Cukupkah Dengan Sehelai Tisu

budi purnomo

Karena selain lebih dianggap praktis dan familiar keberadaannya. Membuat air minum berkemasan sudah dianggap menjadi kebutuhan ditengah kita. Tanpa harus perlu lagi repot memasak, dapat menghemat gas dan juga waktu.
Beragam ukuran, jenis merek dan kegunaannya pun sengaja dihadirkan oleh para pelaku usaha minuman khusus untuk konsumennya, dimulai dari kemasan yang berukuran kecil (gelas) hingga keukuran yang lebih besar 19 liter (galon) turut tak ketinggalan disediakan mereka.

Terkait dengan itu, umumnya ukuran galonlah yang kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan para keluarga, satu instansi atau tempat sejenis lainnya. Namun terkadang kita sebagai pengguna sering mengabaikan dan kurang memperhatikan kebersihan (kehieginisan) dari galonnya sendiri.

Cukupkah dengan sehelai tisu
Salah satu hal yang kurang mendapat perhatian ialah disaat akan menempatkan galon kedalam dispensernya. Dan cara untuk membersihkan biasanya kita hanya mengandalkan lewat sehelai tisu basah.


LALU timbul pertanyaan apakah cara tersebut benar menjamin kebersihan galonnya.
Mengingat dari segi pendistribusian, penyimpanan hingga pemajangan sebelum galon itu hadir dirumah kita, amat berpotensi tercemar oleh kuman (bakteri) bekas air seni atau kotoran seperti tikus misalnya.

Cara untuk membersihkannya
Kalo boleh jujur, istri saya sendirilah yang paling bawel dalam masalah ini. Dialah yang selalu mengingatkan saya agar mencuci galon tadi dengan kucuran air langsung dari kran atau slang. Lebih baik lagi gunakan sabun khusus untuk sayuran (buah-buahan) itu pun jikalau pas kebetulan ada. Kemudian tiriskan sebentar, dan agar tisu basah dianggap tak mubazir kita pun dapat menggunakannya untuk mengelap kembali bagian leher galonnya. Dengan begitu galon kita akan memiliki Double Protection dari serangkaian serangan kuman dan kawan-kawannya. *yet

179 komentar:

  1. Bersih luaran sahaja... tapi yang tak nampak itulah yang mrrbahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya galon air minum mineral itu mencucinya jangan
      Hanya pakai tisu saja ya Mas, pakai air bersih biar steril

      Delete
    2. kalau perlu airnya dikeluarin dulu buat bilas galon bagian luarnya ,trus kosong dong galonya,,,,ya beli lagi dong gitu saja kok repot .....

      Delete
    3. kang dede mah ngajak bangkrut

      Delete
    4. saya nih mau ngajak kenyang, gimana

      Delete
    5. @kang yanto : sakin kreatifnya kang dede jadi kayak gitu :D

      Delete
    6. sarapan...mana sarapan
      kang dede mah emang gitu mas

      Delete
    7. Air mana air.. disini saya butuh air tapi yang bersih
      Kang De Mas Ynto Mas Zach, Mas Ainnul mari rame rame
      Serbu rumahnya Mas Purnomo, ambil air galon nya yuk..? hhh

      Delete
    8. tingal ambil saja om karrysta dah tersedia bergalon galon juga

      Delete
    9. hanya cukup buat bersihkan tutupnya doang Mas kalau cuma satu :)

      Delete
    10. dari sekian banyak komentator yang salah minum obat cuman dua, kang de'dengan kang Zach deh ih

      Delete
    11. Engkau bagaikan mata air. Mata air cintaaaa ijinkan ku minum
      Walau seteguk saja. Berikan kesejukan pada diriku ini yang sedang
      Di landa cinta oooohhh oooohhh Layar berlayar perahu kertas....

      Silahkan yang punya liryck lanjutin ya tentang air ini hhhh :D

      Delete
    12. oowww panasss panass telingaku panas :D

      Delete
    13. Sepertinya Telinga Mas Ainnul kemasukan air galon nih hahahaa :D

      Delete
    14. Silahkan Mas Zach sama Mas Yanto dulu lomba makan galonya
      Nanti minumnya timah panas hahahah

      Delete
    15. PENGUMUMAN!!!

      PEMBERITAHUAN BAGI PESERTA LOMBA,BAHWA LOMBA DIBATALKAN DIKARENAKAN ADA PENYUSUP.TUH YANG KOMENTAR DIATAS SAYA

      Delete
    16. PENGUMUMAN DIATAS TIDAK MEMILIKI LICENSE YANG SYAH

      JADI LOMBA TETAP BERJALAN, KECUALI PESERTA Nooh noh
      YANGDI ATAS NYERAH MAKA LOMBA AKAN MEMUTUS ORANG
      DIATAS DI ANGGAP GUGUR. KETENTUAN INI SUDAH TIDAK BISA
      DI GANGGU GUGAT ... Titik..!!! Ktrok... ketrok.. ketrok...

      Delete
    17. datang lagi untuk membersihkan galon, sekarang bawa air sesember :)

      Delete
  2. Memang mas agak gimana gitu apalagi kalau dah di tempat jualnya kurang bersih .. sama dong kalau gitu dgn istri saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yang Akang Ruly tuliskan pada komentar diatas sepertinya
      Sama apa yang sedang saya mau tuliskan, jadi yah seperti itu juga
      Mas Pur saya balas komentar Kang Ruly ini.. maaf ya Mas saya yg balesnya hh

      Delete
    2. maksudnya kang Ruly itu "sama dong kalau gitu dgn istri saya hehe" apanya yang sama yah ,,,masa interinya disamakan sama galon aduhhh tega banget tuh kang Ruly hahahaha

      Delete
    3. Pokoknya saya pasin deh jadi 4 jangan nawar lagi ya Mas? Titik. tok ketrok..!!!

      Delete
    4. patutlah....ini kan kereta api

      Delete
    5. Kereta api sama sepur panjang mana Mas Yanto..? hhh :D

      Delete
    6. panjang ngoroknya pak masinis

      Delete
    7. Kalau Mas Zach sama Mas Yanto Kerenan Mana coba?

      Delete
  3. Bener juga Mas Pur, di tempatnya air minum mineral sangat memprihatinkan
    Cara mencucinya. Alhamdulilah saya yang paling peduli pada keluarga saya
    Terhadap kebersihan, alangkah baiknya tips point Mas yang terakhir yang
    Mesti kita harus pakai. cuci bersih galon dengan sebersih bersih nya makasih Mas Pur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya sampai kinclong yamas

      Delete
    2. kayak kepala mamang cilembu dong
      #sebar rumor

      Delete
    3. Betul pas ngenanya. Jika galon Aer sudah kinclong
      seperti apa yang Mas Zach katakan, itu tandanya
      Bersih sebersih bersihe hhhh.. :D

      Delete
    4. saya baru tahu kalo mang Lembu kinclong

      Delete
    5. Hanya kelihatan giginya doang

      Delete
    6. Ssssst boleh ketawa asal jangan kelihatan giginya Mas Yan,,? hhh

      Delete
  4. Kalau saya minta Minum disini boleh gak ya Mas Pur..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan, ntar gelasnya pada pecah

      Delete
    2. Saya minta apa dunk
      Minta didoain biar bisa naik HAJI boleh?

      Delete
    3. aKHH Mas Zach ini emangnya saya sejenis perusak gelas apa..? hhh
      Emangnya saya cowok apakah...? hhhh Tuh Pak Asep pengen di Doain
      Katanya Mas Zach.. di pake dulu Mas Zach Bendonya biar kaya yg di Tv tuh? hhh

      Delete
    4. Jangan nangis Mas Zach.. ke gitu aja koq sedih sih? hahhahah

      Delete
    5. bukan sedih itu kebanyakan minum air galon tuh ,,,,,,

      Delete
    6. Kaya nya Mas Zach kesrimped air galon ya Kang Dede? hhhhh

      Delete
    7. Mintak, beli.............................i hahahahahah :D

      Delete
    8. Mintak itu sama gak dengan Minta minta Mas Arie..? hhhh

      Delete
  5. Wahaha ga sedikit ternyata yang ga yakin dengan bersihnya galon botol mineral hanya dengan tisu basah yang di bawakan saat membeli air mineral galon. Kalau saya ga pernah itu pake galon air mineral masih bertahan dengan kendi untuk wadah air minum. masih inget kan dengan yang namanya kendhi kendil gentong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya saat di cilacap pake kendi dong.
      tapi saya tetep keren sih

      Delete
    2. iya celana dari kandi itu waktu kecil faforit saya

      Delete
    3. cawat apa gawat tuh,,,,( parno ach )

      Delete
    4. Cawat apa katung Mas Yan Kan De? hhhh

      Delete
  6. kalau saya, terkadang masih comot tisu lagi kang cz satu aja ga cukup apalagi kalau ada kakak ipar saya.
    pasti jadi rumah ramai masalah tisu :)

    ReplyDelete
  7. Kalau ngandalkan satu tisu kurang bersih jadinya yah, Mas. beli di minimarket saja banyak noda lumpurnya, kalau sekedar tisu bahas satu, dijamin beresiko. saya biasanya juga gitu, Mas, kalau di kosan, tak bersihkan dulu, meski saya lebih menggunakan pompa di kedua galon yang ada. karena malas mindahkan ke dispenser di atas, gak kuat, hhaha. jadi dispenser pakai botol kecil sendiri :D

    ReplyDelete
  8. yayay bener itu... kalau kita beli di kasih sehelai tisu...emang buat apa tuh yaa.. yang ada buat bersihkan wajah mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan lomas,dikumpulin entar dijual lagi.hahaha

      Delete
  9. Kalok aku sih cukup dengan tissue itu aja Bang, soalnya kan mengandung antiseptik. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa sih yang mengandung?
      sama siapa coba?

      Delete
  10. OK mas, saya perhatikan sekarang. Secara selama ini saya sok cuek dan mengabaikan kaidah kebersihan saat mennganti galon. hehe, payah saya memang

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok besok kudu di cuci sampai lima kali jadinya

      Delete
    2. nyucinya 7 kali dari 7 sumber air yg berbeda

      Delete
    3. Tamanya berapa hektar mas Yanto,,,,

      Delete
    4. udahh kasii tau aja kang yanto kasian :v

      Delete
    5. kalian semua kasian soalnya nggak makan klepon sekarang kayak saya dong

      Delete
  11. nah betul tuh, saya juga biasanya dicuci dulu, nggak yakin kalo cuma pake tisu

    ReplyDelete
  12. SALAM PAGI KEBERSIHAN PENTING DIJAGA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SALAM PAGI KEBERSIHAN PENTING DIJAGA JUGA

      Delete
    2. WAH WAH INI PADA PAKE HURUF BESAR SEMUA
      WAAAHAHHH IKUTAN AHHHHHHHHHHHHH

      Delete
  13. kebersihan emang pangkal dari kesehatan gan kalo kita sehat pasti Bersih dan sebaliknya :D

    ReplyDelete
  14. betul kebersihan itu sebagian dari iman :v

    ReplyDelete
  15. yang namanya kuman penyakit selalu saja menemukan jalan untuk masuk ketempat yang dikehendakinyia termasuk Galon air minum.nah jadi itu si galon harus dilengkapi dengan software anti virus,seperti smadav atau lainya ( ngelantur)

    BTW boleh juga tuh tipsnya kalau perlu itu galon dicuci memakai air langsung mengucur dari kran agar kumanya hanyut terbawa air tersebut.....

    ReplyDelete
  16. Kami sekeluarga juga sering atau bahkan mungkin setiap hari mengkonsumsi air galon. Mungkin air galon beda pengertiannya dengan Air mineral ya. Karena dalam pemahaman saya yang awam ini AIR GALON bukanlah air Mineral yang siap minum. Ini pemahaman saya yang awam. Kami sudah terbiasa memasak kembali air GALON yang kami gunakan setiap hari. Untuk minum, mencuci botol susu, dan memasak nasi

    ReplyDelete
  17. ane jarang banget gan minum air galon, palingan ane masak air sendiri gan, pakai air sumur, soale di desa ane jarang banget orang jualan air isi ulang galon gan

    salam kenal gan dari newbi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep tuh gan memasak air sendiri kan lebih steril

      Delete
    2. iya kalau masaknya pakai panci bersih,lah kalau masaknya pakai galon gimana tuh

      Delete
  18. Assalaamu'alaikum wr.wb, PurnomoJr... itu tindakan yang betul dan menjamin kebaikan kesihatan agar tidak tercemar. saya juga biasanya membasuh dengan sabun dan air. Tisu hanya sekadar membersih secara luaran yang berhabuk sahaja. Terima kasih atas ingatan tentang ini. Sangat bermanfaat sekali. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
    Replies
    1. tindakannya pak pur ini memang betul - betul menjamin kebaikan kesihatan

      Delete
  19. wah perlu dicoba nih triknya mas pur,soalnya saya biasa cukup pakai tissu saja nih

    ReplyDelete
  20. wah bang pur postingannya sampai ke masalah ini, sangat jeli skali ya...tapi memang bang, saya juga kadang berfikiran sperti itu, walhasil seringkali dilap dulu dengn lap lain agar bersih... :)

    ReplyDelete
  21. cara sederhana namum jarang diperhatikan, penginnya cepat.
    padahal kesehatan merupakan nomor wahid

    ReplyDelete
  22. untuk berjaga-jaga dari segala kemungkinan yang tidak diinginkan lebih baik galon memang harus dicuci dulu mas, supaya lebih terjamin kesehatannya

    ReplyDelete
  23. kebersihan haruslah tetap terjaga agar tubuh kita selalu sehat.

    ReplyDelete
  24. Selamat sore Mas Pur, saya numpangminum air bersih
    Lagi disini. soale di kampung saya rada sulit aer bersih he..?
    Kalau komentar saya gak di bales? berarti di perbolehkan nih...? hhhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tapi bawa gelas
      supaya rasanya ikhlas
      dan segernya terbalas

      Delete
  25. betul sekali kang, dengan mencuci kembali galon yg kita beli, kebersihannya akan lebih terjamin dari pada hanya sekedar mengelapnya dengan sebuah tisu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kamar mandi Bang wkwkaaa.... emang ada tempat nyuci rambut yah bang :D

      Delete
  26. kalau ane sih biasanya tak buang gan tisu nya, ane lebih suka pakai tisu di rumah yang ane beli di indomaret hehehe makasih gan ulasannya

    ReplyDelete
  27. kalau hanya satu lembar tidak cukup mas, tiga atau lebih baru cukup, dan lebih mantab lagi memang benar dicuci dengan air terlebih dulu

    ReplyDelete
  28. Tidak cukup selembar tisu
    Walau galon cuma satu
    Sebab kuman-kuman antri dipintu
    menunggu air yang mau lewat situ

    Jadi ya harus cuci dulu
    Supaya kesekatan tak terganggu
    Dan senyum terjaga selalu
    Sebening air yang jernih dan baru...

    ReplyDelete
  29. Betul pak, tak cukup dengan tisu, tapi perlu dibersihkan dalamnya jika ingin lebih terjaga kebersihannya.
    Sebelum diisi ulang sebab itupun berpengaruh terhadap gatal pada tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri yang tidak kita ketahui.

    Sebab ukurannya kecil betul, ^.^

    Makasih banyak ulasannya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  30. Saya malah gak bisa mas minum air kemasan (pilk) , jadi hari-hari ya tetap minum air rebusan Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih mantep tuh mas, semoga (pilk) nya cepat sembuh

      Delete
    2. hehehehehe :) wong deso ya kayak gini Mas :D

      Delete
    3. saya juga ndeso. tapi saya minum air hujan.
      ..ehh

      Delete
    4. Air hujan bikin cepat tua Mas, soalnya giginya cepat kropos si hehehehehe

      Delete
  31. Setuju....Selembar tisu basah kayaknya kurang afdol mas..masih perlu di guyur pake air mengalir..agar lebih terjamin kebersihannya

    ReplyDelete
  32. Replies
    1. blangkon mah kata kang dede bendo.
      tau nggak sih mas?

      Delete
    2. tau lah. yang lucu bukan? eh...

      Delete
  33. kalo saya yg naro galon, malah gak pernah pake tisu kang.. biar byk vitaminnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. galonku ada lima rupa2 warnanya

      Delete
    2. Ada hijau, ada merah ada hitam ada ada aja hhhhh :D

      Delete
    3. Hatiku sangat kacau
      Karena Mbak anisayu telah mendebarkan hatiku hhh :D

      Delete
    4. jadi Mbak Anis bagaikan balon?

      Delete
  34. Selamat pagi Mas Pur simak lagi nih artikel tentang galonya
    Kebetulan air minum mineral saya habis. bisa ambil dari sini Mas Pur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mineral abis
      Cari yang gratis
      pasti senyummu tumbuh kumis..

      :D

      Delete
    2. Mbak Anisayu yang cantik dan menarik
      Pasti banyak Pria yang melirik
      Karena Mbak orang yang pandai dan cerdik :D

      Delete
  35. kebetulan aq barusan baru ganti galon,teringat akan artikelnya mas pur sekarang botolnya aq cuci dulu...
    beli 2 galon yang satu buat nyuci satunya diminum.kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tindakan boros tapi baik
      Untuk tetap sehat dan cantik

      :)

      Delete
    2. mas zach mana tau cantik.hahaha

      Delete
  36. kayaknya gak cukup kalo cuma pake tisu,,mending di cuci lagi biar yakin

    ReplyDelete
  37. klo di rumah, suami saya yg bawel urusan kebersihan galon ini :D

    ReplyDelete
  38. masih kurang klo cuma sehelai,butuhnya sebungkus mas haha..

    ReplyDelete
  39. Masih kurang persediaan air minum saya jadi yah harus
    Mampir lagi dimari. saya ambil 5 galon ya Mas Pur biar Awet hhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ambil 4 dulu, satu sisanya buat kang Saud

      Delete
  40. selain masalah tisu, tentunya kita harus bisa memilih produk air galon yang udah teruji dan siap konsumsi ya mas pur, nah biasanya mas pur pake air galon yang mana nih bisa di rekomendasikan dong heehee...

    ReplyDelete
  41. untuk menjaga kesihatan harus jaga kebersihan kan purnomo :)

    ReplyDelete
  42. kalo saya mesti dicuci..kadang malah berdebu tebal

    ReplyDelete
  43. Wah gue cuma pakai sehelai tisu aja niee kalo mau bersihin galon...

    ReplyDelete
  44. yg lebih susah itu membersihkan bagian dalam galon mas.. pakai apa ya biar bersih? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha itu airnya sendiri kan udah ngebersihin daleman

      Delete
  45. Selamat Malam Mas Pur, alangkah baik jika mau isi ulang airnya saja
    Pada galon air mineral kita bersihkan sendiri di rumah dengan air bersih
    Soalnya kalau di tempat isi ulang air, air nya kurang terjamin bersihnya ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih terjamin rebus sendiri
      karena kuman pada mati

      :)

      Delete
    2. Tapi jangan kepiting mati ya Mas Zach gk baik
      Saya mah mendingan bakar udang lobster aja deh hhh

      Delete
  46. Senyum dihati akan mekar
    pabila telah berkirim kabar
    Meski cuma lewat sinar
    Harap kembali berbinar

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan akhiran "ar".
      coba pake awalan "ar"

      Delete
  47. mau pesen galon eh malah disuguin hal yg lain,kucari2 apa ternyata tampilan templatenya toh yg baru...

    jadi mas pur lama nggak nongol karena sedang bertapa mencari wangsit dan dapat template toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Mas Yanto seorang Mas Pur sudah siapin Singkong bakar katanya hhh

      Delete
    2. Yah kalau Kingkong Bakar Special di persembahkan Untuk Mas Zach hhh

      Delete
  48. Apa kabarnya Mas Pur, lama juga tidak ada kabar beritanya saya sampe rindu
    Semoga baik dan sehat selalu sekeluarga. simak dan baca lagi tentang sehelai
    Tisunya... ayooo Mas Pur,,, Mas Pasti bisaa,, lebih semangat 45 *salam ceria :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Zach nyalamin saya apa Mas Yanto apa Mas Pur,,.?
      Apa -- apa -- apa nya Dong, dang ding dong :D

      Delete
  49. Naaah pagi ini sambil lari pagi mampir di blog Mas Pur sambil
    Numpang minum, pasti bolehlah.. Moga Mas Zach + Mas Yanto
    Gak Pada ngiri deh.. galon mana.. galon... galon hhhh

    ReplyDelete
  50. kemana aja nih mas
    nggak ada loe nggak rame

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum