Perbedaan Jeruk Navel Dan Valensia

budi purnomo


Perbedaan Jeruk Navel Dan ValensiaPerbedaan Jeruk Navel Dan Valensia.Meski perayaan imlek telah lama lewat,namun masih nampak terlihat jeruk mandarin yang kerap mendominasi area pajang di sejumlah toko buah atau swalayan sampai saat ini.(entahlah apa karena telat masuk musimnya,atau pula di sebabkan panennya yang masih terus melimpah)
Namun selain dari jenis itu pihak penjual pun tak lantas pula mengabaikan keberadaan jeruk lokal,tentunya.
Belum lagi di tambah dengan kehadiran jeruk import asal negara lain semisal dari Usa,Afrika,Australia,Thailand dan Pakistan,yang mana dari kesemuanya juga ikut turut menghiasi dan mengisi di tiap masing space yang sengaja mereka targetkan.

Memang pada dasarnya buah jeruk yang kita kenal terbagi menjadi dua kategori,yakni jenis jeruk kupas seperti mandarin(ponkam,lookam), freemon,honey murcot dan lainnya.
Sedangkan untuk jeruk jenis peras diantaranya terdiri dari jeruk lemon dan Sunkist,salah satunya.

Perbedaan Jeruk Navel Dan Valensia
Umumnya kita mengetahui jeruk Sunkist hanya satu jenis saja.Padahal bila saat kita hendak ingin membelinya di pasar swalayan,jeruk sunkist yang di jual terdapat dua pilihan.Ada pun yang pertama yaitu jeruk Navel dan satunya nya lagi jenis Valensia.Bila di lihat sekilas dari keduanya memang hampir mirip sama baik bentuk dan tampilannya,namun bila di cermati akan ada perbedaan di tiap masing cirinya.Nah apa saja perbedaannya.Mari kita simak bersama uraiannya di bawah ini,dan harapannya semoga ada manfaat,setelah anda membacanya.

Warna kulit
Jeruk navel memiliki warna oranye nya lebih cerah dan terang ketimbang jeruk valensia yang memiliki kulit warna agak kekuningan.Oleh karenanya Navel juga sangat bagus dan sering orang jadikan salah satu pilihan jeruk untuk pembuatan parcel buah.

Tanda lingkaran di bagian bawah buah

Perbedaan Jeruk Navel Dan Valensia
 contoh jeruk jenis Navel

Perbedaan Jeruk Navel Dan Valensia
contoh jeruk jenis valensia

Dari kedua jenis sunkist ini memiliki perbedaan yang mencolok di bagian bawah buahnya.Dan lewat cara ini lah yang di rasa paling mudah untuk membedakannyaJika jeruk navel memiliki lingkaran lebih besar dan menonjol keluar (seperti lubang pusar),sedangkan valensia juga memiliki namun lebih kecil ukurannya dan lingkarannya pun lebih menjorok kedalam dan tidak sampai berlubang.

Rasa dan ketebalan kulit
Jeruk sunkist memang di kenal memiliki ciri khas baik rasa dan tekstur kulitnya.Dan memang untuk jeruk Navel lah yang memiliki kulit lebih tebal namun soal rasa jeruk navel jelas lebih manis,sedangkan untuk valensia memiliki kulit tidak setebal navel akan tetapi untuk urusan rasa malah lebih condong ke asam.*yet.

49 komentar:

  1. Untuk urusan pilih memilih saya selalu gagal mas kalau masalah jeruk selalunya jatuh sama yang asem ...yang itu membuat saya jera.tapi trimakasih infonya mas sekarang jadi tau buat milih yang mana yang manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis limau yg masam tu gunakan kulitnya n jusnya untuk buat kek..jenx indah...enak.

      Delete
    2. Info yang bermanfaat dari Mas Purnomo tentang cara memilih
      Jeruk navl dan jeruk valensia, saya belum paham nih Mas makasih infonya

      Delete
    3. jangan sampai memilih jeruk yang rasanya asam ya mas, karena nanti malah bikin lidah ngilu hehehe :D

      Delete
  2. ada perbedaanya ternyata, padahal sepintas sama saja ya? hehehe.. eh, liat jeruk begini, gigi saya asammmmm semua, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. Dari segi fisik terlihat perbedaannya ya mas? Wah, perlu kecermatan dan ketelitian dalam membedakan antara satu jenis jeruk dengan yang lainnya...

    ReplyDelete
  4. Berarti yang navel pusarnya bodong, yang valensia pusarnya kecil ya pak :D

    ReplyDelete
  5. Kayaknya akan tambah manis kalau pas pilih-pilih barengan sama yang manis juga ya mas Bud... heuheu. Thank for share mas.

    ReplyDelete
  6. perbedaannya sangat jelas yamas dari segi warna aja udah beda

    ReplyDelete
  7. serupa tapi tak sama ya mas. Harus dicicipi satu per satu kayaknya ya biar tahu rasanya hehehe :D
    tapi kalau saya dikasih sih, pasti nggak mau nolak :D

    ReplyDelete
  8. warna dari jeruk tersebut jelas berbeda ya,

    ReplyDelete
  9. kelihatan rupanya sama sahaja.. baru saya tahu ada perbezaannya antara navel dan valencia..

    ReplyDelete
  10. walau bagaimana saya yakin kedua varian jeruk ini sama-sama memiliki rasa manis ya gan.. :)

    ReplyDelete
  11. tapi kalau dilihat - lihat emang beda sih.... kalau secara sepintas itu sulit membedakannya...

    ReplyDelete
  12. Saya jarang sekarang memperhatikan perbedaan jeruk satu dengan yang lainnya Mas, yang penting manis dan masuk dalam selera. Namun, setelah memabca artikel ini makin jos untuk melihat lebih jauh perbedaannya.

    Salam

    ReplyDelete
  13. betul, jeruk navel lagi manis, kalau pilih navel, biasanya ngak mengecewakan :)

    ReplyDelete
  14. saya lebih suka jeruk navel mas karena rasanya yang manis kalau asem saya kurang suka, makasih sharingnya mas Bud :)

    ReplyDelete
  15. Saya suka yang asem asem, kalo disuruh milih mana antara navel dan valensia, sepertinya saya akan memilih valensia. :D

    ReplyDelete
  16. Masih belum bisa bedain mas,,,,,

    ReplyDelete
  17. Biasanya saya membedakan jeruk itu dengan mencoba memakannya,, hehe

    ReplyDelete
  18. jeruk adalah andalan saya beberapa minggu ini, kalau mual datang tinggal kupas sedikit kulitnya dan cium-cium aromanya...lumayan melegakan

    ReplyDelete
  19. met pagi mas Budi nyimak dulu yah soalnya diburu waktu nih mo berangkat kerja,nanti mampir lagi mas hehe

    ReplyDelete
  20. makasih info nya mas pur saya sendiri gag tahu jenis jenis jeruk cuma ikut ikutan orang saja :d hehehe
    tapi kalo beli pun cuma atu aja klo lg kepinin

    ReplyDelete
  21. Terimakasih penjelasanya mas bud.. Tapi jujur saya baru tau loh kalau ada jeruk namanya navel dan valensia. Hehehe ndeso banget deh saya.?

    ReplyDelete
  22. Wah saya ketinggalan beritanya Mas Purnomo
    Tentang perbedaan-jeruk-navel-dan-valensia
    Saya nyusul dan nyimak yah Mas Pur makasih atas tips nya

    ReplyDelete
  23. setiap masuk kemari selalu disajikan informasi mandiri yang beda dengan kebanyakan blog.. dan cara membedakan jeruk neval dari warna kulitnya ini juga bagian dari info baru, yang jarang dibahas di blog lain,, keren mas

    ReplyDelete
  24. saya tak berapa suka dengan jeruk sebab kalau macam cepat sakit perrut...
    tq info yang menarik

    ReplyDelete
  25. Saya suka dua-duanya mas .. kalau ada niatan mau bagi saya mau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heuheu kang Ruly mau nggak saya kirimin jeruk purut heuheu

      Delete
  26. Wah mas, ane jarang beli jeruk nih, maklum anak kosan

    ReplyDelete
  27. Gak pinter milih, yang penting jeruk.. Sluurrp aja deh :)

    thanks Kang udah diajari!

    ReplyDelete
  28. Kalau saya lebih memilih jeruk jenis valensia,karena jeruk yang satu ini sangat baik kalau dibuat saus ( sauce ) untuk masakan ikan,aromanya cukup strong,sehingga banyak yang ketagihan dengan saos jeruk ini.

    ReplyDelete
  29. dengan mengetahui masing-masing jenis jeruk, maka kita bisa memilih jeruk yang terbaik dan sesuai dengan selera kita ya mas. Asyik juga ya ;)

    ReplyDelete
  30. wah ilmu banget nih, soalnya saya mah cuman bisa ng'bedain jeruk yang mateng(manis) dan yang belom mateng(asem)...soal warna...pokoknya asal udah kuning udah pasti manis dan jeruk import...gituh doang masa sayah mah kang.
    #lumayan deh dapet ilmu tentang perbedaan navel sama valensia...besok belanja di super market...bakalan nyrocos nerangin soal perbedaan ini...;o)

    ReplyDelete
  31. saya sering makan jeruk seperti ini mas, tapi ga tahu namanya hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya jeruk, bukan jambu...hehehehhehe...:)

      Delete
  32. mirip, tapi dari rasa lebih suka navel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya yang pasti sama-sama Jeruk kan Kang..:)

      Delete
  33. Jadi inget pas beli jeruk yg beginian...kecut smua e mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget yang jualan ya Mas Nyzam, hehehehe..:)

      Delete
  34. Hihi

    Jadi ingat saat dipasar
    Dan pilih buah jeruk ga jadi kupilih karena punya pusar
    Padahal masih segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makannya ini Mas Budi ngasih cara membedakannya ke kita-kita Mbak..:)

      Delete
  35. Hehee..simpel ternyata cara membedakannya..
    memang sepintas kelihatan sama ya Mas..
    Terima kasih, jadi nambah pengetahuan Mas..

    ReplyDelete
  36. makasih Mas, jadi tahu perbedaannya, pokoknya kalo Navel ada lingkarannya di bagian bawah ya. :D

    ReplyDelete
  37. pasti mantap ya sob kedua jeruk tsb. ane jadi ngiler sob haha

    ReplyDelete
  38. Nama nya satu,namun jenisnya banyak, kalau rasa saya rasa perbedaannya tipis saja. Pasti ada asam-manis dan sepatnya! Ehem:D

    ReplyDelete
  39. klo jeruk yg ukurannya gede banget itu apa ya kang namanya?

    ReplyDelete
  40. Good article, now I know there are two types of oranges.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum