Kikil Dan Kerupuk Kulit Bekas Limbah,Kembali Marak

muhammad adnin

Kikil Dan Kerupuk Kulit Bekas Limbah,Kembali Marak.Krecek kikil dan kerupuk kulit merupakan salah satu jenis panganan yang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat,dengan teksturnya yang di kenal kenyal lagi berlapis bumbu rempah lengkap, membuatnya kerap di gemari.Namun siapa sangka di balik kelezatan dan kerenyahannya bila tidak berhati-hati dan waspada,bahaya bisa saja selalu mengintai.

Seperti halnya di sebagian kota,sempat berhasil di temukan beberapa makanan olahan kikil yang terbuat dari sisa kulit bekas indrustri sepatu,tas maupun jaket.Sisa kulit ini bukan sisa kulit biasa,melainkan sisa kulit yang sudah terkena proses penyamakan.Bisa di bayangkan sisa kulit ini pun sudah tercampur dengan sejumlah bahan kimia berbahaya dan bila di konsumsi dapat menyebabkan kanker bahkan pula mengakibatan nyawa melayang.
Kikil Dan Kerupuk Kulit Bekas Limbah,Kembali Marak
Kikil Dan Kerupuk Kulit Bekas Limbah,Kembali Marak

Untuk mendapatkan kikil yang siap jual,limbah kulit ini harus melalui beberapa proses tahapan.
Pertama,Kulit di rendam selama beberapa hari dengan menggunakan tawas(cuka) hal itu di lakukan untuk menghilangkan bau bahan kimianya tadi.Kemudian kulit di panggang,di jemur dan di rebus.Maka kikil rekondisi ini pun siap di pasarkan dan di olah menjadi beragam makanan di rumah anda.
Sedang proses untuk menghasilkan kerupuk kulit yang gurih,limbah kulit  harus di jemur lebih lama kemudian baru di goreng.Setelah matang tentu saja kerupuk kulit ini sama wujudnya dengan kerupuk asli.

Kikil Dan Kerupuk Kulit Bekas Limbah,Kembali Marak
Kikil Dan Kerupuk Kulit Bekas Limbah,Kembali Marak

Meski sepintas sulit untuk membedakan di antara keduanya.Namun ada cara sederhana yang dapat di lakukan.Umumnya kikil sisa limbah lebih lembek dan tidak berbau amis.Sementara untuk kerupuk kulitnya sisa limbah indrustri biasanya bila saat di goreng tidak bisa semekar kerupuk kulit non limbah.

Oleh karenanya, selalu selektif dan berlaku bijak dalam membeli bahan makanan untuk kita dan keluarga dari sejumlah oknum pedagang yang curang.Dan yang terpenting serta perlu di ingat,jangan sekali-kali tergiur dan tertipu dengan harga murah bila tak ingin kesehatan anda di pertaruhkan.*yet

Source berita by redaksi siang trans7 (30/11),gambar by reportase investigasi

99 komentar:

  1. Iiih ngeri deh, tadi juga sempat liat liputan nya di tivi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, berarti kita nonton bareng ya

      Delete
    2. ayo mbak buruan, bawa nasi sekalian

      Delete
    3. Hehehehe :)
      Mari mari mari....

      Delete
    4. Artikel yang bagus bisa saling mengingatkan antara kita, bahwasanya
      Dalam artikel Mas Budi ini sekarang khususnya pada krupuk kulit
      Yang tersebar di kota-kota besar seperti Jagodetabek dan sekitarnya
      Bahkan sampai di pelosok-pelosok desa dan daerah mung juga bisa
      Di daerah saya. di harapan waspada bijak hari-hati dan teliti apabila
      Anda membeli makanan terebut sebagaimana yang di terangkan
      Pada artikel Mas Budi diatas. wah kepanjangan good article Mas Budi :)

      Delete
    5. berhenti makan keruuk kulit deh, jadi neg nih abis baca artikel...

      Delete
    6. Kalau Neg Minum Es Lontar saja Mas Smuainfo enak lho..hhh

      Delete
    7. yang lebih enak kalau neg minum susu murni mas hehe

      Delete
    8. lha ini makanan kesukaan saya..... apes deh...

      Delete
    9. Om Budy suka gituan ya... *ngenes

      Delete
    10. dulu saya suka makan kikil dan kerupuk kulit tapi sekarang jadi takut hehe...

      Delete
  2. oh iya Mas, tadi saya nonton di Trans TV, persis nih yang Mas Budi sampaikan. ngeri banget. padahal saya suka banget sama krupuk rambak.

    jangan2 ini bikin saya kadang2 error ya? padahal selama ini saya selalu nuduh Kang Cilembu sebagai penular endemik ini ke saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkwk kang hadi jadi kambing hitamnya
      btw krupuk rambak paporit saya juga loh mas

      Delete
    2. beli ditempat saya saja asli kulit segar hahaha

      Delete
    3. kambing hitam apa bedanya dengan kambing putih?

      Delete
    4. beda Om. kalau kambing hitam yang dikasih areng. kalau kambing putih yang dikasih kapur..

      Delete
  3. wah, bukan main kelakuan secuil anak bangsa yang memalsukan kerupuk kulit...Bisa-bisa yang jujur dapat getahnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak Uda Awak tar saya yang lagi belajar jujur
      Bisa-bisa kebawa gak yah? mudah-mudahn Mas Budi
      Jangan salah tangkap yah dalam Reportase ini hkhkhk

      Delete
  4. gawat juga..padahal kikil dan kerupuk kulit adalah salah satu makanan kesukaanku ..harus lebih hati-hati kalo begini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah betul Mas Hari harus pintar dan jeli dalam memilih hal makanan
      Apa lagi dengan krupuk kulit,.

      Delete
  5. bisa saja ini sebagai cara agar menjatuhkan pedagang tradisional, politik dagang modern

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, padahal kesempatan untuk berbuat curang dalam sebuah perusahaan besar dengan brand "mahal" malah lebih berpeluang... tetap tetap mesti waspada terhadap jajanan yang kita konsumsi :)

      Delete
    2. waspadalah waspadalah hehehe

      Delete
  6. wah selamet dong buat saya nggak suka jenis ini...terhindar dari bahaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll Mbak Jenx Indah saya gak suka yang kulit-kulitan alias
      Kulit Limbah itu tapi kalau yang Kulit beneran saya suka tuh hhehee

      Delete
    2. kulit beneran yang mana nih mas bro,,,

      Delete
  7. Oohhh ternyataaa.. Terima kasih infonya untuk mebedakan antara limbah dan non limbah

    ReplyDelete
  8. Wahh...terlalu byk yg palsu di dunia ini....

    Budi,kalau mau lihat video yg sy post di entry blog saya tu,blh juga terus ke youtube,cuma search tajuk yg sama sy gunakan utk posting sy tu....memang menakjubkan.....selamat menonton jika ada kelapangan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. manusialah yang membuat semua menjadi palsu mbak

      Delete
  9. Selamat Malam Mas Budi simak Kikil dan Kerupuk Kulitnya tapi
    Wahh !!! kok bekas Limbah Bahaya Lho Mas,,? Mbok ya sampean
    Ingetin Mas hehheeh keren menarik Mas salam sukses salam Hormat :))

    ReplyDelete
  10. Salam budi..

    Budi kalau sering buat jus tomato,sebaik2nya biji tomat tersebut biar hancur atau dibuang bijinya terlebih dahulu ye...saya ada baca satu info bahawa biji tomat tak elok utk kesihatan prostat bg kaum lelaki...maaf ye budi kalau sy tersilap.....hehe

    slmt beristirehat juga buat budi....

    ReplyDelete
  11. Informasi ini baru aja wa lihat di TV, langsung sobat postingkan sip deh biar lebih meluas informasinya dan jgn sampai kita memakan makanan yg beracun!!!

    ReplyDelete
  12. waduh.. untuk uji krupuknya mas yang susah. tetep saja kita harus beli dulu.. setelah di goreng baru deh tau mana krupuk limbah dan bukan limbah.
    kalau kikil nya di lihat saja sudah tau limbah apa bukan..hehe

    ReplyDelete
  13. Baru tahu nie Bang Budi kalau ada kerupuk kulit bekas limbah industri. Berbahaya sekali jika dikonsumsi. Thanks infonya

    ReplyDelete
  14. Selalu saja ada manusia yang tega melakukan hal yang bisa mencelakakan orang lain demi keuntungan pribadinya, satu contoh pembuat krupuk dan kikil dari kulit limbah gini. Sudah tahu bahan terpapar bahan kimia berbahaya masih juga berani memproduksinya.

    ReplyDelete
  15. untung saya proses sendiri dari kulit sapi segar hehehe,,,,,ngcirrrrrrr,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus sapinya dikemanain kang hehe...

      Delete
    2. iya kang dede, sapinya dimana, apa kata mas anthonie coba jawab kang dede

      Delete
  16. Bila urusan selalu di lencengkan dalam hal ini, dan menjadi taruhan bagi kesehatan masyarakat banyak, sudah seharusnya untuk pengawasan dalam hal ini lebih harur di perketat dan di lakukan selalu monitoring yang ketat dari segala pihak, baik masyarakatnya dan para petugas yang menjadi tugasnya.

    Salam,

    ReplyDelete
  17. wah semakin hari tambah susah nemuin makanan yang bener-bener bersih dan sehat, kalau tidak hati-hati bisa makan makanan yang tidak sehat dan beracun, serem juga yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini tugasnya mas Anthonie utk memeriksa terutama dari segi kesehatannya

      Delete
    2. yah pokoknya harus teliti kalau membeli makanan apalagi yang murah bisa jadi makanan tersebut adalah bekas limbah, begitu kan mas :)

      Delete
  18. Kesehatan lebih mahal mas .. dgn ada'y info ini saya jadi makin hati-hati ms bud

    ReplyDelete
  19. Apa aja bisa jadi duit! hehe..

    O ya saya mau undang mas bro, untuk ikut eksperimen blog saya, yaitu meningkatkan domain authority dengan share G+ home page blog saya, dan saya juga akan share ke akun G+ saya blognya mas! yang mau ikutan silahkan ke blog ane

    ReplyDelete
  20. makanan kesukaan malah kayak gitu

    ReplyDelete
  21. wah ngeri juga ya mas kalau ada kikil hasil limbah industri sepatu getu. Untung saja saya nggak begitu suka sama kikil hehehe :D
    Ini harus ditertibkan dan kalau bisa diberi sanksi para produsen agar tidak mendistribusikan makanan kikil tersebut ke masyarakat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari uang dengan melakukan cara-cara yang merugikan orang lain seperti cara di atas adalah melanggar hukum dan harus ditindak keras. betul kan mbak Ririn :)

      Delete
    2. iya betul mas, seratus dech buat mas anthonie wkwkwk :D

      mending cari uang lewat blog aja ya mas. lumayan juga hasilnya hehehe ^^

      Delete
    3. iya mbak asyik juga yah kalau dapet gajian dari blog, bisa kipas-kipas hehe...

      Delete
    4. betul mas, yang penting khalal dan tidak merugikan pihak lain. Tapi ya itu tadi kerja nya lumayan berat, soalnya harus memutar otak dan pikiran hehehe ^^

      Delete
    5. waduh masa otaknya mbak Ririn diputar-putar entar pusing gimana hehe...

      Delete
  22. info yang sangat bermanfaaat dan wajib di ketahui oleh ibu ibu rumah tangga.. karena produksi kikil limbah ini bisa sngat menrugikan keesehatan..

    gali terus info yang bermanfaat seperti ini.. sambil menyalurkan hobi tapi bermanfaat untuk kehidupan orang banyak

    ReplyDelete
  23. Magetan termasuk salah satu sentra penyamakan kulit dan industri kecil kerajinan kulit di Indonesia. Hasil sampingan dari penyamakan kulit diantaranya dapat dihasilkan berupa Kerupuk Rambak. Memang cita rasanya cukup enak, renyah, dan harganyapun terjangkau. Dengan adanya info seperti ini, tentunya kita akan lebih waspada dan ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi produk yang berasal dari 'limbah penyamakan kulit'. Peran pemerintah, media massa, dan SKPD terkait tentu amat diharapkan sehingga dampak negatif dari produk tersebut dapat diminimalisir. Selektif dalam memilih produk. Kesehatan itu mahal harganya. Terus gelorakan kampanye pola hidup bersih dan sehat. Terima kasih infonya. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  24. Waduuh..kok tega ya...hanya demi rupiah mereka rela meracuni konsumen...untung banget saya ga suka krikil mas...( maaf kikil maksudnya )

    ReplyDelete
  25. ugh... jd ngeri plus enek liat nya :'(
    dulu saya suka kikil jgn jgn jgn jgn:-( hehe

    ReplyDelete
  26. Wadoh2,
    Pegawainya bukan teman yang baik

    ReplyDelete
  27. wah, padahal saya suka makan kikil nih :D

    ReplyDelete
  28. benar sekali mas, kita harus selektip dalam membeli apalagi memakannya

    ReplyDelete
  29. Namanya juga cari uang mas, haha.

    ReplyDelete
  30. jaman dulu, para pejuang juga makan sabuk sama sepatu untuk bertahan hidup mas. mungkin mereka terinspirasi para pejuang jaman dulu :hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada benernya juga kata Kang ucup ini bener-bener ide Cemerlang Kang
      Seratus lah buat Kang Ucup dan silahkan makan Surabi 1 porsi hheheh

      Delete
  31. Krupuk rambak dibikin krecek...enak tenanan

    ReplyDelete
  32. waduh serem amat ni mas. .
    saya juga pernah lihat di tv ada liputan seperti ini.
    jadi takut deh makan kerupuk kulit dan kikil. . :(

    ReplyDelete
  33. Produsen nakal sangat merugikan pengusaha krupuk rambak lain yang selalu menjaga kualitas produknya.
    Terima kasih Mas Pur ucapan selamatnya, sukses selalu juga ya :)

    ReplyDelete
  34. wuaduh, ,,,,,,,,
    harus hati", pintar memilih kikil ni,
    bahaya banget,
    kok tega ya,,,,mreka buat dr limbah

    ReplyDelete
  35. Selamat malam Mas Budi kemarin baca artikel ini belum kelar jadi sekarang
    Datang lagi dan baca lagi samapai abiessssss.. siapa yang suka kulit datang saja
    Kesini di jamin banyak yah Mas Budi heheheh ikut meramaikan artikel Mas Budi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling banyak kulit apa aja mas Karys hehe...

      Delete
  36. wah saya juga nonton di rep0rtase... padahal kripik kulit menjadi makanan favorit saya.. jadi bingung kalau mau beli

    ReplyDelete
  37. gila ya para penjual, memberikan sesuatu yang tak baik, banyak sekali ragamnya, sampai kulit pun dibuat yang KW-KW an, kalau KW nya bagus sih tak masalah, ini kulit bekas pabrik, hoo,,, bahaya-bahaya...

    ReplyDelete
  38. Saya mampir lagi nih Mas. Kalo krupuk rambak produksi Bumiayu (daerah asal suami), saya berani jamin kualitasnya.
    Ada tawaran menarik review produk dari Tmart, siapa tau Mas Pur tertarik. Ngga ada persyaratan bahasa, blogger Indonesia bisa ikutan. Saya sendiri sudah kebagian tiga kali.

    ReplyDelete
  39. padahal makan olahan ini sangat nikmat , hhh

    ReplyDelete
  40. benar2 sangat keterlaluan sekali,cuman kok pihak tv sampai bisa buat liputannya tapi polisi tidak mengamankan kegiatan ini,atau saya yang tidak tau beritanya hehehhee,maklum jarang nonton tv hehe

    ReplyDelete
  41. Waduh kok gitu, bahaya sekali mas kayanya, bagi yang suka kiki kayanya wajib berhati-hati yah

    ReplyDelete
  42. benar2 makanan kesukaan saya tuh mas, kikil sama kerupuk kulit, pedas mantab sekali ya mas, hehehe :)
    tapi sayangnya skrg banyak yg berasal dari limbah pabrik sepatu dan jaket, hmmm jadi takut makan nich ntar mendem, huhuhu :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah mbak Indri sekarang mau makan apa-apa jadi takut, bukannya sehat malah jadi penyakit :)

      Delete
  43. yang mahal aja terkadang terwabah
    apalagi yang murah
    pasti ada bau limbah

    wahhh payah

    ReplyDelete
  44. sebaiknya memang harus ditindak tegas ya mas para oknum pembuat kikil aspal getu hmmm soalnya meresahkan masyarakat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali harus ditindak mbak biar jadi pelajaran, supaya tidak diulangi lagi :)

      Delete
  45. ngeri juga ya mas. saya nggak beli ah... takut.

    ReplyDelete
  46. serem begitu ya mas :(

    apa kabar mas dan keluarga di sana ? :)

    ReplyDelete
  47. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo....

    Masya Allah, menakutkan sekali adanya industri yang tidak berperikemanusiaan ini. Tegar mereka melakukan hal yang dilarang agama dan norma masyarakat semata-mata untuk mendapat keuntungan segera. Informasi ini membuat saya berhati-hati untuk membeli kerupuk selepas ini.

    Apa tindakan pihak pemerintah pula ya. Jika tidak dibendung/dihalang, pasti ramai yang terkena dampak dan tentu akan memburuk nama negara di mata dunia. Bagi saya, rasa malu dan takut dengan Tuhan sudah hilang dari hati sehingga tegar melakukan hal yang "membunuh" manusia.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  48. adaww Ngerii Nihhhh hmmm .. Ada ada aja nihh orang masa limbah pabrik dijadikan makanan harusss Dihukum Itu :D
    makasii yah mas bud atas Info yang Sangatt Bermanfatt ini hehe

    ReplyDelete
  49. serem juga membacanya..

    thx sharingnya !

    ReplyDelete
  50. ya allah tega bener ya yang ngelakuin itu.. kita mah yang makan kagak pernah tau gimana persisnya.. harus hati2 nih

    ReplyDelete
  51. terus kayak gini kagak ada yang ngelapor ya... waduh bahaya :(

    ReplyDelete
  52. harus ada semacam sidak dari dari kementrian kesehatan dan gizi atau yang menangani bagian makanan, sehingga bisa memberantas para oknum yang sudah mendistribusikan kikil aspal kepada masyarakat ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, kalau perlu masukin youtube sekalian biar pada tahu yah :)

      Delete
  53. Kayaknya sekarang masyarakat makin pintar yah mas untuk mencari uang, walaupun dengan cara yang tidak benar seperti contoh kasus di atas, terus gimana yah solusinya :)

    ReplyDelete
  54. aduh.. kok jadi gimana gitu ya :|

    ReplyDelete
  55. tapi bagi yg punya darah tinggi jgn makan kikil deh

    ReplyDelete
  56. Kuranggnya pendidikan dan pngawasan BPOM yang menjadikan semua ini terjadi,, welll mau gimana lagi, banyak masyarakat yang gag tahu.. gag cuman itu aja banyak hal yang lebih parah di luar sana ,, dalam urusan bisnis tergantung Pelaku usaha aja mau jujur atau Nga...
    klo ada reportase harusnys disertai tindakan,,, jangan bikin masyarakat cemas .. yang ada malah gag percaya dengan pelaku usaha yang Jujur...

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum