Buah Kiwi (Kiwi Fruit)

muhammad adnin

Buah Kiwi (Kiwi Fruit)Buah Kiwi (Kiwi Fruit).Bila di lihat dari warna kulit dan bentuknya,sekilas buah kiwi ini memang hampir mirip dengan buah sawo.Oleh karenanya ada yang sempat mencadakan bahwa buah kiwi itu sawonya para wong londo.
Meski awalnya buah ini berasal dari negeri cina,seiring dengan perkembangan dan pembudidayaannya makin kian tersebar kesejumlah negara,terutama Italia,Chilie dan New zealand.

Sedang untuk buah kiwi yang kerap kita temui di pasaran umumnya berasal dari New zealand.Cukup beralasan karena buah berbentuk oval yang berasal dari sana mempunyai kualitas lebih baik ketimbang dari beberapa negara yang sudah di sebutkan tadi.

Label buah yang terkemas dan berlogo Zespri ini,menawarkan dua produk variant andalannya yakni kiwi zespri green(hijau) dan satunya lagi jenis Gold.Namun dari kedua jenis buah ini mempunyai kesamaan dan perbedaan dari segi ukuran dan karakteristiknya.

Perbedaan Kiwi Hijau dan Gold

Buah Kiwi (Kiwi Fruit)


Kiwi zespri green (hijau)

  • Kulit buah berbulu dan berwarna kecoklatan
  • Daging buah berwarna hijau
  • Rasa asam manis segar
  • Kombinasi rasanya yang khas,menyegarkan lagi meninggalkan rasa bersih dan nyaman dalam mulut
  • Salah satu buah dengan kandungan nutrisi terpadat.
Buah Kiwi (Kiwi Fruit)


Kiwi zespri gold
  • Kulit buah tidak berbulu
  • Daging buah berwarna keemasan
  • Rasanya lebih manis,fresh dan unik
  • Tekstur lembut,padat dan mengandung banyak air
  • Banyak di sukai anak-anak maupun dewasa
Persamaannya
Keduanya sama-sama mempunyai bonggol kecil putih dan berbiji kecil-kecil berwarna hitam namun demikian masih tetap aman untuk di makan.Di lihat dari berat dan ukuran kedua buahpun memiliki kesamaan.Untuk beratnya berkisar 100-150 gram sedangkan ukurannya sendiri sebesar ukuran telur ayam.

Cara memilih buah kiwi
Bila ingin mendapatkan cita rasa yang benar-benar fresh pilihlah yang daging buahnya bertekstur keras.Di karenakan jenis buah ini memang paling cepat tingkat kematangannya.Hindari untuk memilih buahnya yang sudah terlalu empuk,apalagi bila di tekan akan mengeluarkan busah dari gas yang berasal pada bagian dagingnya.

Cara penyajiannya
Cara paling terbaik ialah dengan membelah buah menjadi dua bagian,kemudian gunakan sebuah sendok untuk mengeluarkan dan memisahkan daging buah dari kulitnya.
Bila anda memakan dua buah kiwi sehari kandungan serat yang akan diperoleh untuk tubuh,dapat mengalahkan ketika anda tengah menghabiskan satu mangkuk sereal.*yet.

Referensi by Tes produk knowladge bersama zespri,beberapa waktu lalu.


85 komentar:

  1. Buah ini enak ..tapi klau belom empuk kok asam banget yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bener Mbak Muya makan buah kiwi harus yang empuk
      Kalau yang keras mah berarti belum matang, yang empuk baru enak :)

      Delete
    2. kalau asam bisa dikasih gula biar tidak terlalu asam mbak, atau pilih yang gold lebih manis :)

      Delete
    3. Kalau asem di campur gula jadinya permen Nano-karno Mas Anthonie hh
      Berarti jauh dong dengan rasa buah Kiwil ini eeh buah Kiwi maksude..hh

      Delete
    4. hmmmmm buah kiwi
      rasa asam manisnya telah membayang di gigi

      Delete
    5. bener banget kalau buah kiwi belum matang rasanya persis semir sepatu mark kiwi pahit asem dan tiak manis hehehehe

      Delete
    6. Kang Dede buah kiwi berarti mirip dengan semir sepatu yah? hahaha

      Delete
    7. aku malah belum pernah makan
      padahal sering liat kalo pas ke swalayan
      payah ya..?

      Delete
    8. wah rugi mas kalau nggak nyoba, soalnya bagus banget buat kesehatan :)

      Delete
  2. Saya suka yang gold...berarti salah dong mas cara maknan saya,sebab kalau saya makan saya kupas kulitnya baru di belah..

    ReplyDelete
  3. Mantep nih mas budi,musim ujan gini bahasnya buah2n terus hehehe

    ReplyDelete
  4. bener banget kaya sawo, gk salah nih ternyata pak budi ahli buah juga :D

    ReplyDelete
  5. oh seperti ini ternyata rupa dari buah kiwi.. saya malah baru tau mas :) haha depan rumah adanya pohon mangga jadi apalnya itu2 aja.
    terimakasih atas pencerahannya mas bud dan maafkan saya udah lama ga nongol jadi jarang mampir :) hehe
    salam kiss hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah tau Mas Andes ya disini di artikel buah Kiwinya Mas Budi
      Mas Andes baru nongol habis meditasi yah Mas soale hasilnya sudah
      saya download salam hormat buat Mas Budi Mas Andes dan sobat semua :)

      Delete
    2. wah seneng nih mas Andes sudah bisa hadir kembali, mungkin gara-gara buah kiwi nih hehe...

      Delete
    3. Luarbiasa yah manfaat buah Kiwi selain enak dimakan juga
      Bisa membangkitkan gairah dan enzin yang super, buktinya
      Mas Andes dengan makan satu aja sudah semanget lagi
      Dan kumpul bareng lagi hadir di artikel Buah Kiwi season 2

      Delete
    4. Klu mangga mah masih mending mas...tempat saya malah buah salak doank

      Delete
    5. masih mending ada buah mangga dan salak didepan rumah saya mah hanya ada buah berenuk doang hahaha

      Delete
    6. coba kang Dede buah berenuknya dibagi-bagiin disini hehe...

      Delete
  6. itu yg berbulu bikin geli aja hehe.., makasih infox pak! *smile

    ReplyDelete
  7. Asyik saya makan buah Kiwi Lagi nih dari Mas Budi, sangat baik hati sekali
    Yah Mas Budi bagi-bagi Buah Kiwi nya terima kasih atas Parcel Buah Kiwinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayar dikasir lho mas bukannya gratis

      Delete
  8. waduh mas budi saya cuma bisa lihat digambar untuk kiwi ini hehehe belum pernah lihat langsung :)
    mudah mudahan dikasih kesempatan buat mencicipi :d hihihi

    ReplyDelete
  9. Wah kayaknya saya belum pernah makan buah kiwi mas bud, gimana tuh rasanya, enak ga? Depan rumah saya adanya cuma pohon jambu hehehe :D

    ReplyDelete
  10. mahal mas harganya,mending beli pisang aja....hehe

    ReplyDelete
  11. Buah kesukaan saya itu mas .. paling suka dikupas dulu kulitnya terus digigit kayak makan rambutan hehe enak ..

    ReplyDelete
  12. Makasih buat info buah kiwinya mas Budi, saya biasanya makan kiwi dikupas kulitnya dulu lalu dipotong-potong, ternyata yang baik malah pake sendok yah mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau saya carane beda Mas Anthonie, makan buah Kiwi
      Asal di cuci bersih terus langsung saja Grogot di mulut kaya
      Makan Buah Sawo aja abis sayang sih sama bulunya yang mulus
      Bulu buah Kiwi Maksud nya yang pirang dan aduhai ,... :)

      Delete
    2. kulitnya dimakan juga yah, wah hebat mas hehe...

      Delete
  13. di cilembu buah model beginian mah ngga ada...peluang bagus ngga yah...kalau saya ganti kebon ubi nya jadi kebon kiwi....pencerahan lanjutannya kang ditunggu banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih peliara kiwi kayaknya. Bisa manfaatin sisa sontrot ubi untuk makanan itu binatang, jadi ga ada yang terbuag sia sia gituh kalie ya.

      Delete
    2. Walah mau banting STIR ya mang Lembu. Sudah nda mau jual UBI CILEMBU lagi. Kini mau beralih jadi KIWI CILEMBU

      Delete
  14. wah detaoilbanget mas ngamati buah kiwi, sampai kebulu bulunya bisa dijelaskan dengan sangat rinci,,
    thx dah berbagi informasi yang bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Memang kalau urusan buah Kang Budi akhlinya, apalagi kalau dengan penyajian belahan dan cara makan yang benar ya Kang. Mantap.

    Salam,

    ReplyDelete
  16. Kunjungan pagi datang lagi untuk meramaikan blog nya
    Mas Budi di artikel Buah Kiwi Fruit salam sukses aja Mas Budi :)

    ReplyDelete
  17. Ternyata Buah kiwi semula berasal dari Cia ternyata, tahunya Kiwi dari Selandia baru saja. Kalau Binatang kiwi dari mana? Jadi ingat pertama kali makan buah Kiwi dari hasil gogoh gogoh(bilang aja nyolon) di kranjang pengepul buah di surabaya saat ikut kirim buah duku dulu banget. Rasanya segar unuk beda dengan buah buah lainnya dan terasa istimewa deh pokoknya lebih lagi waktu itu katanya harganya sangat mahal jika di banding buah lainnya.

    ReplyDelete
  18. jadi kepengen kiwi, soalnya belum pernah mencoba buah ini... Hehehehe....

    ReplyDelete
  19. Belum pernah coba makan buah kiwi mas Pur...Jadi tahu sekarang setelah membaca info dari mas Pur...

    ReplyDelete
  20. jaman dulu saat masih bujangan, saya sering beli buah ini. begitu sekarang malah nggak pernah sama sekali. kenapa ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin gara-gara buahnya berbulu kali, kang?

      Delete
  21. namanya lucu dan buahnya menggemaskan, bikin geli banyak bulunya..hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo buah rambutan, geli tidak, mas?

      Delete
    2. buah durian bulunya besar-besar tuh kok nggak geli mas hihi

      Delete
  22. Selamat pagi mas budi. Izin ikut belajar tentang kiwi fruit. Kebetulan saya nggak begitu paham tentang buah kiwi ini, soalnya belum pernah makan. Terimakasih banyak atas share nya ya. Salam hormat buat mas budi dan sahabat blogger yang lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo adminnya harus tanggung jawab.. nih ada pembacanya yg belum pernah makan buah kiwi. mbok ya dibelikan......

      Delete
    2. wah kasian amat yah mbak Ririn nggak pernah makan buah kiwi hehe...

      Delete
    3. Wkwkwkwk ayo siapa yang mau beliin saya buah kiwi. Nanti tak kasih hadiah hehehe :D

      Delete
  23. belum pernah nyoba nih buah kiwi hehehehe, jadi ingat merk semir sepatu :(

    ReplyDelete
  24. Assalamu’alaikum,apa kabar Mas Budi,,, lama tak berkunjung kesini,semoga dalam keadaan sehat wal afiyat semuanya,,,,salam blogers and salam persahabatan,,,,,,secces selalu mas Budi,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kang Dede udah datang lagi hehe...

      Delete
  25. hello mas bud apa kabar,, numpang baca2,

    ReplyDelete
  26. Mas budi buah kiwi itu bahan dasarnya semir sepatu yah.....? ckck

    ReplyDelete
  27. buah kiwi saya belum pernah makan gan, ngeliatnya aja jarang..... hehe...

    ReplyDelete
  28. Klu dari rasa kira enakan yg hijau atau yg merah mas...upps maaf maksud saya yg Gold heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung mas Nyzam, yang hijau seger, yg merah juga seger..:)

      Delete
  29. Saya malah baru sekali makan buah ini ... Ada yang mau dikirim ga mas Pur ? Nanti alamat saya emailkan ... :D

    ReplyDelete
  30. Enak tapi mahal ya mas..
    wajar memang..

    ReplyDelete
  31. katanya memang buah ini enak tapi saya belum juga coba nih sob, kalau bisa bagi bagilah

    ReplyDelete
  32. wah tdi kirain itu bah sawo mas.. Ternyata buah Kiwi.. Tpi bener saya baru denger ada buah Kiwi mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang agak sama dengan buah sawo Mas Warim buah kiwi tuh

      Delete
  33. udah berapa tahun ya stupid monkey gak ketemu sama neh buah ... #sedih

    ReplyDelete
  34. Nambah dah pengetauhan tentang Buah Kiwi. Makasih teman

    ReplyDelete
  35. aku paling suka saat kakan buah kiwi
    di pitong jadi dua bukan dibelah
    dan makannnya pake di korek dengan sendok

    ReplyDelete
  36. wah.. buah kiwi aku sukaa... tapi susah bgd dapetinnya disini..

    ReplyDelete
  37. Kunjungan Malam Mas Budi kembali saya datang
    Masih penasaran dengan buah kiwi ini masih ada Rupanya

    ReplyDelete
  38. saya belum pernah makan buah yang astu ini ._.)
    entah rasanya gimana deh

    ReplyDelete
  39. Salam jumaat budi...

    Buah kiwi ini buah kegemaran saya,tp kalau rasanya terlalu asam,sy tak suka makan....kalau memakan buah ini berlebihan,boleh meyebabkan semput...(apa budi faham apa itu penyakit semput?hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau org sabah menggelar penyakit semput itu sebagai ampus...kalau di indonesia apa ya budi?

      Delete
  40. saya ngefans sama buah kiwi mas bud .. rasanya itu lho mantapzzzz !!!

    ReplyDelete
  41. Sebelum solat jumat mampir dulu,sekedar lihat buah kiwi,nyicipin nya kapan2 aja hehe...

    ReplyDelete
  42. Meskipun saya belum pernah makan buah kiwi, paling-tidak dengan mengikuti tips yang dijelaskan diatas, nantinya bisa mudah dan nggak salah dalam memilih dan membeli buah kiwi untuk di konsumsi, mengingat ada beranekaragam manfaat yang terkandung dalam buah kiwi ini untuk kesehatan :)

    ReplyDelete
  43. Ternyata buah kiwi banyak nutrisinya juga, saya jarang makan jadinya kurang mengenal buah ini.

    ReplyDelete
  44. Semput atau ampus atau lelah atau sesak nafas...kalau di sana apa ya budi..?heehehe..

    Salam silaturahim buat budi dan yg lain2nya.....

    ReplyDelete
  45. Baru tau kalau kiwi asalnya dari Cina. Sudah lama ngga makan buah kiwi nih.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum