Hidangan Kerinduan

muhammad adnin

Hidangan Kerinduan

Hidangan Kerinduan. Media televisi masih menjadi alternatif sarana hiburan yang sangat murah meriah keberadaannya hingga saat ini.Bila ingin memilih ataupun menonton acara apa saja(pasti)ada di dalamnya,malahan dapat nyambi minum kopi hangat,tiduran,ngemil bahkan BW-an(blogwalking)sekali pun bisa dan syah-syah aja untuk di lakukan bersamaan dengan waktunya..hehe,tentunya kenikmatan menonton tv itu akan terasa lebih mengasyikan bila menikmatinya bersama keluarga kita tercinta di rumah.

Terkait soal televisi(tv) seperti di atas,sudah barang tentu tak lepas dari program acara-acara yang di suguhkan.Baik yang haus akan sebuah informasi atau berita,olah raga maupun hiburan lainnya.Pada sekitaran era tahun 80-90an,yang pada waktu itu saya masih mengingat sedikit beberapa acara televisi yang di tayangkan oleh TVRI,karena memang pada saat itu baru hanya ada dua stasiun tv,yakni TVRI(tv nasional) dan di susul dengan kemunculan RCTI sebagai salah satu pelopor lahirnya tv swasta dan pertama di negeri ini.Namun sekarang jumlahnya semakin terus bertambah,sampai-sampai kita bingung sendiri untuk memilih dan menontonnya.

Kembali ke soal acara tv di era tahun itu.Tentunya bagi yang usianya sama seumuran dengan saya(haha..ketahuan sok tuanya dong ya)semoga belum lupa akan beberapa program hiburan,seperti serial tv atau sinetron yang ditayangkan oleh TVRI.Sebut saja,salah satu contohnya seperti yang ada dibawah ini:
  • ACI(Aku Cinta Indonesia)
Serial ini mengetengahkan tentang tiga orang teman dalam satu lingkungan sekolah,mereka akrab bersahabat dan selalu kompak dalam segala hal.Dan dari judulnya pun ACI mempunyai arti singkatan akan nama tokoh pemain yang berperan di serial itu.ACI(Amir Cici dan Ito).
  • Serial Losmen
Dikisah ini mengisahkan satu keluarga besar yang mempunyai usaha(bisnis) penginapan milik keluraga,yang berbentuk losmen.Banyak beraneka ragam karekter tamu yang menginap di losmen ini,serta di tambah dan di bumbui pula dengan nuansa warna permasalahan yang selalu saja ada di keluarga pak Broto(pemilik losmen).Dan pastinya menjadikan cerita ini pun semakin seru untuk disaksikan di tiap tayangannya.Dalam serial losmen ada beberapa nama yang di perankan oleh beberapa artis ternama diantaranya:Mathias Muchus,Dewi Yull,Ida Leman dkk.
  • Rumah Masa Depan
Bila sudah masuk di hari Minggu siang pastinya tak akan terlewat tayangan serial yang satu ini,selain acara Si Unyil  yang tayang lebih dulu di Minggu paginya.Saya ingatnya dalam cerita ini ada nama desa yang terkenal dan sering di sebutkan.Yaitu Desa Cibeurum,yang salah satu penduduk warganya di huni oleh satu keluarga harmonis yakni keluarga Pak Sukri yang di perankan oleh Dedy Sutomo.Mereka pun hidup bahagia,karena di karunia dua orang anak(Bayu dan Gerhana)keduanya sangat patuh dan taat kepada orang tuanya,selain itupun mereka selalu berprestasi di sekolahnya.Banyak pesan moral dan pelajaran yang bisa di dapat dalam serial ini.Ada sederet nama pemain yang membintangi serial ini,seperti Septian Dwi Cahyo,alm Mak Wok dan Aminah Cendrakasih,dkk.
Sebetulnya masih ada beberapa lagi serial tv milik TVRI lain yang tidak kalah bagusnya dan yang tak sempat tertulis ditulisan ini.

Selain itu pula karena memang masih belum banyak orang yang memakai tv warna pada kala itu.Dan (kalaupun) ada hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya,di karenakan harganya yang masih terbilang sangat mahal.Namun meskipun demikian menonton dengan menggunakan magic box(tv) hitam putih tidak mengurangi keasyikan..malah sedikit berbangga dan ingin bernostalgia kembali,bisa merasakan menonton tv yang hanya mempunyai dua warna itu..hehe*yet

128 komentar:

  1. wah kalo yang itu saya juga waktu masih muda hehe...sering nonton mas, jadi pengin ada lagi tuh, kalo ACI tokohnya Wati yang saya kenal hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. si wati yang mempunyai sifat dan watak antagonis di perannya nya ya mas...
      wah ternyata mas mur seangkatan sy juga ya..hehe

      Delete
  2. Waw sangat menarik untuk di simak.

    ReplyDelete
  3. rumah masa depan tuh yg enak sob, tak pernah absend dlm menontonya..hahahaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya..hafal juga dengan tokoh sangaji ya mas :)

      Delete
  4. .. rumah masa depan itu bukan nya kuburan ya?!? he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...ketauan blm lahir ya mba vpie...di thn an itu... :)

      Delete
  5. Saya memang Hoby dengan acaranya, tapi itu dulu Mas Budi, kalau sekarang memang saya gak tahu lagi bagaimana perkembangannya,
    Tapi dengan membaca ini sudah menjadi informasi yg berharga buat saya
    terima kasih sudah berbagi Mas Budi
    salam sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas pp,sy pun kurang tau perkembangannya sekarang...yg jelas serial ini dulu paling populer bgt ya mas.. :)

      sama2 mas....sukses juga buat njenengan ya :)

      Delete
  6. ACI . sama judulnya nyambung buat bikin gorengan :D

    tapi isinya tentang produk.. selalu keren blog pak budi :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang untuk membuat kue Miztiktok...

      Delete
    2. @miz : wah kamu orang pertama..loh yg kasih sanjungan ke sini miz...

      btw...nomor sepatu km brapa miz?hehe

      @mas zach:tepung roti mas :)
      @mas KS:kue kluaran baru ya mas :)

      Delete
    3. nomor sepatu saya 41 bang.. wuakakaka..

      Delete
    4. mau yang berapa kali bayar bang andy.... :)
      nanti ta siapin sepatunya..wkwkwk

      Delete
    5. saya lupa tuh berapa nomor absen saya *nyengir kuda* .

      Delete
    6. mirip banget Miz nyengirnya..wuakakaka

      Delete
  7. Saya gak ada yang inget dari semua acara tersebut om! Apa memang karena saya belum lahir pada masa itu ya? hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena beda generasi ya bang daniel...hehe :)

      Delete
  8. saya nonton tuh jama SD itu. saya kalo losmen suka banget sama jarot sontoloyo. kalo di rumah masa depan suka sama sangaji dan boneng, kalo di ACI saya suka Wati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas zach: ea mas..khas bgt emang si jarot ini...klw sy suka gaya mas tarjo...du serial losmen
      buat sangaji..sy suka kacamatanya yg mirip punya jhon lenon...kalo di aci sama mas..sy juga suka sama wati..karena biar sering marah..cuma energik orangnya di peran itu..hehe

      @mas KS: suka nya apaan mas...mesti dora emon ya...hehe :)

      Delete
    2. Wahh..ternyata mas budi udah sepuh yah?

      Delete
    3. saya udah lupa2.. hehhee.. :D

      Delete
    4. @mbak indah :masa sih mbak....blm ahk...hehe :)

      @bang andy: lupa akan syair nya ya bang...hehe :)

      Delete
    5. pemeran sangaji sekarang udah meninggal, Mas.

      Delete
    6. wah sy...ga tahu berita nya mas....
      sdh lama ya mas zach :)

      Delete
    7. udah Mas. udah lama banget koq.

      Delete
    8. aku gak suka losmen
      mending nebeng di rumah temen kalo mau nginep

      *sampluk panci

      Delete
  9. saya kayaknya ingat-ingat lupa tuh mas,cuman pernah saya melihatnya kalau nggak salah ada mak uwokmya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea mas..mak wok berperan sbg nenek dari bayu dan gerhana di serial itu.. :)

      Delete
  10. Jadi teringat masa kecil dulu tuh.. Saya selalu menuggu acara rumah masa depan dan ACI lho... Kalau losmen, saya jarang nontoh tuh. Biasanya sih ortu yang rajin nonton...
    Makaisih nih Mas Sohib atas infonya, jadi flashback nih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...ea mas..flashback lagi ke jaman dulu...hehe

      dan terbyata mas sohib..juga masih nginget ya...hehe :)

      Delete
  11. Wah mas pur ni jadi ngingetin semasa sd saya,, hehehe .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...mbak utami..seangkatan sama sy juga ya..ternyata :)

      Delete
  12. haha bener" menu kerinduan tempo doeloe bang pur sip-sip ane inget,,,makasih sudah berbagi kenangan tempo doeloe bang semoga sukses dan sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha..ea mas cahyo....jaman dulu is de best...
      trima ksh...sukses dan sehat selalu jg buat mas cahyo :)

      Delete
  13. sangat menarik gan artikelnya untuk di simak eheheh

    ReplyDelete
  14. kira-kira itu tahun brapa ya mas?
    saya sudah lahir apa belum ya..hehehe

    soalnya saya kelahiran tahun 97...xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelahiran 60 bilang 97. alesan kamu mbah ....

      Delete
    2. 79 apa 97 sob..

      sok imut nih bilang thun 97.. wuakakaka..

      Delete
    3. haha...ga ikutan dah....balas soal umur :)

      Delete
    4. 97 hadir hahahahhahah #kalem men ihirr.

      Delete
    5. yang 2007 nggak ada ya?

      saya pesen lima kalau ada.

      Delete
    6. satu losin sekalin biar bonus payung

      Delete
  15. semuax aq kenal mas.., jd ingat thn 80-an, sebenarx msh ada lg bbrp serial yg bagus tp lupa *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea mas rohis.....sy tadinya mau tambah beverapa serial lain dari acara tv th 80an...cuma masih samar2 di ingetan..

      wah mas rohis..satu generasi jg nih sama sy...
      toss ya mas :)

      Delete
  16. Acara apaan tuh....sepertinya seru yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dulu2....udah pasti seru..mbak...hehe :)

      Delete
  17. Saya lahir tahun 96 :) apa aja tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo thn itu acara tvri udah banyk tergeser sama acra tv swasta mas febri..

      thn 96...yg lagi ngetop sih..klo gak salah fil layar emas dari rcti...

      Delete
  18. Wah ya saya masih ingat tayangan ACI = AKu CInta Indonesia hiheiheiee. Jadi terkenang kenang masa lalu aja ih indahnya :)))))))))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...ea kang asep....indah banget ya...
      mesti kang asep masih tinggal di jakarta s ya..saat itu.... :)

      Delete
    2. Iya benar sekali waktu masih di Jakarta. Ihihiiii kenangan Indah :))

      Delete
    3. gelantungan di monas ya pak..?

      Delete
    4. Monas lagi disiapkan buat menggantung orang. Orangnya sedang disiapkan. Jadi saya ngalah saja

      Delete
  19. ACI ini film serial lawas yang banyak mengandung unsur pendidikan bagi anak muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas.... di samping itu juga ada sisi hiburan nya juga ya mas :)
      trima ksh ya :)

      Delete
  20. Kalau sekarang hidangan yang diberikan oleh siaran TV udah gak mendidik lagi,karena sebagian siarang tv menyajikan sinetron yang luar biasa aktingnya contohnya bisa terbang, bisa hilang dan kaya mendadak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. stuju mas abed...tayangan saat ini hanya..mencari rating dan materi aja..

      kurang dari unsur pendidikan dan pula ndak meninggalkan kesan apa2

      trims ya mas abed :)

      Delete
  21. Wah kalau saya keinget sama Septian Dwicahyo dan mak wok entah film apa itu ya mas aku lupa dan yang paling kangen itu tu mas Film luar negeri Raksasa yang sering saya lihat kalau gak keliru pada hari minggu ,memang masa kecil walau penuh kesengsaraan maklum orang tua betul betul kurang mampu nonton tv pun kerumah tetangga adalah masa masa yang tak terlupakan..thanks share nya mes

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau Septian Dwicahyo itu film Den Bagus...

      benar gak ya.. soalnya udah lupa.. hehee

      Delete
    2. @mas mahfid : Rumah masa depan mas..yg mak wok n septian dwi cahyo main di sana :)
      klw yg film raksasa sy jg suka mas..apa ya judulnya..lupa juga saya..hehe
      sama kok mas..saat itu juga sy ngalami hal yg sama dg mas mahfid...
      Terima ksh juga ya mas buat kunjungannya :)

      @bang andy: kalo itu...serial yg di tayangin di sctv bang andy...betul kok nama acaranya den bagus..di bantu juga sama si komeng ya bang hehe.. :)

      Delete
  22. itu yg Indonya pak, tp klo yg baratx ni, Friday the 13th, The A Team, Knight Rider, n msh ada bbrp lg *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. knight Rider di putar di Rcti ya mas... :)
      mungkin sy bisa tambahin sedikit juga seperti
      Bj and the bear,santa barbara,film chips(paling ngetop banget) trus ada lagi film kingkong.masih byk lagi ya mas...
      nanti deh...sy inget2 lagi...hehe :)

      Delete
  23. Hahaha jadi ingat masa lalu mas Budi,kalau saya yang masih ingat sampai sekarang adalah,setiap hari jumat saya menggotong accu untuk di stroom,persediaan malam minggu,karena waktu itu di daerah saya belum ada listrik,dan yang paling saya suka adalah film RIN TIN TIN yang di bintangi oleh seekor anjing pintar,wah seru deh pokonya hahaha,( jadi ketahuan nih kalau guwe sudah tua hihi )

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...ea..ea mas dede..saya jg masih terbayang..lagi saat itu sempet juga bpk sy..make accu buat nyetel tv...hehe
      #jd nambah indah bgt kan suasananya klw di inget2 skrng ya mas hehe..

      betul tuh mas Rin tin tin..sy juga suka..
      #haha...ketahuan nih mas dede..kita termasuk orang wes tue
      ...yach..hehe :)

      Delete
  24. wah kok saya nggak ada yang tau ya sob acara yang sobat sebutin di atas.. apa karna saya belum punya televisi ya hehehehe.

    yang penting acara dulu lebih bermutu ketimbang sekarang sob..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena blm tercemar sama adanya rating dan sisi komersil mungkin ya mas..hehe

      Delete
  25. wah saya kok gak tau yah mungkin saya masih kecil sob :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...mas wahyu..masih dalm gendongan..mamah nya ya...(mungkin)

      Delete
  26. Matti aku!!! Semua yang Mas Budi sebutkan aku tidak tahu. -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...mungkin kalo jamanya mas rudy dah masuk kategori modern kali ya mas...
      serial filmnya juga film2 yg modrn... :)

      Delete
    2. mas rudy masih balita saya tau. Kang cilembu masih bayi saya juga tau

      Delete
    3. idem sama mang ruddy

      ohya lupa
      aku kan masih abegeh...

      Delete
  27. Kalau saya suka dengan acara ACI waktu dulu gan.. Tapi acara tersebut sayangnya sudah gak ada ya di TVRI

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesti cik awi sama ma sy nih...rindu juga dg serial tv jaman dulu ya cik :)

      Delete
  28. saya sebenarnya ya Mas, udah nyiapin postingan tentang tema yang sama ini udah lama banget. cuma nggak ketemu-ketemu mood buat ngerapiin bahasanya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak papa tau mas...sayang loh mas zach..kalo cuma ke simpen di draft...

      apalagi kan mas zach memang...daya rekat ingatannya buat segala sesuatu yg zaman dulu...lebih. kuat mas...hehe

      sy juga ..butuh waktu 2 hari mas...buat posting ini...hehe :)




      Delete
    2. hehe... nanti kalo udah cooling down dan mau mengingatkan lagi deh, hehe

      Delete
    3. gak usah inget inget lagi.. ini udah dibikinin tinggal di share bareng bareng :D .

      Delete
    4. saya nggak mau di share. Miz Tio aja tuh yang di share...

      Delete
    5. buruan laporan ke tim sar sebelum ilang sama sekali...

      Delete
  29. dulu kayaknya cerita2 serial di tv ceritanya adem2 ya gak kyk skrg bikin ilfil..

    ReplyDelete
  30. Membaca artikel mas Budi jadi mengingatkan saya akan masa-masa dulu.. sewaktu saya masih duduk dibangku SMP [sekitar 25 thn yg lalu].. yg saya masih ingat adalah serial Rumah Masa Depan, tayang di TVRI setiap hari minggu sore kalau tdk salah. saya masih ingat betul pemain Septian Dwi Cahyo yang memerankan Bayu. Makasih mas sudah memberikan sebuah flash back tempo dulu.

    ReplyDelete
  31. Sekarang, Televisi tidak menjadi hiburan lagi sob, Acaranya sekarang kebanyakan acara musik and Gosip semua, jadi gak asik sekarang nonton Tv

    ReplyDelete
  32. hahaha...
    tahun 80-an saya belum lahir mas ....:D

    mampir :)

    ReplyDelete
  33. Wah jadi ingat sama masa jadul nih saya..
    Masih ingat aja sob dengan tayangan"nya..
    Kalau saya dulu suka nya dengan acara musik artis safari..hehe..

    ReplyDelete
  34. Yang dulu - dulu memang bikin rindu .. ACI : Aku Cinta Ibu hehe
    Biarpun gak seangkatan mas bud tapi sempet tau acara musik di TVRI yang Album Minggu ..
    waktu imut-imut nya saya tuh mas ... hehe
    Televisi memang pindah makna .. benar kata iwan fals di lagu BADUT nya " Dut-badut-badut-badut-badut zaman sekarang di Dikoran-koran di televisi ....di dalam ( sensor ) coz aku kerja disana hehe
    acaranya TV sekarang bikin bingung .. enakan nonton colenak

    ReplyDelete
  35. TVRI emang mantap gan, siarannya berkualitas. kitanya aja yang kadang ga mau, atau karena mungkin kebanyakan pilihan ya saat ini jadinya TVRI di anak tirikan. padahal kalau ga ada pilihan kaya dulu, kita bisa maju tu.

    ReplyDelete
  36. Sya msh belum lahir kyaknya itu??? :D

    ReplyDelete
  37. acara di TVRI nih, waktu itu saya masih kecil, hehe
    suka banget nonton ACI, kisah 3 orang anak
    terus unyil dkk, hehe
    sekarang aja masih suka nonton laptop si unyil, heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo unyil seruan yang versi dahulu

      Delete
    2. mas zach@ haha, kan sekarang udah modern unyilnya, klo jaman dulu suka dimarahin pak raden suka maling jambu, suka karakternya buk bariyah, haa

      Miz Tia@ hahaha bocah tontonannya titanic, emang udah lahir :P

      Delete
  38. hadeh manisnya kenanganku saat kanak2 bersama teman2 mau lihat ACI di tv milik tetangga, skarang ga ada yang aku puka acara2 di tv semua biasa aja ga berkenangan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya ketahuan mbah anis angkatan berapa

      Delete
    2. Wah, apa mbak anis itu Militer pak? kok angkatan berapa?

      Delete
  39. saya belum pernah nonton sob, -,-

    ReplyDelete
  40. ingetnya serial ACI & si unyil mas, sekarang si bolang yang cukup banyak mengandung unsur pendidikan, terima kasih sudi mampir...

    ReplyDelete
  41. tayangan favorit smasa kecil, sllu ditunggu2, yg spti itu sdah jarang

    ReplyDelete
  42. iyaaaa...kangen bgd dg acara itu, masih ingat aja jam tayangnya mas :)

    ReplyDelete
  43. jalan pagi bang sambil menawarkan secangkir coffee :D

    ReplyDelete
  44. serial tv kenangan ya mas...jaman saya kecil saya juga suka nonton serial itu...hehe

    ReplyDelete
  45. ada satu lagi kang.. oshin.. atau kungfu legend :p hmm.. tapi itu luar semua iia.. salah iia saiia nya hehehe.. ;p

    ReplyDelete
  46. saya ga pernah nonton sob.. maklum di rmh saya belum ada televisi dulu.

    ReplyDelete
  47. ternyata Pak Budi Udah sepuh yah?
    hafal betul acara tahun 70an

    ReplyDelete
  48. ada lagi kang, Film Si Unyil hehehhee...... :)

    ReplyDelete
  49. yang ada malah rindu mampir di blog mas purnomo....hehehee

    ReplyDelete
  50. Menarik sekali..
    Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
    salam semangat..

    ReplyDelete
  51. FTV jadul yang banyak penggemarnya

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum