Tips Belanja Hemat Di SuperMarket 2013

muhammad adnin

Tips Belanja Hemat Di SuperMarket 2013
Tips Belanja Hemat Di SuperMarket 2013.Masih dalam suasana di bulan syawal, jadi masih teringat pula dengan perayaan di saat Lebaran kemarin.Di mana kesibukan berbelanja waktu itu untuk keperluan hari raya sudah menjadi salah satu perioritas.Khususnya untuk para ibu-ibu dan para kaum hawa tentunya.

Demikian pula untuk di tiap bulan lainnya,aktifitas belanja inipun sudah merupakan salah satu rutinitas yang mereka tidak bisa hindarkan.Di samping tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan keluarga semata saja,di rasa terkadang aktifitas ini pula dapat di jadikan sarana untuk sekedar menggugurkan dari satu keinginan(atau hobi),misalnya.
Nah di sini... mereka di tuntut tidak hanya harus pintar mengatur keuangan dari penghasilan yang di terima,namun mesti pula dapat mensiasati dan mempunyai tips(cara) agar aktifitas belanjanya tidak sampai keluar dari jalur yang sudah di agendakan sebelumnya.

Kendatinya aktifitas berbelanja tadi dapat di lakukan di banyak tempat,seperti di pasar tradisional atau pun di pasar modern seperti mini,super atau hypermarket.Oleh karena nya di tulisan ini saya berkesempatan mencoba memberikan beberapa tips sederhana belanja hemat di supermarket.Dan adapun tipsnya seperti yang ada di bawah ini:
  • Memilih Tempat
Dalam halnya memilih tempatnya,di anjurkan mencari yang lebih dekat jarak lokasinya dari rumah kita.Hal ini di karenakan selain dapat menghemat waktu,di nilai dapat pula mengirit ongkos(bensin)ketika menggunakan kendaraan sendiri.
  • Memilih Waktu
Biasanya hampir dari semua pasar modern baik mini,super ataupun hypermarket tadi.Seperti untuk saat ini mereka saling berlomba menggelar program diskon selama tiga hari di tiap akhir weekend,yang di mulai dari Jumat sampai dengan di hari Minggu.Di program itupun banyak barang-barang kebutuhan sehari-hari yang sampai di pangkas habis harga jualnya.
  • Menggunakan Katalog
Anda bisa mengambil berupa lembaran buku brosur(katalog) yang telah di sediakan dekat pintu masuk pengunjung.Dan dengan adanya katalog ini pula kita bisa terbantu dan mengetahui jenis barang-barang apa saja yang sedang tengah di promosikan.
  • Membawa catatan kecil dan uang cash tak berlebih
Hal ini sebenarnya sudah saya bahas di tulisan sebelumnya, di "Cara aman dan nyaman berbelanja di supermarket".Dan intinya di point ini adalah,agar kita dapat menghindari berbelanja yang bukan merupakan kebutuhan(atau yang ingin di beli) dan untuk menghindari pula dari pemborosan anggaran biaya rumah tangga tentunya.
  • Menjadi Member
Salah satu pilihan lainnya untuk bisa berhemat belanja di supermarket,bisa dengan jalan menjadi membernya.Dengan cara mendaftarkan diri,guna bisa memiliki sebuah kartu belanja untuk bertransaksi.Dan dari segi kelebihannya bila kita telah mempunyai kartu belanja ini.Kita akan berhak mendapatkan tambahan diskon dari tiap produk yang di tawarkan.Sekalipun produk tersebut telah masuk dalam kategori program promo di akhir Minggu.(Dan biasanya di tiap supermarket telah menyiapkan custumer servicenya untuk para pengunjung baik yang memang tengah kebetulan berniat untuk membuat (memiliki)jenis kartu belanja itu ataupun hanya iseng sekedar mencari kejelasan informasinya saja).
  • Periksa Dan Cek Struk Belanja
Dan di Tips inilah,yang paling mempunyai peran amat penting.Di karenakan lewat struk ini nantinya kita bisa memeriksa,apakah barang yang sudah kita beli sudah benar klop (sesuai) harganya dengan apa yang tercantum di antara tempat display dengan harga di mesin register kasir.Serta kita dapat mengecek (memperhatikan) pula jumlah quantity barang dan total jumlah belanja dengan jumlah uang kembaliannya dari kasir.Apabila kebetulan di temukan selisih harga(kesalahan di saat transaksi),kita pun dapat lekas memberitahukan ke kasirnya kembali.

Demikianlah,sedikit tips sederhana untuk berbelanja hemat di supermarket.Semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua.*yet.


108 komentar:

  1. boleh juga nih tipsnya, mksih gan...

    ReplyDelete
  2. benar mas bud yg paling akhir yang saya suka ...
    dan yg penting uangnya ada , baru belanja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. teubisa nganjuk ngahutang mending belanja di warung Ma Icih hihi

      Delete
    2. iya kang di ma icih ngebon lancar

      Delete
    3. di tempatnya pak bos Dede Thea@ heheheh

      Delete
  3. sebenarnya harganya gak beda jauh dan yg pasti beli barang yg emang dibutuhkan...
    :)

    ReplyDelete
  4. Buat ibu-ibu yang suka berbelanja disupermarket mesti tahu tips dari mas ini yakni harus pandai memilih tempat,waktu dan terutama harus irit :)

    ReplyDelete
  5. tips nya keren mas buat kaum hawa yg doyan belanja ... hehehd

    ReplyDelete
  6. Yang sering saya lakukan adalah dengan uang cash, karena kita bisa membatasi apa saja yang akan kita beli,,,klu uangnya ngepres kan ga bakal main comot sembarangan,,,beda jika kita pake Credit Card bawaannya mo ambil barang mulu tanpa pikir barang itu bermanfaat apa ga..??? Kan klu di supermarket semua ada tuh,,,kecuali mobil hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bboleh juga tuh kang Virlys,,,,asal jangan pakai kartu remi aja yahhh,,,,

      Delete
    2. kalau mau ngirit CCnya jangan dipake, pake uang cash secukupnya aja yah mas...

      Delete
  7. wah pas bangetni kalu lagi bawah cewek jadi sedikit ngirit mas bud hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bknya pelit mbk maya yng cantik cuma lgi boxe heheh

      Delete
  8. saya seraaap ilmunyaaaaaa Masss..
    apa kabar niiiy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sedooottt es-nya mas..
      kabar baek

      Delete
  9. yg hemat selalu dicari mas..palagi akhir bulan..hhh

    ReplyDelete
  10. sip deh mas tips nya.. memang biasanya kalau pergi ke sualayan dan melihat barang bagus bawaannya mau ngambil aja..

    hmmm.. untung saya orangnya nggak suka belanja mas.. jadi man deh dari godaan setan sualayan hahahaha :D

    ReplyDelete
  11. sy biasanya bikin list belanjaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalu aq bikin bon tapi bon utang dulu hahahha

      Delete
  12. Serep abais ilmunya, biar bisa ngirit.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  13. biasanya saya belanja di supermarket pada hari selasa, rabu dan kami...karena hari itu agak sepi pengunjung dibanding hari lainnya jadi...supermarket gembar gembor dengan super diskountnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke juga nih pak har.. boleh di tiru :)

      Delete
    2. boleh ditiru nih idenya hehe...

      Delete
    3. ayo siapa lagi yang mau meniru...

      Delete
    4. boleh meniru asal jangan menipu

      Delete
  14. hehe saya sedot ilmunya mas budi, ntar saya pake tips ini kalo mau belanja di supermarket.. tapi saya kalo beli cuma jajanan cemilan2 doang mas :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jajanan cemilannya tapi sekeranjang yah mas hehe

      Delete
    2. nggak kok mas bawanya uang cuma 5rb dapat apa..

      Delete
    3. paling beli rokok doank yah mas Andes hehe....

      Delete
  15. oke mas, semoga nanti tipsnya bermanfaat buat saya nih...trims ya mas

    ReplyDelete
  16. tip terakhir itu mas yang jarang sekali diperhatikan entah karena antrian banyak atau yang lain,ngeceknya baru setelah nyampek dirumah, kemudian jika ada kesalahan komplen sudah tak mungkin

    ReplyDelete
  17. kalau saya, tiap berbelanja pasti bikin daftar belanjaan dulu, soalnya apabila tidak, biasanya kaum perempuan suka lapar mata, membeli yang nggak dibutuhkan, eeee yang diperlukan malah nggak terbeli alias kelupaan, kan berabe tuh...apalagi seperti kami yang tinggal jauh dari pusat perbelanjaan...

    ReplyDelete
  18. jangan lupa mas, kalo habis bayar di kasir dicek lagi takutnya ada yang salah pencet kasirnya.. jadi bayarnya lebih.. (pengalaman pribadi)

    ReplyDelete
  19. yang sering saya lakukan adalah menulis daftar belanjaan, kemudian cek struk belanja apakah cocok dengan harga di etalase, kalau tidak cocok tinggal protes aja ke kasir

    ReplyDelete
    Replies
    1. protesnya bawa spanduk yah Cak Gus

      Delete
    2. sekalian demo bawa orang sekampung hehe...

      Delete
  20. sy jg hobi memburu diskon pak.., siap ni ntr lg diskon idul adha hehe..

    ReplyDelete
  21. Ini merupakan tips tips yang praktis dan mudah diterapkan. Saya memang sering juga belanja barang di Supermarket, namun biasanya sih lebih banyak kepada Belanja di Pasar Tradisional. Namun konsep dasar belanja relatif sama saja di mana mana. Tips yang diuraikan akan saya terapkan untuk pengalaman belanja di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  22. sangt bermanfaat tipsnya mas,,,,

    ReplyDelete
  23. berguna sekali nih kang :D , weleh2 mantaabb buat saya anak kostan :D

    ReplyDelete
  24. Baru Bisa Ol Lagi,Blognya tambah Bagus,Artikelnya Juga Banyak Manfaat Nya

    ReplyDelete
  25. Dan tentunya liat perbedaan harga barang yg sama jenis, namun beda merk, hehehe

    ReplyDelete
  26. Paling malesnya memang kalau kita belanja di supermarket itu apa yang gak mau kita beli jadi ikut terbeli.... tampilan memang berpengaruh,. Makanya saya kalau gak mendesak banget malas ke supermarket, mending ke warunng tradisional aja

    ReplyDelete
  27. wah kudu ditiru nih tipsnya mas Budi,,,lumayan ngirit sedikit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belanjanya banyak ngiritnya juga banyak kang hehe...

      Delete
  28. kalau saya bekerja di salah satu perusahaan retail.. jadi ngerti barang mana aja yg lagi promo.. hehe..
    salam kenal..

    By; Deafile Bedah Blog

    ReplyDelete
  29. kalau di kampung saya mah jauh dari supermarket, harus kekota mas

    ReplyDelete
  30. cocok nih yang doyan belanja di supermarket, saya mah biasanya main di minimarket aja mas,,

    ReplyDelete
  31. belanja di supermarket itu godaannya sangat besar, kalau uang tak cukup, maka kartu debet dan kartu kredit pun jadi senjata pamungkas untu memenuhi nafsu belanja yang tak pernah kenal kata puas

    ReplyDelete
  32. Wah.. ini urusannya Ibu2 kayaknya...

    ReplyDelete
  33. bagi bapak-bapak tips ini emang selalu dan mudah diterapin...laah para istri mah tetepngga ngaruh walau udah ditulis rencana belanja, teteepp sajah ngacow....;o)
    bawaan lahir kali ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju deh ama mang ubi. apalagi klo udah liat brosur diskon, wah pasti deh gelap mata tuh para ibu-ibu

      #ayo mang cepetan kita kabur, sebelum diomeli para ibu-ibu

      Delete
    2. mana ada yang berani ibu-ibu protes...sok azh protes kalau pengen tak gotong dan tak lemparin ke kolam ikan depan rumah....emang bener seh!!....;o)

      Delete
  34. ane tambahin ya gan. Pilih barang yang ditempatkan paling bawah deh. hehehehe

    ReplyDelete
  35. Wah boleh juga tipsnya mas Budi ide yang cerdas dan hemat, kalau gini bisa nabung deh, makasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belanja banyak juga itu artinya sudah nabung bro,,,

      Delete
    2. nabung ke yang punya toko kali hehe,,,

      Delete
  36. maksih mas tipsnya

    kadang saya lupa hal yang beginian

    ReplyDelete
  37. salam mas..

    masih di bulan syawal kita kan mas...
    makasih tipsnya..sy berbelanja apa yg perlu sj mas...tak suka membazir...

    ReplyDelete
  38. Mudah-mudahan setelah baca artikel ini dompet gak terkuras saat belanja di supermarket... :)
    Salam Olahraga bung...

    ReplyDelete
  39. Boleh di terapkan nih mas tips nya ?? biar lebih hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok nih buat para wanita yang hobi belanja hehe...

      Delete
    2. justru kurang cocok buat yang hoby belanja,,,cocoknya buat para petani yang suka ber cocok tanam heuheu

      Delete
    3. kok bisa begitu kang, aneh juga yah hehe...

      Delete
  40. Menjadi member itu ada keuntungannya. kadang dapat bonus gula sekilo. lumayan kan ?

    ReplyDelete
  41. lebih sering ke pasar mas daripada ke Indomaret :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir lagi mas, sekalian selamat malam dan selamat beristirahat
      hehe

      Delete
  42. Hehehe, bisa diterapin di pasar tanah abang gak nih? Kadang kita main sikat aja karna harganya pada miring, ampe dompet juga dimiring2in! Bhahaha

    ReplyDelete
  43. makasih tipsnya mas Budi, akan saya coba mudah-mudahan bisa ngirit hehe...

    ReplyDelete
  44. mas klo pepaya yang udah di belah harganya berapa yah.. saya jadi pengen kayak yang ada di gambar itu *heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah ada harganya tuh mas dari 849 setelah dibelah jadi 599...

      Delete
  45. Wah susah mas kalau belajanja di super market harus hemat. Soalnya semuanya bagus-bagus dan sangat menarik untuk di beli hehehehe :D Tapi kalau ingin benar-benar ingin menghemat uang saku kita, kayaknya tips diatas boleh dicoba dipraktekkan :) Thanks ya atas informasinya :)

    ReplyDelete
  46. kayaknya susah deh sob kalau kita belanja di supermarket harus hemat, soal nya semua barang maunya di beli, apalagi kalau yang jaga cantik cantik, jadi lupa deh ma kantong

    ReplyDelete
  47. mlm mas bud mau nganterin kopi ni mas bud heheh

    ReplyDelete
  48. Wah biasanya saya belanja di pasar tradisional pak, takut masuk swalayan!hehehe

    ReplyDelete
  49. tips nelanjanya keren mas.. membawa katalog dan menjadi member adalah solusi cantik yang mesti diperhatikan

    ReplyDelete
  50. mantep-mantep nih tipsnya :D

    ReplyDelete
  51. bisa dicoba nih tipsnya, hemat pangkal kaya. ^_^

    ReplyDelete
  52. wah mas Budi ternyata pinter juga yah soal beginian hehe...

    ReplyDelete
  53. setuju setuju,,, bagus banget buat tipsnya, sayangnya wanita kalau liat promo mumpung murah malah ngiler beli yang gak penting2. sampai rumah baru dech nyesal... >.< kebiasaan saya yg jelek

    ReplyDelete
  54. salam mas budi
    Met siang..setuju dengan mas..perancangan itu penting

    ReplyDelete
  55. Tipsnya sangat bermanfaat nich.. thank u

    ReplyDelete
  56. tips nya bgus nih bwt yg suka blanja

    ReplyDelete
  57. iya betul dengan menjadi member di pusat perbelanjaan bisa mengurangi anggaran meskipun diskonnya kecil tapi sangat membantu dalam jangka panjang

    ReplyDelete
  58. tisp dasar tp kadang kita lupa dengan tips2 seperti ini... trimakasih buat artikel ini.. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  59. Kalau di supermarket banyak diskon nya, pasti bisa lebih hemat ya mas bud hehe :D

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum