Tradisi Makan Kurma


Tradisi Makan KurmaSebenarnya semenjak dari satu bahkan dua bulanan sebelumnya, kita sudah bisa menjumpai beragam jenis kurma yang mulai dijajakan disejumlah toko, pasar ataupun swalayan. Dan terlebih hingga hari ini, mengingat puasanya tinggal menunggu hitungan hari. Dan seoson ini tentu saja membuat stok barang dipasaran makin melimpah ruah keberadaannya.

Seperti yang pernah saya sedikit utarakan diposting sebelumnya, diartikel "Awal Masuk Musim Mangga". Salah satu even atau perayaan, umumnya akan terkait dengan satu musim tertentu ditiap momennya. Tak terkecuali dalam bulan puasa nanti. (Yang mana puasa memang tak lepas dari buah kurma) Meskipun ada menu makanan atau buah lokal lainnya yang juga bisa dijadikan sebagai pilihannya, sebut saja salah satu contoh semisal buah blewah, timun suri dan aneka kolak yang ikut menyemarakan hidangan untuk berbuka.

Salah satu khasiatnya
Secara kebetulan saya sempat baru mengetahui beberapa khasiatnya dari liputan 6 pagi tadi (25/6), ternyata selain cita rasa yang dikenal manis buah kurma inipun memiliki daging yang bertekstur lembut juga baik untuk pencernaan.
Belum lagi, karena kaya akan energi dan penting untuk nutrisi tubuh hingga buah satu ini disugesti bisa mengurangi rasa lapar bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa.
Dan pada saat waktu berbuka buah kurma hendaknya menjadi santapan pertamanya. Karena setelah perut tidak bekerja sepanjang hari diyakini dapat memulihkan kembali stamina dan melindungi dari sembelit.

Terlepas, hal itu sudah merupakan salah satu tradisi sajian hidangan puasa ditiap tahunnya. Namun akan makin terasa manis lagi dimomen baik seperti dikesempatan ini (kesempatan saat menanti datangnya bulan suci)
Dan izinkanlah Admin beserta keluarga memohon maaf yang sebesarnya kepada rekan blogger semua, atas salah dan khilaf selama ini.

Semoga puasa dan nawaitu kita di terima Oleh NYA. Amin. (posting jelang Ramadhan, dan selamat menjalankan Ibadah Puasa) *yet.

51 komentar:

  1. Buah Kurma memang mengandung nutrisi bagus untuk tubuh. Bagus untuk berbuka puasa. Namun harganya masih cukup mahal untuk ukuran kita masyarakat kebanyakan, mas Pur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih begitu, jadi bisa antisipasi makan jarang jarang ehee

      Delete
    2. Mahal tapi laris
      karena manis

      hihi

      Delete
    3. manis mana sama mbak Anis,,,

      Delete
  2. aamiin :')

    Ishmah juga mohon maaf,ya mas pur :)

    Bener banget mas pur, kurma memang makanan paling mantap waktu ramadhan, hiduup kurmaa!!!

    ReplyDelete
  3. berbuka dengan kurma juga mengikuti sunah Rasul ya mas, besar sekali manfaat dari buah padang pasir ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. telah dicontohkan kepada kalian oleh sang Rosul yang kita cintai, berbukalah dengan yang manis

      Delete
    2. kalau di Indonesia buka puasa dengan kolek manis yah Mang Lembu heuheu

      Delete
  4. wah bisa mengurangi rasa lapar juga ya mas.. kalau gitu pas makan saur harus makan buah kurma nih mas... hehehehe

    ReplyDelete
  5. Waktunya untuk berburu kurma di masjdi dan musholah menjelang buka puasa sebentar lagi nih :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk berburu kurma
      dg hati bahagia
      Untuk berbuka

      :)

      Delete
  6. kurma memang bagus ya mas, saya juga suka beli rutin jus kurma untuk anak saya ...

    ReplyDelete
  7. kurma memang penuh khasiat..apalagi buat yg berpuasa...kadar gulanya sangat bagus untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit saat berpuasa.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  8. berbuka puasa n bersahur dgn kurma sunnah nabi yg banyak berkahnya jika diikuti....

    ReplyDelete
  9. Makan buah kurma identik dengan puasa ramadhan ya Mas Bud...

    ReplyDelete
  10. wah nggak kerasa dah mau puasa lagi yamas,sama2mas...sayapun minta maaf pabila ada kata yg kurang mengenakkan dihati maspur

    ReplyDelete
  11. makan kurma juga ada tradisinnya juga toh :D

    ReplyDelete
  12. kurma seolah menjadi hidangan wajib untuk berbuka puasa apalagi banyak sekali faedahnya ya mas

    ReplyDelete
  13. pas mau masuk ramadhan baru deh kurma laris.. harganya pada naek nggak ya

    ReplyDelete
  14. Mohon maaf lahir batin juga ya, Bang.. :)

    Aku sukak kurma, tapi yang kering. Heheh.. Ngga jeleh lidahnya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya maafkan mbak Beby hehehe

      Delete
  15. Makan kurma itu sehat.. Buahnya juga awet enggak gampang busuk.

    ReplyDelete
  16. Kalau begitu harus ngeborong Kurma nih buat takjilan nanti hehehe....Iya Mas Mohon maaf apabila selama ini ada comment yang salah ataupun menyinggung ,mohon dimaafkan yah ....

    ReplyDelete
  17. buah kurma memang banyak mengandung nutrisi dan termasuk salah satu rajanya buah ya kang :)

    ReplyDelete
  18. Wow buah ajaib tuh mas lezat dan nikmat serasa gak ramadhan kalau gak da kurma ...
    mohon maaf juga mas atas semua khilaf ..

    ReplyDelete
  19. Buah kurma manis seperti gula
    bagus buat berbuka
    dan memang menyehatkan jiwa

    Salam bulan puasa
    mohon maaf atas khilaf kata
    baik tidak atau sengaja...

    ReplyDelete
  20. kurma memang termasuk jenis makanan aneh ya mas, rasanya legit dan tidak bisa di tanam di semua tanah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo murah
      mungkin cocok disemua jenis tanah

      hehe

      Delete
  21. Saya lebih sering berbuka puasa dengan kurma. Kolak hanya sekali-sekali saja, karena kebiasaan suami kalau buka puasa langsung makan nasi dan teman2nya.
    Sebenarnya sih kita ngga sering main ke kebun raya Mas Pur, tapi setiap berkunjung, saya ambil foto2nya sebanyak mungkin.

    ReplyDelete
  22. mudah mudahan nanti yang saya cari kurma made in arab saudi bukan indo hehehe

    ReplyDelete
  23. mohon maaf lahir dan batin, ya, Mas :)

    ReplyDelete
  24. Dan kurma adalah sunah rosul. Met puasa, Mas! :-)

    ReplyDelete
  25. selamat berpuasa dan semoga kormanya tidak cepat habis

    ReplyDelete
  26. kalo makan kurma juga jangan banyak banyak nanti malah kena diabetis loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan apapun kalau berlebihan memang nggak baik, hehehe...

      Delete
  27. wah kurma emg cocok buat buka puasa,kadang saya minum kolak juga :)

    ReplyDelete
  28. buah kurma dikonsumsi saat berbuka puasa di bulan ramadhan adalah sunah rosul, dan dalam hadist juga sudah dijelaskan adanya anjuran tersebut. Jadi saya rasa makan kurma di bulan ramadhan bukan sebuah tradisi, akan tetapi lebih kepada ingin mengikuti sunah rosul ;)

    ReplyDelete
  29. sayang sekali, ditempat saya stok kurma belum tersedia, tadi sore muter2 nyari nggak nemu, hehehe....

    ReplyDelete
  30. saaya kalo bulan puasa paling suka makan kurma :)

    ReplyDelete
  31. Selamat menunaikan Ibadah Puasa ya Kang, mhn maaf klo ada salah dan khilaf :)

    ReplyDelete
  32. walaupun mahal tapi sangat banyak yang mencarinya ya MAs, karena buah kurma tersebut banyak mengandung nutrisi yang memang sngat baik untuk tubuh kita

    ReplyDelete
  33. kurma makanan yang sering di jumpai saat bulan ramadhan, daging nya lembut , apa lagi kalo di makan pas buka puasa , makin mantep

    ReplyDelete
  34. Untuk buka puasa di bulan Ramadhan ini sangat mudah sekali menemukan kurma, sebab di sunahkan untuk kita berbuka puasa dengan kurma ya Mas.

    Salam

    ReplyDelete
  35. sangat dianjurkan nih kalau buka puasa.

    ReplyDelete
  36. rasanya yang legit manis membuat tradisi ini tiada berakhir

    ReplyDelete
  37. Aku pernah minum jus kurma sehabis sakit dan khasiatnya cukup bagus....stamina cepet pulih kembali....trimakasih infonya...

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum