Cara Memilih Buah Salak Berkualitas Baik

muhammad adnin

Cara Memilih Buah Salak Berkualitas Baik
Cara Memilih Buah Salak Berkualitas Baik.Hampir di setiap jelang akhir pekan,pasar swalayan atau supermarket kini saling berlomba menggelar iven promo untuk memikat hati para konsomennya.Dari mulai barang kebutuhan sehari-hari sampai ke jenis produk hiburan lainnya.Harga yang di tawarkannya pun kerap di bandrol dengan harga spesial.

Seperti halnya di sore tadi,di saat  menemani istri berada di sebuah pusat perbelanjaan.Yang awal niatnya memang sekedar hanya ingin mencari buah-buahan segar buat di jadikan cemilan(pelengkap hidangan) untuk acara arisan keluarga.Namun secara kebetulan di waktu bersamaan buah salak yang tengah di cari sedang murah harganya.Untuk perkilonya saja salak pondoh di label dengan harga Rp 7 ribuan.Sedangkan untuk harga normal biasanya bisa mencapai Rp.13 ribuan.

Selain harga yang terbilang cukup murah, kita pun kiranya di rasa perlu untuk tahu cara memilih buah salak yang berkualitas baik lagi manis rasanya.Nah di kesempatan ini sedikit saya mencoba berbagi tips sederhananya,dan mudah-mudahan barangkali berguna di saat anda hendak ingin mencobanya.

Tips Memilih Buah Salak
Cara Memilih Buah Salak Berkualitas Baik

  • Dalam memilih buah salak yang segar,pilihlah pada tumpukan buah yang paling bawah pada tempat pajangannya.Karena biasanya para penjual meletakan buah yang baru pada bagian bawah sedangkan buah yang sudah kemarinnya di letakan pada bagian atas.(Dan hal inipun berlaku untuk semua jenis buah).
  • Pilihlah salak yang bentuknya lonjong,dan untuk warna kulitnya terlihat bersih dan berwarna coklat cendrung kehitaman.Sedangkan sisik pada kulitnya nampak besar dan tidak rapat,semua itu menandakan tingkat kematangan buah sudah sempurna.
Dan untuk langkah terakhir yang perlu di perhatikan,pada saat menekan atau memencet buahnya.Utamakanlah pada ujung bagian bawah buah yang runcing.Hal ini di lakukan karena buah salak paling rentang dan mudah busuk berawal di bagian itu.*yet.


92 komentar:

  1. kalau saya biasanya tak cicipi dulu mas kalau mau beli semangka. Kalau sepet, nggak jadi beli. Tapi kalau manis, nyicip nya tambah banyak ehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, salah ketik, maksud nya salak hehehe :D

      Delete
    2. haha....di maklum mbak Rin
      keserimpet ya nulisnya :)

      Delete
    3. Waduh mbak ririn salah ngetik nih :)
      mbak ririn cepet banget kali ngetiknyaaa :D

      Liburan kemana ni mas purnomo? semoga menyenangkan :)

      Delete
    4. mbak eka pas lagi ngebayangin buah semangka..hehe

      Delete
    5. saya sempat bingung, masak buah semangka rasanya sepet :d

      Delete
    6. haha saking sukanya makan semangka jadi salah ketik deh :)

      Delete
    7. Tok-tok-tok Salam masih kebagian gaknih saya Mangga nya..?
      eeeh jadi ikitan Kesrimped kaya mbak Rin buah salak maksude hh
      Oya..baru ngehh poto profile Mas Budi jadi Muda lagi yah? hh keren deh

      Delete
    8. Salak yang daging buahnya tebal aku suka tapi milihnya ga bisa sebab waktu nyicip tebal giliran beli ternyata tipis

      Delete
    9. Wkwkwk ternyata udah rame banget ya. Iya kalau milih salak, jangan sampai keliru milih semangka ya mas bud :D

      Delete
    10. yang dipilih salak,eh yang dibeli malah duren

      Delete
    11. berarti dapat bonus ya pak hehehe lumayan bisa buat cemilan :D

      Delete
    12. berarti bener salak rasa duren kang Dede hehe...

      Delete
    13. sepertinya boleh juga mas kalau salak di campur duren buat kolak. Pasti rasanya maknyus hehehe :D

      Delete
    14. perpaduan antara salak dan duren akan menghasilkan rasa soto,anda tidak percaya???buktikan saja ,,,,

      Delete
    15. bukan soto. tapi perpaduan antara salak dan duren akan menghasilkan
      anak kecil2 hahahy.

      Delete
  2. Mbak ririn pertamax euy :D Hahhaa
    Saya tidak suka salak mas purnomo :(

    ReplyDelete
  3. Begitu ya mas...hehe sebab kalau masalah beli buah saya percayakan pada penjul yang pasti dipasar kalau nanti kualitasnya tidak bagus nah saya tinggal labrak orangnya...*galak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. lain kali kalau ke pasar sms mas Budi dulu mbak Jenx,

      Delete
    2. kayaknya komen mbak Indah diatas itu juga mewakili ibu-ibu yg lainnya deh hahaha

      Delete
  4. biasanya penjual salak mencampur antara buah yg bagus dgn yg tidak bagus, perlu ketelitian memang dalam memilih salak berkualitas baik, trimakasih atas tipsnya sobat :-)

    ReplyDelete
  5. saya suka membeli salak pondo, karena saya sudah tak ragu lagi dengan kualitasnya :-)

    ReplyDelete
  6. dicium bisa ndak ya dari baunya selain dipegangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bisa ,,,,kalau baunya seperti duren berarti salak rasa duren hahahaha

      Delete
    2. berarti itu salak palsu, jangan dibeli :d

      Delete
    3. baru denger nih ada salak rasa duren hehe...

      Delete
    4. yang bau balsem aja ada mas Anthonie,,,,,,

      Delete
    5. bisa dimakan nggak kang hehe...

      Delete
    6. bisa banget mas Anthoni,dicoba aja deh

      Delete
  7. pinter juga ternyata mas Budi,dalam hal memilih buah buahan,,,,saya nitip sekilo mas hehe

    ReplyDelete
  8. memang cerdas pedagang, simpen yang lama di bagian atas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kaya nya Teori pemasaran Mas Intan
      sangat lekat deh dengan pedang orang Indonesia mah
      Sangat membudaya lagi keren yah..? hhh :-d

      Delete
    2. tapi sebenarnya kalo cara begitu banyak resikonya. bisa saja ada buah yang sudah buruk kang hehe.. jadi pada kabur tuh pembeli :)

      mending dicampur lebih baik

      Delete
    3. oplosan ya mas intan.. Ga boleh itu sama Soimah. Oraono gunane..

      Delete
  9. makasih tips nya kang, ternyata Kang Budi jeli juga yah dlm memilih buah2an, termasuk salak heheeee... met mlm ya kang... :)

    ReplyDelete
  10. Saya suka buah salak yg manis..kalau asam saya kurang makan....terimaksih tipsnya ya budi....

    Selamat malam budi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang manis saya jg suka
      sebab Yg sepet ga suka

      Delete
  11. Bener mas Budi pilih-pilih salaknya bareng sama istri, jadi salaknya bisa manis semua ya mas heuheu, thanks tips nya mas jadi saya harus pilih yang lonjong ya mas.

    ReplyDelete
  12. heheh jadi tambah pengalaman ni mas, cara memilih buah yang segar, makasih mas atas infonya

    ReplyDelete
  13. Boleh dicoba nih mas budi tips nya bagus banget

    ReplyDelete
  14. Kalau saya jadi penjualnya salak yang lama tetep saya taruh di bawah Mas. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas jadi kalau ada yang beli ngambil yang bawah bisa cepet habis yang lamanya yah hehe...

      Delete
    2. Iya Mas, kalau orang punyak persepsi salak yang lama ditaruh di atas, itu trik lama. Trik baru tetep saya taruh di bawah. Trik yang paling up to date saya campur aduk aja salak lama dengan salak yang baru. xixixi

      Delete
  15. kalau saya suka beli yang masih nempel pada tangkainya mas, karena sudah dapat dipastikan bahwa keadaan salaknya masih segar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya dimana kang salak yang masih nempel di tangkainya,saya juga mau beli :)

      Delete
  16. wah mas Budi tahu banyak masalah buah-buahan, apa dulu bekas penjual buah yah mas hehe...

    ReplyDelete
  17. haku zuka zekali ama buah zalak...
    haku biza makan zatu kilo hanya dalam waktu zatu jam zajaaaa...hohoho :D

    *konslet dah malem..eh dini hari ding

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa kalau soal buah salak mas budi ahlinya, apalagi mas budi salaknya besar dan seger

      Delete
  18. Selamat malam Mas Budi malam ini kebetulan pengen yang seger-seger
    Sekalian saja saya mau dong buah salaknya yang manis yah bungkus 10 kg deh hh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah lainnya nggak beli mas kan ada semangka, mangga gincu sama buah kiwi hehe...

      Delete
  19. Tampaknya sekarang lagi 'booming' buah Salak. Ketika lewat di penjual buah ada juga Salak dan kemarin ketika famili berkunjung ke rumah membawa oleh-oleh buah Salak. Salak dengan ukuran yang relatif besar. Tampaknya bukan jenis Salak Pondoh (?). Dulu sewaktu Salak Pondoh lagi pertama kali melejit namanya, ukurannya kecil-kecil tetapi enak rasanya dan manis. Apakah sekarang sudah 'berevolusi' sehingga ukurannya besar? Sebagai konsumen kita bisa memilih langsung buah yang diinginkan sesuai selera. Tips yang praktis dan mudah untuk mendapatkan Salak yang berkualitas. Teliti sebelum beli. Jangan sampai nanti kecewa setiba di rumah. Terima kasih sharingnya.

    Tampilan fotonya sekarang ganti menjadi Purnomo Jr. Salam cemerlang buat Purnomo Jr. Rajin belajar dan berbahagia selalu Dik!

    ReplyDelete
  20. wah, di Jogja (Sleman) lagi musim salak Pak. Kemarin kawan suami saya ada yang jalan-jalan ke Jogja, pulang ke sini bawa oleh-oleh salak 30 kg...sekilonya cuma 2000 rupiah....sedang di sini sekilo masih kisaran Rp 15.000. tapi kalau salak medan cuma Rp 5.000

    ReplyDelete
  21. wah boleh dicoba tuh , kalau saya seringnya beli ditempat langganan saja .. karena gak jago milih buah takut kena tfu pedagang buah.. hehehe

    ReplyDelete
  22. Buah salak
    saya suka beli yg banyak
    karena murah dan enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau slaknya besar pasti enak dan manis

      Delete
  23. jadi inget pas ke tanah air kemarin mas, beli buah salak terus :)

    ReplyDelete
  24. wah tips yang menarik kang :)
    saya malah kalo beli salak jarang pilih pilih asal beli hehehehe
    memang menggiurkan salak pondoh 7rb dibanding salak biasa 13rb entah knp pada milih salak pondoh yang terkenal dengan manis nya itu padahal sama aja kalo belum cukup matang mah agak kesat kesat :d

    ReplyDelete
  25. di daerah saya bojonegoro ada agrowisata kebun salak mas, desa wedi & kalianyar hampir smua wilayah salaknya. manis2, hehe

    ReplyDelete
  26. Saya penggemar salak Mas. Kalau makan suka lupa kebanyakan, ngga taunya jadi susah bab (maaf) :)

    ReplyDelete
  27. Tips yang bermanfaat nih, jadi pingin beli buah salah hehe :D

    ReplyDelete
  28. Terimakasih tips nya mas,istri saya paling suka makan buah salak.kta nya biar keset hik...hik..hik..

    ReplyDelete
  29. saya sebenarnya lebih suka pilih salak pondoh mas. Soalnya hampir sebagian besar rasanya manis. Tapi ya itu tadi untuk membelinya perlu merogoh kocek lebih dalam lagi soalnya harganya relatif lebih mahal dari salak biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga penggemar setia salak pondoh mbak, berarti selera kita sama donk mbak :D

      Delete
  30. wah.. saya suka sekali nih salak!
    apalagi salak yang kecil yang kalo dimakan krauk-krauk.. :D

    ReplyDelete
  31. Assalaamupalaikum wr.wb, Purnomo.....

    Terima kasih atas informasi dan tip ini. Saya baru tahu cara memilih salak yang baik. Selama ini hanya memilih yang besar dan bulat kerana terpengaruh dengan rupa dan bentuknya. Tapi ada yang memaklumkan, buah salak itu ada jantan dan betinanya. Betulkah ?

    Salam sejahtera dan ucapan Selama Hari Ibu buat isteri Purnomo.

    SITI FATIMAH AHMAD
    Sarikei, Sarawak. :D

    ReplyDelete
  32. kayak isteri saya nih, jago banget kalo milih salak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilihanya itutuh yang se gede gunung

      Delete
  33. di daerah ane masih musim mangga ma buah naga nih masih blm ada yang jual nih salak... hehee

    ReplyDelete
  34. mksi tipsnya gan buat milih salaknya... ane kagak suka salak ketika nglupas kulitnya , ane suka dagingnya langsung..

    ReplyDelete
  35. ane paling suka salak pondoh.. manis....

    ReplyDelete
  36. jojojo baru tau..sebelum ni kalau membeli cuma cium bau je..yang wangi tu lah yang akan saya beli

    ReplyDelete
  37. Oke lah kalau begitu, ntar kalau cik awi mau beli salak ta' obrak-abrik susunan salak yg bagian bawah dulu nih mas...

    ReplyDelete
  38. saya paling suka salak pondok,,, hmm untuk masalah kayak gini sih saya gak begitu pilih - pilih,, hehe asalakn luarnya bagus terus tempat jualnya bersih,,, saya yakin salak tersebut berkualitas dan aman untuk dimakan

    ReplyDelete
  39. saya mampir kesini lag mas, hehe kunjungan akhir tahun... :)
    mampir ya mas dpostq yg baru :)

    ReplyDelete
  40. kalau kualitas salak nya baik, pasti rasanya pun akan baik ya mas. Tips nya boleh dicoba nich kalau pas mau belanja di pasar. Terimakasih banyak mas budi :)

    ReplyDelete
  41. Wah salak merupakan buah kesukan saya nih

    ReplyDelete
  42. kalau salak biar awet boleh nggak mas di taruh di kulkas soalnya saya kalau beli salak sekalian banyak, takutnya kelamaan jadinya busuk :)

    ReplyDelete
  43. wah ada yang curang emang gan biasanya para penjual... yang bagus2 di tarok di bawah sendiri :3

    ReplyDelete
  44. Walah kelewat berapa postingan nih mas .. maklum sibuk selalu daku ini .. btw agak kurang doyan salak mas atuutttttttt

    ReplyDelete
  45. kualitas barang yang ingin dibeli, termasuk kualitas buah salak, menjadi indikator penting uuntuk diperhatikan. Tapi kalau bisa juga harga barang juga perlu diperhatikan. Kalau konsumen, pengen nya sih harga nya murah dan kualitas nya bagus hehehe :D

    ReplyDelete
  46. wah salak ya, salak memang kesukaan saya pak dari masih kecil, soalnya dulu sering dibeliin salak sama ibu, hehe

    ReplyDelete
  47. Hm ... harga salak pondoh di sampit berapa yag? hehe. malah belum pernah beli salak. Biasanya yang beli teman atau malah dikasi tetangga habis panen ...

    ReplyDelete
  48. wah salaknya ko kaya piramid bang heheh.......?

    ReplyDelete
  49. jika membali buah salak boleh juga dijeruk (awet).. enak dimakan..

    ReplyDelete
  50. memang betul mas kalau bentuknya lonjong, besar dan mengkilat berarti baguus
    saya rasa tipsnya bisa digunakan mas

    ReplyDelete
  51. tapi tidak berlaku untuk semua salak kan mas. soalnya ada salak yang kecil bulet manis

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum