Belajar Diluar Rumah Dan Sekolah

muhammad adnin

Belajar Diluar Rumah Dan Sekolah.Meski tidak harus di wajibkan,namun hampir dari semua para orang tua memilih untuk memasukan putra putri kecilnya ke Taman Kanak-kanak,PAUD ataupun Play Group yang kini makin di minati keberadaannya.Alasan dan tujuannya pun seragam,di karenakan agar si anak lebih punya kesiapan di saat tengah atau baru akan duduk di bangku Sekolah Dasar,nantinya.

Belajar Diluar Rumah Dan Sekolah
Belajar Diluar Rumah Dan Sekolah

Di mana di tempat itu mereka tidak hanya mendapat pelajaran untuk mengenal huruf (angka), bernyanyi dan bermain melainkan akan banyak pula di bekali hal baru,yang memang di butuhkan untuk perkembangan mental mereka.
Dan untuk lebih melengkapi proses belajar mengajar agar lebih efektif,para guru di masing TK sesekali di rasa perlu mengadakan kegiatan di luar sekolah sebagai aktifitas penunjangnya.Yang mana dari kegiatan itu sendiri di harapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan pada diri anak-anak tadi.

Belajar Diluar Rumah Dan Sekolah
 Belajar Diluar Rumah Dan Sekolah

Selain dari itu,kegitan yang di lakukan ini pun bisa menjadikan anak-anak terlatih dan dapat belajar berani tampil,untuk berinteraksi dengan sekumpulan kawan-kawan dan orang di sekitarnya,serta membuat mereka lebih senang dalam mengenal atau memahami sesuatu.Yang bukan hanya sekedar di dapatkannya lewat ucapan,buku,gambar atau pun berupa alat peraga.*yet.

116 komentar:

  1. Benar sekali mas ilmu yang didapat tidak hanya didalam sekolah melalui media luar juga ilmu bisa bertambah.

    ReplyDelete
  2. Belajar mengenal Buah
    Itulah kenangan indah
    Saat aku dan kamu sebelum sekolah
    Bersama lingkungan yang ramah

    Hehe

    Ah jadi kembali
    Kemasa setelah bayi

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihir, belajar bersama Mas Budi nie Mbak ? hehe

      Delete
  3. sambil belajar sambil belanja juga,.. wah sampai bawah anggota sebanyak itu musti siap dompet yang tebal nih hehehehe

    ReplyDelete
  4. masih kecil di ajarin belanja..xixixi eh.. salah ding, belajar mengenali buah-buahan..:D

    ReplyDelete
  5. Untuk melatih kesiapan anak sebelum masuk SD, klu menurut saya Play Group, PAUD, TK kayak keharusan mas, biar anak ga minder...karena selain bermain anak2 udah dibekali cara menulis, membaca, dan menyanyi tentunya. sekarang tidak heran kalu anak PAUD udah pinter baca tulis.

    ReplyDelete
  6. Hmmm .. kalo Orang Tua saya Sihh Langsung Ngejeblosin Saya Ke SD mas Kagak Ke paud atau Tk dulu dan jadinya pas saya Masuk Ke sd belum Punya Kesiapan + Mental yang Cukup dan Akhirnya saaya Jadii Pemalu dan Pengetahuannya pun Cenerung Lebih rendah Kalo Dibandiingin ama yang dimasukin Ke Paud + Tk :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung nggak dijeblosin ke empang mas :D

      Delete
    2. Mbak ainnun sampai segitunya, waktu kecil di Jeblos-jeblosin..
      Kang Ucup lagi waktu kecil di jeblosin di empang yah Kang? hhh

      Delete
    3. Hahhaha Kang Ucup Rese ahhh Awas Lhoo Saya Adukan Sama Mamah Papah Biar Pada Dijeblosin Ke Empang :D

      Delete
    4. Wkwkwkw ternyata mas ainul suka main air di empang ya wkwkwk :D

      Delete
  7. dengan kegiatan diluar ini menjadikan anak terlatih untuk bersosialisasi ya mas...selain itu secara tidak langsung melatih mereka juga untuk menjadi lebih tau dan peka terhadap lingkungannya...

    ReplyDelete
  8. dengan belajar di luar lingkungan sekolah dan lingkungan rumah pasti sedikit banyak menambah pengalaman, pengetahuan dan wawasan anak ya kang yg blm tentu ditemukan di sekitar lingkungannya... :)

    ReplyDelete
  9. Usia dini memang memerlukan media pembelajaran yang variatif sehingga belajar tidak membosankan..tentunya sambil menyelam minum air, belajar sambil jajan hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jajan es cream di indomaret ya mas xixixi

      Delete
  10. kgiatan yg sngat bermanfaat bgi mereka,, shrusnya diterapkan distiap Tk gtu..
    sngat mnrik

    ReplyDelete
  11. Cuman nyebelin aja setelah paud naik daun. Masa anak mau masuk SD dikasih tes baca tulis segala. TK itu kan tempat bermain dan sekolah ya mulai SD. Kasihan anak anak musti dijejali sesuatu yang semestinya belum dia terima. Dunia pendidikan makin koplak aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Endonesiah kang...Endonesiah....ko' jadi kaya yang keheranan seh?

      Delete
    2. Saya pernah bertanya kepada Kepala Sekolah KB TK Islam Al Azhar mengenai Kelompok Bermain (PAUD) di sekolah yang dipimpinnya. Kepala Sekolah itu mengatakan bahwa usia anak PAUD atau Kelompok Bermain "belajar" nya melalui permainan. Dengan kata lain bahwa Bermain itulah "proses belajar" sang Anak

      Delete
  12. bener kang, belajar diluar ruang kelas bagi anak-anak seusia PUD?TK emang penting banget, sesekali bolehlah belajar belanja di mall, tapi harus juga sesekali belajar ke pasar tradisional, sebab di situ lebih banyak dan beraneka ragam manusia yang bisa ditemui, ada gembelnya, ada direkturnya, dan lain-lain...lebih berpareasi getoh.

    ReplyDelete
  13. Belajar diusia dini lwt beragam hal akan memperkaya imajinasi anak kedepannya

    Slm kenal !

    ReplyDelete
  14. Wew mas budi mantap deh tips nya belanja trs hehehe

    ReplyDelete
  15. yap, belajar itu tak harus di sekolah tapi di rumah dan di luar rumah. ngomongin TK, dulu saya tak masuk TK tapi langsung masuk SD :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira mas intan langsung sekolah sma hehe ^^ peace

      Delete
    2. Kalau saya mah belum pernah Makan Bangku sekolahan Mas Intan Mbak Rin

      Delete
    3. nggak usah makan bangku sekolah mas, entar giginya bisa patah kan bahaya juga kalau ketelen mas hehe...

      Delete
    4. Wkwkwk bahaya juga tuh kalau sampai makan bangku sekolahan. Mending makan bangku rumah aja mas, gratis. Kalau bangku sekolah dimakan, entar dimarahi sama bapak dan ibu guru lho wkwkwk :D

      Delete
    5. bangku rumah emang enak mbak hehe...

      Delete
    6. Sepertinya lebih gurih dari pada bangku tetangga mas hehe :)

      Delete
    7. Kaya nya Bangku di Rumah untuk sambilan hkhkhkhk
      Tapi bangku Tetangga boleh juga tuw tt3tt3tt3, sepertinya
      Lebih Rempon, dan Lempay.. hhhh sssssttttt...

      Delete
  16. Belajar di luar sekolah memang diperlukan buat menambah wawasan dan pengembangan diri terlebih untuk anak-anak agar bisa mengenal lingkungan sekitar...

    ReplyDelete
  17. makanya sebaiknya para anggota KPK disekolahin lagi di sekolah alam, gimana Mas? Kang Cilembu jadi kepala suku, Kang Rawins jadi tarzannya.

    ReplyDelete
  18. kalau kegiatan belajar melulu di dalam kelas lama-lama jenuh juga mas :)
    bagus itu metode yang diterapkan pada anak usia dini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang ucup mau sekolah lagi ya? hehe ^^

      Delete
    2. ngeblog juga termasuk sekolah juga kan mbak hehe...

      Delete
    3. Kalau yang jadi gurunya mba' ririn saya mau jadi muridnya ko :)

      Delete
    4. Saya mau jadi murid nya mas budi aja dech biar bisa sukses bisnis semangka ^^

      Delete
    5. saya juga mau daftar ah sekolah bisnis semangka di sekolahnya mas Budi, pasti laris manis nih hehe

      Delete
    6. Tapi sebenarnya yang prospeknya bagus itu malah bisnis soda mas hehe :)

      Delete
  19. dirumah dulu saya sering belajar masak sama nenek loh mas
    tapi kalo diluar rumah,belajar jadi wong ra genah di terminal....hehe

    ReplyDelete
  20. Selamat malam mas budi...

    Itu yg dipanggil sebagai praktikal atau amali kan budi.....dengan cara ini anak2 akan mudah fahami dn mengenali apa yg diajari....

    Rasanya mcm seronok kalau belajar cara yg begini....rasanya kalau di malaysia ini guru2 lebih tertumpu kepada dalam kawasan sekolah utk keselamatan murid2.....

    ReplyDelete
  21. melatih keberanian anak anak tampil dideoan umum ini memang menadi penting, karena biar anak anak kita tidak tampil minder

    ReplyDelete
  22. cocok, minimal mereka jadi tahu, mana jeruk, pisang yang beneran gak cuma gambar doang, pisangnya masih ada gak sob ???

    ReplyDelete
  23. Iyahhh mas., itu merupakan ajang perkenalan kepada dunia luarrr.,
    nice info mas.,

    ReplyDelete
  24. dulu mah belum zaman kan PAUD?
    Dan saya juga nggak tahu gimana sistem penilaian di TK, saya langsung masuk SD.
    Orang tua seringkali mendewakan nilai raport, padahal yang perlu diperhatikan adalah perkembangan anak.

    ReplyDelete
  25. Setuju banget mas :) dimanapun tempatnya bisa belajar

    ReplyDelete
  26. belajar di luar rumah bsa menjadi cara menghilangkan kebosanan krn cuma belajar di dlm ruangan,anak2 ljdi ebih cepat memahami kondisi sekitarnya

    ReplyDelete
  27. kegiatan yang seperti ini memang sangat bagus dan cocok buat anak anak seperti mereka.
    perlu dikembangkan terus mas
    salam sukses selalu

    ReplyDelete
  28. Belajarnya di mal, adem sekali. Pastinya banyak pilihan selain jenis jenis buah buahan..

    ReplyDelete
  29. metode ini sangat efektif ya mas karena langsung menyentuh obyek dalam kenyataan

    ReplyDelete
  30. Betul mas belajar tidak mesti di lakukan di dalam rumah, dan tidak sedikit para orang tua menerapkan hal ini kepada anak-anaknya.

    ReplyDelete
  31. belajar di luar emang lebih enak mas, apalagi kalau buah2 itu di gratiskan buat anak2, pasti minat kesekolah akan lebih meningkat, hehehh

    ReplyDelete
  32. jaman dlu gk ada yg kayaka gitu.., belajarx di kelas mulu,
    skrg mah beda.., klo ada kelas tuk tingkat dewasa aq jg pengen ikut heheh..

    ReplyDelete
  33. Saya jadi teringat dengan masa kecil dulu. Saat itu saya menempuh pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) selama 2 tahun kemudian masuk SD pada usia 7 tahun. Tentu model atau sistem pendidikan tempo doeloe berbeda dengan saat ini. Modelnya semakin berkembang dan maju dengan materi yang komprehensif. Disinilah salah satu fase pendidikan bagi anak yang sangat menentukan. Kata orang bijak 'tempalah besi selagi panas membara'. Semoga materi akhlak atau budi pekerti yang luhur mendapatkan porsi yang proporsional dalam sistem pendidikan nasional.

    Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  34. lucu-lucu ya anak TK pake seragam gitu.. :3

    ReplyDelete
  35. Penting nih, karena sampai sekarang saja masih banyak buah yang tidak kuketahui!

    ReplyDelete
  36. sistem pembelajaran seperti ini nih yg pasti bakal disukai oleh anak2, aku dukung deh.. ^_^)b

    ReplyDelete
  37. Belajar sambil belanja.pasti seneng banget tuh anak2.jadi pengen ikutan

    ReplyDelete
  38. semakin maju berkembang dalam pendidikan,,,,,

    ReplyDelete
  39. hana singgah dan follow yeah. :)

    ReplyDelete
  40. wah pasti nggak bakalan bosen tuh anak anak Tk nya :D

    ReplyDelete
  41. Jaman sekarang ini memang anak sejak usia dini sudah dikenalkan dengan bangku sekolah. Entah itu di sekolah play group, paud atau tk. Dari situlah mereka bisa belajar sambil bermain dengan teman-teman karena memang seusia mereka belum bisa menyerap pelajaran yang berat seperti membaca cepat dan menulis, tapi mereka sudah bisa menggambar. Ini yang kemudian menjadi tantangan bagi orang tua yang tidak mampu, apakah bisa menyekolahkan putra putrinya di sekolah usia dini tersebut? hmmm yet* (ala mas budi) hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh sorry tulisan yet nya kebalik, seharus nya *yet bukan yet* hehe :D

      Delete
    2. beda dikit mah gpp mbak, mas Budi juga pasti maklum hehe...
      Btw *yet itu artinya apa yah mbak? Hehe...

      Delete
    3. Gara-gara kebanyakan, makan semangka dan ngetawain Mas Budi
      Mbak jadi kesrimped juga tuw? Mas Anthonie nh yang belum Kesrimped

      Delete
    4. Teks di atas Mbak Rin nya Ketinggalan nyusul deh Pakai Cator
      Yah Mbak Rin tt3tt3tt3 :)

      Delete
    5. Kayaknya yet itu artinya tempe penyet mas hehehe ^^

      Delete
    6. ngahaha.. kayak apa itu mbak bentuknya tempe penyet :D

      Delete
    7. tempe yang udah nggak berbentuk mas Andes hehe...

      Delete
    8. Sepertinya mas andes penggemar tempe penyet dech hehe :)

      Delete
  42. Sekolah yang bagus itu adalah sekolah yang lebih banyak prakteknya, jadi kalau cuma teori saja pasti nggak maju-maju, saya setuju dengan adanya belajar di luar rumah dan sekolah ini mas Budi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke akur, saya sependapat Mas Anthonie. terima kasih yah.?
      Sudah kasih masukan di blog saya,.. tt22tt..hhwkwkwk
      Eeeehh Blog nya Mas Budi.. sory Mas Brow... :D

      Delete
    2. sip mas Karysta, tos dulu donk :)

      Delete
    3. ya udah daripada berantem mendingan kita salaman aja deh hehe...

      Delete
    4. Iya betul itu mas, seratus untuk mas anthonie hehe :)

      Delete
  43. Betul banget mas belajar itu bisa dilakukan di sekolah maupun di luar rumah, untuk anak usia PAUD/TK emang ada dalam kurikulum yaitu pembelajan di luar kelas (praktek), salah satunya adalah kunjungan ke supermarket. Tujuannya mengenalkan kepada anak-anak tentang segala kegiatan yang terjadi pada saat mereka berbelanja di supermarket. Biasanya guru-gurunya hanya mendampingi saja sementara anak-anak itu sendiri yang mempraktekan untuk berbelanja mulai dari memilih barang yang akan dibeli sampai melakukan pembayaran ke kasir itu dilakukan oleh anak-anak sementara gurunya hanya membimbing aja.

    ReplyDelete
  44. bagus juga sepertinya untuk pembelajaran di luar area sekolah maupun rumah, selain efektif untuk belajar para siswa juga lebih mudah untuk mengetahui dan mempraktekan langsung materi yang di ajarkan

    ReplyDelete
  45. dan yang pasti kegiatan pembelajaran di luar area sekolah maupun rumah tentu lebih slow dan santai.. kan bisa sambil makan semangka ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi kalau pas panas-panas yah mas, semangka bikin seger di tenggorokan hehe...

      Delete
    2. Asyik juga ya kalau belajar di sekolah bisa sambil makan. Kenapa nggak sekalian aja warung nya ada didalam kelas ya hehee Pasti saya mau beli soda hehe :D

      Delete
    3. iya mbak enak banget.. apalagi kalo bisa bon dulu biar lebih enak :)
      soalnya liat kalender kok tanggal tua terus, gak muda :D hohoho

      Delete
    4. wah bisa kacau nih sekolahnya kalau begini hehe....

      Delete
    5. Ngebon soda dapat bonus semangka seperti sedap mas hehe :)

      Delete
  46. selain itu juga untuk mengajarkan kepada siswa untuk bersosial mengenal lingkungan, dengan suasana lingkungan yang nyaman pastinya siswa tidak merasa jenuh dan lebih mudah untuk menguasai materi yang di ajarkan oleh guru

    ReplyDelete
  47. selain para siswa dapat mengenal buah semangka, melon, dan mangga tentu mereka juga bisa mengenal buah jeruk yang mulus bundar dan segar

    ReplyDelete
  48. dan yang lebih meyakinkan lagi para siswa juga bisa cuci mata pastinya, kan di mall banyak yang kinclong2 sekaligus bening2 pada lewat :) kalo bersiul juga enak kayaknya ya mas :D suittt.. suittt mbak mbak SPGnya itu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau anak sd belum waktunya belajar di mall mas hehe...

      Delete
    2. iya ya mas, kalo masih kecil taunya ya yang penting beli es krim rasanya enak :) hoho

      Delete
  49. Saya juga mau belajar dari Luar rumah ah,, mendingan di blognya Mas Budi
    Kaya nya, ramai dengan siswa-siswi, perlu di pelajari nih,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asyik juga yah kalau banyak siswinya yah mas Karysta hehe...

      Delete
  50. bener masbud... belajar di luar sekolah atau di luar rumah justru lebih baik dan bisa membuat rasa jenuh para murid hilang mas... karena hatinya gembira... kalau hati sudah gembira. pasti gampang mengikuti pelajaran dan dapat mengingat dengan akurat.. hehehehe kayat tendangan bebas saja deh akurat.. cckckckckck

    ReplyDelete
  51. selain menuntut ilmu secara teori disekolah, anak2 perlu juga dikenalkan denggan dunia nyata...jadi ada keseimbangan antara yg didapat disekolah dan yg diperoleh dari lapangan...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sependapat dengan mas Hariyanto, memang begitu seharusnya

      Delete
  52. aku singgah dan follow kamu kembali..:)

    ReplyDelete
  53. kegiatan yg bagus tuh.. melatih anak untuk bisa mandiri dan mengenal lebih baik lingkungannya..

    ReplyDelete
  54. slamat mlm. wah ituhma sama aja belajar beli buah heheh..

    ReplyDelete
  55. Masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah
    Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cucok banget lagunya mbak, lebih tepatnya masa2 SMA masa2 paling di kenang:) hohoho

      Delete
    2. wah mbak Ririn sama mas Andes pasti pacarnya banyak yah hehe...

      Delete
    3. Nggak mau ah punya pacar banyak, takut nanti di sembur hehe :D

      Delete
  56. ini kunjungan pertamax saya gan disini blognya juga sudah saya follow, masa-masa sekolah memang masa yang indah gan! dari ikerenki.blogspot.com

    ReplyDelete
  57. Belajar di luar sekolah dan rumah bisa jadi lebih menyenangkan :)

    ReplyDelete
  58. thanks follow my blog budi...datang balas kunjungan anda..

    ReplyDelete
  59. Sebenarnya dimana saja/ sarana apa saja bisa di jadikan proses pembelajaran, tak harus mononton di dalam kelas trus.

    ReplyDelete
  60. datang lagi mas bud.. ada yang ketinggalan nih.. hehehehehe

    ReplyDelete
  61. Btw, murid-murid itu belajar apa ya?? ^^

    ReplyDelete
  62. Sebenarnya metode belajar ini dapat dijadikan suatu trobosan pihak pengusaha toko-toko ritelbekerja sama dengan pihak sekolah, sekaligus segabai ajang promosi. kan tidak ada salanya melakukan suatu kegiatan belajar kepada dunia didik dalam hal seperti ini. he,, he,, he,,,,

    Salam,

    ReplyDelete
  63. udah lama gak berkunjung disini, lama2 makin keren saja blognya.!!!

    ReplyDelete
  64. sangat perlu itu belajar di luar sekolah apa lagi diajak nermain ke alam terbuka gituh. Dalam main main itulah jadi plajaran anak anak. Jadi bisa bermain sambil belajar, Bukan belajar sambil nermain

    ReplyDelete
  65. ini salah satu metode learning by gaming,,....betul gk gan?

    ReplyDelete
  66. Datang lagi masuk lagi
    Wah Mas Budi, sekelurga belum pulang juga
    Dari swalayan, cepetan pulang Mas...

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum