Disaat Dirinya Merasa Takut Dan Terbelenggu

muhammad adnin

Tak terasa tinggal 27 hari lagi akan masuk awal puasa, yang hingga kemudian seling di 10 harinya bakal disusul dengan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pilpres) 9 Juli.

Lalu?
Dari keduanya memang saling memiliki keterkaitan bila dilihat dari peranan hak, tanggung jawab ataupun kewajiban dalam pengerjaannya. Yang mana ketika ada seruan untuk menjalankan ibadah puasa jelas sudah merupakan salah satu perintah dari lima rukun Islam yang memang wajib hukumnya. Dan perintah itupun semata hanya dilakukan sebagai tanda ketaatan seorang hamba kepada Tuhannya.
Sementara untuk pelaksanaan pemilunya sendiri, dengan kesertaan menggunakan hak pilihnya, dianggap turut menjadi bagian dari rasa tanggung jawab untuk bangsa dan negaranya.

Seperti yang sudah sering disampaikan oleh para ustadz (guru) kita, makna puasa memang bukan cuma sekedar gugur kewajiban menahan hawa nafsu dari lapar dan dahaga. Melainkan lebih dari ke pengendalian diri secara keseluruhan.
Dan dengan berpuasa istilah kata "setan menjandi terbelenggu" dirasa bukan hanya sebuah ungkapan belaka. Oleh karena dari ketaatan dan pengendalian diri yang didasari iman tadi akan mempersempit ruang gerak, bisikan, godaan blusukan mereka dari sesuatu yang kerap membawa kearah kesesatan..

Lantas!
Adakah satu momen lain lagi yang hingga membuat mereka benar-benar merasa ketakutan kala sesuatu persis ada dihadapannya? ...*yet.

Disaat Dirinya Merasa Takut Dan Terbelenggu

76 komentar:

  1. hahahah.. boleh nih gan tiga point terakhir.. hhe

    Kunjungannya ke tiportips aja ga.. itu rumah utama saya.. hhe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetangganya kantor tipikor pasti

      Delete
    2. kalau kursinya kayu nggak begitu sakit paling jontor,tapi kalau kursinya besi huahhhhhh suakiiittttt....

      Delete
    3. Saya malah pingin ngrebut kursi
      tapi ga ada yg selembut puisi

      :)

      Delete
    4. puisinya sepultura juga lembut

      Delete
    5. 3 poin terakhir dapet darimana tuh. keren juga. mengena pula

      Delete
    6. mantab dah 3 point diatas, sepertinya boleh tuh dibuat sepanduk terus dipasang di bilik TPS hehehe

      Delete
    7. 'setan yg ketakutan kehilangan kursi'............ sebentar.. ta' pikire dulu.....

      #kepala sampai keluar asap

      Delete
    8. Disaat takut mungkin rasa kepercayaannya turun :)

      Delete
    9. bisa juga yang turun itu hal yang lainnya...bisa azh kan?

      Delete
  2. Moga ada rezeki untuk bersama ramadan kali ini...PEMILU pasti hasilya xnyilu n silu..

    ReplyDelete
  3. mudah mudahan pemilu sekarang aman ya dan pemenangnya pemimpin yang amanah kepada rakyat :-)

    n puasa memang tidak sekedar menahan lapar dan haus karna itu hanya berupa fisik tetapi jiwa hati nurani juga berpuasa :-) bila salah satu gugur bener kutipan artikel diatas maka puasanya sia sia

    ReplyDelete
  4. Tapi stean tidak takut dudk diatas kursi panas kan Kang ? he,, he,, he,,


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stean itu apa Mas? grup metal pasti?!

      Delete
    2. itu ada tuh komunitas syetan kursi kosong ,stiap ada yang kosong langsung disrbu tuh xixixixi

      Delete
  5. Ngga terasaaa.. Bentar lagi pemilu, bentar lagi puasa..
    Semoga ngga menggoyahkan keimanan kita ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang saya tunggu Lebaranya mbak Beby hehehe

      Delete
  6. hahhhahaha...kira-kira siapa yah setannya..
    ....
    ....
    ....
    Pergi Kau Setan..!!!! (by Alam-Mbah Dukun)

    ReplyDelete
  7. Semoga saja puasa dan pemilunya bisa berjalan dengan sesuai yang kita harapkan yah mas:)

    ReplyDelete
  8. maaf baru berkunjung lgi kang xixiii....mantaaappp pencerahannya kang :) semoga di saat Pilpres nanti yg bertepatan dgn Bulan Suci Ramadhan semuanya diberi hidayah dan berjalan sesuai dgn yg diharapkan... aamiin.

    ReplyDelete
  9. yang suka menggoda ya itu dia setannya,,,hahhaa

    ReplyDelete
  10. Bersyukurlah kita karena masih diketemukan dengan bulan suci ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan

    ReplyDelete
  11. syetan takut kalog disiram pakek air mas,,,heee..
    secara simbolis syetan itu bisa dipahami sebagai sebuah sifat yang mercerminkan kejahatan [negatif],,, manusia yang suka menjerumuskan manusia yang lain juga bisa disebut dengan SYETAN/Syaitan (arab)

    ReplyDelete
  12. kunjangan mas stelah skian lama g bw krna sibuk, hehe g terasa jg sudah mau bulan ramadhan. alhamdulillah..

    mampir ya mas di postq :)

    ReplyDelete
  13. wah, udah rindu sama bulan ramadhan,
    rindu sama pilpres juga, meskipun belum bisa milih ^^

    kursi punya banyak makna yah, mas pur ^^

    ReplyDelete
  14. moment puasa sepertinya jangan terlewat sia-sia...mumpung para setan juga terbelenggu

    ReplyDelete
  15. iya Mas, puluhan kali kita menjalani ramadhan, dan tak terasa usia kita pun menuju pangkalnya kelak. merinding kalo mengingatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merindingnya endang estaurina ya mas

      Delete
    2. merinding dangdutnya kang zach dong..

      Delete
  16. .mereka malah takut kalo gak dapet kursi! Bhahaha

    ReplyDelete
  17. hahaha, pemikiran yan keren. pada spanduk bawah mas budi tulis setan takut kehilangan kursi.... kalau ustd billang,,orang sebelum menjabat minta dibacain ayat kursi, begitu jadi pejabat hilang ayatnya tinggal kursinya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga yang begitu itu, padasaat lengsernya ngga bisa ngapa ngapain selain duduk dikursi yang ada rodanya...kursi lagih.

      Delete
  18. terimakasih untuk pencerahannya, saatnya mempersiapkan diri untuk menyambut bulan ramadan

    ReplyDelete
  19. Pemilu presiden nnati pas bulan puasa ya.. enggak terasa puasa mau lagi..

    ReplyDelete
  20. Nggak terasa cepet banget ya mas mau Ramadhan lagi

    ReplyDelete
  21. mereka ada di mana mana hahaha

    ReplyDelete
  22. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo Jr...

    Dua tanggungjawab tersebut puasa dan PilPres merupakan tanggungjawab yang wajib dilaksanakan oleh hamba Allah dan rakyat jelata. Bagaimana kita menunaikan tanggungjawab itu merupakan kewajiban yang diberi hak untuk mencari yang terbaik bagi memastikan kehidupan kita di dunia dan akhirat terjamin dengan adanya pemimpin yang tahu dan sedar amanah yang dibawanya.

    Mudahan semuanya bakal dilaksanakan dengan berkesan dan mencapai kesepakatan untuk kemenjadian bangsa dan negara juga kemenjadian sebagai hamba Allah SWT yang diberi pilihan dalam bersuara.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. :)
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  23. yang bikin pusing jika setan nangkring di kursi

    ReplyDelete
  24. asik setan akn dibelenggu, tp setan yg takut kehilangan kursi sepertinya ssh dijerat,. semoga kt smua dgn dtngmya bulan ramadhan diberi kelanpangan hati menjlani,

    ReplyDelete
  25. wah nggk terasa,bentar lagi udh masuk bln puasa ya.. hmm,mesti meningkatkan ibadah nih :)

    ReplyDelete
  26. tanda-tanda puasa,di TV muncul iklan sirup lagi mas hehe..

    ReplyDelete
  27. tiga point di atas yang menjadi obyeknya adalah kursi,kursi bisa membawa berkah akan tetapi bisa membawa kesengsaraan jika tidak di manfaatkan dengan baik,setan bakal lari kalau dengar ayat kursi,hanya saja ada setan lain yang malah merapat kalau bicara soal kursi,hehehehe,saya baru bisa berkunjung di blog sobat ku yang satu ini,salam mas.

    ReplyDelete
  28. biasanya kalau lagi melaksakan Ibadah Puasa orang-orang cenderung lebih berhati-hati dalam bertindak.semoga saja pada saatnya pemilu nanti tidak ada yang macem-macem,,,,

    ReplyDelete
  29. ee itu kok bisa setan takut kehilangan kursinya?
    pakar persetanan adakah yang bisa menjawab pertanyaan saya di atas?

    ReplyDelete
  30. Kayaknya banyak yang kesindir sama yang poin terakhir ya Mas :D

    ReplyDelete
  31. betul juga mas,kebetulan tahun ini penyelenggaraan pilpres berbarengan dengan bulan ramadhan...:)kunjungan perdana, salam kenal...

    ReplyDelete
  32. Kehilangan kursi
    setan bisa beli lagi
    dengan harta korupsi

    Hihihi :)

    ReplyDelete
  33. iya, cepat sekali waktu melaju, sebentar lagi puasa lalu lebaran dan puasa lagi...

    ReplyDelete
  34. yg lagi anget, setan ketakutan kehilangan kursi..haha

    ReplyDelete
  35. kata pak Ustadz bulan puasa itu semua setan di belenggu atau dirantai ... terus di pilpres juga bisa dibelenggu ndak ya hehehe

    ReplyDelete
  36. saya dateng lagi kang,setelah lama nggk kesini hehe..
    nggk terasa,puasa sebentar lagi ya :)

    ReplyDelete
  37. siapkan mental dan bersihkan hati untuk menyambut bulan suci penuh berkah dan ampunan.. puasa sebentar lagi :)

    ReplyDelete
  38. Jiahaha.. kata-kata uniikkk bener tuh gan :D

    ReplyDelete
  39. mohon maaf lahir batin ya pak, kok sudah jarang bersilaturahmi ketempat saya :) maaf jika ada kesalahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mbak ..saya mohon mav lahir bathin juga ya.. :)

      perasaan mbak Dyah aja kali nih hehe
      Kemarin2 kan kotak komen blognya mbak ndak dipasang...
      Jdnya sy ninggalin jejak di Guestbook mbak :)
      Tapi sekrng udah dipasang lagi sih.
      Hehe...
      Sukses trus ya..

      ---------------
      Untuk semua temen2 blogger..sy ngucapin byk terima ksh
      Atas kesedian waktu dan ketulusannya utk singgah plus memberi komentar di sini :)

      Sukses trus..utk kita semua
      semangat Pagi..

      Delete
  40. Puasanya masih jauh tapi Harga-harga sudah pada naik,gimana tuh Mas Pur....hehe

    ReplyDelete
  41. bukan kang, itu merk motor matik...:p

    ReplyDelete
  42. Mending di nikmatin aja Kang, dari pada takut ? he,, he,,,he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  43. blusukannya kok dicoret ya mas

    ReplyDelete
  44. puasanya jangan pada bocor ya...

    ReplyDelete
  45. mampir lagi mas,... terimakasih sudah berkunjung balik ke blog saya mas,.. jujur liai blog mas Pur,saya jadi ingat memori di 2 tahun yang lalu saat saya masih semangat ngeblog,mas sudah lupa barangkali tapi saya ingat persis kalau mas termasuk salah satu blogger yang rajin berkunjung di blog saya yang judulnya Live Simple itu,hehehehe semoga semua blogger terus bersemangat untuk ngeblog dengan menyajikan informasi yang inovatif dan bermutu,walaupun belum waktunya tak ada salahnya saya mengucapkan selamat menanti bulan Ramadhan mas,hehehe

    ReplyDelete
  46. kursinya dah ketemu belum kang ,takutnya di bawa pergi setanya he he salam kenal aja

    ReplyDelete
  47. semoga pemilu persiden nanti bsa menjadi momen penting untuk "mengusir setan-setan"... :D

    ReplyDelete
  48. Assalaamu'alaikum wr.wb, PurnomoJr...

    Hadir menyapa untuk memaklumkan ada hadiah award (4) LIEBSTER AWARD buat PurnomoJr di laman saya.

    http://webctfatimah.wordpress.com/2014/06/06/ct255-meraikan-award-2/

    Semoga sudi menerimanya sebagai tanda penghargaan dan persahabatan di dunia maya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. :)
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  49. wah nggak terasa ya mas bentar lagi mau bulan puasa, pasti seru nih ngeblog pas puasa :D

    ReplyDelete
  50. puasa semakin hampir...tapi syaitan dalam hati dah hilang ke belum? ;-)

    ReplyDelete
  51. aku hadir lagi kang, gak kerasa bentar lagi puasa ya kang :)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum