Perjuangan Untuk Selembar Tiket

muhammad adnin


Tiket KAPerjuangan Untuk Selembar Tiket. Tradisi mudik lebaran dengan menggunakan jasa angkutan umum Kereta api untuk setiap tahunnya, masih merupakan pilihan favorit ditengah masyarakat kita. Hal ini tentu saja pertanda bukti bahwasannya pelayanan kereta api semakin hari kian baik dan dapat memuaskan perjalanan mereka.
Lantaran dapat terhindarnya dari kemacetan arus lalu lintas di jalan ketimbang bila menggunakan jasa angkutan darat lainnya, selain itu jatah tempat duduk yang sudah dipasang pas, gerbong ber AC dan ditambah pula mengingat harga tiketnya pun kini relatif terjangkau alias murah meriah. Seperti contoh untuk tiket kereta api kelas ekonomi tujuan Jakarta(Kota) - Kroya (Jateng) saja diberikan tarif Rp 35.000,-. Berbeda dari tahun sebelumnya harga tiket di beri bandrol Rp 60 ribuan dengan tujuan yang sama.

Namun dibalik kenyamanan dari pelayananannya yang telah disebutkan. Amat disayangkan masih terdapat titik celah kekecewaan pada calon para penggunanya, terutama dalam urusan pemesanan tiket.

Menurut keterangan yang sempat saya dapat dari salah satu petugas penunggu loket di stasiun kereta api Pasar Senen (Jakata Pusat) minggu lalu. Pihaknya menjelaskan penjualan dan pemesanan tiket kereta api untuk arus mudik menjelang dan sesudah hari raya khususnya untuk wilayah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah kota di Jateng dan Jatim dipastikan sudah habis terjual. (lah wong lebaran aja masih lama)
Dan sepertinya mereka juga menyangkal adanya permainan dari pihaknya kepada pihak agen dan online untuk penjualan tiket.
Dan lagi - lagi meski diujungnya harus terdengar slogan lama yang di keluarkan "siapa yang cepat dia lah yang dapat".

Kendati demikian untuk mendapatkan tiket kereta mudik ke kampung halaman, memang diakui tidaklah sama mudah dengan ketika kita hendak membeli air mineral kemasan di swalayan.
Setidaknya berbagai upaya memang mesti di lakukan. Dimana kita harus rela antri di depan loket, keluar tengah malam menuju minimarket atau menyiapkan koneksi internet kelas wahid demi memburu selembar tiket. Dan mungkin justru hal - hal ini lah yang barangkali menjandi ciri dan nilai seni tersendiri dari perjuangan yang sudah dilakukan tadi.*yet.

85 komentar:

  1. meskipun dibutuhkan perjuangan untuk memperoleh satu tiket, tapi tetap saja harus mudik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangan agar bisa pulang kampung saat lebaran

      Delete
    2. Perjuangan untuk tiket mudik
      bikin aku ikut melirik

      Hik

      Delete
    3. waduh butuh semangat empat lima perjuangannya

      Delete
    4. WAH SUDAH BERFIKIR TENTANG TIKET TREN NAK BALIK RAYA...LAMBAT LAGI TU..

      Delete
    5. untung saya puangnya deket, jadi tiap minggu pulang tidak memerlukan tiket untuk mudik ... hebat khan saya

      Delete
  2. Masih lama lebaran sdah habis tiketnya...
    Setau saya memang bisa 3 bln sbelumnya untuk pembelian tiket hri h

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli 5 bulan sebelumnya juga bisa. tapi bukan buat sekarang, dua bulan yang lalu.

      Delete
    2. kalau saya lebih memilih pakai BUS saja,,,biar nggak terlalu panjang hahaha

      Delete
  3. hore ke Kroya murah banget, 35 ribuu. saya jadi inget saat masih bujangan dulu, suka bayar diatas, hehe..

    ReplyDelete
  4. Iya mas sebenarnya mudik itu salah satu seninya adalah kehabisan tiket, jadi berjuang sana sini cari tiket lainnya hehe..., sayangnya saya sudah tidak punya udik lagi mas, jadi ga usah repot2 cari tiket untuk mudik hxhxhx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti udiknya sudah dijual yanh Bang hahaha

      Delete
  5. di malaysia pun sama. belum lagi puasa, orang dah beli tiket untuk balik kampung

    ReplyDelete
  6. memang permaian tiket tersembunyi selalu ada ya mas. dan ini yang membuat harg atiket bisa melambung tinggi,, disayangkan memang pengelolaannya masih kurang transfaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permainan tiket
      memeng bisa melet
      harga mahal dibeli karena kepepet

      Delete
  7. padahal tiket KA masih 3 bulan aja udah habis..apalagi tiket yg lain ya mas...booking jauh2 hari kayaknya udah jadi tradisi buat persiapan mudik

    ReplyDelete
  8. harga tiket KA turun lagi ya pak..

    ReplyDelete
  9. luarbiasa yah lebaranya masih lama,tapi tiketnya sudah habis terjual,tapi mas Budi sudah bookingkan Mas hehehe,,,,semoga dech,,,hati-hati di jalan yah mas ,jangan lupa oleh-olehnya yah hahaha

    ReplyDelete
  10. bentar lagi lebaran siap2lagi antri balik kampung yamas

    ReplyDelete
  11. hehehe...potret dari penjualan tiket pada tiap tahunnya, udah ngga aneh kalau banyak intrik, mana mungkin yang berwenang mengakui hal itu...salah masyarakat juga sih....kenapa harus mudik sih kalau lebaran....kaya saya dong, ngga perlu beli tiket buat mudik wong udah tinggal diukdik jeh...:o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang lembu memang hebat euyy usaha di kampung sendiri jadi nggak pernah mudik,,,,heuheuheu

      Delete
    2. kampungna pamajikan...kang

      Delete
  12. Kabarnya sih tiket lebaran sudah habis terjual karena belum ada pembatasan jumlah booking per pemesan. Maaf kalau saya salah. Tapi kalau ini benar, pasti mendekati waktu mudik nanti banyak bertebaran calo tiket yang sudah ngeborong tiket duluan :(

    ReplyDelete
  13. ini namanya calo terorganisir secara tekhnologi dan berdasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener juga apa kata mas Blangkon tuh hehehe

      Delete
  14. Lebaran masih sekitar 2 bulan lagi tapi tiket kereta uda mulai pada abis ya.. Asal jangan banyak dibeli calo aja trus dijualin mahal. Kasian yang mudik :(

    ReplyDelete
  15. lebaran taun ini kayaknya gak bisa mudik lagi deh kang xiiiiixixi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudik juga percuma mas Eka ,tiketnya sudah habis hehehe

      Delete
  16. kudu pesen tiket jauh2 hari dong ya ... Huhuhu bukannya makin kesini makin dienakin, malah disusahin! :(

    ReplyDelete
  17. hahah sama seperti saya ... :D berjuang untuk mendapatkan tiket pada mudik lebaran ..

    salam kenal + ijin follow ya blognya :D

    ReplyDelete
  18. Semoga saja benar adanya siapa yang cepat dia yang dapat itu menyasar langsung pada penguna bukan keuntungan untuk agensi, biro jasa, makelar calo dan semacamnya dan semoga yang mo mudik kelak yang kini belum dapat tiket bisa mudik lancar selamat.

    ReplyDelete
  19. Woow udah bau mudik
    rindu keluarga mulai kemercik
    seindah manik-manik
    hiasan langit melirik

    :)

    ReplyDelete
  20. sekarang kebih mudah ya lwt one line jd g harus ngantri lama di stasiun

    ReplyDelete
  21. saya malah belum dapat tiket krn kehabisan tapi katanya mau ada tambahan lagi, jadi menunggu dhe

    ReplyDelete
  22. sudah memikirkan cara mudik lebaran meskipun kehabisan, tapi masih banyak jalan menuju kampung kan mas hehe...

    ReplyDelete
  23. hadeuh, lebaran masih jauh, tpi tiket sudah habis ya mas....harus ada alternatif

    ReplyDelete
  24. hari raya masih lama tapi tiket kereta sudah habis terus mudik naik apa, jangan kuatir masih banyak jalan menuju kampung ya mas

    ReplyDelete
  25. puasa aja blm udah pada siap2 mudik aja hehe.. yah,beginilah kondisinya,perlu perjuangan beli tiket jauh2 hari dulu biar nggk kehabisan

    ReplyDelete
  26. Katanya pembelian tiket KA sekarang harus via online semua ya...????

    ReplyDelete
  27. Jadi hrs dr jauh hari beli tiket sebelum Lebaran ya mas :)

    ReplyDelete
  28. tiket KA ya sob.. bener banget sob.. susah sekrang untuk naek KA aja... perlu ini itu lah yang KTP lah entah apa aja...
    terkadang males juga naek KA sob... :)

    ReplyDelete
  29. luar biasa ya mas perjuangan nya, semoga tiket nya bisa berada di genggaman, jadi bisa melakukan perjalanan menuju daerah tujuan dengan lancar :)

    ReplyDelete
  30. wah saya jogja-lampung paling nyaman cuma pake bus, klo kereta mesti mutus-mutus and rawannya di terminal wilayah jakarta

    ReplyDelete
  31. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo Jr...

    Ternyata untuk selembar tiket mudik kampung di waktu raya, awal-awal lagi harus dilakukan, ya. Puasanya aja belum muncul, tiket mudik raya sudah habis dijual. Mungkin berlaku "penipuan" yang tidak disadari di mana, nantinya harga tiket akan naik apabila semakin hampiri raya. Namun, itulah perjuangan hidup yang tidak dapat kita lari daripadanya selagi ada yang bersikap mengambil untung dari kesusahan orang lain yang memerlukan perkhidmatan.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  32. lah jangankan lebaran,puasa aja belum loh..

    gumun aku juga kok bisa tiket uda abis kejual,ini pada belinya dari kapan sih ya?

    ra masuk akal tenan aku...

    ReplyDelete
  33. wah tiket kereta api sudah mau habis yah,, nanti paling saya mudik pakai bus :D

    ReplyDelete
  34. Wah saya belum pernah mudik atau pulang kampung mas. Soalnya saya nggak pernah pergi kemana mama wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya pergi
      biar tahu rasanya sendiri

      :D

      Delete
  35. klo udh kepepet,mendingan pake bus aja mas.. walaupun waktu yg dibutuhkan beda juga sih dg naik kereta

    ReplyDelete
  36. untuk selembar tiket berharga itu siap2 buat "no pain no gain" :D

    ReplyDelete
  37. Wah berarti Mas Pur...sudah borong tiket dong,,,,padahal masih jauh yas lebaranya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum beli tiket
      Sebab belum mepet..

      :D

      Delete
  38. iya mas, turut bersedih, saya nonton berita, untuk tiket kereta lebaran dari Jakarta ke beberapa daerah habis terjual,.,,, wah,, kayaknya PT KAI mesti nambah gerbong nih..

    ReplyDelete
  39. Tiket kereta memang sekarang susah. Jadi rebutan...

    ReplyDelete
  40. belajar dari tahun lalu...semestinya memang para pemudik harus lebih dini berburu tiket dech....., karena tiap tahun pengguna kereta api yang mudik pastilah bakalan bertambah,,,padahal keretanya jumlahnya begitu2 saja....,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar ;-)

    ReplyDelete
  41. nyimak artikelnya lagi ni,tp ngomong2 kemana aja nih mas purnomo koq sebagian komentarnya nggak dibales sih,sibuk yamas,salam sukses aja deh

    ReplyDelete
  42. Waktu tinggal di Jogja dulu saya sering bolak-balik ke Jakarta dengan kereta api, murah dan cepat, yupz! Soal kurang nyamannya biasalah... Tapi kalau mudik mah saya belum pernah, maklum gak punya kampung, hiks

    ReplyDelete
  43. Mudik mas yg sering antri beli tiket, kalo hari2 biasa saya kira tidak begitu mas.

    ReplyDelete
  44. tidak hanya itu mas, perjuangan untuk mendapatkan tiket juga termasuk perjuangan untuk bertemu sanak family.. dan Alhamdulillah familiy sama semuanya berada didalam daerah, jadi tak perlu tiket :)

    ReplyDelete
  45. Saya sudah gag kebagian tiket mas untuk nmudik ke jatim.hiks

    ReplyDelete
  46. Hmm, gw juga mau ke Jakrta rencananya dari Bandung. Haduh, susah deh..

    ReplyDelete
  47. Hiks.. aku ga dapat tiketnya, keburu habis T_T

    ReplyDelete
  48. Dengan kemajuan teknolgi semua bisa menjadi mempercepat proses penjualan ya Mas. Apalagi untuk hal-hal yang bersifat online seperti karcis tiket kereta ini.

    Salam

    ReplyDelete
  49. waduh tiket untuk pulang kampung atau mudik sudah habis terjual. khan lebarannya masih lama mas, kok sudah habis sih, mungkin belum selesai dicetak tuh tiketnya...

    ReplyDelete
  50. salah satu tradisi lebaran, ya itu sob, ikutan ngantri di loket kereta api, kadang bikin seru, kadang bikin kesel, kadang juga bikin nginep, tergantung nasib hehehe :)

    ReplyDelete
  51. Luar biasa perjuangannya ya mas, kalau saya mungkin 15 hari lagi baru pesan :D

    ReplyDelete
  52. Sama mas, saya juga bakalan mudik ni heehee

    ReplyDelete
  53. Selamat mudik nantinya ya mas, salam kenal.

    ReplyDelete
  54. siapa cepat di dapat :D

    hukum rimba juga gan :D

    ReplyDelete
  55. hanya karena pingin kumpul dengan keluarga sampai rela berjubelan antri tiket yang membosankan,dan di permainkan tradisi tradisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kalau mau naik kereta kudu ada cadagan sabar mas imron.

      Delete
  56. kehidupan memang keras. :-)

    ReplyDelete
  57. saya jadi inget saat masih bujangan dulu, suka bayar diatas, hehe..

    ReplyDelete
  58. Temen saya akhirnya beli tiket Bandung - Jogja krn udah kehabisan tiket dr Jakarta, meski ribet tp mau gimana lagi krn biasanya bisa kumpul sm keluarga besar ya pas lebaran gini...

    Selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :D

    ReplyDelete
  59. Sampai kapan pun saya ga akan mudik mas, sebab saya asli Bekasi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hualahh mas...saya kira dari mana gitu...rupanya dari bekasi juga...bok ya dari tadi gitu...heeee

      Delete
  60. ane juga taun ini sepertinya bakalan nyari tiket dari jogja ke jakarta nie bang, doakan ya..hahaha. btw udah makai sistm online, bisa juga ya ada calo? gimana cranya ya bang.. aneh.

    ReplyDelete
  61. kasian juga, orang yang maudik itu

    ReplyDelete
  62. Kalau menjengkelkan keberadaan calo itu, Mas. meski saya jarang menggunakan jasa transprotasi yang membutuhkan tiket., kalau karcil Bis iya sering :D. tapi keberadaan calo itu yang malah membuat stok menipis dan harga naik di tangannya.

    ReplyDelete
  63. mudik tahun ini emang gila yah bro

    ReplyDelete
  64. sebenarnya naik kereta itu enak dan gak ribet...yang bikin ribet kalau gak beraturan aja suasana dalam gerbongnya. numpuk jadi satu kayak ikan asin gan. saya masih ingat naik KA ekonomi dari Jogja ke jakarta....untuk aja yang naik rombongan jadi nyaman ngobrolnya...karena kalau gak rombongan dulu bisa kena palak juga...sekarang Alhamdulillah udah rada enakan ya gan? semoga ajha tambah baik pelaj=yanan dan fasilitas keretanya.

    ReplyDelete
  65. in my coutry in the season every people go back hometown the tickits of oto , train or air-port or we can buy but thier price is so expensive ,special people always over-load but every people must dispute to has a ticket,

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum