Benarkah Sayuran Organik Lebih Baik?

muhammad adnin

Benarkah Sayuran Organik Lebih Baik?
Benarkah Sayuran Organik Lebih Baik?.Masih berkaitan dengan keamanan panganan,dan seiring dengan meningkatnya permintaan pasar.Membuat orang kerap mencari bahan makanan jenis ini.
Bahan makanan yang di beri label organik merupakan bahan makanan yang di hasilkan tanpa menggunakan bahan-bahan kimia.Oleh karenanya bahan makanan organik lebih terkesan alami dan di anggap aman lagi menyehatkan.

Untuk saat ini di sejumlah swalayan atau supermarket,sayuran organik banyak di jajakan dan di tawarkan.Baik dari jenis sayuran daun sampai jenis sayuran keras seperti wortel,kol,jagung dan lain sebagainya.Namun di sayangkan memang,bahan makanan yang serba organik yang di jual tadi masih tergolong dan lumayan mahal harganya.

Benarkah Sayuran Organik Lebih Baik?

Perbedaan sayuran organik dengan yang biasa
Bila di lihat sekilas memang tidak ada perbedaannya,tapi jika di cermati akan nampak ketidak samaannya.Seperti jenis sayuran daun pada seikat bayam atau kangkung misalnya.Di bagian daun umumnya di temukan lubang bekas di makan ulat.Hal ini menandakan sayuran tersebut tidak memakai pestisida.Namun untuk barang yang sudah masuk di supermarket,biasanya standart kualitas produknya telah melalui sortir yang cukup ketat.
Selain itu sayuran jenis ini penyajian produknya sudah di kemas dalam bungkus,batang daun meninggalkan akar dan tercantum label organik,yang sudah pasti terjamin akan keasliannya.

Benarkah Sayuran Organik Lebih Baik?

Kemudian timbul pertanyaan,benarkah makanan organik lebih baik?Jawabannya bisa iya atau sebaliknya.
Di lihat dari sisi penggunaan pestisida,jelas variant sayuran ini lebih sedikit terkena dampaknya.Dengan begitu risiko bahayanya pun bagi kesehatan akan lebih kecil.

Namun perlu di ingat pula bahwasannya sayur organik kerap bersentuhan langsung dengan kompos yang berasal dari kotoran hewan.Dan bila sayuran itu kemudian di konsumsi sebagai lalapan atau salad yang serba mentah di tambah dalam membersihkannya kurang telaten.Tentu hal ini bisa anda bayangkan seperti apa resikonya.*yet.

99 komentar:

  1. Replies
    1. Premium juga boleh deh Mas asal bisa jalan saja
      selamat pagi Mas Budi maaf baru bisa berkunjung
      kemari kemarin kerjaan sangat padat sekali salam
      Buat semua saj yah salam hangat persahabatan

      Delete
    2. Pengen pertamax tapi dah keduluan sama mas budiyanto, premium pun dah disikat sama mas Karris, gak apa-apalah walaupun cuma kebagian solar sama minyak tanah hehehe.... Sama mas Karris kemaren-kemaren jadwal syuting saya juga padet banget ditambah lagi dengan jadwal pemotretan buat iklan shampoo makanya saya baru sempet hadir lagi disini, wakaka... Salam hormat buat mas budi dan semua master blogger yang lagi pada ngumpul dimari, moga-moga aja mas bud gak ngambek atas celotehan ngawur ini.... :)

      Delete
    3. saya suka sayur2 sayuran disamping buat irit uang jajan selama ngkost .. luaman juga pata sehatnya ..

      Delete
    4. Selamat Malam Mas Mas Budi Mas Pur sapa lagi yah Mas Budi lagi Mas Yanto eeeh Mas Budiyanto hampir padaan namanya sama Mas Admin
      Sahabat saya Mas Marnes yang sibuk dengan klayen photo garfr nya
      Pertamax habis premium juga saya habis solar minyak tanah sama
      Mas Nucky sekarang buat saya apa lagi yah? Sayuran aja deh
      Dari Mas budi gak apa-apa dalam rangka menghemat di rantau hhhh

      Entar sapa lagi nih
      yang di bawah saya pasti dia Yang Mendapat Barrakah amien

      Delete
  2. kalau orang kampung sih mas tingga metik ya...itu organik semua
    tapi kalau sudah ada di swalayan harganya memang berbeda yang organik sangat mahal...sekilas sih nggak ada bedanya karena betul yang mas budi bilang semua sudah di sortir

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok mbak, yang jelas sayur organik itu bisa membuat kita awet muda tapi semua tergantung mas budi mau makan yang mentahan atau yg sudah dimnasak, biasanya kalau sayur itu dimasak dulu tapi kalau dilalap juga enak yg penting dicuci yah mas

      Delete
    2. cew yang ada di kampung denga di swalayan juga beda ya...

      Delete
  3. Oooh ternyata yang organik itu pasti campuran kotoean hewan yaaa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. baunya itu yang nambah seru kang hehe

      Delete
    2. Ini kok malah pada ngomongin bau..
      @zachflazz yaaa enakk pastinya.. Kok hangat

      Delete
    3. Biasnya yang agak bau yang di cari Mbak Muya hhhh
      uffsh maksudnya sambel trasi yang hasil organik dari
      kebun belkang Rumah salam sobat blogging semua

      Delete
    4. Wah saya juga suka tuh sama yang bau-bau seperti sambel terasi, wuiiihhh enak banget kayak lalapan mentimun dicocol sama sambel...rasanya makyusss tenan :D

      Delete
  4. kalau gitu 50 : 50 mas..kalau saya si lebih suka sayuran yang biasa aja hehe

    ReplyDelete
  5. oh iya ya Mas, pestisida dan insektisida bisa berakibat parah ya buat kita. apalagi sianida deh. kenapa nggak nuraida saja Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kenalan yg namanya nuraida ya, kang?

      Delete
    2. paling kenalan pas di kereta api..

      Delete
  6. sayur organik memang lebih baik mas Budi, dan yang penting kalau mau dilalap tentu harus dicuci yg bersih soalnya kita inikan manusia..iya gak???
    salm sukses buat mas budi

    ReplyDelete
  7. Sepengetahuan saya yang namanya kompos itu prosesnya sangat panjang ,dari asalnya berbau hingga tidak berbau,artinya kompos sudah layak digunakan sebagai pupuk,jadi kemungkinan bahayanya sangat kecil,dibanding dengan pestisida yang langsung menempel di daun sayuran,yang lebih berbahaya itu kebiasaan manusia buang hajat dikolam,yangmana kotoran yang masuk ke kolam langsung di santap sama ikan-ikan,kemudian ikanya dipancing sama mas Budi terus digoreng waww jadi ikan goreng plus kotoran hahahaha........

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dimakan ikannya ya kang??? terus kotorannya kemana kang ??

      Delete
    2. katanya kalau ikan lele makanannya kotoran manusia apa betul tuh mas PP dan kang Dede? padahal ikal lele makanan kesukaan saya tuh hehe...

      Delete
    3. mas Anthoni,,ya tergantung pada kolamnya,kalau terbuka untuk umum pasti banyak yang nyumbang kotoran disitu haha,tapi kalau tertutup untuk umum paling adminnya tok yang buang disitu hahaha

      Delete
    4. wah kalau cuma adminnya aja yang buang disitu kurang enak yah lelenya kang hehe...

      Delete
  8. kata orang sih.. kata orang ya bukan kata saya..hehe sayuran yang bagus tuh yang daunnya bekas dimakan ulat.

    ReplyDelete
  9. Kalau saya suka pilih sayur yg organik budi atau yg ditanam di kampung2..kalau yg di tanam di kebun sayur itu,kalau pemilik kebunnya kaum cina,sebelah kebunnya adalah ladang khinzir..ini sy lihat sendiri...sejak itu,sy tak mau mkn sayur yg di tanam di kebun biasa...sy pilih yg di tanam di kampung2 oleh org melayu atau organik dari tanah tinggi Cameron Highland kebetulan minggu lps sy ke sana melihat sendiri kebun2 sayuran yg sgt meluas dan ternyata sangat bersih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mlm budi...selamat beristirehat..... :D

      Delete
  10. benar sekali apa yang mas utarakan di atas menurut saya intinya semunya kembali lagi pada kita masing-masing sebagai pengkonsumsi. kehati hatian serta ketelitian kita memilih serta dalam pembersihan menjadi salah satu faktor yang musti kita perhatikan,
    maksih mas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun makanan yang akan kita konsumsi sebaiknya dibersihkan dulu dengan air bersih sebelum dimakan untuk menghindari kotoran dan racun yang menempel di makanan yah mas :)

      Delete
    2. Apapun Makananya Minumanya pasti Teh Botol hhehe Iklan
      Bener Mas Anthonie tanganya yang di cuci jangan racunya
      Yang dimakan, ingat kesehatan yah Mas kalau sakit berlanjut
      Cepet Hubungi Mas Anthonie heheheh salam Mas Semua :))

      Delete
    3. wah jangan hubungi saya kang, bawa aja ke dokter biar cepet sembuh hehe...

      Delete
  11. pengennya sih kalau makan makanan yang organik tidak tercemar pestisida cuma memeng harganya agak mahal yah mas Budi, tapi kalau buat kesehatan sih nggak rugi juga sering-sering makan yang organik :)

    ReplyDelete
  12. Saya sih selama masih bisa dimakan ya makan aja, kalau organik masih bagus buat kita makan, so what geto lho :D

    ReplyDelete
  13. Kebetulan mas didepan rumah ada tanaman sayur jadi lebih mengutamakan tanaman sendiri untuk sayuran karena lebih tahu alaminya.

    ReplyDelete
  14. kebetulan saya tinggal di kampung mas.. jadi sayurannya beli di pedagang keliing, dan tentu sortiranya haya dilkukan oleh sipenjual

    ReplyDelete
  15. semua itu, apakah organik atau tidak memang memiliki sisi baik dan sisi buruk,
    tergantung kita sebagai konsumen mau memilih yang mana, kalau sayuran organik sisi buruknya..harganya jauh lebih mahal daripada non organik

    ReplyDelete
  16. Selamat PAGI Mas Budi maaf baru bisa Berkunjung kemari Mas kemarin repot banget
    Ijin simak artikel Sayuran Organin. jujur saya paling sukan dengan sayur Mas Kalau
    Makan sebagai pelengkap hidang lauk pauk dan yang paling enak sehat dan bergizi
    Tentu Sayuran yang Organik bersih sehat untuk kbutuhan serat tubuh makasih artikelnya
    Mas Budi slam hormat selalu :)

    ReplyDelete
  17. wah kaaknya ada bahaya yg lain dari sayuran organik deh gan

    ReplyDelete
  18. santai aja om
    kembalikan semuanya ke falsafah hidup adalah pilihan
    semuanya ada resikonya
    pokoknya dipilih dipilih dipilih... :D

    ReplyDelete
  19. Perlu di cuci yang bersih ya mas,supaya lalap nya steril

    ReplyDelete
  20. kalo mau dijadikan lalapan mending direbus dulu, tapi kalo menurut kakek saya, yang namanya penyakit itu banyakan zaman sekarang. Dulu gk ada namanya pestisida dan pastinya organik semua. Umur2 mereka orang dulu tetap panjang dan tak mudah sakit. Jadi saya rasa yang namanya sakit-menyakit, makan-memakan itu tergantung ketahanan tubuh kita saja :)

    ReplyDelete
  21. Sayuran di pasar tradisional tentu lebih organik dan murah harganya, mas Pur. Tak ada biaya pengepakan dan ongkos pajang, hehehhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar apa kata Uda kita mas Budi

      Delete
    2. Bener Juga Kata Pak Uda Awak tentang sayuran pada pasar tradisional
      Lalu bagaimana Mas PP Tentang ikan yang baik untuk di komsumsi?
      Kaya nya lebih Pas nih ada sayur ada ikan Goreng makan deh heheh
      Salam Hormat selalu buat Mas Budi dan Bapak Mas Mbak semua :))

      Delete
  22. saya paling suka sayuran apa saja pkoknya sayuran, karena rasanya segar dan bikin sehat di tubuh, hmmm :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus lalapan yah mbak masih segar dan fresh dan tentunya lebih sehat :)

      Delete
    2. lalapan paling saya suka mas, selain fresh memang rasanya juga enak dan menambah selera makan, hehehe :)

      Delete
  23. I love very much eat vegetables. .
    It's so delicious. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh Keren Nih Bloggnya Mas Bud Dikunjungi Bule --- Potan haha :D

      Delete
  24. yang saya tahu, sayuran organik lebih baik krn tdk menggunakan pupuk urea dan sejenisnya yang memakai bahan kimia.

    ReplyDelete
  25. hampir semua sayuran saya suka, salam kenal ya pak

    ReplyDelete
  26. selamat sore dan salam kenal, saya cuma ikut menyimak aja neh mas

    ReplyDelete
  27. datang brkunjung membaca baca artikel, sambil membawa game android full version FREE Download

    ReplyDelete
  28. kalo saya lebih baik milih semangka aja ahh dari pada sayuaran mah kand sayuran kagak enak haha :D

    Tapi keren Nih mas Bud Infonyaaa dan inysa allah Sayuran itu dapet menyehatkan Lhooo yaaa walaupun kalo dipupuk pakenya kohe {Kotoran hewan} yang penting Nyucinya aja yang bersihh biar sehat selalu dan kalo kagak percaya tanya aja ke pakar kesetatan { Mas eka :D }

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayuran organik memang bisa membuat hidup lebih sehat, apalagi kalau makan semangka tambah nyes..

      Delete
    2. Iyaaa Mbakk Betul Itu saya Setuju :D

      Delete
  29. sulit membedakan mana yang organik dan mana yang non organik.. jadi bingung..
    kalau saya cuma terima sajiannya aja dari ortu..

    ReplyDelete
  30. betul sekali mas budi
    saya suka mencuci lagi sayuran" mau organik ato pun gag cuma make sure aja :-D

    ReplyDelete
  31. Kan bisa kita cuci ulang kembali mas kalau buat lalapan sayur organiknya.

    ReplyDelete
  32. ada cerita mas,ada orang yg kesehariannya selalu makan sayuran organik. suatu ketika dia sakit perut dan setelah di periksa ternyata ada cacing panjangnya sekitar 2 meter di dalam perutnya. mungkin karena pencucian atau masaknya tidak benar kali ya.. tapi entahlah ini cerita hoax atau nyata..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumbunya mungkin yang gak pas itu, hehehehe..:)

      Delete
  33. Sekarang banyak sayuran yang instant, yang kalau ibarat barang2, cashingnya kelihatan segar, namun kandungan didalamnya meragukan. Tapi kalau berdasarkan pengertian bagi orang awam kayak saya, organik mudah di daur, sedangkan non organik susah di daur..:)

    ReplyDelete
  34. Kalo oraganik kayanya lebih sehat karna tidak pake pestisida seperti penjelasan diatas, tpi sayang ya mas yang namanya organik ya masih mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal itu kalau dijepang mas, tapi kalau dijakarta masih meriah

      Delete
  35. Tergantung pasti yang digantung. Dan terbelah tentunya yang kebelah.
    Artinya, kembali lagi ke_bagaimana cara pengolahannya, cara membersihkannya, cara mengkonsumsinya.

    ReplyDelete
  36. Walaupun gitu tapi akan lebih baik yang organik gan

    ReplyDelete
  37. Sayur kemasan pake label guaranred lagi..klu saya mah lebih seneng ambil langsung dari kebun lebih fresh dan alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. itupun klu punya kebun sendiri..klu ga mah, bisa juga itu jadi alternatif lain wkwkwk

      Delete
  38. Makan sayuran memang sangat dianjurkan dari segi kesehatan. Tapi lebih baik mengkonsumsi sayuran yang higenis. Kalau sudah di makan ulat getu ya jadi nya kurang higenis deh sayurannya hmmmm :) Kalau di desa harga sayuran tidak terlalu mahal kok mas hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang kalau makan kangkung banyak ulatnya juga yah, kalau ulatnya sampai kemakan gpp kan mbak?

      Delete
    2. kalau ulat nya nggak kelihatan, nggak apa-apa mas wkwkwk :D

      Delete
    3. kalau ulatnya keliatan gimana mbak, masa dibuang sama piring-piringnya juga hehe...

      Delete
  39. emang lebih sehat yg organik gan ketimbang yg pake pestisida :D

    ReplyDelete
  40. Makan sayur organik mentah, kalau nyucinya kurang bersih, beresiko buat kesehatan. Kalau sayurnya dimasak, manfaatnya berkurang. Memang tidak ada yang sempurna di dunia ini :)

    ReplyDelete
  41. Sayur organik pun perlu ketelatenan dalam pengolahan dan pemasakan. Mentang2 udah disortir dan keluar masuk swalayan kan gak musti tinggal lahap aja. Tapi masih mending daripada ngelahap sampah organik! Bhahaha <-- komen apa ini?

    ReplyDelete
  42. sekarang sayur-sayuran dan buah-buahan kebanyakan menggunakan pestisida yah mas, jadi kalau tidak hati-hati bisa menjadi penyakit dan membahayakan kesehatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali kata mas anthonie saya juga setuju

      Delete
  43. Yang organik dan alami itu biasanya lebih sehat, namun harus berhati-hati dalam hal kebersihnnya, terutama bagi kita yang akan menggunakan bahan sayuran organik ini.

    Salam,

    ReplyDelete
  44. harus pinter-pinter milih sayuran ya mas, agar tidak keliru memilih sayur yang sudah layu dan banyak ulatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar apa kata wahyu, saya juga setuju mas, pokoknya kita harus pandai memilih jangan sampai keliru

      Delete
    2. itulah kelebihannya ibu-ibu bisa tahu mana sayuran yang layak makan apa tidak, sip deh mbak :)

      Delete
  45. harus cuci bersih,,,, pilih yang terbaik ya mas

    ReplyDelete
  46. yang organik seharusnya lebih aman untuk dikonsumsi, kalau masalah saat membersihkan kotorannya itu masalah individu masing-masing gan, ada yang telaten ada yang buru-buru.

    nice info :)

    ReplyDelete
  47. Selamat malam Mas Budi datang lagi nih saya mau ngaborong sayauran
    Sekarang setok sayuran ada di Mas Budi jadi saya datang Lagi deh dimari

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sekarang mas Karysta mau jadi juragan sayur nih ceritanya hehe...

      Delete
  48. kalau saya lebih suka yang organik mas. walaupun pupuknya menggunakan pupuk dari hewan. kan masih bisa dicuci :)

    ReplyDelete
  49. karena saya orang desa dan petani, tentulah bilang hiyah sayuran organik lebih baik dari yang tidak organik...tapi harus sayuran yang langsung di petik dari ladang saya dibelakang rumah....kalau yang udah ada diswalayan mah....saya ngga bisa jamin....;o)

    ReplyDelete
  50. kalo saya tidak pernah, mempermasalahkan organik dan non organik...yang penting mah nikmat masuk ke perut hehehe

    ReplyDelete
  51. saya kira selama ini organik itu relatif aman dikonsumsi, ternyata ada kekurangannya juga,,makasih infonya gan

    ReplyDelete
  52. emang sih susah buat ngebedainnya

    ReplyDelete
  53. terimakasih gan postingannya :)

    ReplyDelete
  54. entry yang menarik. info yang berguna ^^

    ReplyDelete
  55. wew.. yang baik berarti nanam sendiri ya gan... :D

    ReplyDelete
  56. kebiasaan memilih sayuran yang bagus2, jadi sebaiknya yg sedikit ada bekas ulatnya biar aman ya Pak..

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum