Belanja Di Supermarket Kantong Plastik Kini Tak Gratis

Belanja Di Supermarket/Swalayan Kantong Plastik Kini Berbayar alias Tak Gratis Lagi - Program dari pemerintah ini sebenarnya memang sempat santer di gadang-gadangkan. Dan mulai 21 Februari 2016 hari ini sejumlah perusahaan retail seperti Giant dan Carrefour serta minimarket lainnya telah mendukung dan menjalankan program menuju Indonesia Bersih Sampah 2020.


Bayar berapa?
Lalu, di kenakan biaya berapakah untuk kantong plastik belanja perlembarnya? Seperti yang telah para riteler (anggota Aprindo) kirimkan usulannya secara tertulis ke Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan Untuk sementara ini, telah di sepakati kalau harga kantong plastik kresek di tiap swalayan di kenakan Rp 200 per lembarnya.

Efektifkah?
Seberapa efektifkah cara ini dilakukan untuk mengurangi dampak buruk dari limbah yang berasal dari sampah plastik. Mengingat peraturan baru pemerintah ini tidak pula di ikut sertakan untuk pasar tradisional yang justru kontribusi sampah plastiknya jauh lebih besar.

Diet Kantong Kresek
Demi untuk lingkungan yang nyaman memang perlu kepedulian, oleh karenanya mulai sekarang kurangi pemakaian Kantong Plastik untuk bawaan belanjaan anda. *yet.