Sebuah Buku untuk Generasi 90an Karya Marchella FP

muhammad adnin


"Ada hari di mana kita harus berhenti sebentar,menengok ke belakang dan bersyukur.(Generasi 90an by: Marchella FP)".
 
Sebuah Buku untuk Generasi 90an Karya Marchella FP
Sebuah Buku untuk Generasi 90an Karya Marchella FP.Sepanjang sesuatu itu telah menjadi fitrah atau mendatangkan kebahagian dan cukup berpotensi mengundang rasa syukur,tentunya..reaksi ini cukup beralasan,dan hal ini pula nantinya di harapkan bakal tidak menimbulkan pandangan "Itu semua,hanya membuang banyak waktu percuma".

Seperti hal nya yang tertuang dalam sebuah buku berjudul "Generasi 90an".Marchella FP mengungkapkan sebuah gambarannya tentang dunia hiburan di saat itu.Yang salah satu di antaranya,seperti: tayangan acara tv yang kerap di tonton,sajian jenis musik yang sering di dengar,gaya model yang tengah in(ngetren),baik itu dari model jenis potongan rambut,pakaian,aksesoris dan berbagai jenis sesuatu lainnya kala itu.Sudah pasti,dan sudah barang tentu kesemuanya berhubungan di era 90an.

Tentang bukunya sendiri yang bertebal 144 halaman itu,berawal sebelum terbit menjadi sebuah buku.Hanyalah merupakan kumpulan bahan tulisan dari sang penulis untuk tujuan menyeselesiaikan tugas kuliah dari kampusnya.
Sedang di sela penampilannya beberapa waktu lalu,di acara Hitam Putih(trans 7)mereka di undang bersama dengan Syahrul Gunawan,Devi Pertama Sari(sebagai bintang tamu,mewakili era 90-an) serta tak ketinggalan ada pula group Girl band Bling(yang mewakili era sekarang).
Dan di kesempatan itu pun ia sempat  mengatakan: "Era 80an merupakan masa konvensionalnya,sedangkan untuk era 90-an nya sendiri,masuknya perkembangan tehnologi baru.

Maka tidak mengherankan Era 90an memang kebilang spesial (dan banyak meninggalkan nostalgia indah,buat para generasinya) karena di era itu memang sebuah peralihan baru di mulai.
Sebut saja sederetan contoh di antaranya,di saat waktu itu hanya baru mengenal pager buat berkirim pesan,telpon  koin sebagai sarana andalan untuk berhalo ria,berfoto narcis dengan masih setia menggunakan kamera berfilm,sedang untuk mendengar lagu kesayangan dan ingin melihat video mesti harus memasukan kaset berpita,dan untuk yang belum sempat atau lupa saya sebutkan di sini,anda bisa membacanya langsung buku karyanya :).*yet.

131 komentar:

  1. PERTAMINA LANGSUNG DAPET SOLAR HEHEHE. wah untuk generasi 2013 mana bung bud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ikut sob, menunggu juga untuk yang 2013

      Delete
    2. 2013 lagi di rancang bang

      Delete
    3. hadeuh..artikel baru nongol scrollnya udah jauh banget...dimarih azh ah narsisnya biar langsung bisa diliat blogger cantik...hahay

      Delete
    4. Ikut mang....... biar laris manis......:D

      Delete
    5. Ikut antrian akh siapa tau dapat sembako hahhahah :D

      Delete
  2. 90 an, menginjak mas remaja :), mmang masa peralihan, bnyak hal baru dan penuh knangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu tahun 1990 saat itu saya masih remaja
      Kata Ema saya sih lagi keren-kerenya Mas Wong hhh :D
      Tapi masa itu sangat penuh kenangan yang indah dan berarti

      Delete
    2. sama dong sama sayah, berarti kita ini seangkatan ya....heuydeuh

      Delete
  3. memang bener sih sob. era 90an adalah era di mana mulai muncul tehnology tehnology .. dan ahirnya berkembang pesat sampai sekarang ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. so... mari kita tunggu tekhnology terbaru pada era selanjutnya

      Delete
    2. Sekarang mari kita nikmati Era 2014 dengan banyak berdoa
      Dan berusah agar hidup lebih baik, agar semua nya pada beres :D

      Delete
  4. Yups..., benul eh betul sekali mas Bud, era 90an merupakan era inovasi teknologi, terima kasih sdh mengingatkan melalui artikel menarik ini mas.

    ReplyDelete
  5. salam malam mas...

    kalau di malaysia ni terkenal dengan wawasan 2020 oleh mantan pak menteri tun Mahadir...kemajuan dlm semua bidang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi di indo terkenal wawancara para kake2 heheh

      Delete
    2. wawasan 2020 masih lama Mbak Wirsda Amir,..mudah^an berhasil saja ya...saya sangat mendukung

      Delete
  6. Artikel yg sangat menarik menarik mas, sangat beda memang kalu era 80 an dengan era 90 yg merupkan era munculnya teknologi bahkan banyak kenangan.
    postingan yg penuh inspirasi mas budi, teruskan saja semoga sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja mas bro, kalo tidak menarik bukan mas budi namanya. sudah tidak diragukan lagi untuk merangkai kata dan menarik pemirsa emang mas budi udah embahnya *yet

      Delete
    2. wah baru tahu brow, sebenarnya aku kepengin baca bukunya sayangnya mau download dimana yah..?

      Delete
  7. wah kalo ngomongin era 90an jadi keinget sama bung harto nih mas "piye kabare.. enak jamanku tho"
    pada era2 tersebut memang penuh kenangan dan masih jarang gayus tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bung harmoko ya mas... hahaha...

      Delete
    2. mas Andes sama mas bayu...ketauan deh
      pasti salh satu penggemar dan suka nonton acara Laporan khusus...bis berita...hehe :)

      Delete
    3. Pak Harmoko itu seringkali membahas produksi impor non migas,yaitu kacang kedelai ,,,,pada saat itu kedelai sedang melimpah,heuheuheu

      Delete
    4. Kacang kedelai tempatku banyak kang Dede..hehe..

      Delete
    5. bukan cuma kacang kedelai saja mas, tapi sama telur uletnya juga termasuk kualitas ekspor lhoo..

      Delete
    6. wah jadi inge TVRI setelah dunia dalam berita ada acara laporan khurus lama sekali cuma mau lihat safari

      Delete
    7. Masih ada juga lomba kelompecapir yang ditayangin TVRI pastinya,, hahaaa

      Delete
  8. kalo era 2012/2013 mulai munculah bertebaran dimana generasi gayus tampak lihay dalam mengoperasikan uang negara :D hahaha
    yang pada akhirnya menduduki peringkat seputar berita

    ReplyDelete
    Replies
    1. dunia dalam berita sama berita terakhir ya mas :)

      Delete
    2. Album Minggu era 90'an buka mas bud ?? saya lupa hehe
      sama ninja bayangan merah hahaha

      Delete
    3. era 90'an eranya starco / pager heuheu

      Delete
    4. Rupanya masih ada yg teringat sama gayus yah, padahal berita gak kedebgaran lagi..hehe

      Delete
    5. teringat lagi era 90an sampe sekarang memang BRAMA KUMBARA yang masih eksis ya mas

      Delete
    6. tapi sayangnya BRAMA KUMBARA barusan TAMAT mas bos heheheh

      Delete
    7. tapi kudanya masih ada kan mas :)

      Delete
  9. postingan yg mnarik,,mnjadikan kita utk lebih trinspirasi lagi

    ReplyDelete
  10. Masih ada juga ya mas buku era generasi 90an,arsip lama dong :)

    ReplyDelete
  11. saya juga nonton Mas. kalau tahun 90an ada Desy R kalau tahun 2000an ada Nikita W.

    kalau 2013 ada Blogger KPK..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pancen oye kan ...mas :)

      Delete
    2. pada masa itu omas masih jadi rivalnya Desy R ya mas, tampangnya yang masih unyu2 muda belia dengan dikaruniai bibir sexy omas langsung naik daun :D

      Delete
  12. yang di maksud dalam 90 an itu apa nya mas ? lahirnyaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak gitu sih mas :)
      kalo soal lahir....yg masuk ke generasi 90-an...buat mereka yg lahirnya di antara th80-an atau pertengahan 70...kyak sy...hehe

      justru di era 90-an itu...ketika mereka sdh masuk masa remaja dan lg sedang lucu2 nya...hehe

      Delete
    2. nostalgia mas .. penuh masa indah waktu itu

      Delete
    3. itu RENDANG Jengkolnya mas xixixi

      Delete
  13. Kalau Laser disk termasuk masa tahun berapa ya apakah termasuk generasi 90an... masih inget piringannya gede banget dan berat hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laser disk termasuk era 80-90'an sob..

      Delete
    2. @mas Anthonie : masuk juga sih mas ke era itu..cuma karna player dan sewa Piringannya yg masih tergolong. mahal...jd orang lebih suka memilih kaset berpita...
      seling beberapa waktu baru muncul deh yg namanya VCD.... ya mas

      @mas Bayu: Nah...Yang duluan lahir dari saya...pasti inget banget nih...sama perjalana historynya....hehe

      Delete
  14. Mengingat masa 90'an bagi saya itu merupakan masa-masa yang sulit untuk di lupakan, karena pada itu adalah masa transisi dari masa anak-anak ke remaja, dimana kita sudah mengenal yg namanya cinta.. hahaha..,

    ReplyDelete
  15. saya jadi penasaran pengen beli buku nya :)

    ReplyDelete
  16. 90an ya? aku masih kecil tuh

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. bukan bayi tapi masih dalam proses mbk gkgkg

      Delete
  18. berarti ntu zaman saya masih balita dan sekolah dasar,,hhe
    tapi saya masih ada ingat2 dikit loh mas tentang hiburan 90an..

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Saya juga masih imut banget. xixixi

      Delete
    2. @mbak Indah : mohon mav ya mbak...komennya td ndak sengaja kehapus :)

      Delete
    3. hihihiii... mas budi lagi ngambeg niyeee ceritanya sma mba indah :D
      hohoho

      Delete
  20. 90-an adalah masa penuh kenangan saat teknologi mulai menemukan batu loncatan untuk perkembangannya kelak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, pada masa itu saya masih suka main ketapel.. bukan hanya batu loncatan, tapi batu terbang ke pohon mangga punya tetangga *dahsyat kan..

      Delete
  21. dear Friend, Sunday, time to relax,
    everyday life from the head ban,
    times just do what makes you fun,
    this time it is thought, I wish you a wonderful Sunday, Dieter

    ReplyDelete
  22. tahun 90 an aku suka banget ngoleksi kaset
    dan masih suka bermain karet

    hehe

    indah banget walau sering kejepret

    ReplyDelete
  23. kalau menurut saya 90 an belum punya corak dan ciri khas. 80 an lah yang lebih tepatnya. Kalau sekarang lebih mengandalkan tehnologi untuk membangun kepopuleran artis.

    ReplyDelete
  24. baru tahu nih saya kalau era 90an adalah mulai mencuatnya tehnologi......
    berikan teruus infonya sob........

    ReplyDelete
  25. tahun 90'an saya masih di Jakarta,waktu itu masih banyak yang namanya Ostin ( Mekrolet )heuheu,,,jadi ingat masa lalu ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti kenal sama sidul anak betawi asli ya bang, yang jadi sopir angkot pada masa itu kalo tidak salah namanya bang mandra

      Delete
  26. wah, untuk angkatanku mana ya...hehhee

    ReplyDelete
  27. hhadir lagi dimalam senen yang galau

    ReplyDelete
  28. Waktu terus berputar mengiringi kita. Masa lalu menjadi pelajaran yang berharga bagi saat ini. Saat ini menjadi momen penting rencana untuk masa depan. Menarik sekali menengok era 90-an. Amat bermanfaat sebagai referensi dan mengenang masa lalu. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
  29. Banyak yang terjadi di 90'an...
    Saya skripsi masih pakai WordStar, kenal Microsoft Office waktu sudah kerja :)

    ReplyDelete
  30. Begitulah mungkin yang namanya waktu ya mas, akan terus berjalan & berganti mengikuti cara berfikir manusia yang semakin canggih seperti pada jaman 90 an di mana transisi kecanggihan mulai terjadi di segala bidang..

    Tapi bagi saya pribadi tahun 90 an merupakan masa" yang sangat berkesan dimana terjadi peralihan dari bujangan menjadi seorang suami & bapak..hehe..

    ReplyDelete
  31. walah, keren neh, kemaren baru aja nonton yang 80's keren beud sob :)
    jadi kapan mau kasih link utk ngintipnya ??? #malah nanya xixixi

    ReplyDelete
  32. memang diera 90an ini mulai dikenal dengan nama generasi teknologi ya mas, karena begitu internet masuk desa, semua informasi mengenai teknologi yang sekarang didominasi dengan gadget canggih.

    ini anak cerdas dalam skripsi, karena jarang orang berpikir sederhana tapi membumi .

    tulisan menarik mas. ditunggu info unik selanjutnya. thanks

    ReplyDelete
  33. tahun 90 an, wah saya masih SMP mas.....

    ReplyDelete
  34. Masih kecil ane gan..

    Selamat pagi gan ^_^
    kunjungan pagi..

    ReplyDelete
  35. artikelnya menarik :)
    please visit my blog http://lovelifeartpaper.blogspot.com/

    ReplyDelete
  36. sama mas dengan saya, era 90an adalah era kesenian murni dimana musik dan film masih berkualitas, untuk bermusik belum ada efek gitar yang sedemikian rupa, ya kan

    ReplyDelete
  37. 91 aku baru lahir mas .. jadi blm menginjak remaja .. hahhahhay..
    tapi emng klo dari lagu n kisahnya emng lucuan dulu yah..
    jamannya masih tlp koin trz blm ada hp..
    hp itu katanya dulu masih jadi barang mewah.
    kalopun ada yang punya itu bukan hp tapi pager,
    kalo mau qrim pesan mesti tlp operator dlu, hahaha
    90'an juga mainannya masih lucu, jadi kangen tamagocy aku, haha jaman sekarang mah udah jarang ada tamagocy >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahun 90an ya ? kayakynya belum mengalami deh.hehehe.
      ane masih punya mainan tamagocy di rumah, mainan teknologi yang unyu.

      Delete
  38. 90an? ane masih bocah haha :D

    ReplyDelete
  39. Waduh saya belum pernah baca nih buku, bahkan baru denger sekarang ada judul buku seperti itu. :D

    ReplyDelete
  40. .. kalo untuk generasi patah hati ada gak mz?!? he..86x ..

    ReplyDelete
  41. hehehe... tahun 90'an aku masih SD kang xixiii... jadi penasaran pengen ikutan baca buku untuk generasi 90'an.... :)
    makasih atas info nya kang :)

    ReplyDelete
  42. Banyak kenangan di tahun 90an..disitulah awal tekhnologi masa kini mulai berkembang bagi masyarakat indonesia khususnya

    ReplyDelete
  43. jaman masih sd nih belum abg =)

    ReplyDelete
  44. kalau di era 90'an memang banyak kenangan nya, soalnya sering bolos sekolah...hehehe...

    mksh infonya mas :)

    ReplyDelete
  45. bener tuh jaman peralihan, soalnya pas jaman itu ada temen2 smp sy yg pake hape ada yg gak, kalo sekarang mah murid2 sy di SD sudah biasa pegang hape. mesti jadi koleksi tuh buku

    ReplyDelete
  46. Tahun 90an ya -_- saya masih bocah tuh...tapi tetep indah kok

    ReplyDelete
  47. tahun 80 saya masih umur 2 tahun, jadi masih belum tahu...kalu untuk tahun 90 pasti saya tahu.

    ReplyDelete
  48. Saya mencermati, era 90-an merupakan kebangkitan media informasi, komunikasi dan entertainment. Namun sejak itu pulalah budaya membaca buku mulai luntur di kalangan masyarakat.

    ReplyDelete
  49. Perkembangan dunia informasi serta ilmu pengetahuan kian cepat berubah, seperti anngin serta meninggalka bekas pada apasaja yang dilaluinya, begitupun dengan hal ini. tahun 90an adalah masa lalu yang indah untuk dikenang, namun masa depan akan lebih indah jika ditata dari sekarang.

    artikel yang bagus mas, penuh dengan inspirasi.

    ReplyDelete
  50. heee membuat kita bernostalgia ya mas

    ReplyDelete
  51. buku yang layak untuk di baca sobat ,makasih sudah berbagi informasi , jangan lupa mampir di blog baru ane ya ,salam sukses

    ReplyDelete
  52. Emang ya mas masa2 dulu tak seperti sekarang, ada baiknya dan ada buruknya. tapi roda akan terus berputar kegenerasi selanjutnya.

    Hehe

    ReplyDelete
  53. Di era 90 an saya masih lajang tuh mas..

    ReplyDelete
  54. era ditahun 1990-an itu seperti romantika..ada yg hilang ada yg dikenang. Dan diawal tahun itulah, perkembangan teknologi mulai berjalan.

    ReplyDelete
  55. rindu jaman itu masa kebahagiaan semasa jadi anak kecil

    ReplyDelete
  56. sebelum tahun 90 an yang namanya tepe ri, acara yang paling digemari adalah dunia dalam berita dan aneka ria safar. Selepas 90 an perubahan teknologi telah mengubah segalanya, termasuk gaya hidup keseharian kita

    ReplyDelete
  57. dear Friend, outer joy is just a coincidence
    but the inner joy,
    which everyone builds itself, I wish you a beautiful Wednesday, many regards, Dieter

    ReplyDelete
  58. dear Friend, ach smile
    increasing the happiness
    on earth. With my
    I wish you a
    beautiful Thursday
    many greetings from sunny Germany,
    by Dieter -
    a new day is always a risk,
    but if we have the courage to go wrong,
    then each and every stumbling misstep
    a victory

    ReplyDelete
  59. waw era 90 - an engga ngerti teh deh mas

    ReplyDelete
  60. ijin nyimak ya gan :)
    salam kenal dari kami outbond di malang :)
    jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete
  61. 90han saya belum punya hp hehehe

    ReplyDelete
  62. wah keren yah mas, tapi era 90an saya masih bocah, belum ngerti apa-apa hehe :D

    ReplyDelete
  63. masa lalu yang tak akan terulang lagi

    ReplyDelete
  64. teringat kenangan sewaktu kecil2.. indahnya :)

    ReplyDelete
  65. wah sepertinya bagus banget mas buku nya. Cocok untuk dibaca tidak hanya bagi kawula tua saja, tapi kawula muda juga perlu untuk membaca buku tersebut agar semakin luas wawasan dan pengetahuannya ya mas :)

    ReplyDelete
  66. saat dikasih pegang pager oleh kantor..huuu sombong banget saya waktu itu, perasaan udah jadi orang hebat banget, padahal cuman dikasih pinjem doang...tapi lama-lama jadi males, soalnya jadi banyak di suruh sama bigbos...inget juga kan kang?

    ReplyDelete
  67. Era 90 an lagi enak-enak tuh. Apalagi kalau baca buku ini pasti enak benar bisa bernostalgia.

    Salam.

    ReplyDelete
  68. Ini artikel kapan ya mas. Kok blogger yang dulu pada nongol remua hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas nady artikel ini udah pernah di publish di bulan juni lalu..
      Cuma entah gak sengaja terhapus sama penyebab lain...postingan ini gak ada di daftar..

      Makanya iseng..ngutak ngatik lagi..dan alhamdulilah berhasil di terbitin lagi.. :)

      Ya itung2 bernostalgia lagi deh..hehe :)

      Delete
  69. sudah lama saya nggak pernah baca-baca buku mas semenjak saya lulus kuliah hehehe :D
    lebih sering baca artikel di blog/website malahan hehehe :D
    sepertinya bagus juga nih buku nya. Banyak pelajaran yang berharga yang ada di buku tersebut ya mas :)

    ReplyDelete
  70. Saya ngalamin banget 80 - 90 an, hehehe, ketauan sudah tua nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting masih berjiwa muda kan mbak hehe...

      Delete
  71. kalau baca buku era 90an jadi teringat masa-masa dulu nih mas, makasih sharingnya mas :)

    ReplyDelete
  72. Wah saya ketinggalan berita buku 90 n nya Mas pur nih nyusula akh pakai sepedah

    ReplyDelete
  73. Dulu saya tahun 90-an, kalau berkomunikasi ya langsung datang atau paket telegram/surat, pager gak punya ... hehe
    kalau untuk komunikasi dengan orang tua biasanya saya pake kartu telpon dan kalau pulang pasti dibawain kartu telepon

    ReplyDelete
  74. Sepertinya bisa bernostalgia lagi dgn membaca buku ini, terutama sekali angkatan 90 ya..

    ReplyDelete
  75. lha yang ini kalah bagus bukunya sama yang sampulnya putih Mas.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum