Rindu Lagu Anak

budi purnomo

Rindu Lagu Anak

Dunia anak-anak masa yang penuh warna dari mengenal lingkungannya hingga belajar etika dengan cara-cara yang tentu menyenangkan. Salah satu cara belajar anak adalah dengan cara bernyanyi dari karya lagu dan musik. Namun sayangnya meski dunia musik Indonesia terus berkembang, anak-anak kehilangan dunianya dan justru lebih pakem dan hafal dengan lagu-lagunya orang dewasa.


Inilah gambaran potret yang ada di tengah kita, mereka tak lagi bernyanyi lagu anak sebagaimana mestinya. Yang terlantun malah justru lagu asmara, patah hati dan juga selingkuh. Di usianya yang masih begitu kecil, anak-anak kerap terlihat fasih bernyanyi dengan lirik yang sebenarnya tidak pantas untuk diperdendangkan. Apa yang terjadi pada anak Indonesia, kemana lagu-lagu anak yang dulu pernah populer di jamannya.

Saat tim seputar indonesia menemui psikolog anak (Tika Bisono) dan ia pun sempat mengatakan "Lirik-lirik itu kan memberi makna pada melodi, sementara mereka akan terbawa menghayati lagu di tiap liriknya agar ferformance mereka ketika menyanyikan dianggapnya baik. Nah pada saat itulah mereka menghayati sepunuhnya meski tidak klop dengan pola (pemikiran) mereka sebetulnya. Dan disitulah awal terjadinya penghancuran nalar di usia mereka" ungkapnya.

Faktor lainnya, karena mungkin lagu-lagu anak tadi tak lagi mudah diterima dijaman seperti sekarang ini, mengingat di tahun 90-an sejumlah lagu anak sangat begitu populer dan liriknya pun syarat akan makna.
Sementara untuk saat ini, fenomena yang terjadi adalah tidak adanya lagi penyanyi cilik yang menjadi icon anak-anak, dan dianggap tidak cemerlang nya karir dalam indrustri musik tanah air.
Padahal penyanyi cilik dengan lagu bertema anak-anak sangat penting menjadi idola dikalangan mereka. Selain itu, memang sepatutnya dalam memperhatikan setiap perkembangannya. Peran orang tua lebih serius mengenalkan materi lagu yang sesuai dengan usia mereka.*yet.

45 komentar:

  1. pertamax saya amankan :)
    tampilan postingnya kyk koran mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hahaha Gagal pertamax lagi sayah
      Du duh kasian kan sayah

      Delete
    2. jika kau rindu pada anak segeralah menghampirinya dan ajaklah jalan-jalan ke taman, jika kangen sama lagunya, belilah CD dan DVD nya di toko sebelah pertigaan itu

      Delete
    3. Beli kaset DVD Lagu Balonku ada lima ya Mang Lembu

      Delete
    4. cari dvd baloku ada lima pak wong

      Delete
    5. di download saja mas.. ada kog balon ku ada lima.. bahkan ada 6 pun.. hehe

      Delete
  2. saya dapati lagu kanak2 sekarang tak sama spt lagu kanak2 semasa sy membesar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yu Rame rame Mas Yanto Mas Budy Kak Khairin
      Beli kaset lagu anak anak buat mengenang masa kecil

      Delete
    2. Rindu saya sama lagu anak Rindu juga sama Mas Pur, akhir akhir ini jarang ketemu di beranda saya. sibuk ya Mas Pur..?

      Delete
    3. mungkin mas purnomo lagi sibuk mas saud... sabar saja lah pasti datang kog...

      Delete
  3. Syukur waktu saya kecil masih sempat dengar lagu anak2.. Karna dulu jarang nonton tv, jadi pengaruh yg negatif belum banyak. Masih pake Tape/Kaset kalau dengar lagu

    ReplyDelete
  4. jamannya pke radio tape yg klo kusut kasetnya kita puter pake pensil/pulpen, wkk
    dunia enterten sekarang kebanyakan mementingkan komersil ketimbang benefit pendidikan dan budaya.

    ReplyDelete
  5. haduh sangat jauh berbeda keadaannya dengan anak anak jaman sekarang :v dan alhamdullilah saya masih mengalami masa masa lagu balon ku :D

    ReplyDelete
  6. lagu kanak2 jika dihasilkan dgn baik akan evergreen sampai bila2...

    ReplyDelete
  7. jadi inget sama abiem ngesti ,enno lerian sama joshua kecil nih mas

    lagu pangeran dangdut yg paling saya ingat

    ReplyDelete
  8. Saya juga rindu lagu anak, mas Pur...bahkan kerinduan saya itu juga saya tulis dalam sebuah posting...Sebutlah Ira Maya Sopha, Adi Bing Slamet, Chica Koeswoyo, Yoan tanamal (era 90-an), Joshua, Trio Kwek Kwek, Eno Lerian, Tina Toon, Cindy Cenora (era 90-an).Lagu yang mereka bawakan memang sesuai dengan karakter anak...

    ReplyDelete
  9. kalau boleh jujur, saya sendiri sudah tidak begitu hafal lagu anak2 masa saya kecil dulu, tapi kalau bisa kasih penilaian, tema lagu anak2 dulu dan sekarang sudah sangat jauh berbeda, seperti yang mas bilang juga,..

    ReplyDelete
  10. anak sekarang suka nyanyi lagu orang besar...jadinya anak-anak sekarang kelihatan lebih cepat tua dari usia sebenarnya.......keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  11. Salam Mas Pur. Terkadang saya juga jika lam ke luar kota. dan Rindu anak anak paling saya pelampiasanya dengan mendegarkan lagu anak anak Mas Pur juga sama rupanya

    ReplyDelete
  12. Sekarang mencari dan menemukan lagu anak yang mendidik dan mudah diingat sepertinya susah ya Kang, tidak seperti pada jaman dulu waktu saya masih kecil. he, he, he,,

    ReplyDelete
  13. ya mungkin karena anak kecil bisanya cm meniru apa yang dia lihat mas.

    ReplyDelete
  14. anak2 sekarang hapalny lagu dg lirik percintaan ala abg...huhhh

    ReplyDelete
  15. Dunia anak adalah suatu masa yang menyenangkan. Kalo mendengarkan lagu anak anak, terasa ingat kembali masa anak anak dulu

    ReplyDelete
  16. Ajang mencari bakat penyanyi anak-anak banyak dan sering dilakukan, tapi lomba cipta lagu anak-anak terakhir kapan ya?

    ReplyDelete
  17. anak-anak sekarang sudah tidak susai lagi tuk mendengar lagu. anak-anak malah lebih seneng dengari musik dewasa. ini yang seharunya orang tua harus sering memperhatikan anak-anaknya....

    sekarang lebih ke tampilan koran yaa mas..??

    ReplyDelete
  18. tapi kenapa ya Mas, lagu anak-anak nya lebih bagus dan mendidik yang lagu dulu dulu dari pada lagu yang sekarang.

    ReplyDelete
  19. sekarang jamannya lagu "sakitnya tuh disini" mas wkkwkk

    ReplyDelete
  20. rindu lagu-lagu anak-anak sekelas lagu ciptaan ibu sud, pak kasur,

    ReplyDelete
  21. jaman sekarang anak - anak lagunya sama kaya orang dewasa, ga kaya dulu lagu anak2 itu di denger nya sesuai liriknya dengan kehidupan layaknya seorang anak

    ReplyDelete
  22. jaman sekarnag umur 3 tahun sudah bisa pegang tablet dan smartphone lainnya, lah saya serkang aja masih amatirn, lagu juga sama saja, lagu dewasa ya lagu anak2.

    ReplyDelete
  23. postinganya super sekai, fenomena saat ini

    ReplyDelete
  24. mending kita ciptain lagu anak-anak sekarang yu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo mang aku yang pilih judulnya iya.. :D

      Delete
  25. Saya memperkenalkan lagu anak-anak yang saya nyanyi masa kecil dulu kepada anak saya melalui CD..
    setakat ini dia boleh ikuti...

    ReplyDelete
  26. Salam Pagi Mas Pur? apa kabarnya nih jarang kelihatan saya sampai Rindu gak lihat wajah Mas Pur yang ganteng ini. semoga sehat dan sejahtera selalu sekeluarga amn

    ReplyDelete
  27. sekarang kita nih sebagai orangtua yang harus pandai2 mas, soalnya sekarang lagu2 itu ga segampang dulu menyebarnya. kalau sekarang aja, orang2 bisa mutar lagu dipinggir jalan dengan volume yang tinggi

    ReplyDelete
  28. skrg mah susah ya mas nemuin lagu ini, kalau ada itupun cuman beberapa saja jarang terekpos juga. beda jauh dg masa kecil dulu hampir stasiun tv ada acara anak2 yang didalamnya dikemas dg lagu anak2. perlu gerakan dari seniman atau pencipta lagu untuk membangkitkan smangat menciptakan lgu untuk anak2

    mampir ya mas di postq :)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum