Dragon Fruit (Buah Naga)

muhammad adnin

Dragon Fruit (Buah Naga)
Dragon Fruit (Buah Naga).Ada yang unik lagi menarik dengan jenis buah yang satu ini,bila di lihat dari bentuk di permukaan kulit buah yang berwarna merah serta di tumbuhi oleh susunan rombe-rombe yang menyerupai sisik layaknya naga.Dan pada bagian dalam buah banyak terdapat biji yang menempel pada dagingnya.
Menurut dari jenisnya memang ada beberapa macam buah naga yang tumbuh di sejumlah negara,namun yang lebih sering kita temui dan banyak di jual di pasaran hanyalah jenis yang isi dagingnya putih dan berwarna merah.

Konon dulunya buah ini hanya sering di peruntukan dan di jadikan sebagai persembahan atau acara ritual keagamaan dan perayaan hari Imlek.Namun dengan seiringnya perkembangan arus informasi lewat dari berbagai media.Banyak yang mengabarkan mengenai manfaat dan khasiat yang terkandung di dalamnya,sangatlah baik untuk kesehatan tubuh.Sehingga buah naga kini pun menjadi salah satu jenis buah yang di gemari oleh masyarakat kita.

Harga
Bila di lihat dari harga di sejumlah pasar,swalayan maupun toko(kios buah) saat ini buah naga merah memang lebih mahal berkisar di harga 30-40 ribuan,karena memang untuk soal rasanya lebih manis ketimbang buah naga putih.
Sedangkan untuk harga buah yang berwarna putih mancapai 10 hingga 20 ribuan.Dan biasanya jika ingin menjelang atau mendekati seoson imlek bisa menjadi lebih murah harganya,yaitu jatuh di kisaran 7 ribuan untuk perkilo gramnya.

Cara Memilih
Pilihlah buah naga yang warna merahnya merata,artinya tidak bercampur dengan warna kekuningan atau keputihan(kulit buah tidak terlihat pucat).Dan untuk tekstur dagingnya pilihlah yang tidak terlalu keras ataupun terlalu empuk(sedang).

Cara Penyajian
Sebenarnya banyak variasi dan cara ketika akan menyajikannya,sesuai dengan selera dan keinginan tentunya.Yang salah satunya bisa dengan cara membuat nya menjadi jus atau sup buah.Selain dari itu dapat juga dengan langsung memakannya .Kalaupun di rasa enggan (repot) untuk mengupas kulitnya.Anda dapat membelah buah naga menjadi dua bagian,kemudian tinggal mengerok daging buahnya dengan menggunakan sendok makan layaknya anda sedang menikmati ice cream dalam sebuah wadah.

Perbedaan Dragon fruit Putih Dengan Yang Merah
Sepintas bila di lihat nampak hampir sama,namun jika di perhatikan secara teliti ada perbedaan dari kedua jenis buah naga ini.
Ketidak samaannya ada terletak pada bentuk,warna kulit dan sisiknya.

Dragon Fruit (Buah Naga)

Jika buah naga merah bentuk nya dominan bulat, kulit buah lebih tipis dan mengkilap,untuk warna kulit dan sisik-sisiknya dominan hanya merah saja.

Dragon Fruit (Buah Naga)

Sedangkan buah naga yang berdaging putih,untuk bentuk umumnya lonjong (oval),warna buah merah kadang kekuningan dan sisiknya cendrung berwarna kehijauan.*yet.

93 komentar:

  1. kalau makan buah naga ini bikin cepat kenyang ya mas.
    saya baru pernah mencoba yang putih saja...yang merah apa rasanya sama ?? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna dalem buah naga mirip kaya buah Uwi/umbi jalar tapi ada siki/biji sirawung/kemangi. Kayanya bisa membuat perut kenyang, Kang WS.
      Rasanya kaya mirip Makan Ubi Cilembu, gak yah Mas Budi..? hhhh :D

      Delete
    2. Salam hormat semua nya dari mas budi, saya mewakilkan hehee :D

      Delete
  2. kalau makan buah naga ini saya agak kurang doyan,,, tapi kalau di bikin juice baru saya doyan.. hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi juice lele. doyan banget ya sob..wkwkwk

      Delete
    2. Saya ikut tertawa saja ya gan.

      Delete
  3. Saya suka ini mas kalau didalam es campur hehe

    ReplyDelete
  4. dr penampakan gambar pertama terlihat warna ungu.., apa sy buta warna kali ya... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu sudah kena udara mas rohis ...

      Delete
  5. Sumpah baru denger saya buah ini..ada aja nih mas budi buah2n terus kayanya heheh

    ReplyDelete
  6. merah dan putiuh khasiatnya juga serupa ya.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. konon yg merah lebih berkhasiat dr yg putih hariyanto...sy penggemar buah ini dn selalu membeli yg merah kerana isinya lebih manis berbanding yg putih...

      Delete
    2. Kabar yang saya dengar juga begitu karena itu lebih tertarik yang ungu.

      Delete
  7. Jus buah naga ini nikmat mas Pur...

    ReplyDelete
  8. salam budi..

    kalau di sini juga sama halnya budi,yg merah lebih mahal dr yg berisi putih konon kerana khasiatnya yg lebih...yg merah itu kalau di sini sekilo berharga ringgit malaysia 7 manakal yg putih ringgit malaysia 5 atau 6.bergantung pd saiz buah juga...ada juga yg menggelar buah ini sebaga buah patayya....

    ReplyDelete
  9. wah saya jadi kepingin nih mas.. minum es buah naga.. seumur umur saya belum pernah makan buah naga mas.. tapi kalau buang pepaya saya sering... melancarkan bab hahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. datang ke jember Mas. disana banyak buah naga seperti itu. harganya pun murah..:D

      Delete
    2. Dijual perkilo atau perbuah..

      Delete
    3. minta saja mbak sama mas nakusan

      Delete
    4. Minta sama mas budi aja, pasti dikasih bonus :D

      Delete
  10. Enakan di bikin es buah ajja..
    Tapi biasanya langsung aku makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Donk mbak saya Juga suka G2 hihi :D

      Delete
  11. wah saya belum pernah makan nich buah naga. Nama nya aja serem banget getu, apalagi rasanya ya mas bud. Nggak kebanyak bisa makan buah naga ini. Jadi penasaran sama rasanya nich ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut ngerame'in artikelnya Mas Budi. Mbak Ririn belum pernah makan
      Buah Naga toh.? kalau saya sih udah Mbak, rasanya kaya makan Martabak
      Tapi kalau Naga nya mah saya gak berani ding.. da takut hhh :)

      Delete
    2. wah namanya serem juga yah tapi rasanya nggak seseram namanya hehe...

      Delete
    3. Bener sekali mas Eka Rasanya Kagak Seserem Namanya Koq Mbak Eka Serius :D

      Delete
    4. Iya kalau belum makan ya nggak bisa membayangkan rasanya. Hanya bisa dilihat-lihat saja gambar buah naga nya ya mas :D

      Delete
    5. Mas Budi masih nyimpen buah naga nggak yah di rumahnya hehe...

      Delete
    6. Sepertinya buah naganya masih disimpen di kulkas mas bareng-bareng script dan css hehe :)

      Delete
  12. Replies
    1. Iyaa Donk Kand Biar Pengunjung Kgak Pada Kecewa yaa Gk mas Bud ?? :D

      Delete
  13. Untuk buah naga ini saya kurang suka..menurut saya agak aneh..buah ini memang agak mahal,tapi saya lebih suka mangga

    ReplyDelete
  14. Nama nya keren juga mas "Buah naga".saya baru tau!jadi pengen lihat yang asli nya+mau nyicipin juga

    ReplyDelete
  15. Saya sering denger dan lihat dari tv tentang buah naga ini mas, namun saya sampai saat ini belum beruntung untuk bisa mencicipinya hehehe..., kapaaan yaa.!? Thanks sudah berbagi mas, sukses selalu.

    ReplyDelete
  16. setelah memilih dan menyajikan buah naga yang memiliki khasiat kesehatan yang super dahsyat ini, bersiaplah untuk merasakan kenikmatan tiada tara dari rasa yang makjleb banget dari buah nan cantik rupawan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Kang Cilembu salah gak yah ceritaanya tentang buah Naga.?
      Tumben-tumbenan comments dah nya rada enak di denger, salut Kang
      Kasih buah Naga nya dah Kang Cilembu hhh ,, Mas Budi :)

      Delete
  17. Buah ini terasa segar seperti mangga, tidak terlalu asam juga tidal terlalu manis. kaya vitamin C

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti itu rupanya rasa dari buah naga.

      Delete
  18. buah yang cocok dimakan diwaktu panas

    ReplyDelete
  19. Klu dilihat manfaatnya..buat naga sangat bagus untuk kesehatan

    ReplyDelete
  20. Wah saya ketinggalan Buah naga/Dragon Fruit
    ini gara-gara saya gak kebagian follow blog
    Mas Budi nik jadi dah gak bisa Mantau ngeronda
    Gara-gara Kehabisan Pertamax juga kemarin
    Maaf Mas Budi, jangan di habiskan buah Naganya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas kita mampir ke rumahnya mas Budi untuk nyicipin buah naganya mas Budi hehe...

      Delete
    2. Undang saya juga ya kalau jadi makan buah naga. Terima kasih.

      Delete
  21. buah naga rasanya memang enak mas. apalagi dibuat juice, mantap banget.

    ReplyDelete
  22. Nah ini buah kesukaan saya mas Budi, jadi kangen nih sama yang satu ini hehe...

    ReplyDelete
  23. Buah nya rada mahal yaa.. >.< buah elite. saya jarang banget dapat makan.. sekali dapat sebuuah bagi-bagi sekeluarga.. dapatnya cuma secuil aja. huehehe

    ReplyDelete
  24. harganya memang mahal, tapi sebanding sih dengan harganya :D

    ReplyDelete
  25. saya belum enjoy makan buah ini Mas. masih terasa nikmat ubinya, hehe..
    tapi kalo Mas Budi nyuguhi ini besok di acara KPK sih, saya bakalan melahap sampai kenyang deh. hehe

    ReplyDelete
  26. Posting mengenai khasiat buah Naga Mas Budi !

    ReplyDelete
  27. Terima kasih informasinya. Saya jadi tahu jenis dan warna isi dalam buah naga. Saya sering dengar manfaat dari buah naga, tapi di tempat kami tergolong mahal. Ya maklumlah wilayah timur Indonesia. Saya tertarik dengan buah naga yang isinya berwarna ungu.

    ReplyDelete
  28. Jujur saya belum pernah makan buah naga kalau, sirup dan sejenisnya pernah minum. Mahal juga ya harganya.

    ReplyDelete
  29. Ternyata ada ya. kirain cuma mitos aja :D

    ReplyDelete
  30. Ternyata beneran ada buah naga....gimana ya rasanya.....thenks udah mampir.

    ReplyDelete
  31. didaearah saya juga ada sob, perkebunan buah naga, cuma saya pribadi kurang begitu suka sama buah naga

    ReplyDelete
  32. Sepertinya memang buah naga ini bukan buah yang berasal dari Indonesia ya mas, alias buah dari import dan kemudian di tanam di tanah Indonesia. Tak heran jika buah yang satu ini mempunyai harga yang relatif mahal. Kalau murah mungkin saya mau beli 1 kwintal, sekalian dijual hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa jadi juragan buah naga nih mbak hehe...

      Delete
    2. Wkwkwkw buah naganya buat stok satu tahun mas, bukan untuk dijual tapi untuk koleksi pribadi :D

      Delete
  33. jadi lebih tahu tentang buah naga ini mas....
    apalagi makan dingin2

    ReplyDelete
  34. ya ampun mahal nya itu per biji apa per kilo harganya??
    wah blm nyoba sih tp kalo nyoba kayakna g bs beli kopi :-D hehe
    ngarep ada yg ngasi aja deh mas budi :-D hehe

    ReplyDelete
  35. Kayaknya nikmat yang merah gan :D

    ReplyDelete
  36. buah naga ini di pantai glagah ada puluhan hektare mas,. aku pernah ikutan beli bibit dan ditanan dippot samping rumah,, tapi kayaknya ra waris nanem ppohon berkasiat ini,

    ReplyDelete
  37. Ampe sekarang gue cuma pernah liat doang, gak pernah makan! Hehe

    ReplyDelete
  38. Paling nikmat jika dibuat sop buah..

    ReplyDelete
  39. Sudah agak lama ngga makan buah naga nih. Di Bogor juga sudah ada perkebunan buah naga.

    ReplyDelete
  40. In meiner Heimat gibt es auch Drachenfrüchte zu kaufen. Sie wachsen aber nicht hier. Die Früchte werden fast um die halbe Erde geflogen, bis sie in Mitteleuropa sind. Sie wurden gepflückt, bevor sie reif waren, damit sie länger lagerfähig bleiben. Das schmeckt man. Deine Drachenfrucht ist die Bessere!

    Gruß aus dem Alpenvorland

    ReplyDelete
  41. mbahku nanam buah naga dan telah berbuah
    tapi ga dijual karena hanya cukup dimakan keluarga dan tetangga

    seger walau daging yang merah membuat mulut memerah

    ReplyDelete
  42. @nakusan @jenx indah @wahyu eka :
    saya mita sama naganya saja deh pemilik aslinya hahahahaha

    ReplyDelete
  43. Lama-lama saya malah jadi penasaran dech sama buah naga ini, soalnya belum pernah makan sih. Ntar dech kalau pas lagi jalan-jalan ke super market, mau borong buah naga hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya titip satu yah mbak Ririn buah naganya hehe...

      Delete
    2. Boleh mas, tapi kalau nitip ada ongkos jalannya ya hehehe :D

      Delete
  44. Tapi harga nya lumayan mahal juga ya mas. Nunggu lebaran cina aja dech pas harganya lagi murah hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keburu nggak kepengen lagi donk mbak kalau kelamaan nunggunya hehe...

      Delete
  45. memang buah naga sekarang ini sudah banyak yang tahu sob, sehingga ditempatku juga sekarang banyak orang yang menanam. Yang jelas dari segi manfaatnya untuk kesehatan sangat baik
    terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kata Mas PP Tentang buah naga ternyata sudah terkenal Yah Mas?
      Mas Budi sekarang jadi bandar buah naga, semangaka kayanya pending hh

      Delete
  46. Saya juga suka tuh sama buah naga tapi kalo dah dibikin es campur hehehe :D

    ReplyDelete
  47. Belum pernah nyicipi & belum pernah beli :(
    Tapi thanks infonya, baru tau kalo dragon fruit dulunya sering di peruntukan dan di jadikan sebagai persembahan.

    ReplyDelete
  48. Buah naga memang sangat Menggiurkan untuk di makan terlebih kalau sudah jadi olahan minuman..

    ReplyDelete
  49. mampir dihari minggu yg cerah..! *smile

    ReplyDelete
  50. Di Magetan beberapa kali saya melihat ada warga yang membudidayakan tanaman buah Naga ini. Warga menanamnya di tempat yang terbuka agar cahaya matahari bisa sepenuhnya menyinari tanaman spesial ini. Tanaman buah dengan cita rasa yang khas dan enak. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  51. Buah naga selain enak juga ternyata banyak khasiatnya yah mas Budi, pengen beli lagi nih buah naga biar sehat hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kebanyakan makan buah naga, ntar malah jadi naga beneran lho mas hehehe :D

      Delete
  52. Buah naga rasanya enak dan juga mengenyakkan, apalagi khasiatnya yang begitu besar bagi kesehatan tubuh kita.

    Salam,

    ReplyDelete
  53. Ternyata selain warnanya kulit ungunya yang cukup menarik, juga memiliki hasiat luar biasa didadalamya. Thanks for share.
    Salam!

    ReplyDelete
  54. Pengen makan buah naga lagi nih Mas Budi, siang-siang
    Campur sama es enak kaya nya, pesen 1 kg Mas say makasih hhh :)

    ReplyDelete
  55. saya suka yang warna putih berbanding warna merah

    ReplyDelete
  56. Baca postingan ini membuat saya jadi ingat pertama kali beli buah naga ngebet banget pingin tau rasanya tapi setelah di beli dan di makan hingga hari ini tidak akan pernah beli lagi kerena ngak pas untuk lidah saya.

    ReplyDelete
  57. Datang lagi Mas Budi, di siang ini saya pengen buah Naga di Juss akh
    Campur sama apa yah enak nya Mas, selamat istirahat jelang sore Mas Budi :)

    ReplyDelete
  58. wahh.. sya belum pernah buah ini..

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum