Asam Bangkok (Sweet Tamarind)

muhammad adnin


Asam Bangkok (Sweet Tamarind)
Asam Bangkok (Sweet Tamarind).Bila mendengar nama buahnya,mungkin kita akan beranggapan sama saja dengan buah asam lain yang sudah ada.Tapi bila bicara soal rasa, maka akan baru di ketahui perbedaannya.

Umumnya buah asam yang berasal dari tempat kita,kerap di gunakan sebagai pelengkap bumbu masakan,campuran sayuran ataupun ada yang menjadikannya pula sebagai bahan untuk pengobatan tradisional.Dan yang sudah pasti rasanya pun "asam" sesuai dengan nama asli buahnya.

Asam Bangkok (Sweet Tamarind)

Namun tidak dengan buah asam yang berasal dari Thailand(Bangkok) ini.Rasanya di kenal manis dan dapat di makan langsung tanpa harus mencampurkannya dengan gula atau sejenis pemanis lain.
Untuk mendapatkannya kini sudah banyak tersedia di toko buah atau super( hypermarket) terdekat di kota anda,sedangkan harga yang di tawarkan di kisaran Rp. 50-60 ribuan untuk per kilogramnya.Biasanya buah ini terkemas dalam box kecil berukuran berat 500 gram (seperti contoh dalam gambar di atas),selain itu juga ada di beberapa swalayan yang menjualnya lewat cara di prepack dengan menggunakan styrofoam.

Asam Bangkok (Sweet Tamarind)

Mengingat buah jenis ini kaya akan nutrisi,kiranya di rasa baik buat di jadikan alternatif cemilan menarik lagi mengasyikan.*yet.

71 komentar:

  1. mmm berarti sebenarnya nama asam gak cocok untuk asam bangkok ini ya mas hehe...sweet tamarind...nanti kalau dipakai untuk campuran sayur asem malah jadi sayur manis donk ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti namanya Sayur Tamarin dong Kang WS heheheh
      Asam bangkok sama gak Mas Budi sama Jambu Bangkok yah.?
      Soale sama ada Bangkoknya sih cuma beda depanya doang.. :-d

      Delete
    2. Di jawa ada asam jawa. Yang ni dari bangkok namanya manis bangkok ya?

      Delete
    3. hihihii namanya kalau di translate lucu juga ya manis bangkok :D

      Delete
    4. namanya asam itu kan kecut ko manis ya hehehe

      Delete
  2. Baru dengar mas saya apalagi makan malah belum pernah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak Indah saya juga belum pernah tahu asam bangkok ini, jadi penasaran :)

      Delete
    2. Kalau begitu saya pun belum pernah makan bangkok asam
      Mbak Jenx Indah. lha koq kita bisa sama yah Mbak jenx hhh

      Mas Anthonie Tahu sama Asam emang rasanya sama Mas Ant..?
      Saya malah bingung apa perbedaanya tuh Mas Anthonie hhhh

      Delete
  3. buah asem yang manis...wah pastinya enak ya mas untuk dibikin minuman. nggak perlu ditambah dengan gula lagi :)

    ReplyDelete
  4. Rasanya beda dan mungkin membuat harganya agak mahal

    ReplyDelete
  5. Asam bangkok yang mas bud share disini mungkin kalo di kampungan saya yang biasa disebut asam kamal itu kali ya?

    ReplyDelete
  6. Salam budi..kalau dilihat dari bentuk dan warna kulitnya,di malaysia ini digelar sebagai asam jawa....hehe....

    ReplyDelete
  7. Wah sepertinya boleh dicoba mas buah asam bangkok nya. Soalnya rasanya manis. Jadi penasaran saya. Tapi kayaknya di daerah saya belum ada deh yang jualan asam bangkok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mbak pesen sama mas Budi kalau nggak ada, mudah-mudahan bisa gratis yah hehe...

      Delete
    2. Iya juga ya mas. Kayaknya di Indonesia buah asam bangkok ini masih langka. Jadi harus pesen sama yang membuat artikel ini hehehe :D

      Delete
  8. saya pikir tadi ayam bangkok lho mas...eh ternyata asam bangkok wkwkwk ntar tak ikutan nyobain mas

    ReplyDelete
  9. mlm kang. trnyata ada juga y asam bangkong.

    ReplyDelete
  10. asam jawa VS asam bangkok, mana yg cetarr membahana badai??
    klw saya suka asam jawa. .
    kaan cinta produk buatan dan asli Indonesia. .:)

    ReplyDelete
  11. saya belum pernah nyobain mas asam bangkok ini, pasti rasanya enak yah mas bikin seger, nanti saya coba deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah makan asem tapi rasany pas seperti namanya Asemmmmm
      Banget tapi gak tau nih yang Bangkok ini. biasanya kalau yang Bangkok
      Rasa nya enak lho heheh Tapi asem bangkok ini bisa mengobati jenis
      Penyakit Vertigo gak Yah Mas Budi. Mas Anthonie kenapa asam
      Bangkok itu manis kenapa Coba...?...

      Delete
  12. kalo nemu ini makanan saya mau coba ah :)
    makasih pak buat infonya

    ReplyDelete
  13. Di Minang dikenal dengan asam jao, mas Pur. ..Tapi kalau udah gede-gede buahnya baru disebut asam jao bangkok...

    ReplyDelete
  14. saya suka makan asem ini tapi bukan dari bangkok hehehe

    ReplyDelete
  15. kok di namakan asam bangkok ya, apa memang berasal dari bangkok :-)

    ReplyDelete
  16. Baru tahu nie Mas kalau ada buah Asam yang rasanya manis dan langsung bisa dimakan. hehe

    ReplyDelete
  17. Selamat malam Mas Budi waduh saya ketinggalan berita dari Mas Budi nih?
    Tadi sore ada obyek mendadak jadi sore gak on blog. nyimak asam Bangkoknya
    Nih Mas boleh dong saya Bagi buat cemilan, pass di makan pada siang yang terik
    Yah Mas lanjut terus Mas. biar saya support artikel Mas Budi biar meriah :)

    ReplyDelete
  18. Ditempate saya namanya asam jawa udah pernah coba buah yang satu ini rasanya manis dan ada asamnya sedikit :)

    ReplyDelete
  19. liat potonya kok sama dengan asam jawa..?
    biasanya kalo pake embel embel bangkok, ukurannya jumbo...

    ReplyDelete
  20. jaman dulu kalo gak mampu jajan, ya ini pelariannya, tinggal ngambil di pinggir empang, terus nyomot gula di dapur, colek dikit, nyam nyam enak deh, makanya sekarang muka jadi asem hahahaha ... tp kl yg bangkok model gini blm nemu tuh buat di emot

    ReplyDelete
  21. sweet tamarin bisa sih namanya. Kalau asam bangkok ga ada harusnya orang rasanya manis juga.

    ReplyDelete
  22. Asem manis? Kalo gue pernah makan yg asam pedas (masakan padang). Bhahaha

    ReplyDelete
  23. saya pernah kepincut pengen beli Pak..tapi mahal, trus pikir saya rasanya bakal sama dengan asam yang ada di kebun rumah saya di kampung...jadi ya gagal deh belinya..

    herannya, semua yang bernama tambahan "bangkok" kok pasti lebih baik dari yang aseli indonesia ya? contohnya ayam bangkok, jambu bangkok, nah ini lagi...asam bangkok..hehe..salam kenal Pak Budi..

    ReplyDelete
  24. Baru dengar saya gan kalau ada asam yang rasanya manis :D

    ReplyDelete
  25. tumben ada buah asam berasa manis., gk sesuai namax 'Asam' *smile

    ReplyDelete
  26. keinget dulu nyuri asem di tempat orang,hehe taubat , mas sudah saya follow blognya :)

    ReplyDelete
  27. Asam bangkok saya belum pernah nyoba, apalagi kalau tahu rasanya manis Kang. Yang saya tahu asam jawa untuk buat sayur asem.

    ReplyDelete
  28. kaya'nya enak tuh dibikin minuman . . :D:D:D

    ReplyDelete
  29. wahh, boleh juga nih Mas.
    isteri saya sering bikinin saya wedang asem. makjrot tenaan

    ReplyDelete
  30. Owh baru tahu saya mas ada asam bangkok .. kirain ayam aja yg bangkok hehe

    ReplyDelete
  31. Selamat sore Mas Budi datang lagi akh masih penasaran dengan
    Asam tapi Manis. agakk aneh judul artikelnya Namun kenyataanya
    bener yah Mas Budi. kemana nih Mas Budinya sibuk berselancar kayanya heheh :D

    ReplyDelete
  32. Ternyata asam yang kita kenal, tidak selamanya mempunyai rasa asam, atau kecut, akan tetapi ada juga yang manis, sepertinya asam bangkok ini. Kayak nano-nano aja ya mas :)

    ReplyDelete
  33. Friends receive hugs from Brazil...

    ReplyDelete
  34. Haduh..bisa2 buah lokal pada minggir nih mas, mulai durian, jambu, ayam kok dari bangkok yah hehe...

    Tapi kayanya sedep rasanya ya mas, belum pernah coba

    ReplyDelete
  35. tasneem suka. rasa masam manis kannn :)

    ReplyDelete
  36. Bliin donk mas,1kg saja ga usah banyak2,pengen nyobain!

    ReplyDelete
  37. jadi penasaran saya
    dengan rasa asam yang manis bak gula

    ReplyDelete
  38. Meskipun namanya asam tapi rasanya manis, wah belum pernah coba saya asam yg satu ini mas..

    ReplyDelete
  39. 50 - 60 ribu perkilonya?
    lumayan mahal juga ya, atau emang harga asam itu memang sekitar segitu?
    kalau dulu saya tinggal main ke belakang rumah buat ngambil asem

    ReplyDelete
  40. met pagi gan datang berkunjung di blog sahabat :-)

    ReplyDelete
  41. wah sueger tu mas, lidah jadi kemecer ngeces.. hehehehe

    wah jaringan netku gi lemot mint ampun jadi ga bisa baca semua, begitu nongol lihat judul langsung main komentar aja,, jadi maaf klo ga nyambung, hehehe

    ReplyDelete
  42. wahhh lidah saya jadi murui nih mas gara gara liat gambar tuh asam hehe :D
    tapi keren yah tuh asam bangkok rasanya beda dari yang lain kalo asam di kampung saya yaahhh namanya juga asam pasti asam tapi kalo asam bangkok koq bisa manis yah hmmm keyennn dahh

    ReplyDelete
  43. nama pohon dan buah yang sama itu adalah buah asam....tapi kalau asamnya manis,bukan buah asam dong....;o)
    inget asam, jadi inget masa kecil...setiap pulang sekolah nokrong dibawah pohon asam...rindang dan sejuk seh...juga didejet pohon asam itu ada cewe yang cantik namanya ayu....sekarang udah punya anak berapa ya si ayu itu ya...?

    ReplyDelete
  44. Melihat gambar asam gigi saya terasa linu sob,,, hehe

    ReplyDelete
  45. pengen nyobain juga nich asam bangkok, tapi sayang disini nggak ada yang jualan asam kayak getu. Saya pesen aja sama budi ah. Pesen 1 kilo ya mas. Hehehe ^^
    soalnya penasaran sih huhuhu ^^

    ReplyDelete
  46. wah mau cari dulu disupermarket ah....
    kayaknya perlu dicoba nih mas

    ReplyDelete
  47. Ingin nyobain buah asam yang rasanya manis alami...

    ReplyDelete
  48. seger tuh kayaknya Mas,,,,jadi kepengen coba dech,,,ok mas Budi terimakasih untuk infonya,nanti sore mo nyari ach di supermarket,,,,

    ReplyDelete
  49. Mudah-mudahan rasanya tetep ada asemnya ya mas sesuai namanya hehe, sukses mas.

    ReplyDelete
  50. iya sweet tamarin enak.. Maniis.. Cm mahal yaa

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum