Tiga Maret(Sebuah Harapan)

muhammad adnin

Tiga Maret(Sebuah Harapan). Cerita kehidupan yang kian makin keras tak terbatas,beragam nuansa kesulitan yang sering akrab menyapa,seakan melambai dan mengundang sederet rintang untuk melangkah ke pintu gerbang bahagia.Hambar pun sesekali terasa dari arti sebuah kejelasan,samar terdengar serak ringkihnya kicauan kehidupan.

Apa lantaran karena dari diri pernah melakukan sebuah kekeliruan ,yang belum sempet untuk di benarkan,Atau pula karena memang waktu dan keadaan yang masih enggan merespon sampai keambang puncak harapan.Banyak orang bilang kurang baik bila terlalu di pikirkan,dan katanya pun kebahahagian itu perlu adanya pengorbanan.Kendatinya demekian, lantas diri tidak menyesali apalagi pasrah untuk menghindar.Justru paling tidak,langsung lekas bergegas memperbaiki keadaan agar tidak lebih buruk lagi dari cerita yang sudah pernah ada,setidaknya.(dan barangkali-itu mungkin idealnya).

Lama tertegun di tengah kancah,hingga menuntut diri untuk mulai belajar menerima dan bersikap.Karenanya pun entahlah hal itu bisa di cerna dengan baik dan bisa berjalan sebagai mana mestinya.Mengingat di sela harapan dan sebuah pengorbanan,terapit selalu bayang-bayang keraguan.Di mana keduanya tersekat sangat tipis di hampir tiap batasan.Belajar...belajar...dan terus belajar,Hanya sebatas itu lah yang bisa di lakukan.


Tulisan ini di ibaratkan seperti seorang anak kecil yang baru bisa belajar berbicara(ngalor ngidul) tertulis ndak
jelas, tujuan maupun isi dari maksudnya.Biarkan saja seperti ini dulu adanya,karena segala sesuatu nya membutuhkan waktu dan proses untuk menyikapinya.Terlebih saya,yang hingga saat ini masih terlena kaku dan beku akan soal ini.Namun teringat akan sebuah lagu bagus "badai pasti berlalu".Dan saya pun sedang menanti badai itu pergi.Semoga esok atau lusa harapan baru itu hadir dan dapat terlihat nyata menghias hari.*yet.

105 komentar:

  1. Ya setiap masalah yang terjadi jika kita kuat pasti berlalu Mas seperti lagu Ari Lasso diatas tadi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajahnya pun juga sekilas mirip

      Delete
    2. bhaha.. siapa yang mirip?

      Delete
    3. Kaya Mas Rawins yang punya kemiripan yang sangat tinggi dengan Mas Johan Budy - Juru Bicara Komisi Pembrantasan Pemilu. Nyaris sama. Mungkin beda rezeki aja

      Delete
    4. hahhahhahah beda rzqi.. ada benernya jg kali aja sih.

      Delete
    5. Ada bedanya juga sih. Yang satu nyangkut di TOWER yang satu lagi nyangkut di Gedung KPK Jakarta

      Delete
    6. tapi kan sama2 anggota KPK

      Delete
    7. tapi kan tetap beda walaupun sama2 *ngomong apa sih

      Delete
    8. kita lagi nggak ngomong Mas, cuma bergumam, hehe

      Delete
  2. mlm mas nah kami setuju banget mas kalu gitu. aq paling suka banget dengan hasil karyanya mas Ari lassoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ari Lasso yang saya tau saat Duet dengan Melly aja "JIKA" selebihnya kurang tau banyak hiehiehiehie

      Delete
    2. kalo lasso saya tau biasa dibawa sama koboi

      Delete
    3. wah aku gak nyambung nih

      Delete
    4. betul. lasso memang buat nyambung

      Delete
  3. Setiap manusia yang hidup di dunia yang fana ini pasti pernah melakukan kekeliruan, dan itu tidak pandang bulu. Kesalahan yang kita lakukan merupakan langkah untuk menuju sebuah keberhasilan, karena kita belajar dari kesalahan yg pernah kita buat.

    ReplyDelete
  4. Penuh makna dalam rangkaian kata-kata tadi,namun yang jelas apapun halangan ataupun rintanga di alam nyata ini pasti akan berlalu tersapu bahana badai badainya Ari Laso hehehehe

    ReplyDelete
  5. saya pusing sob. bahasa dan rangkain katanya level 90, saya cuman level 3 -,-

    ReplyDelete
  6. trenyuh dan merasa dalam posisi itu sob ,,,itu yang mungkin saia rasakan.
    tapi apapun bentuk halang dan rintang yang tertera dalam penggalan page di atas marilah kita sebagai umat yang beriman senantiasa berusaha dan berdo'a semoga semua harapan dan penantian akan lekas menghampiri kita amiiin...makasih bang ulasan di atas selain mencerminkan kehidupan manusia yang beragam juga motivasi bagi yang membacanya....maaf kepanjangan komentarnya habisnya kaya ada yang nuntun jarinya hixhix,,,, :D

    ReplyDelete
  7. dalam kehidupan senantiasa ada topan badai yang menerjang, namun ada juga angin sepoi-sepoi yang menyejukkan, namun menghadapi semua itu hanya satu yang harus kita lakukan, yaitu tetap semangat pantang menyerah...demi sebuah kebaikan di masa depan....keep smile and keep happy blogging always :-)

    ReplyDelete
  8. Hidup ini penuh perjuangan dan penuh liku2,, gak selamanya apa yang kita jalani berjalan mulus,, jadi jangan pantang menyerah, terus berusaha dan bersabar.. BADAI PASTI BERLALU.. :D

    ReplyDelete
  9. setiap orang pasti punya sisi buruk atau masa lalu yang kurang mengenakkan. dan akan sangat naif jika kita masih berkutat dengan masa lalu. yang sudah berlalu lupakanlah, dan marilah menyongsong hari yang lebih indah dan masa depan yang cerah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuull... masa lalu kita jadikan sebagai pelajaran, dan masa depan sudah menunggu...

      Delete
    2. setuju masa lalu tak perlu disesali tapi sebaliknya bisa dijadikan motivasi langkah kedepan yang lebih baik, mudah-mudahan ya mas

      Delete
    3. ko' pada setuju semua.
      emang setuju apa'an ya..?

      Delete
    4. ihh, ketularan Mbak Indah nih

      Delete
    5. yang pntg rzkinya lancar :D :) .

      Delete
    6. Kalau Klepon semua SISI nya dilumuri oleh parutan Kelapa. Oh lezatnya Klepon wowwwwwwwwwwwwwwwww

      Delete
    7. nah, jelas bisa jadi wakil ketua nih

      Delete
    8. Komentar pak Dhe yg pertama pas bilang sisi buruk kok sambil ngelirik Mis Tia sih...?

      Delete
    9. saya bukan melirik, tapi mendelik

      Delete
    10. melirik itu beda dengan mendelik,
      mendelik itu tidak sama dengan melirik :-)

      Delete
  10. semua kata2 sudah tercurahkan oleh sahabat blogger yang sudah berkomentar diatas, dan saya hanya bisa bilang BADAI PASTI BERLALU :) film-nya juga bagus sob yang di bintangi Vino Sebastian.. :D

    ReplyDelete
  11. amiin, semoga badai cepat berlalu mas..kehidupan memang bagaikan roda, kadang di bawah dan kadang di atas, gimana kita menyikapinya saja

    ReplyDelete
  12. Terus maju dan tetap smangat dlm menjalani kehidupan, selesaikan masalah dgn baik2... :D

    ReplyDelete
  13. Kita justru jadi bisa belajar dari kekeliruan yg pernah dilakukan. Belajar utk tidak melakukan hal yg sama. Salam kenal mas purnomo...

    ReplyDelete
  14. Belajar dari kesalahan, menghadapi masalah dengan usaha dan sabar serta bangkit untuk memperbaiki diri adalah kewajiban setiap manusia yang beriman dan berakal. Gitu kan Mas?
    Semoga badai cepat berlalu!

    ReplyDelete
  15. badai pasti berlalu, setiap masalah pasti ada jalan keliruarnya :)

    ReplyDelete
  16. kalau artikel galau seperti diatas, sampe penulisnya sendiri bingung ngalor ngidul dan membiarkannya, sambil nunggu badainya berlalu, saya jadi bingung juga dan sekalian sajah ikut menunggu badainya lewat, ntar kalau udah lewat. barulah saya akan nyebrang...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. numpang lewat kang Cilembu
      #badainya lewat.....wussssssssss

      Delete
    2. badainya berlalu....wesssssss

      Delete
    3. bubar bubar huzzzzzzzzzzzzzzzzzttt.

      Delete
    4. Mbak Dai jalannya ngesot wes hewes hewes hewessssssssss

      Delete
    5. Ada yang jalan ngesot ya. Hiyyyyyyyyyyyyyyyyy

      Delete
  17. Ungkapan yang sarat akan makna kehidupan .. tapi tetap kembalikan pada kebesaran tuhan mas bud .. karena tuhan tidak kan memberikan ujian melampaui batas hambanya ..

    ReplyDelete
  18. Video'nya keren, sob. tapi itu video waktu saya masih kecil, hehe

    ReplyDelete
  19. badai apa sih mas....bagi-bagi dong :D
    semoga badainya cepat berlalu ya mas bud.
    #kirim doa darisini

    ReplyDelete
    Replies
    1. numpang lewat kang reo
      #badainya lewat...wusssssss
      hehehee

      Delete
    2. numpamg liat aja.

      *anginya lewat..wessssss

      Delete
    3. baunya ketinggalan loh ~_~ .

      Delete
  20. Setiap waktu meninggalkan cerita, entah cerita bahagaia atau luka. Badai Pasti Berlalu, waktu yang akan mengaburkan peristiwa masa lampau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadapi dengan penuh semangat.Badai pasti berlalu.

      Delete
  21. badai pasti berlalu, di setiap kesukaran insyaallah akan ada kemudahan. berdoa, berusaha melakukan yang terbaik yang kita bisa, semangaaaaat....:)

    ReplyDelete
  22. setiap orang yang hidup akan selalu dihadapkan pada sebuah permasalahan dan semoga kita bisa kuat

    ReplyDelete
  23. orang bijak berkata "jangan pernah berharap jika tidak tidak ada tindakan dan kemauan " sukses terus sobat

    ReplyDelete
  24. amin.. semoga badai yang menerjang cepet segera berlalu sobat.. kesabaran sangat di perlukan pada kondisi seperti ini... nice share.....

    ReplyDelete
  25. tidak ada jalan yang tanpa ujung, walau dibuat mutar seperti alun alun, ujung ujungnya tetap ada pemberhentian berupa pos jaga atau masjid

    setidaknya seperti itulah kehidupan, karena setiap kebaikan pasti ada permulaan untuk memulai, walau kadang pahit cenderung kita hindari.

    jalan ingsyaAlloh pasti berakhir kawan, seperti jamu, kisah ini ujungnya pasti menyehatkan,, cocok galigacok ndak,,? hehehehe

    ReplyDelete
  26. Semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan setiap jalan keluar mempunyai konsekuensinya masing-masing, harapan pasti selalu kita utarakan tapi kenyataan lah yg lebih vokal untuk berbicara..

    jalani saja semua ini dengan sedikit selon mas,, hheu..
    mudah2n cepat keluar dari segala kesusahan yg hinggap.. amiin :)

    ReplyDelete
  27. Wah lagi kenapa nich Admin...sekedar tebak...? semua masalah akan segera teratasi ikhtiar dan berdo'a jalan satu satunya sambil menunggu badai untuk segera berlalu...

    ReplyDelete
  28. Badai pasti berlalu ya mas.

    asal badainya jagan lewat depan rumah aja ya mas.
    *ngeri kalau lewat depan rumah

    ReplyDelete
  29. Sya ngefans sm yg di videonya itu gan :)

    ReplyDelete
  30. nyimak aja dech pak..., sy gk bs mendeskripsikan tulisan bapak diatas tp kita sepakat bhw Badai pasti berlalu.., *smile

    Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 5)
    “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6).

    ReplyDelete
  31. Hidup memang harus selalu penuh perjuangan sob. Walau badai dan rintangan selalu ada, tapi badai itu pasti berlalu..heheh :D

    ReplyDelete
  32. tulisannya bagus jga kok sob..narasi serta penggunaan metaforanya sudah OK. Ngumung-ngumung pas lg nulis ini lg galau ya? Hahaha..

    ReplyDelete
  33. nahh justru isi artikel yg ngalor ngidul lagi ngetren ^___^ . #kusus anak-anak.

    ReplyDelete
  34. Kehidupan di alam dunia memang begitu mas Budi, yang penting sabar dan tawakal yah,
    perjuangan memang harus disertai pengorbanan, semoga hari esok lebih baik dari hari ini mas Budi, yg penting Optimis dan harus punya harapan
    semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  35. tetep semangat dalam mengarungi bahtera kehidupan ,,,,,maf bang telat absen

    ReplyDelete
  36. itu lebih penting mas.. tidak terlalu memikirkan hasilnya.. yang penting kita bisa menikmati prosesnya ;)

    ReplyDelete
  37. Ini membuktikan bahwa tak ada yang sempurna. Dengan ketidak-sepurnaan itu kita manfaatkan sisa-sisa potensi yang ada.

    Kata simbah Meldeka... maju telus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh Pak Guru sudah pegang kapur. kita tulisss.

      Delete
  38. HAdir kembali demi asa dan harapan.

    ReplyDelete
  39. Dan semoga badai cepat berlalu adanya ya.. Mas

    ReplyDelete
  40. mas bud semua itu akan indah pada waktunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saat mas Budi berganti nama menjadi Indah? wahh, bisa ruwet dunia persilatan

      Delete
  41. Ibaratnya setiap masalah pasti akan ada ujung akhirnya :D
    Bagus mas kata2nya :)

    ReplyDelete
  42. Postingan yang sangat menarik sekali untuk disimak secara saksama.
    lanjutkan kan mas dengan artikel-artikel yang bagus dan sipoke.

    ReplyDelete
  43. tetap semangat ya kang, manusia hanya bisa berharap, berusaha serta berdoa, tetapi Tuhan yg menentukan segalanya .. :)

    ReplyDelete
  44. harapan selalu ada didepan kita, tinggal bagmna kita meraihnya

    ReplyDelete
  45. Semoga harapan yang diinginkan menjadi kenyataan Mas :)

    ReplyDelete
  46. hidup adalah proses, makanya ada istilah, proses alam, betul ???

    lagunya asik coy, ari laso gitu lho

    ReplyDelete
  47. lagu baru kang mas,wah asik deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagunya Mas Budi, mau dirilis besok Sabtu

      Delete
  48. Harapan memang harus diciptakan dan dikembangkan sebagai salah satu semangat menjalani kehidupan pak :)

    Ada kata kata tertentu yang sangat bagus dan sudah lama tidak saya baca,


    salam guru pantura,

    ReplyDelete
  49. Kehidupan ini memang ada susah dukanya, maka jalanilah kehidupan sesuai dengan yang ada dalam hati selagi tidak menyimpang dari agama dan juga tata susila dalam masyarakat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, point banget nih Mas ferrynya

      Delete
  50. saya kalau baca postngan di blog ini, rasanya terbawa arus ....
    ** kintir

    ReplyDelete
  51. Walau saya tidak mengetahui dengan pasti apa yang sedang terjadi,tapi cara menyampaikannya seperti puisi.Model curhat versi pujangga.Semoga semua berjalan lancar mas budi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ....
      terima kasih mas Abdul... :)
      #coretan ini hanya penantian sebuah harapan dan renungan buat saya,mas....di tiap tgl dan bulan itu...(3/3)...

      Delete
  52. mendengarkan lagu ini jadi teringat waktu itu.. :D
    sungguh mengharukan.. ^_^
    aku coba dengarkan lagu ini lagi disini..

    ReplyDelete
  53. judul artikelnya bikin penasaran -_-

    ReplyDelete
  54. badai pasti berlalu
    yakin dan pasti itu
    jawaban sang waktu
    telah membuka pintu

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum