Cara Mengambil Screenshot HP Android Paling Mudah

muhammad adnin

Cara Mengambil Screenshot HP Android Paling Mudah. Setidaknya memang perlu sebuah trik untuk bisa mengambil capture langsung dari layar handphone Android yang kita miliki. Sama mirip seperti saat tengah menggunakan fungsi tombol Printscreen melalui PC.
Sebenarnya tips ini sudah sering sekali orang gunakan, dan selain itupun tutorialnya sudah banyak pula yang mengulas juga mempostingnya. Namun dikesempatan ini, barangkali masih ada dari sebagian anda yang belum mengetahui. Oleh karenanya saya coba sedikit uraikan kembali.

Umumnya trik ini memang tidak tertulis khusus dalam halaman buku panduan, walau jenis handphonenya sendiri sudah mampu menjalankan.
Dan untuk bisa melakukannya, ada dua cara yang terbilang mudah. yakni lewat cara manual dan dengan bantuan menggunakan aplikasi pilihan dari pihak ketiga.

Cara manual
Seperti dari salah satu contoh potongan gambar dibawah ini yang kebetulan saya ambil dari jenis smartphone Samsung Young (dan saat dicoba bisa juga untuk beberapa jenis Samsung lain) Caranya hanya cukup menekan serta menahan tombol HOME (berada ditengah) secara berbarengan dengan menekan dua kali tombol POWER (yang berada disamping sebelah kanan atas) maka hasilnya pun akan tersimpan dengan sendirinya digaleri foto ponsel anda.
Namun, agar trik ini bisa berjalan sesuai dengan yang harapkan keakuratan dalam menekan tombol dan timing waktu amat mesti diperhatikan.

Cara Mengambil Screenshot HP Android Paling MudahCara Mengambil Screenshot HP Android Paling Mudah
contoh cara manual capture pada Samsung Young

Lewat Aplikasi
Mengingat masing vendor tidak memiliki kesamaan baik letak maupun fungsi ditiap tombolnya, membuat caranya pun tentunya berbeda pula. Namun cara manual bukan merupakan satu-satunya cara, melainkan ada alternatif lain yang bisa dilakukan dengan menanamkan satu aplikasi, pastinya.

Cara Mengambil Screenshot HP Android Paling MudahCara Mengambil Screenshot HP Android Paling Mudah
contoh cara lain dengan menggunakan aplikasi

Adapun aplikasinya ialah "Screen Capture Shortcut Free" Anda bisa mendownloadnya langsung via playstore lewat ponsel android anda. Meski banyak tawaran aplikasi lain yang ada, namun menurut saya aplikasi inilah paling baik dikelasnya. Selain free alias gratis ukuran memorinya tidak terlalu besar plus cara penggunaannya pun terbilang sangat gampang, dan hingga hari ini saya juga masih menggunakannya.
baca juga artikel asal tau lainnya Cara Memutar Video FLV Di HP Android dan Cara Membuat Area Hotspot (Koneksi Wi-Fi) Lewat HP Android. *yet

38 komentar:

  1. Salam Mas Pur. Apa kabar semoga baik-baik saja
    Menarik tips nya Mas ijin simak buat di HP Saya
    Makasih atas artikel nya. selamat menunaikan Ibadah Puasa.

    ReplyDelete
  2. o ternyata ada juga aplikasi screenshotnya to mas?

    ReplyDelete
  3. setahu saya mengambil screenshot di android tidak sepraktis di bb, tapi kalo ada yang praktis tidak ada salahnya dicoba.

    ReplyDelete
  4. mudah ya ternyata, kalau biasanya sih pake yang manual

    ReplyDelete
  5. wah.... ternyata tidak sulit juga rupanya, boleh dicoba nih kalau udah punya android, hehehe....

    ReplyDelete
  6. Wah, yang ini ikut nyimak aja ya mas Pur...Soalnya, android lagi dipakai sang anak...hehehe...Selamat malam mas.

    ReplyDelete
  7. klo di android bini enak mas langsung ada fitur tombolnya jadi kgak usah pake software udah langsung jupret :D

    ReplyDelete
  8. sepertinya aplikasinya mudah ini ya mas,, cocok untuk olshop buat tanda bukti transaksi :D

    ReplyDelete
  9. screen shøt memang sudah jd kebutuhan ya :-)
    ringan kayakna aplikasina kalo aku mas g pake app khusus ICS pake tmbl power + vol down

    ReplyDelete
  10. baru tahu nih aku caranya.. thanks sob...

    ReplyDelete
  11. Car mengambil sreenshot melalui HP android ini memang enak ya Mas, tapi sayang belum punya android. he,, he,, he,, trims atas sharingnya. Ijin simpan suatu hari nanti mungkin berguna.

    Salam

    ReplyDelete
  12. hmmm... pante pada bisa foto screen di HP kang, berarti kalo gaka ada harus download Screen Capture nya dulu ya kang :)

    ReplyDelete
  13. Sayang bnget smpai detik ini saya masih belum bisa menikmati fitur sebuah smart phone Android mas..soalnya ga punya android sih saya hehehee peace

    ReplyDelete
  14. mudah-mudahan secepatnya saya bisa memiliki android, supaya bisa praktek cara di atas :)

    ReplyDelete
  15. Ngga punya android Bang, jadi cumak baca aja deh. Hihihi.. :P

    ReplyDelete
  16. Saya make yang manual gan, lebih gampang (y)

    ReplyDelete
  17. kalau saya sih biasanya pake cara manual mas.. yang pencet tombol home dan power itu... lebih cepat dan nggak pake ribet hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cie cieee yang sudah punya android hahaha

      Delete
  18. blm punya Hp android mas,jdi belum bisa nyobain deh hehe..

    ReplyDelete
  19. he he he pakde sih orangnya jadul, belum punya hp android

    ReplyDelete
  20. selamat berpuasa hp android msh di toko heh...heh..

    ReplyDelete
  21. mudah-mudahan saya bisa beli android secepatnya, supaya bisa mempraktekan mengambil screenshot dengan android, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin saya do'akan bro nanti sama-sama beli android yah hehehe

      Delete
  22. ok ok kalau begitu saya harus beli android dulu inih hehehe...mudah-mudaha dapet THR yang banyak biar bisa beli Android hehehe

    ReplyDelete
  23. Terima kasih infonya Mas Pur, bisa dicoba...

    ReplyDelete
  24. wow. sangat keren dan emang aku lagi kebingungan cara mengambil screenshot android ini mas, thx ya dah dishare

    ReplyDelete
  25. ane suka make tombol manual gan, power sama home itu tadi. tapi kadang suka ga bisa juga, eh.. malah ke home deh.. hahaha. baru tau ada aplikasinya, tapi belum ada internetnya.. hahaha

    ReplyDelete
  26. aduhhh hape saya masih gk mampu bikin kaya gituan om hehe

    ReplyDelete
  27. kalo saya pake aplikasi sob :D

    ReplyDelete
  28. nah, ishmah salah satu pengguna hp yang ga bisa banget, kalau di hp ga bisa screemshot (?)

    ReplyDelete
  29. kayanya perlu di coba, sob. tapi harus nge-root hp-nya ga, sob?

    ReplyDelete
  30. kalo dri bb gak ada ya mas? heheheheh

    ReplyDelete
  31. wah cukup mudah caranya ya mas, trims bisa dicoba nanti mas....

    ReplyDelete
  32. ternyata sangat mudah ya Mas cara mengambil screnshout dari ponsel android, sayang saya gak punya ndroid mas Pur, jadi cuma bisa nyimak aja mas

    ReplyDelete
  33. wah baru tahu nih bisa juga pake Screen Capture Shortcut Free dari hp android, makasih mas nanti saya mau coba :)

    ReplyDelete
  34. caranya sich simple ya kang tapi prakteknya yang susah,,_
    soalnya gada androidnya sich kang :)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum