Masuk Musimnya Jeruk Mandarin

muhammad adnin


Masuk Musimnya Jeruk Mandarin
Masuk Musimnya Jeruk Mandarin.Kendatinya perayaan hari Imlek belum begitu dekat,namun kehadiran dari jeruk mandarin kini sudah mulai mengisi dan menghiasi area pajangan di tiap tempat penjualannya.Seperti yang akan terlihat,bila kita tengah kebetulan mengunjungi toko swalayan,kios buah,pasar tradisional ataupun sampai ke para penjual buah di pinggiran jalan.

Memang pada umumnya ketika baru awal musim,jeruk mandarin ini kulitnya nampak berwarna kuning kepucatan dan untuk rasanya pun cendrung (masih) asam.

Masuk Musimnya Jeruk Mandarin

Namun bila sudah mendekati hingga masuk perayaannya barulah keluar ciri khas akan rasanya yakni manis-manis segar,bahkan ada juga yang rasanya sangat manis,seperti jeruk mandarin santang madu atau santang daun yang berukuran kecil-kecil ini,salah satunya.(baca juga Tips Memilih Jeruk Mandarin).

Masuk Musimnya Jeruk Mandarin

Sedangkan untuk jeruk mandarin lain yang mempunyai ukuran lebih besar dan sedang, para konsumen biasanya akan di suguhkan dengan jeruk mandarin jenis ponkam dan lookam.Selain soal rasanya yang sudah di kenal segar di tambah lagi dari sisi harga yang terbilang lebih murah ketimbang dengan jeruk jenis lain yang ada,hal ini yang barangkali membuat dan mengangkat Kedua jeruk tadi kerap menjadi primadona.*yet.

76 komentar:

  1. oh iya,,yg sering saya makan yg jenis ponkam.
    tapi saya lebih suka jeruk lokal yg kecil2 orange itu mas,,ga tau kenapa tapi lidahnya udah cocok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cinta produk dalam negeri ya mbak...:)

      Delete
    2. Jeruk Mandarin sama gak yah sama jeruk Limo? hhh
      Soalnya di kampung saya gak ada tuh jeruk Mandarin
      Adanya jeruk Jawa Mas Budi :)

      Delete
    3. Imlek ga lama lagi
      jeruk jeruk sudah menanti
      Dalam imlek ada yang merah hati
      isinyauang yang kusukai

      Hehe

      Manis...

      Delete
  2. Iya mas, kemarin waktu ke tempat perbelanjaan jeruk ini juga sudah mulai banyak.. saya biasanya konsumsi ini ketika lagi flu atau sedang butuh asupan vitamin c untuk kekebalan tubuh, pasi deh paling enak minum jus jeruk mandarin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo jeruk jepang suka nggak Mbak?

      Delete
    2. ahhh jeruk jepang nggak enak,,,enakan jeruk Garut ( kampung saya hihi )

      Delete
    3. Jeruk garuk dengan jeruk purut apa bedanya kang

      Delete
    4. Kalau jeruk purut ada hantunya, kalau jeruk garut ada...... hehehe

      Delete
  3. Ciri khas ya mas
    tapi ditempat saya kerja ini belum mas...lagi rame merayakan natal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya siap-siap nerima ampaunya saja deh Mbak
      Soalnya di daerah saya gak ada yang ngerayaain natal tuh

      Delete
  4. Replies
    1. jeruk sunkist termasuk kategori jeruk berkulit tebal....
      dan cara memakannya harus memotong bagian kulitnya dengan menggunakan pisau ...ataupun dengan cara membelah buahnya menjadi dua bagian..buat di peras airnya
      dan untuk jenisnya pun...yang banyak beredar di pasaran adalah jenis navel dan valensia..cuma orang lebih familiar menyebutnya dengan sebutan jeruk sunkist :)

      Delete
    2. Oh begitu ya mas budi, saya baru tahu juga nih
      terima kasih mas Budi

      Delete
  5. Selamat sore Mas Budi wah enak nih sore gini satelah makan sore
    Makan cuci mulutnya pakai jeruk mandarin, tau aja Mas Budi ini
    Yang enak dan segar manis ini di bungkus deh deh Mas Bud Jeruknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuci mulutmah kumur-kumur atuh kang Saud hehehe

      Delete
    2. Betul Kang Dede Cuci Mulut habis Makan Gulai Ikan Patin enak deh :)

      Delete
  6. Mas, gimana cara memilih jeruk mandarin yang sehat dan orisinil ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalau mau cari yg orsinil bulatannya masih keras mas disamping mengkilat juga padat. pokoknya mas tinggal pegang dan pijit jika keras berarti itu bagus dan orsinil.
      sudah yah

      Delete
  7. Hebat mas Budi,sekarang jadi peneliti pasar buah hahaha,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu Berarti tunjangan mas Budi bertambah donk.....

      Delete
    2. kapan bahas buah yang itu
      aku simak habis habisan dah...
      *sambit panci

      Delete
  8. kalau siang2 gitu rasanya mak nyusss

    ReplyDelete
  9. Perayaan hari imlek identik dengan banyaknya jeruk mandarin ya mas bud? saya mah gak tau soalnya :)

    ReplyDelete
  10. Iya sekarang ini jeruk tersebut memang lagi ngetrend di pasaran ya mas. Padahal ukuran nya jauh lebih kecil dari jeruk lokal Indonesia. Tapi nggak tahu kenapa masyarakat Indonesia suka denga jeruk mandarin tersebut ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pada suka yang made in China mbak hehe...

      Delete
    2. iya bener banget itu mas. Biasanya kalau made in china harga nya murah meriah hehehe :D

      Delete
    3. murah meriah...sangat cocok buat kantong saya mbak hehe

      Delete
  11. Wah Mas budi lagi hoby buah2n nh wkwkw

    ReplyDelete
  12. jeruk ini emang ada musimnya di indonesia, tapi klo kapan musimnya ane kurang tau :) dengan adanya artikel ini, akhirnya saya tau :D *ngawur *ngaco

    ReplyDelete
  13. Sepertinya jeruk mandarin musimnya sejalan dengan musim hujan ya mas Pur...?

    ReplyDelete
  14. sama mas, di sini juga lagi musim jeruk ini :)

    ReplyDelete
  15. jeruk mandarin ini impor ka Pak? ada nggak ya pembudidayaannya di Indonesia. segala macam jeruk saya suka, tapi karena di sini mahal, maka saya pilih jeruk lokal saja, jeruk berastagi...murah meriah dan terjamin kemanisannya. namun karena bencana gunung sinabung, sekarang jeruk berastagi agak jarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanam sendiri di pot juga bisa berbuah kok mbak

      Delete
    2. kalo makan jeruk itu langsung bisa ngomong mandarin aku beli deh... :D

      Delete
  16. Terasa sekarang ini,buah jeruk ini ada dijual sepanjang tahun...tk perlu menunggu musim perayaan tahun baru cina....terimakasih tipsnya budi....

    Selamat malam...selamat beristirehat.....

    ReplyDelete
  17. Jeruk yang ini memang rasanya sangat manis Bang setahu saya, semanis yang posting (ha3x)

    ReplyDelete
  18. Saya suka jeruk yang segar, manis dan banyak kandungan airnya seperti jeruk mandarin ini.

    ReplyDelete
  19. bukannya saya tak suka jeruk mandarin, saya hanya prihatin...jeruk lokal semacam jeruk pontianak, jeruk selayar entah kemana kabarnya sekarang setelah diserang oleh jeruk-jeruk impor .... menyedihkan

    ReplyDelete
  20. Kalau saya mah suka nya Jeruk Bali dan pengunjung nya
    Tapi yang cewek lho hhehe Ini penumpangnya sudah Banyak
    Mana supir nya Yah. Mas Budi mau di tarika gak pengunjung hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jeruk bangkok ada nggak yah mas :)

      Delete
  21. nah ini dia jeruk kesukaan saya mas, oh ya kalau mau milih jeruk mandarin yang bagus ciri-cirinya gimana yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin tau aje..apa tau banget mas :)
      Soal cirinya,cara memilih dan perbedaan dari jeruk ponkam dan lookam..ada di tulisan di "Tips Memilih Jeruk Mandarin" mas...
      Monggo... Moga bisa kejawab..ya mas An.. :)

      Delete
    2. hehe... iya mas Bud makasih udah kasih petunjuk buat saya ternyata tipsnya ada di artikel Tips Memilih Jeruk Mandarin, besok kalau pas beli saya coba praktekkan mas :)

      Delete
  22. Kendati jeruk mandarin telah banyak di pasaran tapi saya masih suka jeruk lokal mas.

    ReplyDelete
  23. kadang suka kena troll kalau beli jeruk >.<
    baca tipsnya dulu ah ~

    ReplyDelete
  24. Saya senang dengan jeruk ini karena wanginya yang segar ... dan manisnya ... aih-aih ... bikin ngiler .,...

    ReplyDelete
  25. met pagi mas budi os
    Kaya dgn vitamin c. Tapi tirana aduka kurang makan limau ini.

    ReplyDelete
  26. jeruk mandarin warnanya memang menggugah selera walau kecil kecil bentuknya. Tapi Saia lebih suka jeruk manis yang dimakan dengan di gragotnya.

    ReplyDelete
  27. Bang saya nmbah semangat klo mampir dimari cz sajiannya full hehehe,,,,selamat beraktifitas

    ReplyDelete
  28. Berbagai produk buah-buahan baik berasal dari dalam negeri maupun impor ada di pasaran. Indonesia dengan penduduknya yang besar di dunia menjadi potensi pasar yang menarik bagi produk tanaman pangan dan hortikultura. Sudah siapkah petani kita menghadapi era globalisasi dengan pasar bebasnya? Mampukah produk petani kita bersaing dengan produk luar di pasaran bebas? Tentu mereka masih membutuhkan bantuan, fasilitasi, dan peningkatan kapasitas SDM, manajemen, dan permodalan untuk mampu bertahan dan bersaing di pasaran. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  29. kalo di desa ane mah lagi musimnya mangga nih gan.. kalo jeruk mah biasanya ada di supermakeret..hehee

    ReplyDelete
  30. ane sering banget nih ngeliyat buah yang satu ini, tapi sayangnya ane kagak pernah ngerasain gimana rasanya. walah :(

    ReplyDelete
  31. liyat gambarnya udah seger.. apalgi coba... mantab

    ReplyDelete
  32. saya gak nolak kalo mau dikirimi jeruk mandarin sama mas Budi ... he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga enggak...malah bakal minta tambah :D

      Delete
    2. wah rupanya banyak peminatnya juga yah jeruk mandarin ini

      Delete
  33. wah mantap...seger abis ni jeruk..:D

    ReplyDelete
  34. oh jadi jeruk kancing yg kecil2 itu juga masuknya jeruk mandarin ya mas ??
    WS mah baru tau :D

    ReplyDelete
  35. di sini, musim kenduri kahwin. limau manderin ni pun dah banyak di pasaran sempena CNY. jadi tuan rumah beri buah limau ni sebagai doorgift

    ReplyDelete
  36. Hadir kembali Mas Budi di artikel yang Manis dengan
    Rasa Jeruk Mandarin ini sukses terus Mas :)

    ReplyDelete
  37. saya mau dong bang jeruk mandarin'nya,, ntar kirimin ya.. hehe.. :D

    ReplyDelete
  38. Apa hubunganya jeruk mandarin sama hari raya cina yaa??
    Kebetulan aku suka jeruk jenis ini

    ReplyDelete
  39. saya jadi penasaran nih mas sama jeruk mandarin. Kalau di pasang menemukan jeruk ini. Pengen borong saya mas hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sekarang mbak Ririn hoby ngeborong jeruk nih hehe...

      Delete
  40. wah asik nih bisa dapat jeruk gratis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah rupanya semua ini mau yang gratisan nih...

      Delete
  41. Semua jenis jeruk aku suka
    apalagi bisa ngurangi jerawat saya

    ReplyDelete
  42. Kalau sudah masuk jmusim jeruk mandarin biasanya banyak amplop warna merah tuh kang. Dan ini merupakan sebuah tradisi suatu etnis yang memiliki pesan dan pembelajaran tersendiri di sana.

    Salam,

    ReplyDelete
  43. jeruknya kelihatan agak kusut ya mas kalau dilihat dari luar, tapi rasanya memang tidak diragukan lagi pasti sangat manis. Ini yang kemudian membuat jeruk produk dalam negeri cenderung menurun ya permintaan nya karena sudah kalah sama buah-buahan dari negara lain hmmm :)
    thanks mas budi atas share nya ;)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum