Pengantar Hidangan Bulan Puasa

muhammad adnin


Pengantar Hidangan Bulan PuasaPengantar Hidangan Bulan Puasa.Hanya tinggal menyisahkan hitungan hari di bulan Sya'ban ini.Hingga tak terasa sebentar lagi Ramadhan pun tiba.Hal ini nampak terlihat dari serangkaian persiapan dan kesiapan di sana sini,dan  salah satu diantaranya saat kebetulan kita tengah mengunjungi  pusat perbelanjaan(mall),atau pula sedang berada di sebuah pasar tradisional .Terlebih memang dalam season menyambut datangnya Ramadhan ini,mereka selalu ready menjajakan barang dagangannya(terutama untuk persiapan hidangan di saat sahur dan berbuka puasa).

Sebut saja contoh produknya seperti: kurma dan aneka bahan-bahan untuk membuat kolak dan jenis minuman lainnya.Termasuk juga ciri khas buahnya di bulan puasa,blewah dan timun suri pun sudah pasti ikut tersedia,serta tak ketinggalan hadirnya beraneka sirup pilihan dari beragam merk dan variant nya.Di tambah suasana puasa menjandi kian terasa,karena mulai di pedengarkannya lantunan lagu-lagu dan dekorasi bernuansa Islami yang dapat kita temui di dalamnya.Selain itu,bila menengok ke lokasi lainnya terlihat pula para panitia pengurus Masjid dan Musholla,nampak bebenah dan mempersiapkan segala keperluan untuk menyambut datangnya bulan suci yang penuh Rahmat dan penuh Ampunan ini.

Sambil menunggu hasil penetapan awal Ramadhannya dari sidang Isbat,dan menanti pula keputusan resminya dari menteri Agama,yang bakal di gelar di 8 Juli besok.Berharap,apa pun nanti hasil keputusannya,mudah-mudahan tidak menjadi perdebatan atau memperbesar perbedaan pandangan.Sehingga tak berpotensi dan malah membuat kebinggungan di tengah umat.

"Mohon maaf lahir dan bathin"
Oleh karena,masih bersamaan di momen yang indah ini.Izinkanlah... Kiranya dari hati yang paling dalam,saya admin beserta keluarga memohon di bukakan pintu maaf yang seluas-luasnya,kepada rekan semua.Atas segala khilaf dan salah saya,baik itu dari ucapan kata atau pun sapaan yang sampai hari ini dianggap tak berkenan.
Dan semoga ibadah puasa Ramadhan di tahun ini,lebih baik dan berarti dari sebelumnya.Amin... Selamat Datang Ramadhan dan selamat menjalankan ibadah puasa.*yet.

111 komentar:

  1. marhaban yaa Ramadhan,
    bila ada salah salah kata dan salah komentar...mohon dimaafkan lahir batin ya ...keep happy blogging always :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang apapun hidangannya minumnya teh botol sosro :)

      Delete
    2. tapi jangan lupa bayar yah mas teh botolnya hehe...

      Delete
    3. Wah pas banget nih sebentar lagi, suasana ramadhan

      Delete
    4. wah paga jadi publiser produck nih hahaha,,,,bagi-bagi donk nanti kalau terima honor kakakak

      Delete
    5. selamat menyambut puasa ya gan :D

      Delete
    6. suasana ramadhan semua saling maafin ya. yg dagang pasti laris manis

      Delete
    7. yang penting selama ramadhan hati tetap happy :-)

      Delete
    8. setuju dengan mas hariyanto...yg penting heppy

      Delete
    9. makan nggak makan yang penting heppy hehe...

      Delete
    10. senang dan happy
      maka aku baris disini

      Delete
  2. Apalagi sekarang naik BBM disyukuri saja apapun itu hidangan di bulan puasa ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kita harus banyak-banyak bersyukur atas segalanya
      alias gak terlalu banyak berharap coz pada mahal hehe

      Delete
    2. walaupun pada mahal,yang penting dapur tetep ngebul kang bro,,

      Delete
    3. Hati-hati kang... bahaya entar negara tetangga bisa protes hehe...

      Delete
    4. pokoknya tetep bisa makan. blogger aja bisa beli pulsa, masa makan2 aja gak bisa, he

      Delete
    5. setuju dg mas abed, pokoknya syukuri sajalah

      Delete
  3. Foto hidangan makanan pengantarnya belum ada yah Mas hehe :D

    ReplyDelete
  4. Lama tak jumpa mas makin cuaem saja postingan nya
    kangen kurma mas ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih jangan2 ada main nih :D
      nih mas budi katanya kang ruly kangen *hohoho

      Delete
    2. wah wah masa sih ko bisa yah ada main hihihi

      Delete
    3. Main di belakang nih kayaknya hehe...

      Delete
    4. Pintu belakangnya udah ditutup, kalau mau main lewat pintu depan aja.. hehehe :)

      Delete
    5. kalo ditutup, jendela kan masih kebuka, he

      Delete
  5. saya jg mohon maaf jika ada salah kata dalam berkomentar selama ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dimaafkan mbak Indah hehe

      Delete
    2. ane juga minta maaf ya gan sering telat hadir nya.,

      wkwkwkkw :D

      Delete
    3. sy juga bu ustadzah indah... semua blogger, selain saling dukung, juga harus saling memaafkan

      Delete
    4. iya mbak, apalagi mas budi ini orangnya suka memaafkan

      Delete
  6. maaf lahir batin bila ada salh2x kata selama koment di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya maafkan mbak Iis,,

      Delete
    2. iya kang dede saya maafkan juga :)

      Delete
    3. Saya maafkan juga Mas Andes :)

      Delete
    4. Tenang mas Hendrik sudah saya maaapin dari kemaren-kemaren :)

      Delete
    5. yang punya hajat kemana yah kok gak nongol :)

      Delete
    6. lagi sibuk cari tiket mudik kali tuh haha

      Delete
    7. baru bikin kolak pak dede, nyoba resepnya pak dede..

      Delete
    8. Lagi sibuk cari si ilham mas, gak ketemu-ketemu kali...

      Delete
    9. mbak lis sama kang dede mungkin banyak salahnya, sepertinya sudah dimaafkan tuh

      Delete
  7. Saya juga mohon maaf lahir batin jika ada salah khilaf dalam silaturahim selama ini Kang.
    Urusan berbuka puasa saya biasa mengkonsumsi segelas air hangat yang saya campur satu sendok kurma cair dan sesendok madu.

    ReplyDelete
  8. aku juga mhon maaf lahir batih yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dihapunteng ku Akang Neng Vina hihi

      Delete
    2. hadeuh akang dede teh nyemplung di sapiteng atuh :D

      Delete
    3. hahahahaa ,, kang andes pamali bade sasih saum te kenging kitu :D

      Delete
    4. Pamali tuh kang Andes ulah kitu atuh hehe...

      Delete
  9. biasanya buah semangka nggak ketinggalan saat buka puasa, tapi untuk bulan puasa kali ini mungkin harga buah2an naik juga ya hadeuuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat saya malah turun Cak Gus ( turun dari truck )

      Delete
    2. padahal truknya kan muat sapi kang bro

      Delete
    3. kalo semangka diganti ama salak, mau gak

      Delete
  10. saya juga mohon maaf lahir batin mas Budi,selama ini suka bercanda,jadi maafkanlah saya yah,bila ada salah-salah kata,,,dan comment yang nggak ngenakin,mohon dienak-enakin saja mas ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nggak enak tambahin bumbu royco aja kang hehe....

      Delete
    2. sy juga kang dede, minta maaf ya, nol nol. kalo ada hutang, tolong juga diikhlasin

      Delete
    3. saya juga demikian mohon maaf utk sahabat semua, terlebih kang dede, mas anthonie dan semua sahabat di dunia bloger

      Delete
  11. Mohon maaf lahir batin ya mas.Maafin klu selama di dunia maya ane punya salah.

    ReplyDelete
  12. Sama-sama mohon maaf lahir bathin mas Budi, semoga shaum kita di bulan ramadhan tahun ini mendapat ridla Allah SWT, amin.

    ReplyDelete
  13. saya juga mau minta maaf kalo ada salah2 kata dalam berkomentar di blognya mas :)

    ReplyDelete
  14. mohon maaf lahir batin juga mas jika ada salah selama ini

    ReplyDelete
  15. selamat menyambut bulan puasa ya mas :)

    ReplyDelete
  16. ngapuntenipun kula mas budi seumpami kula katah salahe kalihan mas budi.. kula nyuwun pangapunten rumiyen nggeh..

    ReplyDelete
  17. wah teh botol harus siap sedia tu mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya juga perlu lho, jangan botolnya saja..:)

      Delete
    2. jangan lupa buang sampah pada tempatnya hehe...

      Delete
  18. Satu bulan dengan suasana islami dan banyak berkah dibulan ramadhan..marhaban ya ramadhan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marhabhan Yaa Ramadhan Mas Wahyu..

      Delete
  19. Sebelumnya saya mohon maaf lahir dan bathin Mas Budi, semoga dibulan Ramadhan tahun ini kita diberi kelancaran dan semua ibadah kita diterima Allah.., Amiin Ya Robbal alamin..

    ReplyDelete
  20. alhamdulilah, bulan ramadhan akan segera tiba.

    ReplyDelete
  21. wah bener mas.. di tempat saya juga sudah mulai banyak buah buahan dan aneka minuma segar... pokoknya suasananya sudah berasa di bulan ramadhan hehehhe

    ReplyDelete
  22. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan ya Pak..,smg Ramadhan thn ini lancar2 sj, aamiin...

    ReplyDelete
  23. Marhaban Yaa Ramadhan

    semoga Ramadhan kali ini
    memberi keberkatan banyak sekali

    Amin ...

    sebelum puasa dimulai
    mohon maaf juga ya jika aku salah kata disini

    Selamat Ramadhan !

    ReplyDelete
  24. Iya mas.. di kampung saya jika bulan puasa tiba, banyak muncul penjual hidangan makanan dan minuman segar untuk buka puasa..

    Dan sebelum puasa dimulai, saya juga minta maaf ya mas Budi.. jika dalam berkomentar ada kata-kata dan tindakan saya yang kurang berkenan..

    ReplyDelete
  25. Selamat berpuasa sobat semuanya....

    ReplyDelete
  26. dear Friend, I wish you a
    beautiful Sunday
    with lots of sun, little duties
    and any amount
    happy moments, many greetings from, Dieter

    ReplyDelete
  27. puasanya belum tapi hidangan bulan puasa sudah masuk jadwal..xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang paling penting.. hehehe :)

      Delete
  28. Sebelum puasa makan makanan yang sehat dulu biar kuat dan sehat yah mas hehe...

    ReplyDelete
  29. mudah-mudahan saja hidangan tdk hanya mengenyangkan namun bisa menjadi berkah

    ReplyDelete
  30. walau kita belum pernah kopdar, tapi komentar maupun selama silaturahmi lewat guyonan di dunia maya ini mungkin ada yang tanpa sengaja membuat perasaan tak nyaman. seandainya itu yang terjadi kiranya mas budi juga sudi memberikan maaf, biar puasa ramadhan yang bakal saya lakoni bisa berkah,.. slmt menyambut ramadahan mas, thanks

    ReplyDelete
  31. jadi tambah gak sabar, supaya cepat puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mas nanti juga dateng kok ditunggu aja hehe...

      Delete
  32. salam ramadhan mas..saya mohon maaf jua dari mas..andai ada bicara yg menyinggung sanubari...

    ReplyDelete
  33. beberapa hari ini suasana jadi tambah sejuk yah seneng kalo bisa terus begini yah...

    ReplyDelete
  34. Semoga ramadhan kali ini lebih indah dan full puasanya.

    ReplyDelete
  35. artikel yang sangat menarik gan :)

    ReplyDelete
  36. inilah salah satu sebab ramadhan selalu ditunggu2, hidangan yg eksklusif, berbeda, dan manis. semoga bulan ibadah ini semakin memberi berkah

    ReplyDelete
  37. Permohonan maaf sudah saya maafkan mas, saya juga demikian mohon maaf agar dalam menjalankan ibadah puasa ini diberi kekuatan untuk melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane juga mohon maaf ya mas ??hehe

      Delete
    2. udah saling memaafkan
      yuk salaman :)

      Delete
  38. marhaban ramdhan...
    mohon maaf aqu jga ya sob..

    ReplyDelete
  39. selamat menyambut hari pertama puasa mas, mohon maaf lahir batin.

    ReplyDelete
  40. Biar paling Bontot ngak papa dech ...selamat menjalankan ibadah puasa ..mohon maaf Lahir dan batin

    ReplyDelete
  41. wah makin yahui dong kalau gtu ..hehe

    ReplyDelete
  42. selamat menjalankan ibadah ramadhan ya sob, tanggal 10 positif neh, :)

    ReplyDelete
  43. haha puasa malah boros ya..?

    selamat menjalankan ibadah puasa

    *komen standar :D

    ReplyDelete
  44. sami-sami, mohon maaf juga jika ada salah kata dalam berkomentar

    ReplyDelete
  45. Persiapan untuk melaksanakan ibadah puasa wah sudah total nih ceritanya

    ReplyDelete
  46. Pengeluaran di bulan puasa cenderung meningkat dibanding bulan lainnya. Hidangan di bulan puasa cenderung 'lebih' (bisa lebih enak, lezat, bervariasi, tambah ini dan itu) dari biasanya. Semoga nilai-nilai ibadah di bulan puasa Ramadhan 1434 H ini dapat meresap di hati sanubari umat muslim, amin.

    ReplyDelete
  47. Kunjungan perdana sob
    sekalian silaturahmi menyambut ramadhan

    ReplyDelete
  48. siiip, siap tempur melawan hawa nafsu...
    :D
    met menunaikan ibadah puasa ya sob, maaf lair dan batin sebelumnya

    ReplyDelete
  49. selamat menjalankan ibadah puasa :)

    ReplyDelete
  50. Maaf lahir batin ya Mas. Semoga ibadah puasa kita lancar dan penuh berkah, Amin.

    ReplyDelete
  51. Sekarang lagi mengaji di mesjid dan menati bedug magrib, hehehehe....Mohon maaf lahir batin Om Purnomo

    ReplyDelete
  52. selamat sahur kang hehehe... :)

    ReplyDelete
  53. Saya juga mohon maaf apabila ada kealpaan yang kurang berkenan, selamat menunaikan ibadah puasa.. ^^

    ReplyDelete
  54. lama banget gak mampir ke sini :-D
    assalaamu 'alaykum mas, semoga ramodhon tahun ini lancar dan memberikan perubahan menjadi lebih baik

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum