Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Roti

muhammad adnin


Cara Terbaik Memilih Dan Membeli RotiCara Terbaik Memilih Dan Membeli Roti.Produk makanan kemasan siap saji seperti sereal,bubur atau mie instan yang banyak di jual di berbagai tempat,kerap di anggap paling praktis,cepat dan mudah dalam penyajianya,lantaran inilah yang membuat setiap produknya laris manis di pasaran.
Sama halnya dengan roti yang sering di jadikan makanan pengganti nasi di saat akan sarapan pagi.

Namun seiring perkembangan dan kebutuhannya,lama kelamaan yang tadinya hanya sekedar untuk di konsumsi di pagi hari makin berlanjut di setiap waktu dan kesempatannya.

Selain bisa di sajikan sebagai makanan cemilan,roti ini pun dapat di jadikan alternatif pilihan untuk bekal di perjalanan,sekolah,kantor atau saat berada di tempat,lainnya.
Dan mengingat roti merupakan jenis makanan yang termasuk banyak di gemari oleh hampir semua kalangan,tak ada salahnya bila kita mengetahui beberapa Tips atau cara dalam memilih dan membelinya.
Harapannya sudah barang pasti,agar roti yang kita konsumsi tadi,kualitasnya terjamin baik lagi aman,tentunya.
  • Expired date(kadaluarsa)
Seperti dalam memilih produk atau barang lainnya,masalah expired date memang yang paling utama.
Namun ada perbedaan khusus untuk jenis makanan seperti Roti ini.Di karenakan untuk ideal dan standart masa kadaluarsa yang di berikan hanya bertahan 2 hingga 3 hari saja. Dan janganlah memilih dari salah satu pembuat produk yang sanggup menawarkan masa expired lebih dari waktu itu.
  • Trik dalam memilih
Cara Terbaik Memilih Dan Membeli Roti

Hal ini masih terkait dengan point kadaluarsa di atas.Dan umumnya para penjual seperti mini market atau swalayan memajang dan meletakan roti yang baru datang di susunan bagian belakang.Dan bagi anda yang kebetulan ingin membeli roti yang masih terbilang fresh atau segar bisa memilihnya di
susunan bagian itu.
  • Fisik dan kemasan
Jangan karena masa waktu kadaluarsa nya masih terhitung panjang.Lalu kita mengabaikan fisik roti dan kemasannya.Karena terkadang di dapati kemasannya ada yang rusak,terbuka(sobek) ataupun suka di temui fisik roti terdapat jamur di dalamnya.
  • Tergiur harga murah
Jangan tergiur dengan harga murah yang di tawarkan,terutama untuk anak-anak yang suka jajan di sembarang tempat.
Mengingat bahan yang di gunakan dalam pembuatan rotinya saja sendiri harganya sudah tergolong tinggi.Hanya takut dan di kuatirkan bahan pemanis yang di gunakan untuk isiin roti terbuat atau mengandung pemanis buatan dan zat berbahaya lainnya.*yet.

77 komentar:

  1. terkadang kita sering lupa ya mas melihat tanggal kadaluarsanya krn tergiur sama kemasannya.
    pertamax hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips memilih Roti yang sangat bermnfaat untuk pengetahuan saya
      Mas Pur, agar saya jadi paham jika mau beli Roti. makasih Mas Pur

      Delete
    2. keduax lagi..hahaha

      Kalo saya yang pertama dilihat tampilannya dulu..menarik apa tidak. aklo menarik biasanya kan terkesan enak..baru lihat expirednya.

      Delete
    3. Betul juga ide Mbak Putri saya turut juga deh Mbak

      Delete
  2. Kadang kalau sudah tinggal 1-2 hari harga memang murah karena kalau sudah kadaluarsa nanti kebuang...dan yang penting memang tanggal kadaluarsa itu yang utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau mau habis tanggal kadaluarsanya biasanya sering diobral dengan harga murah, kalau bisa sih pilih yang jangan terlalu dekat dengan tanggal kadaluarsanya, iya kan mas Bud :)

      Delete
    2. jangai tergiur dengan murahnya yah mas,dampaknya harus jadi pertibangan juga,

      Delete
    3. @All mbak/mas/akang : betul banget :)
      Tapi memang umumnya barang atau produk seperti roti ada toleransi waktu satu hari dari masa expired yg tertera di kemasannya...

      Jadi kalo seandainya roti yg kita beli tujuannya untuk di buat roti bakar atau mau di oven menjadi roti kering (bagelan)....aman2 aja.. :)


      Delete
    4. Ternyata Mas Pur mahir dalam Roti yah
      Punya Pabrik Roti sepertinya yah Mas? hhh :D

      Delete
  3. sebaiknya sebelum membeli selalu mengecek tanggal kadaluarsanya yah mas agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, makasih buat tipsnya mas :)

    ReplyDelete
  4. Kalau saya biasanya cuma memperhatikan dua hal saja, yaitu expire date dan harga saja. hehe. ^_^

    ReplyDelete
  5. rasanya expired date utk roti cuma 1 minggu saja.. jd kena makan cepat2 sebelum expired. hehe

    ReplyDelete
  6. roti sperti ini memang masa santapnya nggak lama, paling penting exprdnya mesti dicek

    ReplyDelete
  7. yang penting ianya berkualiti walaupun harganya mahal.. bagus sekali sharing tips memilih dan membeli roti ini..

    ReplyDelete
  8. Yupz, betul kang, kadang tanpa sepengetahuan kita karena melihat kemasannya bagus dan tidak rusak, kita lupa melihat tgl expired pada roti tsb, malah kadang sudah ingetnya klo tu roti baru mau di makan heheee.... :) makasih tips nya kang :)

    ReplyDelete
  9. wah bagus ini mas tips nya. Jadi kalau kita mau beli roti, jangan hanya lihat bandrol nya saja, misal harga nya saja. Tapi alangkah baiknya jika kita melihat dan memeriksa semua nya baik kualitas, waktu kadar luarsa, harga dll :)

    ReplyDelete
  10. tips memilih roti yang sangat menarik mas..

    btw, kalau boleh usul blog ini dikhusukan memberi tips sekitar makanan instan seperti pasti seru dech.. karena aku amati mas budi sangat menguasai topik makanan kemasan dan buah buahan..
    slm sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk apresiasi dan perhatian nya ya mas...

      Satu masukan membangun buat saya...dan memang untuk kedepannya ...saya berencana sedang mempersiapkan blog baru itupun kalo ndak kebentur waktu dan ndak ada halangan... Mas ..hehe

      Mohon doa dan support nya mas :)
      Sukses juga buat admin dan blog wisata murah :)

      Delete
  11. Ini kudu di perhatinin nih, kadaluarsa roti maksimal 2 sampai 3 hari sja. Kalau ada produsen menawarkan batas kadaluarsa lebih dari tiga hari, patut di curigai ada bahan yang tak aman di konsumsi di dalam roti, roti Basah tapi yang Pasti untuk roti kering lain lagi ceritanya

    ReplyDelete
  12. tidak hanya di roti cara ini dilakukan, tetapi makan lain yang berkemas juga.

    ReplyDelete
  13. hello memiliki minggu yang baik

    ReplyDelete
  14. kirain rak rak susunan yg depan yg baru..trnyata yg di belakang rupanya, padahal ane senang milih yg di posisi depan sj..atokah memang sdh takdir yg "baru" kali ya sob..duduk dibelakang..! hehehe

    ada jg tuh sob...roti kadaluarsa di keringkan lalu digoreng dan bisa dikomsumsi..heheh..becanda..

    ReplyDelete
  15. kalau saya tanggal expirednya lebih satu hari kadang masih suka dimakan saja mas...itu bahaya ndak ya ?? :O
    soalnya sayang hehe...toh baru kelewat satu hari, itu pikir saya kadang2 mah

    ReplyDelete
  16. menanggapi komentar di blog saya. maksudnya gimana tu bang, tolong dijelaskan lebih detail tentang versi mobil yang tidak dipasang.

    ReplyDelete
  17. tanggal kdaluarsa yang paling penting mas... soalnya bisa bahaya kalau kita makan makanan yang sudah expired...

    ReplyDelete
  18. karna roti ini cepet kadaluwarsa sepertinya kita harus lebih berhati-hati ya mas memilihnya, nais inpoh mas...

    ReplyDelete
  19. hadeuh...bener juga ya...soalnya saya mah kalau beli roti..kan belinya cuman di supermarket..itupunpalingan sebulan sekali doang kalau abis gajian...yaa..belinya roti yang bermerk dan yakin azh kalau disupermarket mah ngga bakalan kadaluarsa...saya kan orangnya percayaan...;o)

    ReplyDelete
  20. haduuh bener, yang namanya roti dengan harga murah bantingan pasti ada apa-apanya. Gak mungkin, standar roti tawar sebungkus 10rb dijual 3rb

    ReplyDelete
  21. Berarti kalau memilih roti malah dipilih yang ada di deretang belakang ya mas Pur ...
    Saya sepakat untuk tidak tergiur harga murah, karena kemungkinan diragukan mutunya ..

    ReplyDelete
  22. aku paling sering ngubek2 rak disupermarket, buat nyari roti yg paling baru. Hrs jeli milihnya

    ReplyDelete
  23. Sekarang lebih sering beli roti di tukang roti yang lewat rumah. Mereka selalu bawa roti fresh.

    ReplyDelete
  24. Selamat sore Mas Pur waduh rada telat beritanya Mas
    Simak tips meilih Rotinya. saya suka bingung kalau
    Di suruh Sama Istri membeli Roti ini, soalae ora paham
    Nah dengan tipsnya Mas Pur boleh juga nih makasih Mas

    ReplyDelete
  25. Kemarin juga ada investigasi dari salah satu televisi swasta, ada roti rekondisi, awalnya jamuran di sulap jadi nampak baru, tipsnya bermanfaat mas, terimaksih.

    ReplyDelete
  26. udah lama ga berkunjung ksini makin rame ajah blognya
    keren gan update trus

    ReplyDelete
  27. kadang toko besar pun lalai dengan memajang produk yang sudah expired

    ReplyDelete
  28. benar mas budi kita jangan tergiur dengan harga murah, biar mahal asal kkwalitasnya terjamin
    terima kasih mas tipsnya

    ReplyDelete
  29. di toko sekalipun barang2 expired masih bnyk ditemukan.. kyknya sengaja dicempur dg yg masih baru ya mas biar tetep laku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo unsur kesengejaan..sepertinya sih kurang tepat juga mas..
      Soalnya BPOM dan Lembaga Ylki menindak tegas dan memberikan sangsi atau denda yang tinggi..

      di tambah di setiap tempat penjual seperti toko besar...sortir dan pengecekan expired juga di jadikan hal yg prioritas...

      Sebagai konsumen kita harus cerdas dan hanya jaga2 aja...
      Faktor keteledoran kadang sewaktu2 bisa terjadi..ya kan.. :)

      Delete
  30. jadi harus lebih selektif dan hati-hati ya mas dalam memilih roti di pasaran untuk dikonsumsi di rumah. Jangan sampai kita salah pilih roti yang kualitas nya nggak bagus, karena nantinya bisa membahayakan kesehatan dan keungan kita nantinya :)

    ReplyDelete
  31. kalau soal makanan memang harus extra hati-hati teruama masa kadaluarsanya harus jadi pertimbangan utama,bukan harganya ,kebanyakan yang dilihat pertamakali harganya,begitu terlihat harganya langsung sikat saja ehhhh nggaktahunya sudah kadaluarsa iehh cape dch hehehe

    ReplyDelete
  32. kalo saya biaranya suka perhatiin tanggal kadaluarsanya dulu pak.. bahkan ga cuma roti tapi makanan lain juga..

    ReplyDelete
  33. jadi harus bener - bener selektif ya kalo membeli roti...bisa- bisa dapat yang kadaluarsa. bisa sakit perut dong..

    ReplyDelete
  34. ane setuju memang kita harus jeli dalam membeli, bahkan ini bukan hanya untuk roti saja, tapi maaf ane kurang sepakat dg poin trik dalam memilih. setahu ane (minimal di tempat ane kerja nih) karena roti itu umurnya pendek, begitu barang baru datang, barang lama pasti ditarik. bahkan sebelum tanggal expired sudah ditarik walaupun barang baru belum datang. jadi dari depan ke belakang datangnya bersamaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sistemnya seperti itu biasanya ada dua kemungkinan mas
      Yg pertama kemungkinannya pengiriman barangnya tidak di lakukan tiap hari melainkan dua kali dlm seminngu...tapi bila di lakuin pengiriman setiap hari...

      Trus harus menarik barang yg kurang dua hari dari expired..biasanya pihak supliernya merasa keberatan deh...

      Alasan kedua...yang saya tau umumnya setiap retail menarik produk khususnya roti..standartnya minus sehari sebelum masa expired yg tertera di kemasannya...

      Jadi kesimpulan untuk trik dalam memilh di posting ini

      Saya ambil dari beberapa toko besar yg setiap hari produknya selalu di kirim mas.. :)

      Delete
    2. Memang sih mas, ditempat ane kerja tuh datengnya gak tiap hari.
      makasih pencerahannya mas

      Delete
  35. Jadi konsumen mesti smart dong, kalau bisa lebih smart dari pemilik usaha, biar selamat hehehe... Roti berjamur masih dipamerin, dan parahnya ada pula konsumen yg membelinya.. #AmpunHamba!

    ReplyDelete
  36. kalau saya beli roti, pasti saya pilah-pilih mas. walaupun di minimart, kadang ada bukus rotinya yang bolong...

    ReplyDelete
  37. Yang penting saat beli roti lihat kemasan dan
    Tanggal kadaluarsanya juga warna roti yang
    Hendak kita beli, waspada adalah tindakan yang aman yah Mas Pur

    ReplyDelete
  38. oo ternyata hanya 2-3 hari saja ya om.. kirain bisa taham lama gitu

    ReplyDelete
  39. wow padahal saya biasanya beli yang kadaluarsanya 5-6hari emang kualitasnya standar sih tapi juga milih yang rasanya enak, dan enggak keras kalo dimakan.
    biasanya kalo roti tawar yang masih bagus dimakan empuk, kalo sedang dikunyah ada efek kenyal-kenyal, dan tentunya cita rasa dan aroma susunya berasa banget (jika mengandung bahan susu).

    ReplyDelete
  40. Roti itu sarapanku tiap pagi
    Sebagai teman kopi
    Dan tips ini sangat berarti

    :)

    ReplyDelete
  41. salam pagi purnomo...roti ni makanan kabo yg penting kenalah pilih yg berkualiti serba serbi..

    ReplyDelete
  42. Mungkin yang paling penting diperhatikan adalah tanggal kadaluarsanya ya mas Pur. Bisa jadi kemasannya bagus dan harganya murah, namun berbahaya bagi kesehatan jika sudah diambang kadaluarsa...Terima kasih mas Pur...

    ReplyDelete
  43. boleh lah saya praktekan walo sebetulnya saya jarang makan roti hehe

    ReplyDelete
  44. wahhh baru tau saya kalau expirednya roti itu hanya 2 sampai 3 hari saja >_<
    wah berarti para penjualnya banyak yang bohong dong huu
    tapi alhamdulillah untung saya kalau belanja suka ambil yang barisan belakang wkw.. dan lihat tanggal expirednya juga sih, apalagi kadang itu expired masih lama tapi fisik udah ada jamur..bihh pernah nemuin itu -_-

    ReplyDelete
  45. sebaiknya memang begitu mas, Jangan tergiur dengan harga murah yang di tawarkan.
    kalo perlu sebelum membeli roti lebih baik cicipin dulu rotinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyicipinnya langsung satu plastik yah mas biar tahu masih layak untuk di makan apa nggak hehe...

      Delete
  46. saya suka jawaban yang nomor 2 mas..
    besok saya praktekkan ya...

    ReplyDelete
  47. kualitas roti yang bagus biasanya cenderung mahal ya mas dan jangka waktunya cuma gak ada seminggu. dan biasanya ada di swalayan tertentu. kalau warung klontong jarang yang menjual roti berkualitas..

    ReplyDelete
  48. yang penting kesehatan kita yang diutamakan jangan tergiur dengan harga yang murah tapi malah bikin sakit, iya kan mas :)

    ReplyDelete
  49. yg terpenting kesehatan dan kehalalalanya :D

    ReplyDelete
  50. Roti yang masih fresh biasanya masih empuk dan baunya fresh, kalau sudah 2 atau 3 hari pasti dah beda..

    ReplyDelete
  51. kesehatan memeang no 1 ya mas pur
    roti dadakan kayakna masih segar tapi tentunya bahan yang bebas zat berbahaya seperti formalin :d

    ReplyDelete
  52. Bila memmilih roti atau pun makanan, biasanya dahulukan untuk efek kesehatan dan kebersihannya, apalagi untuk anak-anak ya Kang ?

    Salam

    ReplyDelete
  53. Kembali nyimak tentang Roti yang ada di sekitar
    Kita dan selalu dimakan saat kita sarapan, salam Mas Pur

    ReplyDelete
  54. balik lagi kesini, sambil mo numpang ngopi

    ReplyDelete
  55. bisa dijadikan panduan yang praktis ya mas apabila kita ingin memilih dan kemudian dilanjutkan dengan membeli roti di pasar / toko, sehingga harapannya setelah beli kita tidak menyesal kalau kualitas rotinya ternyata nggak bagus :)

    ReplyDelete
  56. Assalaamu'alaikum wr.wb, PurnomoJr....

    Tanggal tamat roti sangat penting kerana bisa menentukan keelokannya untuk dimakan. namun ada orang tidak memperhatikan hal ini. Saya pernah membeli roti dari bakeri yang mencatat due date roti ini selama 7 hari. Ternyata benar, ia masih elok dalam tempoh tersebut. Ini mungkin menimbulkan musykil kepada saya kenapa ia bisa mencapai jumlah hari yang panjang. atau memang ada roti yang bisa bertahan dalam tempoh tersebut.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  57. tips yang menarik mas bud ... saya kasih tau dah ke istri cantik saya hehe

    ReplyDelete
  58. kunjungan mas lama g maen ksini, hehe
    thanks buat tipsnya, kadang kemasan roti tidak ada expirednya jd menjebak walaupun rotinya masih bagus tp g tau sudah lama ato tidak

    mampir ya mas dpostq yg baru :)

    ReplyDelete
  59. Saya kalau membeli roti sememangnya memilih susunan bhgian belakang,paling penting sy melihat tarikh luputnya....

    ReplyDelete
  60. cornflakes tetap dihatiku. hehee

    ReplyDelete
  61. wah kalu saya lain mas gak pekek pilih pilih asal cocok beli gitu mas

    ReplyDelete
  62. Walau bukan penggemar berat saya termasuk suka roti dalam kemasan seperti ini. Tentu produk pabrikan seperti ini telah melalui uji dan sertifikasi oleh pihak yang berkompeten. Namun tidak dapat dipungkiri di pasaran masih dijumpai produk yang sudah kedaluwarsa dan ada yang mengandung bahan yang 'kurang baik' bagi kesehatan tubuh kita. Tips ini praktis dan mudah dipahami bagaimana cara terbaik dalam memilih dan membeli roti. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
  63. Yang paling bahaya itu kalau sampai kita beli roti yang kadaluwarsa ya gan.. Apalagi kalau liat harga yang murah, tanpa pikir panjang biasanya orang langsung dibeli.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum