Cara Memotong Semangka Yang Higienis

muhammad adnin


Masih terkait dengan tulisan sebelumnya,Cara Memilih Semangka Merah Dan Manis 2013.Disini  sekedar hanya menambahkan(melengkapi) sedikit tentang bagaimana Cara memotong dan menyajikan buah semangka untuk di konsumsi dengan benar,higienis dan hasil potonganya pun akan terlihat bagus dan nampak menarik.

Memang hampir di tiap kesempatannya kita hanya berpikir dan beranggapan cukup dengan yang simple saja,cuma hanya tinggal di belah dan di potong lalu selesai sudah urusannya.Namun di sebabkan buah semangka di ketahui banyak mengandung dan mudah mengeluarkan air,oleh karenanya di perlukan satu Cara Memotong Semangka lewat tahap-tahapannya.Seperti yang coba akan saya sampaikan kali ini,dan berikut uraiannya:

Cara Memotong Semangka Yang Higienis

Langkah pertama.Sebelum masuk ke proses pemotongan,di anjurkan semangka yang sudah di siapkan.Di cuci terlebih dulu kulitnya,hingga bersih dan merata.Lebih baiknya lagi dalam mencucinya menggunakan sabun(khusus untuk sayuran dan buah-buahan).Agar kotoran,tanah dan bakteri yang menempel di kulit semangka hilang.(Karena mengingat buah yang satu ini tumbuh dan berbuahnya langsung di atas tanah).Dan bila di rasa telah bersih,lalu tiriskan atau jika ingin lebih cepat kering dapat mengelapnya dengan lap bersih.

Cara Memotong Semangka Yang Higienis
                                         
Langkah kedua.Berikutnya pastikan tangan anda pun dalam keadaan bersih.Kemudian siapkan talenan berikut pisaunya. Lalu potong semangka menjadi dua bagian terlebih dulu,dan buah yang menjadi setengah tadi kembali di belah hingga menjadi dua bagian lagi.

Cara Memotong Semangka Yang Higienis

                                              
Langkah ketiga.Setelah buah yang menjadi setengah kita belah dua,mulailah kita ketahap memotong(mengiris) dari bagian ujungnya.Di mana posisi daging semangka harus berada di bawah(menempel) pada talenan dan bagian kulitnya ada di posisi atas.Hal ini bertujuan untuk memberi kemudahan di saat anda akan mengukur ketebalannya hingga hasil potongan sama besar dan rata.Untuk lebih jelasnya bisa terlihat seperti pada gambar di atas.Dan dalam memotong ketebalan dagingnya,usahakan ukurannya kurang lebih 1 - 1,5 cm(tidak terlalu ketipisan atau ketebalan).

Cara Memotong Semangka Yang Higienis
                                        
Langkah terakhir.Nah sekarang saatnya anda bisa langsung segera menyusunnya dalam wadah(piring atau nampan) dan siap untuk di sajikan ke pada keluarga tercinta di rumah maupun ke para tamu anda,bagaimana...cukup mudahkan.

Catatan:
  • Bila anda ingin menyajikannya berbentuk kotak kecil seperti dadu,di sarankan untuk mengupas bagian kulitnya.
  • Dan jika anda hendak berniat memotongnya namun tidak semuanya(satu buah),yang setengah bagiannya lagi bisa anda bungkus dengan menggunakan plastik wrapping,lalu masukan ke dalam lemari Es.Bila sudah demikian di jamin semangka milik anda akan bertahan kesegarannya dan dagingnya pun tidak akan mudah mengering.
Demikian sedikit tips sederhana Cara Memotong Semangka Yang Higienis di kesempatan ini,semoga membawa manfaat.Terima kasih..tetap selalu jaga kondisi,salam dan sukses untuk kita semua.*yet.

113 komentar:

  1. tuh kan, persis saya kalo motong semangka. kalo pas nyupiti juga pake jurus yang begitu itu, Mas. agak mirip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah baru tau kalo makan semangka bisa pake supit :D

      Delete
    2. Kalau makan semangka pakai sumpit malah mempersulit diri sendiri mas hehehe :D

      Delete
    3. boleh juga pake sumpit untuk melatih ketrampilan tangan hehe...

      Delete
    4. Makan semangka pakai sumpit kaya makan Mie Ayam dong..?
      Saya butuh semangka nya Mas Budi, buat ngasih makan
      Dinosaurus google saya biar jinak, gak ngamuk tt3tt3tt3tt3

      Delete
  2. Salam mas..met petang...

    Cara potong semangka yg menarik buat diri rasa sangat teringin nak makan..nampak sgt menyelerakan...hahaha


    betul tu,seharusnya buah semangka dibersihkan terlebih dahulu begitu juga tangan kita....

    Makasih infonya mas

    ReplyDelete
  3. memotong semangka juga ada triknya y sob mancap D:.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilmu serat jiwa nya perlu dikeluarin juga mas...

      Delete
    2. Mau belanja dan memilih semangka lagi akh di Kiosnya Mas Budi
      Kali aja sekarang agak turun Harganya, gak kaya Premium cepet
      Naik tempo Turun kagak bisa deh.. hhhhh

      Delete
  4. kalo saya gak pernah motong semangka mas, tapi saya pernahnya mecahin semangka. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dengan kami sob. aku cuma Belah Duren aja yang udah hahahah.....?

      Delete
    2. Duren kok dibelah to kang...???

      Delete
  5. Wah klu saya mah biasanya habis dipotong2 ga sempat disajikan di piring kya gitu...udah abis di serbu temen2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang yang di potong semangkanya siapa mas,

      Delete
  6. Apalagi kalau semangkanya dingin mas enak banget ini :)

    ReplyDelete
  7. Kebanyakan kita kalau mau makan buah semangka langsug saja dipotong-potong, tanpa dicuci dulu. Sudah tak tahan Mas kalau nunggu nyuci segala. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lebih baik dicuci sih daripada nantinya merugikan kesehatan :)

      Delete
    2. Lebih baik lagi kalau di cuci pakai detergen mas. Biar kumannya hilang :D

      Delete
    3. @Muh Hendrik : Betull Ituu Masss Hahaha Saya Juga G2 ckckck :D
      @Anthonie : Iyaa Benerr Juga sihh Mas :)
      @Mbakk Wahyu : Wahhh Ituu Sii Mauuu Nyuci Namanya Mbakkk hahaha :P

      @Mas Admin : Wahhh Makasiii yahh Gann Infonyaa sangattt Bermanfattt Skalii Nanti Dehhh Bakall Saaya Praktekin Biarr Sehattt :D

      Delete
  8. hemmm dengan melihatnya saja sudah terasa segar mas :)

    ReplyDelete
  9. sama dg caraku memotong semangka mas,kurang lebih juga spt itu.Btw,semangka yg gak ada bijinya itu jenis apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangka modifikasi tapi rasa manisnya kurang dibandingkan semangka berbiji

      Delete
  10. cantik potongannya, begitu rupanya ya..

    ReplyDelete
  11. ternyata memotong semangka juga ada seninya ya mas, trims tips yang menarik ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu saja mas, apalagi jika di kolaborasikan menggunakan teknik kungfu pasti makin canggih hasil potongan semangkanya :)

      Delete
  12. ternyata memotong semangka ada caranya ya mas,,, memang penting sih utk jaga kesehatan...
    thanks tipsnya ^_^

    ReplyDelete
  13. ternyata memotong semangka juga ada caranya ya mas. benar-benar kreatif banget nich mas budi. pasti di rumah lagi makan-makan buah semangka. asyik banget nich. tapi lebih asyik lagi kalau mau bagi-bagi sama kita-kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok mas Budi pengalaman banget yah sama semangka, hebat deh pokoknya :)

      Delete
    2. Iya hebat banget. Sebenarnya kan urusan potong-memotong buah itu kan urusan cewek. Tapi Mas Budi bisa menjelaskan secara runtut dan detail. Pasti sudah ahli banget :)

      Delete
    3. master semangka pastinya, tidak ada tandingannya hohoho...

      Delete
  14. wah jadi pengen makan semangka nie sob...
    setelah proses pemotongan terlihat hasil akhirnya yang tinggal dihidangkan saja jadi terlihat menarik dan menggugah selera nie :)

    ReplyDelete
  15. Kirain main potong saja ternyata ada cara nya toh buat memotong semangka agar higinies.

    ReplyDelete
  16. betul juga yah kalau mau motong semangka harus dicuci dulu biar bersih dan higienis apalagi dicuci pake sabun khusus buah-buahan dijamin bersih dan sehat tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis nyuci jangan lupa di peres yah mas biar cepet kering semangkanya :D

      Delete
    2. setelah kering jangan lupa disetrika biar rapih hehe...

      Delete
  17. ternyata memotong semangka kalau dilakukan dengan baik dan benar seperti contoh diatas selain menjadi sehat. diliat juga sueger ya mas. hehe jadi ngeces ni..

    kayaknya mas budi suka banget sama buah buahan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. awas mas netes entar hihihi...

      Delete
    2. siapin ember Mas, biar nggak ketes di lantai wkwkwk :D

      Delete
  18. masih sama kaya kemarin, om...
    ga pernah nyentuh kerjaan begituan. pasrah ibue ncip terus
    payah ya..?

    ReplyDelete
  19. Makasih tipsnya.. selama ini saya malah ngawur motongnya... pisau sembarangan.. malah kadang pake jotosan atau banting di tanah sampai pecah... #semangka curian..

    ReplyDelete
  20. wduuhh..... !! kali ini saya sudah tidak bisa mengelak lagi nih mas.. kalau masalah memotong semangka jujur saja saya asal asalan.. yang penting kebelah.. nggak tau deh higenis apa tidak... hehehehe

    ReplyDelete
  21. Potongannya rapih banget Kang, jadi pengen belajar motong semang rapih nih.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  22. waduh pagi-pagi udah ngeliat buah seger begini...
    mantap...

    ReplyDelete
  23. Wah tau aja kalau saya suka buah Semangka. Hiehiehiee. Kayaknya Semangka sangat akrab bagi kami sekeluarga. Selain buah pisang, dan pepaya, kami sekeluarga senang dengan Buah Semangka karena selain harganya murah, banyak kandungan airnya, juga bergizi dan menyehatkan.

    ReplyDelete
  24. Waduh, kok mesti semangka sih mas < saya jadi ingin makan semangka > ini buah favorite saya :)
    Follow sukses.

    ReplyDelete
  25. kabare mas bud?
    semangkanya aku pesen ya 5 biji yg besarnya sama....potongin sekali hehe

    ReplyDelete
  26. pastinya jangan sampai lupa mencuci terlebih dahulu, :)

    ReplyDelete
  27. saya nggak pernah motong semangka sendiri Mas...hehe

    maaf baru nongol nih...

    ReplyDelete
  28. segarnya semangka dijadiin hidangan penutup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih segar lagi kalau makan buah semangka saat cuacanya panas sob. pasti langsung adem dan seger :)

      Delete
    2. itu sih udah pasti.. pokok'nya segeerrrrr... ^_^

      Delete
    3. seger dan juga menyehatkan, apalagi kalau gratis lebih sehat lagi hehe...

      Delete
    4. saya suka kalau ada yang gratis-gratis :)

      Delete
  29. Jangan2 Mas Purnomo Jualan Buah Ya?Jago Banget Tips Nya,hehehe,jangan Lupa Follownya Yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan jago jualan buah,, tapi jago belah buah.. :D

      Delete
  30. kalau saya lebih suka maan semangka pake sendok, biar 'marem' :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya lebih seru kalo pake garpu deh kang :D

      Delete
  31. Buah Semangka menjadi salah satu 'makanan penutup' yang favorit sehabis makan. Bentuk dan rasanya yang menarik, segar, dan manis. Tentu di dalam penyajiannya harus juga memperhatikan faktor kebersihan. Tips yang menarik tentang cara memotong semangka yang higienis. Terima kasih sharingnya. Salam cemerlang.

    ReplyDelete
  32. memotong buah semagka memang lumayan sulit buat yang belum terbiasa....karena ukuranya yang besar itu...dan buah semangka ane pa;ing suka sob...makasih atas trik mudahnya...mantab

    ReplyDelete
  33. haha masih seputar semangka ya mas budi :) boleh nih semangkanya

    ReplyDelete
  34. saya gak pernah belah semangka sob, yang ada tinggal ngunyah doang hehehe

    ReplyDelete
  35. siang" panas gni enaknya makan semangka,,,,
    alhamdulillah saya sudah lulus ujian dalam memotong semangka yg higinies

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong dong semangka dipotongin.. :)

      Delete
    2. jangan lupa mbak saya disisain yah...

      Delete
    3. mas Ruly,,,, mas budi jurinya,,, sudah memenuhi syarat kok

      mas andi,,, mna? antr rumah saya ntar saya potongin

      mas tOnie,,,, tinggal bijinya aja mas,,, gehehe

      Delete
  36. baru bisa menyambangi mas .. setelah begitu sibuk dgn aktivitas akhirnya di suguhi semangka segar mantap mas lah ...

    ReplyDelete
  37. wah,, rupa nya gitu ya cranya biar higenis..
    klo ane selama ini hnya memotong asal2 aja ,, yg pnting utk dmkan..

    mksi deh buat trik nya,

    ReplyDelete
  38. Pasti dicoba nih Mas. Jadi ingat kalo sudah lama juga ngga makan semangka :)

    ReplyDelete
  39. sy minta yg dipotong setengah lingaran itu bukan yg diiris kecil2 hehe..
    makasih pak... *smile

    ReplyDelete
  40. Kunjungan malam, belajar iris semangka...mantaff gan thanks...

    ReplyDelete
  41. saya sampai sekarang gak bisa belah-belah buah bang.. tapi kalau belah yang lain bisa.. hehehe.. :)

    ReplyDelete
  42. bang budi jago betul motong buah.. salut bang.. :D

    ReplyDelete
  43. semangka buah yang menyehatkan, tapi kalau kotor yah bikin sakit, karena itu harus dicuci dulu biar bersih dan higienis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa siapin rinso sebelum mencuci semangka :)

      Delete
    2. @Mas Andes : Wahh Klo Rinsoo Sih Itu Mahh Buatt Nyci Baju Kang Bukan Buatt Buahh Buahan Hahaaa :D

      Delete
    3. kalau kurang bersih siapin juga odol sama shampoo biar mantap hehe...

      Delete
    4. terus dijemur di kebon biar cepet kering hehe...

      Delete
  44. huaduh ngerii amat mas potong pake golok :D heuheu
    pinjem golok punya kang dede yah mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum motong semangka siapkan P3K sama helm biar selamet mas...

      Delete
    2. nyuruh pak selamet yang suruh motongin ya mas..

      Delete
  45. jangan lupa telenan dan pisaunya dicuci juga ya mas,dan kulit tidak boleh dimakanlo hehe...

    ReplyDelete
  46. semangkanya bikin saya ngiler mas heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapin Emberr Masss Biarr Air Ngilernya Kagakk Leber :D

      Delete
  47. Semangka kotak ada yang jual nggak yah di Indonesia, pengen nyoba rasanya kayak gimana yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pengen semangka dempet mas :)

      Delete
    2. semangka dempet kayak gamana ya sob?

      Delete
  48. Assalamualaikum... Pak Budi, apakabar? maaf baru sempat keliling-keliling lagi :)

    wahh, semangka, udah lama gak makan semangka, seger deh kayaknya... eh iya kalau emotong melon gimana, sama juga kan tips2nya, soalnya kan gak jauh beda sama semangka, hehe... saya lebih suka melon dibanding semangka, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduhh kabar baek bu widiani :)
      iya nih bu kayak melon juga enak, mirip semangka yah.. sama2 bunder kalo di belah yang satu merah yang satu agak2 kuning gitu..

      Delete
    2. hehe... iyaa, melun tu dibikin buah potong terus dicampur buah2an lain terus dikasih susu kental manis, hmm favorit sayaaa... :)

      Delete
  49. walaaah,,, ada caranya juga toh? hahahahaha,,, jadi pengen ini malahan... mana kagak ada buahnya lagi di rumah,,, lirik kanan kiri

    ReplyDelete
  50. Halah, kesuwen, Bro! Motong semangka aja ada tutorialnya juga .. Hehe.. Kalo gue mah tinggal brakot ajah! Hish.. Koyo tikus! Bhahaha

    ReplyDelete
  51. keren deh sob, hehe bisa ja ne bikin postingannya, rame pula, kunjungan balik dari http://samboedy.blogspot.com/. bagi dong sob tips nya agar blog rame kayak blog sobat

    ReplyDelete
  52. biasanya saya tinggal terima makan mas :3

    ReplyDelete
  53. lihat semanggka jd pengen saya mas, bawa cini atu mas cckkcckk....

    ReplyDelete
  54. tips memotong semangka yang baik dan benar serta higienis jarang orang yang tahu mas, kebetulan mas Budi share tentang ini jadi sangat bermanfaat buat kita-kita, makasih mas :)

    ReplyDelete
  55. wah jarang sekali saya kayak itu sob

    beli potong jadi 4 langsung libasss hehehee

    ReplyDelete
  56. Ya ".Di mana posisi daging semangka harus berada di bawah(menempel) pada talenan dan bagian kulitnya ada di posisi atas.Hal ini bertujuan untuk memberi kemudahan di saat anda akan mengukur ketebalannya hingga hasil potongan sama besar dan rata." syaratnya, talenan harus bersih, sebab daging semangka menempel di talenan.

    ReplyDelete
  57. soal yang beginian mah biarin bini azh deh yang kudu ngerti mah....kalau soal makan semangka yang higienis mah boleh juga tak pelajari dengan seksama....;o)

    ReplyDelete
  58. Saya gak pernah motong semangka mas, cuma tau makan nya aja. :D

    ReplyDelete
  59. Berlaku buat ngupas melon juga kan :)

    ReplyDelete
  60. Hmm motong semangka ada triknya jugak --". Saya kira tinggal potong aja.. :D

    ReplyDelete
  61. Postingan nya Rame bener kayak Pasar Murah. padahal artikel nya tentang Semangka..

    Gambarnya pakai tangan si Admin tu ya ?.. tanganya aja udah Cool, apa lagi orang nya, pasti cucok banget.. :D

    ReplyDelete
  62. waduuh.. ternyata memotong semangka ada triknya juga toh.. selama ini yang penting tangan bersih aja, langsung deh tuh semangka di potong.. hehehe.. :D

    terima kasih mas atas triknya, sangat bermanfaat.. ^^

    ReplyDelete
  63. Tips yang bagus gan, nanti kalau saya mau motong semangka akan saya ikuti tips dari mas agan ini.

    ReplyDelete
  64. yang penting di lap dulu mas yachh.. oke siiippp.

    ReplyDelete
  65. Wach panas-panas gini jadi pengin makan tu semangka

    ReplyDelete
  66. Datang lagi Mas Budi di artikel, yang rasa nya adem dan manis
    Jadi ketagihan semangka nih saya Mas,. kirim Mas lewat paket
    Tar ongkos-ongkos nya tanyakan pada Mas Andes tt3tt3tt3tt3

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum