)
      trima kasih sdh mampir kesini :D

      Delete
    2. sama-sama
      terima kasih juga sebab mampir ke belog momoy
      nanti buat entri persiapan raya kamu di Indonesia ya
      ingin sekali lihat masyarakat di Indonesia sana sambut hari raya
      =)

      Delete
    3. insya Allah ...next akan buat entri baru tentang lebaran.. :)
      betul sis..sy tinggal di jakarta :)
      senang bisa knal dg anda :D

      Delete
  39. dimana mana emang seperti itu sob,..dikampung aku juga seperti itu memang sungguh memprihatinkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea sobat...
      klw bukan dari pribadi kita,mesti siapa yg harus meramaikan masjid.. :)
      trima ksh ya sob :)

      Delete
  40. Tarawih yg rame itu pas hari pertama tarawih dan hari terakhir tarawih, tengah2nya sepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat momoy berbeza
      di akhirin ramadhan kosong sebab ramai orang ke mall

      Delete
  41. hadir kembali sob..
    salam silaturahminya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. trima kasih sob.. :)
      salam silahturahmi kembali :)

      Delete
  42. hahahaha, iya Kang Pur. Shaftnya makin maju. Tapi kalo di kampung ane, justru makin banyak pengunjung mushola, sebab kalo 10 malam terakhir, ada yang kirim makanan di mushola, jadi banyak yang antri deh tuk dapetin

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya sob... :)
      smoga dapat tertular sama tp sy n yg lain tuh sob hehe..
      mksh ya sobat buat kunjungannya :D

      Delete
  43. Realita kehidupan,inilah kebiasaan yg harus kita robah dan itu dimulai dari keluarga kita sendiri.
    Artikel sangat menarik sob.Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob..di mulai dari keluarga kita dulu... :)
      trims ya sob :)

      Delete
  44. Hehe jadi ketawa kecil bacanya. saya nggak menyadari sedikitpun tentang hal ini, sepuluh hari terakhir dalam puasa adalah hal yang sangat diidam-idamkan bagi mereka yang sungguh mengharapkan Ridhanya. Namun 10 hari terakhir puasa juga diidam-idamkan bagi mereka yang gila akan keperluam hari raya. Nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... btw sobat ilham termasuk yg mana nih hehe... :)

      Delete
  45. Sekarang pada lomba-lomba membangun masjid yang megah,tapi ga ada isinya,justru mall yang makin rame,..............

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang..fungsinya lama2 persis seperti museum..

      Delete
  46. ada kemajuan klo gitu dunk mas.., shafx makin maju heheh...,

    smg kita semua bs dpt malam lailatul qadar.., Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin...
      semoga ya sob.. :) trima ksh buat kunjungannya ya sob :)

      Delete
  47. Persis di kotaku sekarang,shaf-nya tinggal satu itupun 3 orang seperti di pic,hihi.
    Makna puasa dan makna lebaran sudah begitu jauh bergeser Mas.
    Pencerahan yang bermanfaat,makasih sudah sharing,happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea ya sis...hampir di tiap daerah sprti itu..
      prihatin klw melihatnya :)
      mksh ya sis tas kunjungannya :)

      Delete
    2. di kota isi mesjid cuma 3 orang?????

      kalah nih dengan desa saya

      Delete
  48. memang sedih banget gan melihat kenyataan ini :(
    semakin dekat dengan hari raya semakin sepi orang yg shalat di masjid dan semakin ramai mall
    semoga yang beruntung dialah yang dapat
    aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. ya sob
      mksh ya buat kunjungannya :)

      Delete
  49. sungguh miris ini hati melihat photo di dua suasana di dua tempat yg berbeda. Apakah mereka tidak tahu justru 10 hari terakhir adalah hari yang istimewa di bulan penuh barokah ini? hemmmm .... :(

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob :)
      mksh ya buat kunjungannta :)

      Delete
  50. Daripada ke mall pamer baju lebaran... mendingan ke masjid dapet pahala buat dipamerin di akhirat nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya tdk blh merayakan lebaran dg baju baru ya sob..namun tdk dg niat pamer atau ria...hya sekedar mengamvarkan suka cita di moment lebaran... :)
      trima ksh ya buat kunjungannya :D

      Delete
  51. Yah, di desa ane Malah makin banyak, banyak yang pulang kampung dari kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob..konon perayaan lebaran di kampung halaman ramai sampai 1 minggu..di banding kota jakarta hehe.. :)

      Delete
  52. Jangan khawatir sob ntar lebaran mesjid banyak lagi...Tapi Alhamdulillah sob di desaku ngak ada Mall jadi aktfitas belanja pagi hari jadi masjid tetap ramai meski tidak sebanyak awal awal puasa :D thanks sob jadi ngerasa kesindir aku ..he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sama sekali postingan ini buat menyindir siapapun loh sob..cma menyampaikan info yg smoga bermanfaat..hehe
      alhamdulillah klw masih ramai jamah nya ya sob ;)

      Delete
  53. Tarawih yg paling rame tu hari pertama n hari terakhir tarawih, tengah2 kosong.

    ReplyDelete
  54. Betul kata mas , mall-mall penuh kalo udah deket hari raya...
    Seharusnya diseimbangin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sob seharus nya seperti itu :)
      mksh ya sob ..sering2 mampir ya :)

      Delete
  55. Benar Sob, memang jika pada akhir-akhir Ramdah ini banyak orang yang sibu dengan urusan dunia... padahal??? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ......
      Trima kasih ya sob buat kunjungannya :)

      Delete
  56. pagi sob, udah beli baju lebaran belum nich :D salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sob...knapa? :)
      pengen beli in yah sob hehe (guyon) sob :)

      Delete
  57. iya mas seharusnya begitu, tapi emang kalau awal awal tarawih pasti padat.. tapi setelah itu tinggal yang bener bener imannya kuat yang masih tetap selalu tarawih...

    tidak salah memang belanja pakaian apalagi buat anak, tapi itukan bisa dilakukan siang hari atau sebelum waktu tarawih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ku yakin mas agus termasuk..yg saat ini masih di barisan paling sepan nya... :D
      trima kasih ya sob :)

      Delete
  58. mampir lagi nie gan, membalas silaturahmi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sob... :D
      Trima kasih :)

      Delete
  59. hahahaha udah kayak budaya sih,, mau gimana lagi coba? hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya Allah lah yang tahu sis... :)
      Trims ya sis :)

      Delete
  60. bener banget tuh kang Bud, makin mepet lebaran makin mepet aja shaftnya, mepet ke depan...
    kalo diskotik dan tempat hiburan gak boleh buka, mungkin gak mall dilarang buka malam hari?? wekwkekwkekkk pasti banyak yang kontra :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Malah ada sebagian mall yg menambah jam buka nya sampai Dua jam lebih lama dari hari biasa nya loh mba.. :)
      Trima kasih ya mba tas kunjungannya.. :)

      Delete
  61. Astaghfirullah... ini yang terjadi pada Bulan ramadhan... biasanya ini terjadi pada akhir ramadhan....

    ReplyDelete
  62. Betul Sob... Makin sini bukannya makin banyak yang beribadah, tapi malah makin sedikit...

    ReplyDelete
  63. begitulah tiap ramadhan... mungkin bisa dimulai dari dirikita sendiri untuk memperbaikinya.

    ReplyDelete
  64. Pada rame-rame nyerbu pasar dan mall mas, nyari baju lebaran. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan-jangan mas Yanuar ikutan juga yah hehe...

      Delete
  65. kalau sudah kebiasaan tradisinya begitu tiap tahun susah juga yah mas, yang penting tahu mana yang lebih penting ke mall atau ke mesjid :)

    ReplyDelete
  66. Tarawih dulu terus shoping akan lebih bagus tentunya ya..

    ReplyDelete
  67. persiapan lebaran,,,,, lebih sibuk ke mall tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. uang THRnya juga ikutan sibuk hehe...

      Delete
  68. sudah menjadi kebiasaa ya mas, kalo sepuluh hari terakhir, masjid sepi, pusat belanja malah ramai tuh hehe

    ReplyDelete
  69. harusnya thawaf di mall diimbangi dengan shopping di mesjid.
    ehh, gimana ya.. maksudnya orang yang masuk mall diwajibkan beribadah dulu, gitu

    ReplyDelete
  70. hehehe judulnya mengelitik ya mas, memang kalau kita pikir pertandingan antara iman dan imin ini lebih seru ketimbang kesebelasan nasional... karena dari setiap kompititor individu selalu dikalahkan dengan keinginan sesaat seperti mall yang kalau kita pikir sebenarnya bisa dikunjungi sehabis tarwih..

    ReplyDelete
  71. maaf mas bud saya teh baru bisa berkunjung
    abis rada sibuk dengan acara of air ... tapi kabarnya mas sudah kembali sehat ya

    ReplyDelete
  72. wah mas bud trmksih bnyk infonya mas bud

    ReplyDelete
  73. mungkin 5 hari sebelum lebaran masjid2, musholla bakal penuh lagi mas :D kyak di tempat saya ini :(

    ReplyDelete
  74. kenapa ya ke mall diwaktu tarawih
    bukanya bisa disaat siang
    lihat yg tarawih dikit jadi sedih
    sedih hati lama ga hilang-hilang

    hikz

    ReplyDelete
  75. lihat photo profile mas budi
    jadi ingat ramadan tahun lalu mas budi perdana kunjungi blogku

    ReplyDelete
  76. wkakak di masjid mulai sepi yaa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada ke mall semua kali mas berburu diskonan hehe...

      Delete
    2. Bhahaha, diskon... mending tarawih nya di mall (?)

      Delete
    3. ane setuju sama si tumpas gan wkwk

      Delete
  77. ditempat saya juga sama demikian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya hampir semua tempat seperti itu sob apalagi di kota-kota yang banyak mallnya...

      Delete
  78. pdahal 10 mlm rmndan trakhir itu yg terbaiknya..
    yaitu mlm pembebasan dri api neraka

    ReplyDelete
  79. iyaa...makin lama makin maju jama'ah tarawih, maju tinggal sedikit barisan makmumnya

    ReplyDelete
  80. kalau saya memilih tarawih mas.. seandainya tidak tarawih, saya lebih baik di rumah dulu, nanti setelah tarawih selesai saya baru kluar rumah.. main main ke tempat temen atau sekedar ngumpul2 di pinggir jalan hehehe

    ReplyDelete
  81. Susah juga memang di kota. Kalau pergi ke Mall habis sholat tarawih sudah terlalu malam karena tarawihnya cukup lama. Kalau pagi sampai siang harinya juga kerja. Ada baiknya pergi ke Mall di hari Minggu tau besok kan sudah mulai libur cuti bersama. hehe

    ReplyDelete
  82. dah dekat raya semu asibuk pikir pasal raya.. huhuh

    ReplyDelete
  83. Pfffttt...mushalla di kawasan kos-kosan juga udah sepi. -.-a

    ReplyDelete
  84. 10 hari terakhir itu bertaburan bonus. Bonus akhirat dan dunia (THR). Tapi kayaknya lebih banyak yg memilih menikmati bonus dunia, ya

    Semoga masih diberi kesematan menikmati Ramadan tahun depan dan kualitas kita semakin baik. Aamiin

    ReplyDelete
  85. wehhh kayanya sama sob didaerah saya juga seperti itu , dari musolah sampai masjid pun nambah berkurang jamaahnya...

    ReplyDelete
  86. hahaha hampir lebaran masjid kalah ramainya sama mall mas.
    maaf mas budi baru bisa berkunjung gara2 gamngguan koneksi tapi nih udah ngebut lagi bisa bolek balik kesini lagi deh :)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum