Mangga Gedong Gincu Manisnya Juara

muhammad adnin


Mangga Gedong Gincu Manisnya Juara
Mangga Gedong Gincu Manisnya Juara.Ketika anda tengah berada atau sedang berbelanja di sebuah pasar,toko buah ataupun swalayan.Tentunya akan di suguhkan oleh banyaknya jenis mangga yang menghiasi area display buah-buahan di sana.Di karenakan memang saat ini sudah masuk musimnya buah mangga.

Bila di lihat dari ragam dan macamnya,ada satu mangga yang terbilang unik dan berbeda dengan jenis mangga lainnya.Baik dari tampilan warna kulit,bentuk dan juga pastinya soal rasa.

Mangga Gedong Gincu
Entah mengapa mangga yang satu ini di beri nama Gedong Gincu,apa mungkin karena dari warna kulitnya yang kemerahan menyerupai warna Gincu,sedangkan untuk arti Gedongnya sendiri ada yang mencadakan bahwa mangga jenis ini cuma hanya milik orang gedongan saja,atau memang karena kebetulan harganya yang lebih sedikit mahal di banding dengan harga mangga lainnya.Sedangkan untuk saat ini harga normal yang di jual di sejumlah kios buah dan swalayan bisa mencapai Rp.30-40 ribuan.Namun bila ada seoson promo dan stok buah sedang melimpah bisa turun harga hingga menjadi Rp.20 ribuan untuk per kilogramnya.

Bentuk
Dalam hal bentuk mangga ini kebanyakan berukuran kecil,yang paling besar umumnya berukuran segenggaman orang dewasa.Atau satu buah mangga berat timbangannya berkisar 200-300 gram.Dan biasanya para penjual memisahkannya dari tiap ukuran untuk di kelompokan dan di kategorikan ke grade sedang atau pun kelas super.Maka tak heran terkadang kita pun pernah sesekali menemuinya di beberapa tempat, istilah super kerap di pakai dalam beberapa jenis itemnya.Namun untuk rasa diyakini hampir sama,dan yang membedakan hanya ukurannya saja.

Rasa
Tak akan salah,kalo memang Gedong Gincu juara dalam soal rasa.Sanking manisnya di saat kita memotong buah mangga ini,di bagian daging buahnya akan nampak bintik-bintik kecil berwarna keputihan,dan hal itu menandakan tingkat kematangan sebuah mangga telah sempurna.Selain itu keluarnya aroma wangi buah yang khas dari mangga ini sudah dapat tercium tanpa kita harus mendekatkannya ke hidung kita.Oleh karenanya wajar bila mangga ini di sukai oleh banyak orang,dari mulai anak kecil,dewasa hingga ke orang tua.*yet.

Next,Cara Unik Membuat Jus Mangga dan Tips Memilih Mangga Gedong Gincu.

110 komentar:

  1. baru denger nama mangga itu mas,jadi penasaran seperti apa bentuk dan rasanya.
    abis yg diatas cuma gambar,besok kirim ke saya sekilo ya mas....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...sip mas Reo
      Boleh2 aja kok :)

      Delete
    2. Kebetulan kemarin saya Panen Mangga Gedong Gincu Mas Budi
      Jadi, pas sekali nih artikel Mas ini, saya yang Makanya Mas Budi
      Yang Nulis keteranganya, jadi Mantep deh mmmmhhhh maniss hhhh

      Delete
    3. Sepertinya siang-siang yang panas ini, enak rasanya kalau sambil menyantap mangga.

      Delete
    4. Wah wah dikirim paket juga ya 1 kilo ke Pontianak. Barter sama nanas nanti hiehiehiehiheiee

      Delete
    5. Wah asyik juga nih kalau bisa dikirim ke tempat saya mangga nya hehe ^^

      Delete
    6. Pas sekali jam 13:56 di hari jumaat ini.
      Pada jam-jam segini enak dan manstab makan buah mangga
      Apalagi kalau mangga Gedong, wuiih Pak Asep boleh juga
      Tuh Nanas Pontianaknya, Manis dan segar kayanya.

      Delete
  2. yaps saya juga termasuk penggemar jenis mangga ini, walopun di tempat saya mangga jenis ini jarang ditemukan karena didominasi mangga manalagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manalagi juga banyak di suka..karena rasa manis nya ya kang mas :)

      Delete
    2. mangga manalagi paling di suka kayaknya. Buktinya habos satu manalagi, ngupas satu lagi habis mana lagi..

      Delete
    3. manalagi.. manalagi.. manalagi... *capek

      Delete
  3. sekarang sudah musim mangga mas,dan halaman rumah mangga sudah pada berbuah,mangga emang tanaman khas indonesia dan ada hampir semua rumah di tanah air ini pasti punya tanaman mangga hehhee,tapi mangga ini baru juga dengan namanya,kalau bisa tau nama familiarnya apa ya,.. heheheh apa harum manis,golek atau apa heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama familiarnya ya gedong gincu mbak...cuma mungkin di tiap daerah sebutannya ada sedikit perbedaan barangkali ya :)

      Delete
  4. Mangga gedong enak manis.. baunya juga harum .. apalagi warnanya menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayan tigaratus dapat kerupuk :D

      Delete
    2. empat ratus dapet pisang goreng hehe...

      Delete
  5. saya pernah mendengar buah gedong ini, memang katanya enak rasa, tapi saya belum sempat mencicipinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main kerumah dong mas intan
      Nanti saya kupasin deh.. :)

      Delete
    2. Kalau main ke rumah Mas Budi mah kejauhan Mas?
      Main aja ke saya, kan masih se Kota SUBANG, Tar
      Naek sendiri deh di Pohon nya, sambil gegerantulan hkhkhkhk

      Delete
    3. ampun dah kalo harus ke rumah pak bud, kang karris di Subangnya di mana, tak samperin lah, saya babad deh mangganya :D hehe

      Delete
  6. nama sy baru dgr pak.., rasa2x gk ada tuh di makassar, kirim bbrp buah ke makassar dunk pak hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh tuh mas...tukaran sama cotto ya hehe :)

      Delete
  7. mangga india kalau disini bilangnya mas....rasanya memang manis dan memang mangga ini tergolong yang mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya malah baru tau mbak..dan memang betul ya..ternyata di tiap daerah penyebutan namanya berbeda pula :)

      Delete
  8. Ntar tak nyobain mas..buat saya mangga madu aja udah manis banget, eh ternyata masih ada yg lebih manis lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangga madu memang manis juga mas...cuma bedanya mannga gedong sulungan lebih banyak kandungan airnya..

      Kalo mangga madu lebih enak di makan daging buahnya justru yg masih keras.. :)
      Buat tampilan warna dua2 nya memang menarik..kalo gedong gincu kuning kemerahan..sedangkan mangga madu hijau bercampur kuning dan merah..dan asalnya pun dari negeri afrika nan jauh di sana :)

      Delete
  9. Replies
    1. Udah pernah coba ya mizz :)

      Delete
    2. Kyaknya Belum #Soalnya Si Mbak nya Kagak Jawab hihi :D

      Delete
  10. wah saya baru denger ada mangga namanya gedong gincu mas bud... tapi kok tampilannya mirip sama mangga cipet ya.. hehehe...

    nah ini yang jadi perdebatan di blognya mas agus setya... apa bedanya mangga dengan pelem..? ada yang bilang mangga itu silahkan dalam bahasa sunda.. dan pelem itu wanita. PELEMPUAN.. ckckckckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah denger tuh mas nama mangga itu...iya mungkin juga hampir mirip ya :)

      Delete
  11. waah saya jadi ngiler lihat gambar mangganya Sob,,,sekarang memang lagi musim mangga, di daerah saya juga banyak mangga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas di mana2 memang lagi musimnya.. :)

      Delete
  12. Wah dimana mana lagi musim mangga ya termasuk di blog agan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas..ceritanya lagi ikutan musim nih :)

      Delete
  13. Emang lagi musim mangga ya mas?hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..dan bentar lagi mau masuk musim hujan ... hehe :)

      Delete
    2. pohon mangga depan rumah saya juga lagi berbuah nich, tapi mangga golek. mau dipetik tapi nggak bisa manjat nya hehe ^^

      Delete
    3. pake tangga atau pake bambu panjang mbak, entar saya pesen satu yah hehe...

      Delete
    4. Kalau pakai ular tangga, bisa nggak mas? hehe :D

      Delete
  14. kalau disini mangga gedong gincu lumayan banyak mas hehe, bahkan banyak yang bisa petik sendiri di halaman rumah...

    katanya sih Sumedang juga menjadi salah satu tempat penghasil mangga gedong gincu terbaik mas, salah satu tempat penghasilnya ada di kecamatan tomo kabupaten sumedang *promosi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas..yang saya tau juga demikian sumedang,majalengka dan daerah cirebon merupakan penghasil terbesar jenis mangga ini..

      Wah kapan2 bisa main ke tempatnya mas Ws nih..biar dapet gedong gincu gratis..hehe :)

      Delete
    2. sekalian bawa gerobak mas biar bisa dibagi-bagiin hehe...

      Delete
  15. saya baru tahu nama mangga gedong gincu,ih kuper ya saya..
    pokoknya saya mah kalo yg namanya mangga manis,,santap aja..hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalo gratis ya mbak Yul :)

      Delete
    2. kalau gratis saya juga mau mas Bud hehe...

      Delete
  16. baru denger nama nya mangga gedong gincu hehe... lucu juga yah mas :)

    ReplyDelete
  17. Salam subuh budi...

    Baru baca tentang isinya yg juara manis udah rasa mau makan..unik juga nama buah mangga ini...gedung gincu....

    Nanti kalau sudah terbit entry jus mangga tu....air liur bisa keluar aja nih....hehe

    ReplyDelete
  18. ini mangga yang bentuknya kayak apel itu yah.. Manis banget pas sudah matang namun kalah manis sama mangga kalo di tempatku mangga batok namanya, daging buahnya tipis banget kebesaran biji, namun rasany manis sekali bahkan mentahpun ga asem sama sama sekali malah gurih rasa mentahnya

    ReplyDelete
  19. Sya belum nyobain mangga yg satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli Donk Mas Biar Kagak Ketinggalan Ame Yang Lain hihi

      Delete
  20. pernah lihat mangga seperti itu saya mas di desa sebelah. tapi belum pernah makan hehe :D
    sepertinya maknyus ya mangganya. terlihat seger kalau dimakan hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain makyus juga bikin sehat karena banyak vitaminnya :)

      Delete
    2. Bisa juga untuk ibu hamil yang sedang ngidam ya mas hehe :D

      Delete
  21. kalo kita-kita main ke matraman, mangga gincunya muncul kan Mas? hehe

    ReplyDelete
  22. namanya aneh ya mas, saya belum pernah mencicipinya..
    tapi dari penjelasan diatas, sudah kebayang rasanya hehe...

    ReplyDelete
  23. namanya unik ya Mas. saya baru denger nama Mangga Gedong Gincu..hehe

    ReplyDelete
  24. Kebetulan kemarin saya Makan buah mangga gedong gincu
    Tapi bukan dari super market atau swalayan, melainkan
    Dari kebon belakang Rumah Mas Budi, maklum di Kampung
    Jadi belum ada super market ,..hkhkhkhk
    Rasanya woow. Manis kaya semanis Madu..gkgkkg

    ReplyDelete
  25. Kedoyanan saya nih mas .. kebetulan dirumah uwak ku ada nih si gedong gincu .. mantapzzzzzzzzzzzzz

    ReplyDelete
  26. udah gedong bergincu pula ya
    pantaslah mahal :D

    *ada harga ada rasa

    ReplyDelete
  27. pasti jenis kelamin mangganya cewe tuh.. lha bergincu.. hehehe..

    ReplyDelete
  28. Jika di Malaysia dinamakan mangga pauh kerana bentuknya yang kecil2 umpana pipi comel, mulus. Ungkapannya begini " Seperti pauh dilayang"

    ReplyDelete
  29. ngomongin mangga, kalau musim buah..ibu rajin banget bawa pulang buah manggaapapun merknya pokoknya pasti bawa oleh-oleh buah mangga....dilalah ternyata bukan sekedar oleh-oleh untuk anak-anaknya tercinta...rupanya beliaunyalah yang kecanduan makan buah mangga...;o)

    ReplyDelete
  30. mangga ini memang mantep mas rasanya, walaupun agak kecil tapi banyak yang suka termasuk anak-anak
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  31. Assalaamu'alaikum wr.wb, Purnomo....

    Saya suka sekali makan buah mangga dan minum jusnya. Airnya pekat dan manis tanpa perlu ditaruh gula lagi.
    Sayang sekali, foto buah mangga gedong gincu itu tidak diambil secara jarak dekat. namun setelah meneliti bentuknya seakan bulat-bulat ya. Di Malaysia ada sejenis mangga bulat yang dinamakan mangga apel.

    Namun yang paling manis dinamakan Mangga Harum Manis tetapi kulitnya berwarna hijau tua. Ia menjadi buah komersial yang didagangkan keluar negara. Wah... ingin sekali merasai buah mangga gedong gincu itu. Lucu namanya. Tidak sabar untuk melihat cara membuat jus mangga dan tipsnya.

    Salam sejahtera dan selamat menyambut Maal Hijrah 1435 dari Sarikei, Sarawak.

    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  32. Ngeliat fotonya aja sudah bikin ngiler ya Mas :)
    Pengetahuan Mas Pur mengenai mangga mantap juga nih.

    ReplyDelete
  33. tiba2 saya teringat mangga rumah jiran saya. bentuk buahnya sama dengan mangga ni. pokok mangganya sekeliling rumah. tetapi sekarang sebatang pokok pon dah tak ada lagi. sudah ditebang.


    p/s tapi MANGGA 2 lagi best! shoppingggggggg ekekekekeke

    ReplyDelete
  34. musim buah, tapi mangga masih mahal. rata rata pasang harga 10 ribu per kilo
    tar belinya nunggu 3ribuan aja ah..

    ReplyDelete
  35. Nunggu stock berlimpah biar harga nya murah!

    ReplyDelete
  36. bisa jadi Mangga Gedong Gincu ini memang milik orang gedongan mas,, aku aja tahu namanya baru kali ini, hehe

    ReplyDelete
  37. Baru tahu nama jenis mangga ini! Kalo buahnya mungkin juga pernah makan, tapi gak ngeh namanya. Hehe..

    ReplyDelete
  38. beh, kalo ada yg mau ngasih neh mangga ke ane, pasti gak di tolak sob ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga sih mangganya kalau ada yang mau kasih, jangan lupa saya juga ya Kang ?.....

      Delete
  39. Jadi penasaran dengan mangga ini, kalau dibandingkan dengan mangga madu manis mana ya..?

    ReplyDelete
  40. waduh menggoda selera tuh mangganya mas.. dari namanya aja udah fresh mangga gedong gincu :) gincu berarti lipstik.. kalo abis makan mangga ini pasti serasa lembut banget di bibir hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bibirnya tambah manis yah mas hehe...

      Delete
    2. makin merona juga pastinya mas.. hehe

      Delete
  41. Sebuah nama yang unik, Mangga Gedong Gincu yang manisnya juara. Sentra Mangga Gedong Gincu ini berada dimana ? Si cantik dengan warna menarik. Konon dengan mengkonsumsi secara rutin, tentu bila musim buah tiba, Mangga Gedong Gincu setiap hari dapat membantu tubuh memperkuat proteksi dari serangan jantung. Hal ini disebabkan kandungan seleniumnya yang cukup tinggi. Disamping itu bila dikemas dan dikelola dengan profesional bisa menjadi komoditas ekspor ke berbagai belahan dunia. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  42. hadeh gara gara posting ini saya jadi ngiler -_-
    ntar pulang dari kantor harus beli nih kayanya :3

    ReplyDelete
  43. Pembahasan semangkanya dah abis ya? saya ketinggalan kereta nie, kirain masih membahas semangka :D Saya baru denger nama buah mangga gedong gincu, namanya unik banget ya, rasanya gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa mangga ini manis mas. bisa juga lebih manis lagi kalau rasah mbayar hehe :D

      Delete
    2. saya juga ketinggalan busway mas.....

      rasah mbayar ples pulangnya dikasih buat oleh-oleh pasti lebih manis lagi ya mbak :D

      Delete
    3. Kalau terlalu manis, entar dikeroyok semut lho kang hehe :D

      Delete
  44. Tapi ga kalah manis kali mas sama mangga aromanis ?? Hhe...

    ReplyDelete
  45. Selain mangga ini manis, juga bisa menyehatkan tubuh ya mas, karena di dalam nya terdapat kandungan vitamin yang banyak. Jadi sayang sekali apabila kita belum mencobanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi makannya harus pake gincu dulu kali mbak hehe...

      Delete
    2. kenapa namanya bukan mangga gedong centil saja ya :D

      Delete
    3. Ntar mangga nya jadi genit dan kecentilan kang hehe :D

      Delete
  46. Hello kedves Barátom további szép napot kívánok köszönöm a látogatást :)

    ReplyDelete
  47. Mangga gedong gincu dari rasa dan bentuknya selalu membuat orang penasaran Kang, apalagi kalau sudah mencoba dengan rasa dagingnya. Biasanya orang yang tersebut bisa menjadi ketagihan dalam hal mengkonsumsi jenis buah mangga gedong gincu ini.

    Salam

    ReplyDelete
  48. wah..saya baru x ini jga dngar ada mangga gedong,,,
    tpi klo dilihat dri harganya ,,
    Pasty ni mngga gk main2 deh ama rsanya

    ReplyDelete
  49. mangga gedong saya baru dengar mas, mangga yang mirip buah apel itu bukan mas ?

    ReplyDelete
  50. pasti enak banget rasanya ya Mas..hehe

    ReplyDelete
  51. ini dia mangga yang paling enak karena rasanya manis, selain harganya yang terjangkau murah dan meriah
    terima kasih mas infonya

    ReplyDelete
  52. oh iya sekarang kan lagi musimnya buah mangga

    ReplyDelete
  53. nice post... trimakasih but informasinya

    ReplyDelete
  54. Siang-siang kaya gini enakan Makan buah, buah apa yah?
    Ini di Mas Budi masih gak yah Mangga Gedong, coba Mas Bagi? hh

    ReplyDelete
  55. kayaknya enak tuh mangga gedong gincunya :D

    ReplyDelete
  56. lma gk mampir kesini. bukan hanya mngganya yang manis tapi Adminnya juga Makin manis hehehe..?

    ReplyDelete
  57. Aduh mas ngomongin buah mangga jadi saya kepengen nih, apa lagi mangga gedong gincu manisnya juara :D jadi pengen mencobanya.

    ReplyDelete
  58. Emang Bener Mas Bud Buah Mangga Gedong Ginju ini Harumnya sangatt Luar Biasa Ketika Dikupas Padalah Jarak Dari Buah Mangga Tersebut Jauh dari Hidung :D
    Dan Jujur saya Suka Bangett Ama Buah mANgga Yang Satu ini ^_^

    ReplyDelete
  59. kunjungan perdana, salam persahabatan

    ReplyDelete
  60. waahhh bikin ngiler aja neh< salam kenal ya

    ReplyDelete
  61. saya suka makan buah mangga.. juga enak jika dibuat jus mangga..

    ReplyDelete
  62. Namanya baru saya dengar, tapi kelihatanya dari gambarnya sih menggoda nih..

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum