Inikan Busway, Bukan Metromini

budi purnomo

Inikan Busway, Bukan Metromini. Karena alasan untuk menghindari macet, dan juga berharap bisa cepat sampai ke tujuan. Para warga ibukota masih memilih bustransjakarta sebagai alat transportasi andalan. Selain itu tarif yang telah di tetapkan dari awal pengoperasiannya hingga kini pun sangat ekonomis dan terbilang murah. Hal ini yang tentu saja menjadi nilai lebih dari armada ini, bila di banding dengan jenis angkutan lain yang ada.

Inikan Busway, Bukan Metromini
foto di ambil dari kawasan lampu merah Kebon Nanas, Jakarta Timur
Namun sayangnya semakin kesana dan setiap harinya, ada saja keluhan yang keluar dari para penggunanya, dari mulai masalah lama menunggu kedatangan bus tiba, AC dan atap pada bocor, mogok di tengah perjalanan hingga harus rela berdesakan saat berada di dalam bus.

Inikan Busway, Bukan Metromini
Ibu ini berjalan hanya baru seperempat jalan, masih butuh ratusan meter lagi untuk bisa sampai ke halte pemberhentian bus. Lokasi: Jembatan penyeberangan Cempaka Mas, Jakarta Pusat.

Belum lagi, ketika ada sebagian dari  penumpang sampai berlarian melewati tangga penyeberangan yang di ketahui panjang jaraknya hingga ratusan meter, namun setibanya memasuki halte pemberhentian. Bus yang akan di naikinya tadi, malah tutup pintu dan terus pergi.

Padahal di tiap halte ada lebih dari satu orang petugas, yang selalu standby di sana. Dari pada hanya duduk-duduk atau cuma mainan gadget, kenapa tidak di tugaskan memberi isyarat (tanda) kepada mas kondektur agar memberi waktu jeda, barang semenit saja. Inikan busway mas... bukan metromini, yang supirnya gak harus kejar uang setoran, juga kan. *yet.
Kiriman ibu Ani, Jakarta.

36 komentar:

  1. itulah manusia, uang lebih manis dari pada madu *MrCrab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti bahasa pujangga ya ... apa om mario he

      Delete
    2. makinoedin memang makjleb kan

      Delete
  2. Wah enak banget tuh Mas penjaga haltenya...

    ReplyDelete
  3. Ya, mentalitas petugas masih perlu ditatar P4 seperti zamannya orde baru dulu, mas Pur. Biar beliau-beliau itu dapat melayani masyarakat pengguna busway dengan baik sesuai mottonya semula...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kang...kalau dipikir penataran P4 memang perlu, karena dari sana kita diajarkan untuk menghayati dan mengamalkan pancasila dalam kehidupan. namun sayang semua hal yang itu tinggal kenangan ya gan?

      Delete
  4. kalau cuma main gadget saya juga mau mas. hahaa

    ReplyDelete
  5. Kalau saya lebih suka naik busway pas di luar jam sibuk. Kalau di jam sibuk lebih enak naik kopaja atau metromini/angkot.

    ReplyDelete
  6. Busway tidak ngetem dan tidak molor itu sudah bagus. Jembatan panjang itu harus dipendekkan untuk mempermudah akses. Tidak susah kok, hanya butuh kesungguhan menjalankannya.

    ReplyDelete
  7. pelbagai masalah pengangkutan awam ni ya....

    ReplyDelete
  8. yahh kita hanya bisa beli bud..tapi gak bisa ngerawatnya. mana bus transjakarta juga terindikasi bus bekat tapi direnovasi aja. sekarang kita tunggu aja ahok menyelidiki kasus itu dan semoga orang yang culas di balik itu bisa langsung dihukum berat.

    ReplyDelete
  9. semoga pihak manajemen busway mendengarkan keluhan ini mas dan meningkatkan pelayanan busway.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalau mendengar keluhan itu sudah pasti dan mereka paling tau kekurang mereka. yang jadi pertanyaan, perdulikah dan apa buktinya? mari kita lihat dan dengar dengan seksama....

      Delete
  10. itulah keluhan ibu kota yang musti dienger oleh pemda pusat ya mas...

    ReplyDelete
  11. kaya nya percuma ngasih fasilitas tapi kurang pelayanan,mungkin yang lain lebih memilih metromini kalo gini caranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya patut dicoba nih tawarannya.

      Delete
  12. saya pribadi belum pernah naik busway mas ... udik bingits ... :)

    ReplyDelete
  13. aku belon pernah naik bis way.. kayaknya sama aja ya hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama TEH saya juga belum pernah,soalnya saya di Jawa Timur hehehe

      Delete
  14. kasian, sudah berlarian ditinggalin...layanannya mestinya dimaksimalkan supaya memuaskan

    ReplyDelete
  15. Semoga tahun ini segala keluhan masyarakat bisa direalisasikan perbaikan layanan maupun fasilitasnya, setahu saya sekarang udah tersedia toilet di terminal busway itu juga sebagai kelebihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang banyak kelebihan..yang dikhawatirkan banyak juga orang dan yang punya tidak memperhatikan perawatannya. kalau sekedar membuat itu gampang, menjaga biar awet dan dapat dirasakan orang banyak itu belum tentu, bahkan cenderung tidak bisa. itulah nasib busway beserta terminalnya gan.

      Delete
  16. saya belum pernah naik busway mas, jadi ngga tau gimana rasanya :D

    ReplyDelete
  17. kalau pada bocor itu berati bukan busway ya Mas Pur, tapi sudah ke bis jaman dulu tu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bis juga namanya des..tapi bis-a bocor katanya. heeeee

      Delete
  18. kapok mas pakai busway.
    gegaranya tahun baruan ke monas tapi pelayanan petugasnya ga ngenakin hati banget.

    ReplyDelete
  19. mohon maklum saja mas BUDI,mungkin sopirnya sakit perut jadinya buru-buru pergi mau cari toilet hahaha

    ReplyDelete
  20. sepertinya harus di tingkatkan lagi tuh pelayanannya mas.. kan penumpang juga perlu pelayanan yg baik

    ReplyDelete
  21. wah bener tuh jembatan penyebrangan busway cempaka mas panjang banget bikin cape, dulu lagi masih dijakarta saya pernah naik dari situ mau ke pulang ke daerah penas kalimalang

    ReplyDelete
  22. supirnya sesak ke wc kali, hahahahah

    ReplyDelete
  23. Betul sekali mas itu jembatan di Cempaka mas melelahkan sekali, saya pernah malam - malam lewat situ dah ngantuk harus jalan jauh lagi hadeuuh, dan yang paling menjengkelkan itu atap polycarbonatnya pada ilang entah terbang , entah diambil he... kalau soal menunggu si saya gak masalah.. Asal disebelah ada yang bening - bening heee

    ReplyDelete
  24. buswaysukurannya jadi seperti metromini ya kang?

    ReplyDelete
  25. datang lagi disini sekedar jalan jalan cari sarapan siang

    ReplyDelete
  26. Belom pernah naik busway, Bang :P

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum