Pemberlakuan Sistem Nopol Ganjil Genap Di Ibukota

muhammad adnin

Pemberlakuan Sistem Nopol Ganjil Genap Di Ibukota

Pemberlakuan Sistem Nopol Ganjil Genap Di Ibukota. Kalau gak macet bukan Jakarta namanya,mungkin kata itu sudah menjadi ikon buat ibukota seperti Jakarta.Berbagai cara telah di lakukan oleh pemprov DKI untuk menuntaskannya,namun tak membuahkan hasil yang kita harapkan bersama.

Kembali kali ini Gubernur DKI, Jokowi membuat gebrakan/terobosan dengan memberlakukan kebijakan,berupa pembatasan untuk pengguna kendaraan pribadi.Dengan sistem Nomor Polisi(Nopol) ganjil dan genap pada setiap hari kerja,yaitu senin sampai Jum'at dari pukul 6 pagi sampai dengan 8 malam.

Memang sebelumnya kebijakan ini pun pernah di angkat ke permukaan oleh Gubernur sebelumnya(Fauzi Bowo) namun kandas.Dan sistem kebijakan ini pula sudah di lakukan di beberapa negara,sebagian membawakan hasil positif,dan sebagian lainnya masih di temukan celah kelemahannya.Seperti para pemilik kendaraan pribadi memanipulasi dengan cara menggandakan Nopol kendaraannya lebih dari satu nomor.

Rencana dan harapan
Rencananya sistem ini akan di berlakukan di sejumlah kawasan 3 in 1,di seluruh koridor busway atau wilayah yang di lalui jalur bus trans Jakarta.Dan dengan pemberlakuan sistem ini pula di harapkan,masyarakat DKI khususnya bisa lebih senang memilih untuk naik kendaraan umum,ketimbang menggunakan kendaraan sendiri,agar dapat mengurangi kemacetan,setidaknya.

Kendala yang di hadapi
Tentu pemberlakuan sistem ini juga akan menuai pro dan kontra di tengah masyarakat dan orang-orang terhormat yang nangkring di parlemen sana.Selain itu di tambah pula dengan pandangan buruk masyarakat kita terhadap sistem transportasi umum di DKI saat ini.Di sebabkan oleh faktor keamanan,kenyamanan dan masalah tepat waktu.
Dari yang suka kita jumpai ulah supir yang ugal-ugalan membawa penumpang,rawan kriminal dan belum lagi sampai menunggu(antri) terlalu lama kedatangan kendaraan umum(busway khususnya).Karena akan hal itu masyarakat kita enggan untuk menggunakan jasa angkutan umum di tengah menjalankan aktifitasnya.


Pemberlakuan Sistem Nopol Ganjil Genap Di Ibukota

Harapan pengguna Bus Trans Jakarta(Busway)
Dari banyaknya pengguna setia busway(termasuk saya sendiri) mbok yo armadanya di tambahken pak/bu....sistemnya lebih di benahi lagi.Jangan koridornya bertambah terus,lantas malah mengurangi kenyamanan para penggunanya.Lebih penting dari itu pula tulisan tips pemberitahuan cara menunggu jadwal kedatangan yang menempel di dinding kaca shalter,sepertinya sudah gak relevan lagi.Di karenakan para pengguna bisa berjam-jam lama untuk menunggu,dan bila menanyakan hal itu ke petugasnya,jawabannya klasik "sedang BBG/ isi bahan bahan bakar gas ,katanya".(curhatan pengguna setia mu)

Semoga dengan Pemberlakuan Sistem Nopol Ganjil Genap Di Ibukota ini,ada perubahan hasil  positif dan juga sesuai dengan apa yang di inginkan bersama nantinya.Kita tunggu aja kisah kelanjutannya di tahun 2013 mendatang.Demekian,sukses slalu untuk kita semua.*yet.

*referensi by ada apa berita (Jack Tv kemarin malam)


82 komentar:

  1. amankan pertamaz dan salam 69 sob :)

    ReplyDelete
  2. Lama saya tidak ke Jakarta Mas Budi,hehe,,,,padahal saya ingin sekali mencoba naik Bus way,,tapi kalau nunggunya saja lama,jadi berpikir lagi dech hahaha,,,

    ReplyDelete
  3. Wah saya kurang paham tentang beginian sob.
    .
    Saya jg belum pernah kejakarta sobat.
    Pengen bgt sech. Tp blm kesampean he he





    ReplyDelete
  4. sama dengan di atas saya, saya belum pernah kejakarta, jadinya nggak ngebayangin deh antri + nunggu lama... mudah - mudahan bisa membawa yang lebih baik lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah ke jakarta Mas. makan ati, bener

      Delete
  5. barangkali inimerupakan terobosan baru dalam Pemberlakuan Sistem Nopol Ganjil Genap Di Ibukota ini, semoga apa yg dikehendaki dapat berjalan sukses ya sobat..
    trim infonya

    ReplyDelete
  6. Malam sob.. Follow sukses sob.. #372 #A/N : Nikolaus Evan Reinaldo
    Saya tunggu ya sob :D

    ReplyDelete
  7. wah keren ni. jadi nomer tertentu hanya bisa masuk hari tertentu ya. yaud, laksanaanin aja, orang jakarta ngikut ko. ga usah kelamaan mikir pak jokowi, hajar aja, yang ga suka ntar kalau lihat hasilnya bagus juga ngiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bravo pak jokowi. bravo Mas anak Kost.

      Delete
  8. Semoga aja ada perubahan yang positif kedepannya ya bang.. ^_^

    Sikat disini bang.. :)

    ReplyDelete
  9. yang pasti menunggu itu membosankan.. hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. membosankan memang. apalagi bubufr dan pancinya KPK.

      Delete
    2. hahaha.. benar banget tuh..

      Delete
    3. Justru nunggu itu untk belajar sabar, cuma kita aja yg ndak merasakan hasilnya :(

      Delete
  10. yang punya banyak mobil ya bisa tetep jalan ya bang,kemungkinan kan nopol kendaraan itu ada yg ganjil dan genap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini ga gitu lah mas,wong tingkat kemacetan-nya kurang,tidak seperti dijakarta.
      cuma tingkat kecelakaanya lebih tinggi,mungkin karena jalanya bagus trus pengemudi malah jadi kurang hati2.

      Delete
  11. yang panen tu tukang plat nomor. banyak yang palsu ntar. hari ini pasang yang ganjil, besok pasang yang genap.

    ReplyDelete
  12. jadi semakin banyak tahu tentang kota jakarta, maklum belum pernah sama skli ke JKT jadi dengan adanya info2 menarik yang diterbitkan sangat terbantu, Terima kasih sahabat.

    Salam

    ReplyDelete
  13. menurut pendapatku..tiap kebijakan bertujuan baik, selama didukung dengan pengawasan yang baik dan ketat...semoga berhasil...salam dari Jakjarta..

    ReplyDelete
  14. Sebagai orang yang dibesarkan di DKI Jakarta, yang saya rasakan memang BANJIR dan MACET adalah "PR" bagi Gubernur DKI Jakarta sebelumnya dan akan selalu menjadi "warisan" buat Gubernur yang sekarang. MACET ya Macet yang semakin runyam permasalahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Pontianak tu baru, tertib lalu lintas, tertib air.

      Delete
  15. wah jokowi dimanamana ya sob.. emang sulit mikir jakarta, saya aja mumet sob.. :)

    ReplyDelete
  16. harapannya semoga kedepan akan lebih baik. :)

    ReplyDelete
  17. semoga ini menjadi slah satu solusi buat jakarta yang semakin rumit ya bang...

    ReplyDelete
  18. wah jadi ngerti neh informasi di kota jakarta, mksh bang buat shsre nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunjungan malam sahabatku, selamat dan sukses yah

      Delete
  19. mungkin utk kali ini saiia hanya akan jadi penonton, karena sudah gag berkendaraan lagi kang :( hueheheh..

    ReplyDelete
  20. mungkin cara tersebut dapat mengatasi kemacetan di ibukota.. sistem tersebut berhasil di terapkan di brasil apakah indonesia bisa meniru kesuksesan brasil ?

    ReplyDelete
  21. Maaf nch bang sya soal bginian tdk paham ...

    Gambar Macetnya panjang amat yah

    ReplyDelete
  22. Kunjugan Rutin Sobat....

    Jangan Lupa Berkunjung Di Blog Saya Ya..

    ReplyDelete
  23. semoga terobosan pemerintah berhasil dan menuai hasil lah..

    ReplyDelete
  24. enak di orang2 kaya ya jadinya.. yg punya 2 mobil, bisa mengatur nopol ganjil/genap.. hari ini pake ganjil, besoknya pake genap hehe

    ReplyDelete
  25. hadir bang ijin baca sekalian mau ngambil pisang goreng nih agagagagag salam sukses selalu bang :D

    ReplyDelete
  26. Tugas disini beres sobbb...

    Kunjungan baliknya ya sobbb...

    ReplyDelete
  27. Saya senang dengan adanya sistem nopol genap dan ganjil karena ada matematikanya hehe.. :D

    ReplyDelete
  28. Nyimak mas sobt...
    ea salm kenal juga buat mas admin...

    ReplyDelete
  29. kayaknya solusi yg tepat ya kang dengan pemberlakuan nopol ganjil dan genap, tinggal kesadaran semua pihak aja sebagai pelaksananya hehheee.... :)
    karena sebagus apapun peraturan kalo tidak ada kedasaran dari semua pihak, tetap saja ..........., bener gak kang xixiiiii... :)

    ReplyDelete
  30. Mampir berkunjung sekalian bersilaturrahmi sobat..

    Memang persoalan di jakarta sudah begitu rumit & kompleks..

    Mulai dari macet, banjir,transportasi, kemiskinan,kriminal,transportasi & berbagai persoalan sosial lainnya..

    Dengan terpilihnya pemimpin baru jakarta (Jokowi) di harapkan dapat mengatasi masalah" tersebut..

    Memang bukan pekerjaan yang mudah bagi Jokowi beserta instansi terkait untuk mencari jalan keluarnya..

    Tapi dengan niat & semangat yang tinggi di dukung dengan strategi jitu & kerja keras dari semuanya termasuk peran dari masyarakat juga tentunya, tidak mustahil persoalan" tersebut akan bisa teratasi & menjadikan jakarta menjadi lebih baik & indah ke depannya..

    ReplyDelete
  31. mudah-mudahan dengan adanya peraturan baru bisa mengurangi kemacetan.

    Terimakasih mas infonya.

    ReplyDelete
  32. Saya yang tinggal di kota kecil, ikut support saja lah. semoga sistem nopolnya lancar tidak kandas seperti sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  33. peraturan ini juga masih spekulasi ya sob efektifitasnya, sebetulnya ada pemecahan yang cos pleng akan persoalan sosial Jakarta, dulu terdengar sebatas wacana yaitu ibukota negara dipindah ke kota lain

    ReplyDelete
  34. Terima kasih atas artikelnya.
    Oh iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya Anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi Anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada Waktu saya akan berkunjung lagi.

    Ditunggu kunjungan baliknya :)


    #Semoga sehat selalu :)

    ReplyDelete
  35. Saya bersyukur tinggal di Bogor Mas, di sini macet kalau wiken aja.
    Lihat berita kemarin, Pak Jokowi bilang tidak akan buru2 menjalankan sistem ini. Sepertinya angkutan umum di Jakarta harus dibenahi dulu, baru dipikirkan bagaimana sistem ini bisa dijalankan secara efektif.

    ReplyDelete
  36. maaf mas Budi. saya br bs berkunjung.
    tugas 6^_^9 dsni beres mas..hehehe

    ReplyDelete
  37. semoga kedepannya jkt lebih maju...

    ReplyDelete
  38. semoga dg kebijakan itu jakarta bebas macet

    ReplyDelete
  39. salam sahbtku
    Nambh info ku disini.thanks sudi kogsikan.

    ReplyDelete
  40. untung solo gak ada yg begituan..:D

    ReplyDelete
  41. semoga usahanya lancar lancar aja pak jokowi, dan bisa ngurangi kemacetan di daerah jakarta :D

    ReplyDelete
  42. mslah pro dan kontra tu dah hal biasa, apalagi yg pasti kebanyakn dari orang2 yang sudah terbiasa menggunakan mobil pribadi. tinggal keberanian pa jokowi aja

    ReplyDelete
  43. Ikut dukung aja sob, soalnya saya kurang paham juga keadaan di jakarta....

    ReplyDelete
  44. berkunjung sambil baca-baca bang os19,,,salam sukses

    ReplyDelete
  45. meski rawan dg pemalsuan plat nomer, tp saya cukup setuju dg kebijakan tsb

    ReplyDelete
  46. .: ane juga setuju, biar Jakarta makin lancar...^_^

    ReplyDelete
  47. trobosan pak jokowi memang "jokowaaww"semoga dapat mengatasi kemacetan di jakarta :)
    salam tugas :)

    ReplyDelete
  48. wah artikel yang bagus, semoga terobosan dari pemprov dki ini menjadi solusi kemacetan di ibukota

    ReplyDelete
  49. Mampir Sejenak ya Gan Di Blog Mu Yang Ringan + Keren Ini....


    Jangan Lupa Mampir Ke Blog Saya...


    Salam Wong Sirau

    ReplyDelete
  50. Semoga sistem nopol ganjil genap ini bisa di laksanakan dg sebaik2nya dan bermanfaat untuk semua... (sok ngerti) :)

    ReplyDelete
  51. mobil semakin banyak jalan gak lebar lebar, heehe
    udah macet, banjir lagi, semoga solusi di atas dapat sedikit mengurangi kemacetan :)

    ReplyDelete
  52. Kalau saya belum setuju jika peraturan ini diterapkan. Alangkah baiknya benahi dan remajakan dulu angkutan transportasi. Dan harga dibikin murah. Saya naik motor sepuluh ribu bisa seminggu jika nanti naik angkot pastinya akan lebih besar dari itu ongkosnya.

    ReplyDelete
  53. weleh2.
    lagi hangat2nya yak ini berita?

    ReplyDelete
  54. jakarta sudah terlalu padat
    sudah susah untuk diobati dan kayaknya emang kudu diamputasi
    pindahkan ibu kota

    ReplyDelete
  55. kl menurut aq mmg baagus dibuat aturn seperti itu
    biar berkurang kemacetaan jakarta

    ReplyDelete
  56. hahahaha, akhirnya pelaturan ini diberlakukan juga to.. ini bukan pakai logika lagi. sajak e wis jydek mikir jalanan jakarta, hingga ganjil genap ala judi jalanan di berlakukan. wah wah wah eloj tenan

    ReplyDelete
  57. ikut nyimak aja dah sob, meskipun rumah saya gak di ibukota :D

    ReplyDelete
  58. saya yakin deangan terpilihnya jokowi sbg gubernur DKI,jakarta akab lebih baik dari sebelumnya,terutana dalah hal kemacetan

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum