Jakarta Bak Lautan Di 17 Januari

muhammad adnin

 
Jakarta Bak Lautan Di 17 Januari

Jakarta Bak Lautan Di 17 Januari. Bila kita sempat menonton dan menyaksikan tayangan berita hari ini di televisi,yang kesemuanya serentak mengulas tentang musibah banjir yang terjadi,khususnya yang melanda di lima wilayah Jakarta dan daerah lain di Nusantara. kalau tidak banjir bukan Jakarta namanya,demikian juga kalau tidak pernah mengalami dan tak pernah terjebak banjir,bukan warga jakarta pula akan status kependudukannya,katanya.Kali ini,hal itupun  kebetulan saya alami ketika hendak berangkat rutinitas pada Kamis 17 Januari kemarin,di mana saat itu start keluar dari rumah hingga menuju selter bus Trans Jakarta yang akan saya tumpangi,sampai-sampai menghabiskan waktu satu jam-an lebih untuk menunggu.Saya sempat menanyakan hal itu kepetugasnya dan ia mengatakan:Maaf pak,armada kami tengah terjebak banjir di salah satu lokasi,harap maklum sahutnya.(saya pun mengamini tanda setuju,walau hati agak sedikit gimana gitu) menggingat memang hujan saat itu sedang lebat-lebatnya dan di sebagian ruas jalan juga sudah tertutup dan tergenang di penuhi air berwarna kuning kecoklatan.Langkah kaki sedikit bergeser,menjauhi dari posisi si petugas tadi,sambil memperhatikan situasi kalau-kalau ada angkutan umum lain melintas,hingga kenyataannya tak satupun juga yang terlihat terlintas.

Setelah berselang,akhirnya pun busnya tiba dan sampai mengantarkan ke sejumlah penumpang lainnya termasuk saya ke shelter ke dua,sekedar taransit untuk melanjutkan ke tujuan berikutnya.Dari satu jam pertama,satu jam kedua (waktu untuk menunggu).Di tambah satu jam-an lebih lagi di saat berada di dalam bus yang sengal melaju.Setelah baru berhasil melewati di bilangan perempatan lampu merah ITC Cempaka Mas,berberapa ratus meter bus berjalan kemudian,persis di depan salah satu supermarket,speed bus perlahan  tersendat dan lama kelamaan malah  tidak jalan sama sekali alias lumpuh.Ya Situasi Jakarta memang Lumpuh Total,dan Jakarta Bagai Lautan di tanggal itu,pada hingga akhirnya tak sadar sudah tiga jam berarti,durasi yang sudah terlewati di sejak awal.

Jakarta Bak Lautan Di 17 Januari
gambar di ambil dari dalam busway,menunjukan jalan utama di depan salah satu supermarket ternama, terendam banjir hingga setinggi lutut orang dewasa


Mendadak urung sudah niat beraktifitas saat itu,yang terpikir hanya bagaimana bisa kembali pulang ke rumah,mau naik apa? dengan cara apa?.Putar haluan sampai 360 derajat,akhirnya pun  saya turun dari bus dan bergegas meninggalkan shelter.Berjalan kaki beriringan di sela pembatas trotoar jalan,dengan para karyawan lain yang membaur,senasib dan juga sepenanggungan.Untungnya hujan saat itu sudah mulai reda.Dan hingga beberapa puluhan meter perjalanan yang sudah di tempuh akhirnya pun kami berpisah  dengan arah dan tujuan yang berbeda.Melanjutkan,lalu saya memilih mengambil tujuan lewat jalan dalam,di komplek pemukiman penduduk di Jalan Cempaka Putih Tengah.Berawal dari semata kaki genangan air yang saya lalui,lama kelaman di rasa hampir sebetis bahkan sempat setinggi paha.(sayangnya ponsel saya lobet baterenya,hingga tak bisa mengabadikan momen itu).Tersentak berulang sadar bahwasannya saya sedang memasuki zona banjir yang mungkin termasuk parah di lima wilayah ibukota kiranya.Karena hal itu saya ketahui dan melihat ada berjejer sejumlah mobil dari milik tv swasta nasional ,lengkap dengan reporter dan kameramennya yang sedang meliput berita di lokasi yang saya lalui itu.

Letih,kedinginan,lapar dan hati yang gimana gitu bercampur jadi satu,namun tetap ku teruskan lagi aksi gerak jalan di hari itu.Mengulangi rute yang pertama pada saat berangkat tadi.Dan Alhamdulillah dengan upaya susah payah,hingga pada akhirnya saya pun bisa sampai kembali ke rumah dengan selamat dan menorehkan catatan total waktu lima jam-an terjebak dan bergelut dengan banjir selama di jalan.Besar asa coretan ini pun dapat menceritakannya pada sang waktu,teriring tak ada niatan untuk tak beraktifitas hari itu.kita tahu semuanya di luar kehendak dan sepengetahuan.terima kasih dan semoga musibah banjir ini tidak berlanjut di esok hari.*yet.
Jakarta Bak Lautan Di 17 januari

114 komentar:

  1. ya mas,banjir kali ini memang luar biasa.
    saya juga sempat lihat beritanya di tivi.
    semoga warga jakarta dan sekitarnya yg terkena banjir diberi kesabaran dan ketabahan.
    saya cuma bisa ikut mendoakan saja mas,semoga banjir segera surut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya partamax mengalahkan kalian semua

      Delete
    2. Saya yang di Pontianak, Kalimantan Barat hanya bisa menyaksikan perkembangan berita Banjir di lewat televisi swasta dan juga live reportnya. Perkembangan terbaru jumlah korban jiwa sudah mencapai 14 orang ya. Salah satu korban adalah team SAR juga. Saya turut sedih

      Delete
    3. emang luar biasa jakarta sekarang banjir nya gan. Ane ga kebayang dah orang ko pada betah di sana ya. Tapi ya itulah, mungkin jakarta sudah tidak tepat lagi kalau di jadikan ibukota.

      Delete
    4. sedih banget liat beritanya, mas. apalagi ada jatuh korban jiwa.

      semoga surabaya tidak ketularan banjir seperti jakarta

      Delete
    5. klu ksihan di sumbang dunk mas heheheh.

      Delete
    6. wah ini ada tim KPK membombardir,

      aq lum pernah ke jakarta. tapi tau kalo jakarta ntu nggak punya monorail dan jakarta ntu tetep terpung :D

      Delete
  2. Sobat, tukar link nyok? Link sobat sudah tercantum pada blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik, asal jangan cincin ya yang ditukar.. hehe

      Delete
    2. tukar dompet aja. kebetulan dompetku lagi kosong nih :)

      Delete
    3. yuk, dompet saya juga kosong

      Delete
    4. tukar pacar aja yuk..
      aq nggak ada pacar nih :D

      Delete
  3. pray for jakarta, smoga banjirnya lekas surut n aktvtas ibukota kmbali lancar.

    jd keinget thun 2007 sob dkotaq Bojonegoro banjir besar waktu itu

    ReplyDelete
  4. iya sobat, saya lihat berita banjir besar banget jakarta, kelihatannya hampir seluruh jakarta terkena banjir sob, rumah sobat kena banjir g..?

    semoga lekas surut sobat banjirnya, dan aktifitas bisa berjalan lancar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya sangat menunduk untuk berdoa

      Delete
  5. turut berduka atas terjadinya banjir di kota Jakarta.
    semoga ini menjadi sebuah PR khusus untuk rakyat ibukota untuk lebih memperhatikan lingkungannya.

    if u dont mind visit myblog.
    http://project29-blogku.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. dahsyat sekali memang kali ini musim penghujan nya , sehingga jakarta pun menjadi kolam renang raksasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak buat renang ya sob. kayak bebek..hehehe

      Delete
    2. jangan sebut bebek.. tar mbak ay mendadak muncul

      Delete
  7. ya mau bilang apa lagi mas itulah tradisi ibukota

    ReplyDelete
  8. banjir memang sangat sulit teratasi untuk ibukota yang sudah terlalu padat penduduknya

    ReplyDelete
  9. saya tadi pagi sampe sore agak lega, di jakarta airnya surut. tapi begitu liat berita di tivi, koq malam ini air naik lagi. ya allaah, semoga cepet berlalu masalah ini, aamiin.

    ReplyDelete
  10. liat berita di TV warga jakarta mengungsi, wabah penyakit dimana2, aktivitas jadi gak lancar, kasihan mereka, kayaknya beberapa tahun lagi jakarta bakal tenggelam deh klo gak di tanggulangin dengan cepat

    ReplyDelete
  11. ternyata yah,, banjir masih menjadi masalh utama jakarta selain kemacetan mas.. :P

    ReplyDelete
  12. mlm mas klu kmi ksian sama pak jokowi baru berapa bulan dah banyak cobaan jdi nagis D: heheh

    ReplyDelete
  13. Jakarta memang sangat memprihatikan, sangat dikhawatirkan...
    aku cuma lihat di televisi aja mas budi

    ReplyDelete
  14. Wah rupanya mas budi sempat menyaksikan langsung,,memang tahun ini merupakan banjir yang terbesar.Mudah-mudahan cepat surut dan ada solusi untuk mengatasi banjir mendatang.

    ReplyDelete
  15. Kejadian akan bencana alam sungguh sangat memprihatinkan.. apakah alam sudah tidak berhabat dg kita atau kita yang sudah tdk bersahabat dg alam

    ReplyDelete
  16. diriku cuma lihat di berita aja mas. banjirnya kayak danau. mudah-mudahan cepet surut airnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kemaren sempat lega abis jumatan sempat jalan di depan sarinah dan bunderan HI. semoga kelegaan itu sampai selamanya.

      Delete
  17. wah saya hanya melihat dimedia saja mas, sungguh hebat tuh banjirnya, semoga cepet teratasi mas, PR buat mas JOKO hehe...

    ReplyDelete
  18. Moga cepet reda banjirnya sob. Hehehe

    ReplyDelete
  19. Semoga saja nanti kedepannya JAKARTA bisa mengatasi masalah yang paling klasik yaitu "BANJIR"..tapi kalo ga banjir bukan jakarta namanya ya kan bang Budi,kita lihat saja nantinya apakah pemerintah benar2 serius dalam menangani masalah ini sebab pejabat yang terdahulu sepertinya hanya DUIT nya saja yang dimakan...

    ReplyDelete
  20. sudah saatnya Jakarta berbenah,,, kepadatan penduduk menjadi faktor kurang kedisiplinannya dalam menjaga kebersihan lingkungan :/

    ReplyDelete
  21. jakarta juga perlu istrirahat
    biar tidak siang malam sibuk terus cari duit
    sekali kali santai dulu lah...
    *sambil ngepel halaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener. tumben Kang Raw mbejujak, eh, bijak

      Delete
    2. yang di pel halamanya sapa dulu nih...?

      Delete
  22. wah jakarta benar-benar banjir nih,,,mudah-mudahan bs cpt di tanggulangi

    ReplyDelete
  23. coba bantu mereka.. setiap satu postingan tentang banjir rp.10000 .

    ReplyDelete
  24. berkunjung di sore hari untuk mengucapkan keprihatinan untuk jakarta saat ini,,,ide bgs tu Miz Tia

    ReplyDelete
  25. wah memang bener2 banjir kali ini ya,semoga bisa cepet surut

    ReplyDelete
  26. semoga aja kedepannya masalah banjir bisa diatasi dengan cepat,, :)

    ReplyDelete
  27. Aku hanya bisa berdo'a saja dari kejauhan,semoga saudara-saudaraku yang di Jakarta diberikan ketabahan,dalam menghadapi musibah banjir kali ini,,

    ReplyDelete
  28. mlm mas heheheh ko pada rebutan,s wkwkwkwkw.

    ReplyDelete
  29. kemaren banjirnya dahsyat,,,hari ini kabarnya dah mulai surut dan mudah2an kembali normal lagi ga banjir...

    ReplyDelete
  30. semoga banjir di jakarta cepat surut...
    Tolong komen di blog saya juga dong dan follow di evaanindhita.blogspot.com nanti saya follback balik

    ReplyDelete
  31. Keadaan Jakarta semakin memprihatinkan :(

    ReplyDelete
  32. pengen mandi air banjir jakarta nh, siap tahu ajj jadi beruntuk mas,,
    wkwkwkwkwkwkkwwk,,,

    ReplyDelete
  33. iya cocok buat syuting judul filmnya "River World" hehee... semoga ini menjadi banjir terakhir untuk kota Jakarta tercinta, semoga kedepannya Jakarta terus menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi... :D

    ReplyDelete
  34. bukan cuma di jakarta mas,...di kampung aku juga terkena hal yang sama,..semoga dapat terselesaikan

    ReplyDelete
  35. gan mampir nih,...wah,..jakarta banjir,.tapi sobat tidak terkena dampaknya kan,..hehehehe,sukses selalu disini dah,..

    ReplyDelete
  36. siklus yang sllu terjadi, mesti ada pembenahan
    klo ditempat ane blom pernah ada kebanjiran bang
    wajah ibukota jadi sorotan dunia karena banjirnya
    trims liputannya, hati2 sob banjirnya belum reda

    ReplyDelete
  37. Wah, sudah parah sekali ya.
    Semoga bisa segera teratasi.

    ReplyDelete
  38. duh jakartaaaa... gak ada banjir aja perjuangan ya utk bs cari nafkah di jakarta.. ketemu macet tiap hari.. apalagi kl kyk kmrn.. semoga sesuda ini menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  39. korban banjir hari ini sudah mulai banyak terkena penyakit, hari ini juga sudah banyak berdatangan bantuan dari segala pelosok, walau masih ada yang tidak terjangkau karena akses logistik sulit ditembus.
    semoga banjir jakarta segera surut dan hari esok menjadi lebih baik dari kemarin....aaaaamiiin

    ReplyDelete
  40. ibu kota sebaiknya segera di pindah :D

    ReplyDelete
  41. Ini salah masyarakat jakarta sendiri
    tidak tahu kesadaran tentang lingkungan sekitar yang penuh sampah
    apa warga indonesia tak punya malu termasuk jakarta...
    ayo dengan sedikit gerakan berikan banyak perubahan!!!!

    ReplyDelete
  42. Untuk saat ini tidak etis buat kita untuk saling limpahkan kesalahan karena semuanya memang telah terjadi dan menjadi pengalaman buat kita untuk tidak sembarangan membuang sampah dan menjadi teguran untuk pihak yang berwenang untuk tidak memberikan Izin seenak sendiri di tempat tempat yang seharusnya menjadi tempat peresapan Air ...thanks sherenya sob..(Wassalam)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ane setuju lgi kalu yng buang sampah di kasih onde2 hahahah. alias pukulan mas wkwkwkwkwk.

      Delete
  43. .: mudah2an ga' ikut kebanjiran ya Mas...^_^

    ReplyDelete
  44. Jangan khan jakarta sobbb..

    Makassar pu ikutan banjir jugaaa..

    ReplyDelete
  45. Musibah yang tidak terduga, sampai saya sendiri tidak bisa bepergian kemana-mana.

    ReplyDelete
  46. semoga cepet surut bang seperti biasa

    ReplyDelete
  47. terus katanya.. nii baru permulaan pula kang iia :( puncaknya masii menanti :(( duh biiiyung

    ReplyDelete
  48. konon harus lebih waspada lagi ya mas. karena menurut BMG akan terjadi hujan lebih gede lagi di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bawah parasit yang banyak mas kalu banjir datang lagi tinggal nyuseb gkgkgkg

      Delete
  49. Siapa suruh datang Jakarta... siapa suruh...???

    ReplyDelete
  50. klw skrng jakarta sdh agak tenang ya gan ..

    ReplyDelete
  51. Jakarta memang sudah banyak yg meramalkan....
    memang sangat memprihatinkan
    apalagi dengan Ramalan BMG ini, seharusnya pihak yg berwenang tetap mencari solusi utk kedepannya...
    semoga banjir cepat selesai ya sob. dan jakarta akan kembali seperti semula

    ReplyDelete
  52. jakarta mw tenggelam,..hehe..gan,saya newbie,ditunggu follbacknya ea :)

    ReplyDelete
  53. alhamdulillah sekarang udah surut ya gan :D

    ReplyDelete
  54. Selamat malam mas..
    semoga dengan kejadian banjir itu, jakarta mendapatkan pelajaran dan hikmahnya, dan yang terpenting jakarta jauh lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  55. Akan lebih baik klw ibu kota sebaiknya di pindahkan saja ke daearh2!

    ReplyDelete
  56. Terus terang nih, jika saya berkunjung kesini bingung mana artikel terbarunya. Belum begitu paham :D

    ReplyDelete
  57. jakarta sebenernya udah emang berat mas , soalnya sudah padat sekali penduduknya :D




    admin "variasi blogger"

    ReplyDelete
  58. innalillahi wa inna ilaihi rajiun...
    smoga dngn ujian ini pndduk indonesia terutama jakarta, sadar atas penyebab ujian banjir ini kawan...!!!!

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum