Tempel Dan Jalan,Hari Gini Pakai Uang Tunai?

muhammad adnin


Tempel Dan Jalan,Hari Gini Pakai Uang Tunai?.Sebagai ajakan atau himbauan,kah?...Sebuah slogan yang bertema dan bertuliskan warna putih dengan menggunakan kalimat "Tempel & Jalan" yang tertera di dalam lingkaran di tambah "Hari Gini Pakai Uang Tunai?" yang tertulis pula berada tepat di sebelah kirinya.Kerap terlihat menghiasi dinding-dinding kaca dan tergantung di bawah atap ruangan halte angkutan umum bus Trans Jakarta(busway).Seperti halnya dengan slogan ini pula,yang sempat saya ambil fotonya dari pembatas antrian di halte ITC Cempaka Mas,Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Tempel Dan Jalan,Hari Gini Pakai Uang Tunai?

Kendati sistem "e-Ticket" ini,sudah di resmikan pada bulan Januari kemarin.Dan setelah melalui proses uji coba,walau meski hanya untuk rute tertentu saja saat itu,namun untuk sekarang (akhirnya sistim ini pun hampir rampung,dan berjalan di semua halte di tiap koridornya).Selain itu ada lima Bank yang turut bekerja sama dalam program ini,dan dari kelima Bank tersebut,kesemuanya telah mengeluarkan sebuah kartu prabayar untuk ke para calon penggunanya.Adapun kelima jenis kartu prabayar yang di tawarkan,di antaranya:kartu BNI Pre-Paid(BNI),Brizzi(BRI),Flazz(BCA),e-money(Bank Mandiri),dan Jack Card dari(Bank DKI).
  • Cara Penggunaan dan manfaat dari e-Ticket
Hanya dengan menempelkan kartu pada mesin scanner yang tersedia di pintu masuk,dalam hitungan sekejap lampu(tanda panah) hijau pun akan menyala,pertanda pintu putar akan bisa di lewati,hingga kemudian tinggal melanjutkan masuk ke ruang tunggu,untuk menanti kedatangan bus,tiba.Jadi idealnya tidak harus dan perlu berlama-lama antri untuk membeli karcis di loket lagi.Hal ini pernah saya alami di beberapa halte yang memang penuh ramai dan padat oleh para penumpangnya,baik yang tengah antri menunggu bus atau pun yang sedang ingin membeli karcis,seperti di Harmoni,Halimun atau di halte Dukuh Atas,misalnya.Terutama pada jam-jam sibuk kantor atau di saat orang hendak pergi dan pulang dari bekerja.
  • Harapan Pengguna
Dengan adanya sistem pembayaran e-Ticket ini,memang terlihat beberapa manfaat yang akan di rasa,seperti tidak perlu menyiapkan lagi uang kecil(receh)di saku ataupun berlari terburu-buru ke loket untuk membeli selembar tiket.Namun di harapkan tidak hanya cuma para penggunanya saja yang harus taat,pada sebuah slogan.Di karenakan dari penggunanya sendiri sudah amat paham dan mengikuti,dengan bermodal cukup Tempel lewat kartu prabayarnya.... Dan tinggal giliran dari Bus nya sendiri seyogyanya,jangan terlalu sampai sering telat Datang untuk Jalan mengantar sekumpulan antrian para penumpang setianya.*yet.


107 komentar:

  1. semoga sistemnya bisa berjalan dan berfungsi dengan baik dan benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...bang
      semoga aja bisa dan trus seperti yg diharapin sama2.. :)

      Delete
    2. kalo pake uang tunai biasanya agak rawan ya bang

      Delete
    3. apalagi ikan tunai.. rawan banget tuh ikan..

      Delete
    4. ikannya langsung masuk kantong hehehe

      Delete
    5. setuju dengan Mas Hariyanto semoga lancar

      Delete
    6. ia semoga lancar
      sampai kedaerah saya juga tertular

      Delete
    7. kalau di kampung sayamah "SEMOGA LANCAR"teh toko bangunan Mang jiakakak

      Delete
  2. kerenkan pak JOKOWI?....2014 kita jadiin presiden azh yu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jokowi saat ini memang lagi ngetren, semoga saja apa yg disampaikan Cilembu thea bisa jadi kenyataan

      Delete
    2. yang pasti harapan kedepannya semakin baik..

      Delete
    3. colok naona Mang??ulah ach karunya heuheuheu

      Delete
    4. benar sekali mas Andy, semoga ke depan jakarta semakin jaya dan Oke

      Delete
    5. mau dunk pindah ke jakarta jika sdh gak macet, gak banjir dan gak panas...hehhe

      Delete
    6. hahaahha :D

      moga aja makin sukses ntar, kalo bisa berlaku di seluruh daerah.,

      Delete
  3. kalau masalah telat kayaknya sudah biasa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan biasa Ruly,tapi sudah tradisi hihi

      Delete
    2. Apa kata kang dede sepertinya banyak benernya..hehe

      Delete
  4. memang dengan fasilitas dan layanan seperti ini akan memudahkan penumpang. Jadi antrinya tidak perlu lama.. Tapi gmn yang g pnya kartu semacam itu mas? Mesti nyiapin duit dulu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. e-Ticket ini hanya cuma buat opsi sistem pembayrn aja kok mas...sebetulnya(blm ada keharusan resmi ..hrs memilikinnya)
      Kalo mau yg simple,praktis dan ga mau cape antri ke loket..ya pas bgt dg adaya kartu ini..

      Dan selebihnya seperti biasa mas..bagi yg ga punya kartu..pembelian karcis bisa di bayar lewat loket:)

      Delete
    2. Apakah ada sistem pembayaran abudement mas? maksudnya langganan untuk satu bulan gitu...

      Delete
    3. Ada mas Anthonie,abudement meteran listrik tuh hahaha

      Delete
  5. wah makin mantap nih sepertinya kemajuan technology di indonesia sob..

    tapi ngomong ngomong telat.. di indonesia ini rajanya sob, jadi ya jngan kaget kalau busnya telat hehehehe

    ReplyDelete
  6. semoga aja bisa bertahan lama, jangan sampai beberapa bulan kedepan sistemnya sudah rusak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas.. ane setuju

      Delete
    2. Asal masyarakatnya bisa menjaga dengan baik saya rasa sistemnya akan berjalan baik...

      Delete
    3. semoga terhindar dari tangan-tangan jail..

      Delete
    4. yang bikin rusak itu tangan2 nakal..

      Delete
    5. benar sekali kata mas agus, semoga saja sistemnya tetap baik

      Delete
  7. Hehehe . Mau meniru jepang, suatu kemajuan :)

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Di luar negri udah banyak yang pake sistem gini kayaknya ya mas?

      Delete
    2. Singapur memang patut ditiru, semoga Jokowi Bisa, setuju dengan Tiyang alit mas

      Delete
  9. semoga fsilitas2 yg smkin bgus utk perkembngan kmjuan kdepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju dengan komentar sahabatku Sigli Cyber, semoga kedepan tambah sukses.

      Delete
  10. lebih praktis ya mas,tinggal tempel lalu jalan..jadi gak harus nunggu kayak mau beli bensin..hahaha :D

    ReplyDelete
  11. Semakin praktis nih, mempermudah dalam pembayaran transportasi umum... semoga sistemnya semakin baik kedepannya, sukses deh :)

    ReplyDelete
  12. kemaren saya liat di tipi sementara di tutup Mas. katanya banyak yang melanggar dan di kenakan denda 50rb. emang tangan-tangan jail ya.

    kalau tidak di langgar katanya bukan indonesia..hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum mas barang anyar jadi banyak yang ingin langsung kenalan dengan tangan-tangan jahilnya hehe....

      Delete
    2. tangan2 siapa itu yang jail.. disetrap aja biar gak suka jail.. :D

      Delete
  13. alat dan sarana canggih, tapi sumber daya manusianya masih manual dan kurang. Saya meragukan akan keberlangsungan alat ini. paling bertahan setahun. semoga saya yang salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa yg disampaikan oleh Djangkaru bumi ada benarnya, tapi saya yakin mudah mudahan semua bisa lancar,bukkankah begitu yg kita harapkan..hehe

      Delete
  14. keren nih, patut di apresiasi, gitu dong. indonesia harus bisa menjadi bangsa yang maju dalahm teknologi, jangan mau kalah dengan negara2 tetangga

    ReplyDelete
  15. waduuu jakarta semakin canggih saja sekarang yah,,,,salut dech,,,,jaman saya mah dulu boro-boro ada sepeti itu heuheu,,

    ReplyDelete
  16. Bukan main, mas Pur. Jakarta mewakili indonesia sudah mulai menggeliat dlm teknologi transportasi. Mudah2an dg sistem e-Tucket ini berdampak pada produktivitas kerja penggunanya.

    ReplyDelete
  17. patut di sosialisasikan nih di kota2 besar lainnya :)

    ReplyDelete
  18. wah semakin canggih ya gan... :)

    hadir kunjungan pagi..

    ReplyDelete
  19. kereta api pasti menunggu sistem ini nih, keren top banget

    ReplyDelete
  20. yang penting keamanannya selalu dievaluasi. memang bener kartu deposit semacam itu dibatasin maksimal 1 juta. tapi setelah melihat tool hijack beredar di internet, pengelola kudu mulai mikirin tuh kemungkinan kartu bajakan

    ReplyDelete
  21. semoga ini mejadi contoh bagi transportasi masal didaerah yang ya mas

    ReplyDelete
  22. wah, makin canggih aja ya sob.. semoga saja makin ke depan makin byk yg menggunakan sistim ini

    ReplyDelete
  23. canggih ya mas kayak di luar ngeri... :)

    ReplyDelete
  24. Saya sudah punya kartunya, tapi saya sedikit kecewa karena tidak semua halte ada fasilitas e-Ticket..
    di halimun belum ada, jadi tiap pulang kerja saya bayar pake uang, kartu saya tidak kepake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang dong mas Nur hehe..bukannya tiap hari mas naik dari halimun..kok sempet beli kartunya :)

      Sy terakhir naik dari sana ..emang blm ada mas pintu gatenya...cuma itu udah lama juga sih..sy geleng2 liat deretan antriannya...
      Dan kemarin sy sempet tanya sama petugasnya..sistem ini katanya udah semua halte pasang ..

      Mungkin di tunggu aja kali ya mas... :)

      Delete
  25. canggih, serba gesek sekarang..

    ReplyDelete
  26. jaman udah modern, dimana2 ndak mau dikasih uang tunai. padahal saya suka banget uang tunai.

    ReplyDelete
  27. tambah canggih aja, klo diterapi dan dikelola dg benar tentunya semakin mempermudah

    ReplyDelete
  28. setelah tempel langsung masuk
    hmmm canggih dan sejuk

    ReplyDelete
  29. Semoga dapat diimbangi dalam pelayanannya yang lain untuk fasilitas umunya yang ada di Jakarta.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  30. Indonesia memang harus menerapkan system ini..karena kalau ga bakal keinggalan ama negara2 tetangga

    ReplyDelete
  31. di Makassar blom ada pak..., kapan ya bs masuk ke makassar?.... *smile

    ReplyDelete
  32. semakin praktis, tanpa capek tanpa repot.. hehehe..

    diharapkan kedepannya lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  33. makin praktis ya sob...
    tp ak plih tunai ajj dh ,, hehehehe

    soalnya ak sdikit ndeso klo pke hal2 gtu,, hehehe

    ReplyDelete
  34. semoga lancar ya... tapi mamang masih pakai uang tunai, mamang lebih seneng pakai uang tunai apa lagi yang kembaliannya pakai permen hehe.... yapi masuknya lancar busnya telat semoga dapat diperbaiki, biar ndak berjubel di halte

    ReplyDelete
  35. nice info ..
    join my blog http://jamtanganviola.blogspot.com/
    thank you ^_^

    ReplyDelete
  36. Kemajuan jaman berdampak pada semua bidang ternyata, nice shared, Sob...!!!

    ReplyDelete
  37. Hmmmmm... sy blm pernah liaht kayaknya..

    ReplyDelete
  38. dengan adanya e-ticket bis tentu lebih praktis dan terkesan lebih moderen ya mas

    ReplyDelete
  39. Lebih praktis dan tidak ribet.

    ReplyDelete
  40. dikasih uang tunai tak mau, antar kerumah saya saya mas. saya suka uang tunai, hehehe
    semoga harapannya terkabul, amin

    ReplyDelete
  41. Wah.. jadi lebih simple dan praktis tanpa repot-repot ngeluarin uang tunai dan nunggu kembalian dari kasir.. tinggal tempel dan langsung jalan.. wes ewes ewes langsung bablas.. hehehe.

    ReplyDelete
  42. makin canggih aja, e-Ticket emang pilihan yang tepat dan bijak

    ReplyDelete
  43. ASemoga dengan adanya sistem ini semua bisa berjalan lancar, dan sarana ini tetap terpelihara..

    ReplyDelete
  44. .. makin ocae aja nich. he..86x. tapi aq gak pernah naek bus. kemana^ juga lebih enak naek motor ato mobil. he..86x ..

    ReplyDelete
  45. Sepertinya hal ini lebih memudahkan ya mas :)
    sesuai slogannya "tempel dan jalan"

    ReplyDelete
  46. semoga gak memudahkan beberapa orang saja

    ReplyDelete
  47. Hadir lagi,Mas....
    Buat saya yg nggak pernah naik busway,nyimak aja ya?hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah,,, dari mana aja bu ngak pernah naik busway

      Delete
  48. wew Infonya Bagus Banget Disini

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum