Pembongkaran Sebuah Bangunan Di Cempaka Baru

budi purnomo


Pembongkaran Sebuah Bangunan Di Cempaka BaruPembongkaran Sebuah Bangunan Di Cempaka Baru.Foto dari bangunan gedung yang terlihat hancur dan porak poranda ini bukan karena di hantam dasyatnya gempa.Atau pula bukan lantaran pondasi gedungnya yang di rancang tak terbilang standart.Namun memang bangunan ini sengaja di robohkan paksa oleh para petugas seksi pengawasan dan Penertiban Bangunan pemrov DKI pada 13 Maret Rabu lalu.

Karena alasan tidak memiliki izin mendirikan Bangunan di tambah lagi dengan membangunnya di Ruang Terbuka Hijau.Membuat Gedung berlantai tiga yang hampir sempat rampung pengerjaannya itu.Terpaksa harus rela di bongkar.

Pembongkaran Sebuah Bangunan Di Cempaka Baru

Pembongkaran gedung yang berlokasi di jalan Letjen Suprapto persis di depan seberang selter busway Rumah Sakit Islam Cempaka Baru,Jakarta Pusat kemarin ini serentak mengundang perhatian warga sekitar.
Di tambah dengan para pengguna jalan yang kebetulan tengah melintas,sengaja pula memperlambat laju kendaraannya.
Akibatnya sudah barang pasti hal itu sempet membuat macet arus lalu lintas,terutama di ruas jalan dari arah Senen yang akan menuju ke arah Pulogadung.

Pembongkaran Sebuah Bangunan Di Cempaka Baru
Dan konon menurut keterangan dari salah seorang warga serta tukang ojek motor yang biasa mangkal di dekat lokasi ini,menuturkan memang pembangunan sebelumnya pernah beberapa kali di datangi oleh petugas berseragam dan sempet mendapat teguran hingga di lakukan penyegelan.Namun demikian pengerjaan proyeknya tetap nekat dan terus berjalan.

Selain itu ada yang mengatakan bangunan ini akan di jadikan sebagai tempat kost-an nantinya,dan ada juga yang menyebut di jadikan untuk bangunan ruko.Tapi tersiar kabar memang bangunan ini sengaja di peruntukan untuk sebuah usaha.Meski anehnya di samping bangunan yang di robohkan ada terdapat dan bediri pula bangunan bertingkat lainnya.*yet.

67 komentar:

  1. kalau bagunannya nggak punya ijin, langsung di bongkar ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketetapan di wilayah DKI Sangat ketat peratuaranya yah Mas Pur
      jika bangunan tak ada ijin dari Pemda stempat langsung bongkar deh :)

      Delete
  2. Ya, ampun mas. Sudah hampir rampung dengan dana yang pasti tidak sedikit, dirubuhkan lagi...Ini pelajaran barangkali agar mengikuti prosedur pendirian bangunan ya mas...

    ReplyDelete
  3. Selamat sore Mas Pur, simak artikelnya tentang bongkar membongkar
    Sangat miris saya melihat pemandangan seperti itu yah Mas? memang benar
    Ibu kota lebih kejam dari Ibu tiri teh bener. tapi mungkin ada salhnya juga
    Mereka yang membangun tanpa ijin tertulis. makasih atas infonya Mas Pur :)

    ReplyDelete
  4. Namanya saja tidak punya ijin mendirikan bangunan
    ya dirobohkan dech jadinya

    ReplyDelete
  5. Wah kacian juga tuh mas...yg empunya rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kacian sih tapi kan salahnya sendiri mas Virlyz heuheuheu

      Delete
  6. emang seharusnya tegas tuh.. kasihan lahan yg harusnya buat penghijauan mlh dijadikan bangunan yg jelas2 mrusak pemndangan..
    hidup penghijauan :)
    kunjungn bliknya ditunggu ya sob ..

    ReplyDelete
  7. saya mah dukung apa yang terbaik aja dech mas?

    ReplyDelete
  8. wah kasihan juga ya mas kalau bangunan nya dibongkar begitu saja, soalnya kan perlu dana juga untuk membangunnya. Kalau membongkar sih mudah saja, nggak ada satu hari sudah selesai. Mungkin saja ada sebuah masalah antar yang punya rumah dan pihak yang terkait. Semoga saja permasalahannya cepat selesai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut Prihatin saya Mbak Rin, dengan pemandang pada artikel
      Mas Purnomo tentang pembongkaran bangunan itu

      Delete
    2. Saya rasa ini juga menjadi masukan juga bagi para pengembang atau pemilik rumah untuk selalu memiliki IMB bukan Indonesia Mencari Bakat loh. Tapi singkatan dari Izin Membangun Bangunan

      Delete
  9. wah seperti kurang menyan pejabat setempatnya ya mas, mosok disebelah boleh yang ini tidak... kasian tu orang yang mau usaha aja direjokin...

    dia ga nyadar kali . katanya orang tua dulu orang seperti itu ga bakalan mati klo keturunnnya belum dirugikan seperti dia merugikan orang lain

    ReplyDelete
  10. apa boleh buat ya, pembongkaran yang memang patut dilakukan hmm

    ReplyDelete
  11. yang penting bisa di terima ma masyarakat setempat dan tidak rusuh...

    ReplyDelete
  12. wew.. gara-gara gak punya izin, rugi berapa duit tuh

    ReplyDelete
  13. ngeri juga yah peraturan sekarang :)
    kasian rugi berapa owner nya

    ReplyDelete
  14. wah sayang banget ya pak.. jadi sebaiknya kita harus mempersiapkan ijin sebelum membangun suatu bangunan agar tidak jadi sia-sia..

    ReplyDelete
  15. Sayang banget ya uang yang sudah di keluarkan dan bangunan di rubuhkan, namun apa boleh buat kalau memnag itu sudah menjadi peraturan tentang ijin.

    Salam

    ReplyDelete
  16. susah membangun,, kok malah dirobohkan,,,
    salah sendiri ga ijin,,,,heheheh

    ReplyDelete
  17. salam pagi...bangunan yg didirikan mestilah ikut spefikasi yg dibenarkan....rugi banyak tu kalau terpaksa dirobohkan setelah banyak biaya dikeluarkan...

    ReplyDelete
  18. kasihan owner rumahnya apabila rumah dibongkar tanpa keizinan..

    ReplyDelete
  19. waduh,kasihan juga ya mas.. klo bangunannya dirubuhin gitu,buat membangun yg baru kan perlu dana yg nggk sedikit juga

    ReplyDelete
  20. kalau dikota besar kayak gitu ya mas...di kampungpun kalau nggak beli trs tiba2 membangun ya pasti dibongkar kok

    ReplyDelete
  21. Itulah pentingnya mikir dahulu sebelum bertindak, iya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul betul mbak Tika,setuju dechhhhh

      Delete
  22. duh sayang banget buzet yang terbuang nya mas ....

    ReplyDelete
  23. kasian mat mas penghuni nya dipindahkan kemana mas

    ReplyDelete
  24. itu sih salah sendiri kali yah,kenapa membangun tanpa IMB,,coba kalau lengkap mengikuti prosedur pasti aman terkendali,alias tidak ada pembongkaran paksa...hadeuhhhhh

    ReplyDelete
  25. kalau membangun tanpa ijin memang sudah resiko kalau sampai dibongkar, semoga menjadi pelajaran buat yang lainnya agar tidak terjadi lagi peristiwa seperti itu yah mas :)

    ReplyDelete
  26. Ya kalo ga ada izinnya harus dibongkar donk. Harus terima resiko. Tapi kasihan juga sih liatnya :(

    ReplyDelete
  27. Wah dibongkar, sayang uangnya yang udah dipake buat bangun rumah

    ReplyDelete
  28. Wah dibongkar, sayang uangnya yang udah dipake buat bangun rumah

    ReplyDelete
  29. Kasian ya yang mbangun
    Jadi manyun

    ReplyDelete
  30. wah ada unsur apa ya mas, hampir rampung kok di bongkar

    ReplyDelete
  31. semoga tidak akan ada lagi penggusuran untuk orang kecil

    ReplyDelete
  32. Ya memang harusnya begitu, harus tegas karena memang tidak punya ijin :D

    ReplyDelete
  33. Apa kabar Mas Pur semoga baik selalu sekeluarga yah Mas?
    Kunjungan rutin simak kembali pembongkaran di DKI, Kaya nya
    Sekarang udah kelar yah Mas?

    ReplyDelete
  34. Kalau memang tidak memiliki IMB, ya harus dibongkar.

    ReplyDelete
  35. buat menjadi pelajaran buat yang lainnya untuk tidak membangun kalau tidak ada ijin, peraturan memang harus ditegakkan.

    ReplyDelete
  36. lagian nekar banget tuh yang punyanya...emangnya jaman dulu bisa kongkalikong sama petugas supaya bisa lanjut ng'bangun tanpa IMB nya...huuuh

    ReplyDelete
  37. Saya pribadi salut dengan Pemerintah DKI yang tegas dalam menerapkan aturan pendirian bangunan dan ruang terbuka hijau. Amat disayangkan mengapa pemilik bangunan tetap meneruskan pembangunan walau telah didatangi dan diingatkan oleh petugas. Hal ini menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya di Indonesia untuk juga konsisten tanpa pandang bulu dalam penegakan hukum.

    Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  38. manalah tuan rumah tu nak duduk selepas ni

    ReplyDelete
  39. semoga saja masalahnya segera diselesaikan ya mas, soalnya kalau nggak diselesaikan bisa ke ranah hukum terkait dengan konflik lahan. Jadi sebaiknya bisa dilakukan pembicaraan antar kedua belah pihak ;)

    ReplyDelete
  40. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo Jr....

    Sikap tegas pemerintah terhadap kedegilan mereka patut menjadi teladan bagi yang tidak mengendahkan peraturan. Jika pemerintah mampu bertegas kepada mereka yang mengganggap dirinya kebal, tentu akan menyebab mereka berfikir banyak kali untuk melakukan kesalahan.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  41. pemerintah serba salah juga kalau ditindak entar malah disangka melanggar HAM tapi kalau tidak ditindak malah bertambah seenaknya saja hehe...

    ReplyDelete
  42. sabar aja ya yang punya rumah..lain kali kalau bikin rumah jangan di tanah milik negara dong hehe...dan harus izin dulu..:)

    ReplyDelete
  43. Kunjungan Pagi hari. simak lagi Mas Pur tentang artikel
    Bongkar pembongkaranya Mas. terima kasih. di tunggu arikel barunya Mas :)

    ReplyDelete
  44. bangunan yang tidak punya izin dan melanggar aturan memang harus dibongkar,,,tapi masih banyak bangunan lain yang juga melanggar aturan...tapi tidak dibongkar sampai sekarang....entah kenapa ya.......
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  45. kasian ya udah ngabisin uang banyak buat bangun rumah eh dlam sekejap mata udah habis kebongkar.. semoga cepat selesai ya urusannya biar gk terulang kembali mslah kyk gini

    ReplyDelete
  46. repot ya klo ada miss gini.. mau ngusir sungkan akhirnya sampek ati deh bongkar dengan cara kyk gitu... semoga orang yg punya rumah sadar dan kasusya bisa selesai dengan cepat dan damai

    ReplyDelete
  47. wah eman2, tp ya mau gmn lagi wong bangunanya blum punya izin..
    kunjungan mas lama g maen ksini, hehe
    mampir ya di postinganku :)

    ReplyDelete
  48. Semoga peristiwa ini menjadi pelajaran masyarakat, agar mengikuti prosedur pendirian bangunan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya setuju mas, kalau sesuai aturan pasti nggak bakalan dibongkar rumahnya :)

      Delete
  49. ane ijin nyimak sob, kebetulan ane nggak tinggal di jakarta. makasih sudah share sob

    ReplyDelete
  50. bingung mau komen apa... tapi klu dilihat dari kasusnya sepertinya wajar kalau bagunannya di bongkar

    ReplyDelete
  51. kenapa sejak awal bangun bangunan gak ada ijinnya, sama aja nyari masalah. wajar aja kalau di robohkan petugas.

    ReplyDelete
  52. memang tindakan pemerintah ada benarnya sih, tapi klo rumah kita yang di gusur gk enak juga kan :D

    ReplyDelete
  53. kasihannya tuan rumah, rumah diroboh tanpa izin

    ReplyDelete
  54. kasihan banget tuh mas digusur gtu aja :) semoga diberi ketabhan

    ReplyDelete
  55. kasihan banget tuh mas digusur gtu aja :) semoga diberi ketabhan

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum