Fakta Minat Baca Vs Menonton Televisi

muhammad adnin

Memang, tidak selamanya tayangan serial tv itu kan membawa dampak yang kurang baik. Terkadang justru memberi pesan, manfaat bahkan hikmah yang bisa dipetik, asalkan saja kita dapat bijak dan tahu akan batas-batasannya. Lewat data yang terhimpun dari UNESCO di tahun 2012 minat membaca di Indonesia baru mencapai 0,001. Itu artinya dalam setiap 1000 orang, hanya ada satu orang yang punya minat baca.

Sedangkan menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri menyebutkan minat baca masyarakat kita baru hanya mancapai 23,5%, dan selebihnya minat menonton televisi lah yang malah menembus hingga level 85,9%.

Fakta Minat Baca Vs Menonton Televisi
Terkait data dari organisai dan lembaga survei tadi, membuat media televisi masih dianggap menjadi alternatif hiburan yang murah meriah. Karena mau memilih dan menonton apa saja, pastinya ada disana. Maka tak heran keberadaannya kerap menjadi media yang mampu merubah jadwal keseharian orang yang menontonnya. Baik di setiap rumah, di kantor atau ditempat umum lainnya.

Namun terlepas dari itu semua, jangan sampai bila kegandrungan akan acara tayangannya malah menurunkan minat baca, lupa belajar, atau waktu shalat serta kewajiban lainnya. Karena memang mestinya harus ada satu antisipasi tuk mengendalikannya, meski paling tidak hal ini bisa diterapkan lewat skala kecil seperti di masing keluarga terlebih dulu, dengan begitu di harapkan nantinya minat membaca dinegeri ini, kedepannya kian maju. *yet.

28 komentar:

  1. saya rasa kebanyakan orang suka nontn TV deh dibanding membaca :D

    ReplyDelete
  2. Lebih banyak yang nonton tv ketimbang yang minat baca ya mas

    ReplyDelete
  3. menurut saya : kegandrungan akan tipi ditempat saya mulai berkurang seiring berhentinya acara YKS.
    tapi terlepas dari itu, khususnya anak-anak SLTP/SMA/SMK/STM malah ganti maen atau nongkrong di basecamp tempat saya nongkrong dulu.

    ReplyDelete
  4. kenapa yah di negara kita minat untuk membaca kok kecil sekali padahal orang yang banyak membaca bisa menjadi pintar dan berwawasan.

    ReplyDelete
  5. alhamdulilah ane termasuk yang 0.001 gan, agan juga ya.? bloger kemungkinan juga puya minat baca ko gan. :)

    ReplyDelete
  6. kalau saya pas ngeblog paling suka dengerin radio ketimbang nonton telepisi, tapi kalau lagi santai atau makan palingsuka nonton sinetron atau telenopela di telepisi hehehe... apakah saya termasuk yang 0.001 ndak ya mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahay...ng'blog sambil nonton tipi..emang enak gituh mang?

      Delete
    2. bisa juga sih matanya lihat tivi tangannya sambil ngetik bikin artikel lumayan tuh menghemat waktu haha...

      Delete
  7. hehe. pantesan banyak yang bego ya mas, hahaha...

    maka sebaiknya menurut saya , acara tv selain nguber komersial jua hanrus ditambah tayangan edukasinya. itung itung membantu mencerdaskan anak bangsa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadeuh..pantesan saya ini termasuk pada yang be**
      kebanyakan nonton mahabharata antv seh...:D

      Delete
  8. bener mas, tipi sepertinya sebgai alat penyihir buat pemirsanya..jadi kita sudah seharusnya lebih selektif memilih acara terutama buat anak-anak, sudah minat baca kurang jangan diperparah dengan tontonan yang kurang edukatif

    ReplyDelete
  9. Minat membaca sudah pasti kalah oleh minat nonton TV. Ini tantangan buat kita bagaimana supaya minat baca itu naik porsentasenya, mas Pur. Tentu saja kita tidak akan pernah berhenti untuk berusaha meningkatkan minat baca terutama di kalangan anak...

    ReplyDelete
  10. tontonan memang lebih menarik..karena hanya mengandalkan indra penglihatan dan pendengaran...dibandingkan membaca yang mengandalkan hampir smua indra.........apalagi harga buku teramat mahal di negeri ini.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  11. paling upin-ipin yang seringan saya tonton.
    hehe,,_

    ReplyDelete
  12. saya sendiri menyadari saya kurang sekali membaca malah kebanyakan nonton apalagi film downloadan mas pur :)

    ReplyDelete
  13. saya sendiri malas baca, lebih rajin menonton tv... XD

    ReplyDelete
  14. membaca perlu concern mendengar boleh sambil lewa....menonton dgn penu peratian psti berkesan juga...

    ReplyDelete
  15. wah pas banget tu Mas, saya sendiri kurang hobi mas kalau untuk acara baca membaca

    ReplyDelete
  16. saya juga kalau disuruh baca apalagi yang nggak ada gambarnya males banget kenapa yah :)

    ReplyDelete
  17. ditambahin minat main internet, pasti lebih seru tuh survey BPS nya :)

    ReplyDelete
  18. Menono tv lebih cepat di mengerti dan mudah kang, di banding dengan membaca. :D

    Salam

    ReplyDelete
  19. Lbh sering internetan mas dibanding nonton TV :D

    ReplyDelete
  20. asalkan televisinya berisikan acara-acara yang mendidik dan membangun sih boleh-boleh saja tapi sayangnya siaran televisa sekarang kebanyakan tidak membangun, iya kan mas :)

    ReplyDelete
  21. nonton TV.... !!!! males dueeh.... ya paling - paling jika ada acara olah raga macam MOTO GP, F1, LIGA INDONESIA dan LIGA INGGRIS itu juga jika ada tim paforit yang main... untuk gosip - gosip terbaru yang ada di tv saya lebih suka ngedengerin dari ceritaan teman - teman aja, yang pastinya lebih heboh jika lagi pada beradu argumen.... kesimpulannya saya lebih SUKA MEMBACA aja deh

    ReplyDelete
  22. Aku malah sekarang ngga sukak nonton tv, Bang.. Ngga ada acara yang bagus sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tuh..di ANtv jam 9 malem...ada saya disitu, senjata yang saya pake panah sakti...coba liat deh ntar malem ya

      Delete
  23. lebih asyik dan enjoy menonton televisi saja gan
    membaca buku lebih menyiksa

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum