Awal Masuk Musim Mangga

muhammad adnin

Musim Mangga
Awal Masuk Musim Mangga. Sabtu pekan lalu, saat sedang menemani istri berbelanja. Nampak ada semacam kerinduan untuk menikmati buah yang satu ini, ceritanya.
Kiranya cukup beralasan karena terbilang lumayan lama juga tak melihat terlebih merasakan manis dan harum aroma khas buah mangga. Buah yang memang diyakini banyak digemari dan selalu menjadi primadona ditengah masyarakat kita.

Seperti yang kita sama tahu, setiap jenis buah-buahan baik lokal maupun import masing-masing memang selalu mengenal musim di tiap waktunya (namun tak semuanya, dan jelas lah ada meski beberapa).
Dan bilamana diperhatikan ternyata hal ini pertanda dengan dekatnya ke suatu momen jelang masuk perayaan hari raya.
Sebut saja semisal pada saat perayaan hari Natal atau Imlek tiba, begitu tumpah ruahnya beragam variant jeruk mandarin yang ada dijual di pasaran.

Dan setelah musim jeruk mandarin itu pun usai, kemudian kini tinggal gilirannya masuk buah mangga yang gantian mengisinya. Kalau seingat saya dari tahun ke tahunnya saat buah mangga ini melimpah kerap bersamaan dengan datangnya bulan puasa dan perayaan hari Lebaran.
Baca juga Mangga Gedong Gincu Manisnya JuaraTips Memilih Gedong Gincu, dan Cara Unik Membuat Jus Mangga.

Lalu bagaimana dengan soal rasa dan harga di setiap awal pertama musimnya?

Memang kira-kira harganya berapa?:
Musim Mangga
Nah mungkin lewat salah satu alasan ini lah yang barangkali bisa dapat untuk dimaklumi, karena mengingat yang namanya diawal musim dan baru mulai berbuah, untuk soal rasa setidaknya jangan terus berharap dapat menikmati kesempurnaan kemanisannya.Belum lagi ditambah dari sisi harga yang ditawarkan, umumnya memang masih tergolong mahal. *yet.

58 komentar:

  1. di tempat saya belum keliatan, tapi di si om ko udah musim lagi ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Intan disibak dulu daun mangganya,baru kelihatan manggahnya hehe

      Delete
  2. Kayaknya di tempat saya musim mangga tahun ini kurang begitu ceria mus Bud, mungkin akibat cuaca yang selalu murung ya mas hehe (~_~)

    ReplyDelete
  3. Itu harga beneran Mas? Plus bonus pohon? Saya jadi bingung nih.

    ReplyDelete
  4. itu sih beli pohon gratis buah mangganya ya mas :hehe

    ReplyDelete
  5. Lha promosinya kejam banget ya?? Sampe pohon2nya dijual, hahahahaa

    ReplyDelete
  6. hehehe ditempat saya belum musim mas, tapi didepan kantor tempat bekerja sudah berbuah juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan di Grogol tapi di Parung tuh kantor Mang Yono hahaha

      Delete
  7. Kalo yg namanya musim di depan rumah gue tinggal metikin aja, gak pake mahal! Hehehe

    ReplyDelete
  8. Buah favorite saya..!! Saya mah kalau mangga sekilo bisa habis sendiri apalagi kalau yang si manalagi... hmm. Padahal nih ya, saya punya pohon mangga tapi tetap beli mangga juga, wah, serakah pokoknya kalau sama mangga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. main kesini mbak, ada nih pohon mangga di tempat saya. tingginya baru dua meter. keren kan

      Delete
  9. Kemarin saya sudah membuka awal musim mangga dengan makan mangga yang belum masak..kecuuut kae om

    ReplyDelete
  10. wOw ini dia buah sehat favorit saya gan, ngilerrrr dahhhhh

    ReplyDelete
  11. saya seneng banget buah mangga Mas. tapi ya itu, biasanya saya prefer milih yang lokal aja. soalnya kalo mangga luar, katanya suka dipermak atau disuntik ya Mas?

    ReplyDelete
  12. mangga memang enak disamping itu juga banyak kandungan antioksidannya,
    ingin sekali merasakan kesegaran buah ini

    ReplyDelete
  13. adikku sedang hamil dan nyidam mangga... hmmmm... :)

    salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga atuh dicobian mangganya hehehe

      Delete
  14. sudah musim ya, baru mulai kayaknya ya pak karena belum begitu banyak yang jual
    kalau sudah musim di pinggir jalan biasanya buanyak banget yg jual
    favorit saya yang mangga madu, manis banget soalnya hehe

    ReplyDelete
  15. di sini musimnya semakin berakhir...harganya ok juga 4kg cuma rm10.

    ReplyDelete
  16. Sayangnya.. ditempat saya belum musim mangga.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena nggak tanam manggah kali yah hehehe

      Delete
  17. Alhamdulilah pohon2 mangga yang ada di sekitar rumahku pada berbuah juga, meski buahnya gak banyak sih dan belum masak :)

    ReplyDelete
  18. padahal perasaan belum lama deh musim manggah,ko sudah musim lagi sih hehe,,,kalau di daeran Tengah dan Barat tempatnya di Indramayu,di Jawa Timur yang terkenanal di Pasuruan,,,( tempat tinggal saya sekarang )...

    ReplyDelete
  19. wah jadi pingin cepet cepet mudik nih kalo dah namanya musim mangga hehehe

    ReplyDelete
  20. saya paling suka mangga lali jiwo, bener-bener setelah makan mangga ini, jiwo jadi lali ingin nambah lagi.... met malam minggu.

    ReplyDelete
  21. Kalau musim kemarau, rasa mangga cenderung manis dibandingkan musim hujan.
    Itu bener harganya 500rb /kilo pak? :D

    ReplyDelete
  22. Hahaha, itu harga mangga plus pohonnya rupanya :D Aku juga suka mangga. Yang manis atau yang agak asam dicocol sambal kecap. Yuuuummm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dicocol sambal kecap asik tuh bisa ngilangin ngantuk hehehe

      Delete
  23. murah banget mas 500/kg :D dini udah berbunga eh malahan pada rontok :D

    ReplyDelete
  24. musim jeruk mandarin telah selesai dan berganti dengan mangga ya mas.. dan mangga indramayu bisanya yang laris manis karna manis

    ReplyDelete
  25. bonus pohonnya ini yang tidak nguatin. di kampungku sudah tidak musim mangga lagi.

    ReplyDelete
  26. Ahahaha.. Serius emang gitu tulisannya, Bang? Koplak beuuuud :p

    ReplyDelete
  27. wah,,, cukup mahal juga ya harganya kalo beli mas pur,,
    monggo sekali-kali main ke rumah untuk sekedar mencicipi mangga gratis khas madura,,, :D

    ReplyDelete
  28. T4 saya malah belum keliatan mas...tp klu dipasar buah mah banyak hehehe

    ReplyDelete
  29. di Makassar malahan musim mangga baru berbunga..sedangkan durian dan rambutan serta langsat dan duku sudah ramai dijual oleh para pedagang.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  30. Biasanya buah mangga yang bagus adanya pada 2/3 musim mangga tsb.
    Cuma kenapa ya Mas, kok mangga yang d suppermarket rasanya kurang manis ya ? Padhal saya beli di supermarket khusus buah....!!!

    ReplyDelete
  31. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo Jr...

    Wah... sama sahaja musim mangga di sana. Malah mangga tanaman di rumah saya berbuah sebanyak 3 pokok, lebat buahnya. satu pokok baru pertama kali berbuah dan sangat lazat isinya. Kini sedang mulai tua dan masak untuk dituai dan dimakan. Biasanya saya akan sedekah kepada jiran tetangga kerana terlalu banyak.

    Sejak mendapat hasil buah yang ditanam, saya tidak pernah membeli mangga di pasaran.
    Salam sejahtera dan selamat menjamu buah mangga di musim ini. :)

    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  32. Itu harga mangga 500 ribu pe rkilo + pohonnya.. beneran harganya seperti itu atau emmang jual pohon mangganya..

    ReplyDelete
  33. bhehe..aneh mas, kok ada bonus pohonnya segala tuh...

    ReplyDelete
  34. Kepengin juga si Mas beli phon mangga berhadiah buah mangganya yang melimpah. :D

    Salam

    ReplyDelete
  35. di sini banyak sekali mangga india. sangat besar dan lazat rasanya

    ReplyDelete
  36. sedih,nggak bisa merasakan kenyangnya musim mangga soalnya pohon mangga depan rumah sudah di tebang :( huhuhu

    ReplyDelete
  37. sesaat menjelang musim mangga, sepatutnya saya ini ada yang mengajak maen kerumah temennya kang budi yang ada diIndramayu, sebab di kota inilah mangganya enak enak....yu...kapan yah?

    ReplyDelete
  38. Baru denger ada mangga 1 kg Rp. 500.000 plus pohonnya Kang hehehheheee... :D

    ReplyDelete
  39. Kalau saya nunggu kalau mangganya sudah agak murahan mas, nanti saya mau borong mangganya hehe...

    ReplyDelete
  40. wahahah itu sih juak pohon mangga gratis mangga sekilo hehe, tapi asik dong mas klo udah musim mangga, bisa ngerujak lagi hehe :D

    ReplyDelete
  41. wah! udah mauk musim mangga toh, udah lama ga ke pasar nih.. Ishmahsuka banget sama mangga, bener2 mantap!

    ReplyDelete
  42. tapi pohon mangga di depan rumah belum berbuah padahal saya juga dah kangen sama buah mangga

    ReplyDelete
  43. asiiikkk, udah mulai musim mangga lagi

    ReplyDelete
  44. wah pasti bakalan rame ya mas kalau masuk musim mangga getu, kebetulan depan rumah saya juga ada pohon mangga golek, lumayan buah nya bisa dimakan sendiri atau bisa juga dijual ;)

    ReplyDelete
  45. mahal banget,,,itu udah dapat 1 kebun bang,,,

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah pohon mangga saya tahun ini berbuah lumayan banyak (setelah menunggu beberapa tahun ga berbuah2) sampai bisa kasih ke tetangga, rasanya juga manis tp ga tau deh mangga jenis apa he3...

    Selamat berkarya kawan & sukses selalu dimanapun kita berada :D

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum