Hobi Membaca Modal Awal Yang Baik Untuk Si Anak

muhammad adnin

sejumlah koleksi majalah, sebagai bahan bacaan untuk mengisi waktu luangnya.sampai ia simpan dan jaga dengan baik,di lemari bukunya (Adin)


Hobi Membaca Modal Awal Yang Baik Untuk Si Anak. Flashback lagi di waktu kanak-kanak dulu,ketika orang tua (bapak) khususnya bila sudah menyuruh memegang buku,tak ada alasan buat ku untuk menunda waktu,walau di hati kecil agak sedikit menggerutu pada saat itu.Tercermin cerita,di sela waktu ku di saat membuka lembar demi lembar halaman buku,sementara di luar sana di depan pelataran rumah,teman-teman sebayaku sedang asyik bermain sambil bersenda dan bersorak ria,seolah menertawai waktu belajar ku,pertanda lengkap sudah penderitaan kala itu.

Karena konsekuennya,Beliau ikut membuka dan membaca salah satu koleksi buku andalan (Religi),sambil mengenakan kaca mata baca di tengah aktifitasnya.mau tak mau aku pun larut dalam suasana itu.
Hari terus berjalan,hingga saya yakini,sadari dan pahami kini,semata beliau melakukannya untuk ku lantaran karena sanking perhatian,sayang,dan ingin melihat anaknya maju.

Lain dulu lain sekarang,lain cerita lain permasalahan.Tapi tetep tidak menyimpang masih mempertahankan tujuan dan ending yang sama.
Dari tutur kisah lama di atas,bisa di artikan persis,bila saya memaksakan anak saya untuk membaca buku(belajar) hal serupa akan ia rasakan dengan apa yang saya alami ketika di masa kanak-kanak dulu.

Kebetulan kami berdua mempunyai hobi yang sama yakni membaca,kalau mamahnya hobi baca walau sekedar buku Resep masakan terkadang pula mengulang pelajaran yang di dapat dari tempat pengajiannya,saya sendiri suka baca cuma koran (bertajuk apa saja)tidak mesti harus terbitan baru,bila kepepet koran lawas alias bekas pun jadi,sekedar untuk mengisi kekosongan waktu,dan bermaksud menanamkan benih minat baca di luar sekolah.Karena sudah menjadi hal yang biasa.Alhamdulillah hal itu pun menular ke Adin anak saya,atau karena mungkin ia sudah teradiasi kebiasaan kedua orang terdekatnya.

Setiap orang tua tentu mendambakan putra putrinya giat dalam belajar,hingga menjadi anak yang cerdas,pintar dan di harapkan.Karena berawal dari senang/hobi membaca,menjadi modal awal yang baik untuk masuk ke aktifitas belajar selanjutnya untuk mereka.Namun di akui tidak mudah memang,
mengingat akan jamannya seperti saat sekarang ini.Di mana waktu mereka selama hampir (24jam)di habiskan dengan hal-hal yang justru mereka jauh dari kegiatan belajar.

Bermain game baik online atau lewat sarana media lain,browsing,sosial media (internet) belum lagi di tambah dengan suguhan dari acara favorit mereka lewat televisi yang tidak habis-habis jam tayangnya.
Semakin di larang semakin mereka ingin lepas,semakin kita keras semakin mereka menjauh.Dan bila di biarkan akan lebih parah dan tak terarah lagi keadaannya.

Di sinilah sumbangsih dan peran aktif dari orang tua dalam menghadapi tantangan ini.Tentunya kita tidak bisa menyamakan keadaan itu dengan jaman 10-20 tahun sebelumnya.
Ciptakan lobi-lobi (pendekatan),komunikasi yang santun dan pemberian contoh yang indah dari kedua orang tuanya,akan di anggap lebih menyenangkan dan dapat di terima oleh mereka.

Selain itu di perlukan ekstra kesabaran dan pengorbanan untuk mewujudkannya.
seperti peribahasa bisa karena biasa.itu menurut saya.Kalau menurut anda seperti apa wujud gambarannya?
Demikian Hobi Membaca Modal Awal Yang Baik Untuk Si Anak,sekedar mengulas bagian cerita kecil keluarga,semoga ada satu tetes manfaat,terima kasih.Sukses selalu untuk kita semua.*yet.

84 komentar:

  1. saya ikut seneng banget denger Adin suka membaca. saya juga seneng, Njenengan hobi membaca, dan menular. bravo banget. itu point banget Mas. isdebes. tema apa apa yang Adin suka Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas zach...jd gde kepala nih di sanjung...hehe

      anak sekarang mang mesti di pancing ya mas..ga kya jaman kita kecil dulu :)

      klw yg dia suka..sekenanya dia mas...tapi yg memang dari kecil dari usia 4 thn yg nama nya kereta api sama bus..paling yg di pavoritkan..
      sampe2 ya...buku gambar sehari bisa 2 buku habis buat di gambarin KA sama hafal nama2 bus lintas jawa beserta jurusannya..sampe mbahnya pun geleng2...liatnya...hehe



      Delete
    2. momentum bagus Mas. dijaga tu konsistensinya Adin. asli bakalan jadi bekal yang besar buat Adin nanti. hebat, seneng banget saya.

      Delete
    3. nggih mas...
      biar mengalir semau mau nya dia aja...
      sy hanya beri dukungan dan motivasi aja :)

      Delete
    4. tepat banget langkah Mas Budi. dampingi selalu Adin.

      Delete
  2. ntar dulu nih. di atas itu ilustrasinya majalah KA kan? koq sama kayak si Agree, hobinya beli majalah ini sama Angkasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh...si Agree pun sama ya maz.suka sama majalah KA juga..bisa tukaran kali tuh mas nanti...hehe

      klw adin mulai punya dari edisi 30 sampe edisi 45 mas...
      itupun yg jual selalu sms..ke no hp nya..klw edisi baru udah terbit...hehe

      Delete
    2. edisi baru yang berburu kereta kotak kan ya kalo gak salah? ada bonus kalender dinding? Agree udah ada kalo itu

      Delete
    3. wah berarti Agree masih suka beli edisi sampe skrng ya mas..
      klw yg itu ak kurang tau juga mas...hehe
      soale trakhir beli udh hampir 1 tahunan yg lalu....

      coz lagi itu penjual nya yg di gambir..ga pernh ksh kbrnya lagi..
      jadi jrng beli lagi...hehe :)

      Delete
    4. iya, masih suka beli sampai sekarang. alhamdulillaah banget dia mulai suka baca sekarang, jadi saya siap aja beliin dia apapun bukunya sepanjang positif buat dia

      Delete
    5. betul mas..point nya itu...buat anak kita jd hobi membaca :)

      Delete
  3. pokoknya bersyukurlah Mas, Adin suka membaca. pasti akan menghasilkan point yang terbaik kelak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ....terima kasih mas...itu juga yg menjadi harapan kami :)

      Delete
    2. tidak hanya untuk Mas Budi. saat suatu saat nanti saya mendengar Adin sukses, saya akan termasuk orang pertama yang memberi ucapan selamat kepadanya!

      Delete
    3. Alhamdulillah..saya bersyukur bisa mengenal mas zach... terima ksh ya mas

      amin... :).

      Delete
    4. Alhamdulillah..saya bersyukur bisa mengenal mas zach... terima ksh ya mas

      amin... :).

      Delete
  4. oh iya, horee... saya pertamax, salto ahh.

    ReplyDelete
  5. Kelak akan kutanamkan juga pada jagoanku agar gemar membaca.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea Bund....insya Allah akan membuahkan hasil yang bakal kita harapkan...amin :)

      Delete
  6. mlm sobat. trmksi sobat artikel yang sangat bermanfa'at buat anak2 sobat

    ReplyDelete
  7. wah.. sy juga snang baca2 buku mas klo ps lg waktu luang. hhe

    ReplyDelete
  8. anak sekarang susah untuk membaca, belajar aja jarang. contohnya ponakan saya maunya main terus...

    ReplyDelete
  9. Anak dan Bapak kompak banget :D
    Saya dan almarhum bapak saya juga memilik hoby yang sama yaitu baca koran, khususnya yang berbau politik hehe..
    Dari kecil saya sudah seneng banget baca tapi bacanya majalah bobo dan komik donal bebek..
    Semoga anak saya (kalau sudah nikah) juga suka baca koran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka bobo sama si donald tuh mas Nur....jaman dulu :)

      Delete
    2. Iya mas, jaman dulu bobo dan donald bebek terkenal banget hehe.. :D

      Delete
  10. salutlah aq sama mas budi dan adin,sama2 suka membaca.....anak ya niru bapak :)

    tapi aq prihatin dengan diriq sendiri
    saat anaq mulai belajar malah aq ga disampimgnya,aq cuma bisa nitip sama neneknya (ibu mertua)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi nenek juga ada kalanya suka membaca meski udah sepuh lho Mas..

      Delete
    2. mas Reo kok putra nya ga pernah di post sih mas :)
      kelas brapa mas sekarang sklh nya :)

      Delete
    3. nah, usulan bagus untuk ngeposting Muhammad Haykal

      Delete
    4. ehh kan udah ada ding Mas Bud. yang satu paket sama istri beliau itu

      Delete
  11. bener sekali bang, tantangan semakin berat, membaca bisa kalah dengan game dan acara tivi, makanya minat baca anak-anak biasanya semakin berkurang...

    jangankan anak-anak minat membaca orang dewasa juga kurang, buktinya kalo blog walking banyak yang ga dibaca dulu hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... bener... bener.. point banget.

      Delete
  12. wah sunggung naluri dan sikap bapak yang patut di contoh nih sob. sobat emang hebat dech,

    kalau saya belum bisa sobat, karena saya belum menikah alias masih lajang, masih jomblo lagi, *sekalian promosi kwkwkwkwkwkw......

    ReplyDelete
    Replies
    1. ta doain buat mas masnady...biar cepet dapet pasangan hidup...nggeh.. :)

      Delete
  13. alhamdulillah, kalau anak anak suka membaca menuruni hobi ayahnya.. larena buku itu kata orang bijak adalah jendela dunia,, selamat mas nggih putrane ga hobi nge-game

    ReplyDelete
  14. Benar juga, Terima kasih sudah membagikan sedikit pengalaman untuk saya... kadang anak-anak suka membaca kadang juga ada yang suka bermain game dan lain sebagianya sehingga tidak bisa memaksa kemauan mereka. sayapun sampai sekarang bingung walaupun belum punya istri dan anak hehe tetapi mungkin ini dapat menjadi pegangan saya di hari selanjutnya apabila sudah tiba waktu yang tepat hehe...

    Salam untuk anaknya...hehe

    ReplyDelete
  15. Bisa jadi contoh buat keluarga yang lain Mas. Saya cuma mau menggarisbawahi kalau di zaman seperti sekarang ini, peranan kedua orang tua dan contoh yang baik dari mereka akan sangat berarti sekali bagi perkembangan intelektual dan spiritual seorang anak, jangan hanya memasrahkan sepenuhnya pada pihak sekolah sedangkan orangtua hanya sibuk bekerja dan bekerja. hehe

    ReplyDelete
  16. hu uh bener,, kaya aku ini hobi baca juga, baca komik tapi, hahaha

    ReplyDelete
  17. memang bener mas. dengan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan. itulah modal utama..

    tugas 6^_^9 di pagi hari beres mas..hehehe

    ReplyDelete
  18. klo jamanku dulu..majalah bobo...hehehe

    ReplyDelete
  19. Arikelnya bagus mas purnomo :)

    ReplyDelete
  20. .. aq juga suka membaca, namun aq gak suka membaca ttg politik. he..86x ..

    ReplyDelete
  21. dengan membaca dari tidak tahu menjadi tahu setelah tahu akan paham tapi setelah paham tetap tidak boleh sok tahu, senang baca posting ini sob

    ReplyDelete
  22. wah ia bener sob, tapi membuat ala biasa itu suatau hal yang sulit, hehee

    ReplyDelete
  23. memang sih anak sebaiknya jgn terlalu di larang dan juga jgn terlalu di biarkan. Tp di arahkan aja. Bikin sesuatu yg menarik perhatian mereka :)

    ReplyDelete
  24. bagus klo hobi membaca..

    bisa nambah wawasan terus

    ReplyDelete
  25. blogging juga hobby membaca,,,jadi banyak ilmu deh,,mantab bang ...

    ReplyDelete
  26. sip,... Karena kemajuan teknologi cara hidup pun berubah, apa ya namanya peradaban kah? :-)

    hemmmm
    puyeng juga,...
    Tapi kita jg bsa mgajari online or mggunakan kmptr untuk blajar pula. Atau dari awal dimanfaatkan untk hal trbu...

    Hikz, ntah jg. Blm pernah jd ortu sih saya :-D

    ReplyDelete
  27. orang tua juga perlu loh sob

    ReplyDelete
  28. benar tu bang, tanamkanlah sejak dini kepada si anak untuk modal dini dan untuk menyongsong kesuksesan di kemudian hari hehehe,,,sukses selalu bang

    ReplyDelete
  29. Haha,, saya blum pnya anak,, haha

    ReplyDelete
  30. Sesepuuhh .. eh salah, Setujuuhhhh ....
    Hehehehe ...


    tapi sayangnya aku belum punya anak. Do'akan yaa 4 tahun lagi ..
    Hehehehe :D

    ReplyDelete
  31. Membaca adalah jendela dunia,semakin kita rajin membaca semakin banyak pengatahuan yang kita dapat.

    ReplyDelete
  32. info dan blognya keren sob

    Kunjungan Baliknya Selalu Saya Tunggu, dan Jangan Lupa Untuk Menambahkan Saya Kedalam Lingkaran G+ Anda, Terima Kasih...

    ReplyDelete
  33. Setujuta gan..
    Dengan membaca otak sang anak akan berkembang..

    ReplyDelete
  34. saya juga setuju sob :)
    membaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan si anak,
    yang dibaca jangan hanya buku saja tapi artikel penting dan bermanfaat di internet juga harus dibaca..
    itu menurut saya :D

    ReplyDelete
  35. wah keren neh mas .. deal deh buat bekal nanti pas punya anak hehe

    ReplyDelete
  36. Seharusnya memang begitu ya bang sejak dini sdh ditanamkan untuk hobby membaca..sip bang.

    ReplyDelete
  37. Wondering dan semoga kelak, saya pun bisa menularkan kebiasaan baik pada anak-anak saya [klo sdh pny anak tentunya], agar suka membaca pula. Saya setuju bahwa membaca adalah jendela utk melihat dunia,

    ReplyDelete
  38. betul sob, membaca emng sangat penting :)

    ReplyDelete
  39. jujur ni aku suka membaca kalo pas ada freetest doang terutama biologi+kimia+fisika+b.indo, karena takut gak bisa jawab pertanyaan guru mapel ahaha, terus aku lebih suka membaca buku hiburan , kurang suka sama buku ekonomi :D , bukannya gak bisa ngitung loh cuma males aja apa yg mau dibaca ya soalnya kebanyakan itung-itungan, tp sekarng sjk punya blog mah jadi rajin membaca apa aja kali ya.. karena ternyata dg membaca manfaatnya banyak juga , bisa kita share ke publik yg kurang info gitu deh, bukannya sok tau tapi dari membaca emang kita jadi tahu yang sebelumnya kita gak tahu

    apalagi kalo surfing di internet , informasi yg kita tahu juga banyak di dapat dari membaca :) .

    buat pak budi (gw manggilnya pak ya) :D
    terima kasih sudah share ^_^ .

    ReplyDelete
  40. bener gan. orang tua adalah contoh. kalau orang tuanya menyuruh tapi malah dia tidak mencontohkan, biasanya ga ngefek. hebat orang tua ente gan, dan buktinya sekarang menular ke anak.

    ReplyDelete
  41. kalo kita rajin membaca pasti dekat dengan kepinteran
    dan pinter dekat dengan kesuksesan

    aku mau membaca biar kebiasaan danmenjadi hoby

    ReplyDelete
  42. betul sekali sob mendidik anak sejak dini memang suatu keharusan bagi orang tua kayak kita.....

    ReplyDelete
  43. yang penting bacaannya bukan masalah politik hahaha :D

    ReplyDelete
  44. anak saya juga saya biasakan untuk hobi membaca bang.. karena memang itu adalah modal awal yang baik seperti yang bang budi katakan.. :)

    ReplyDelete
  45. semoga anak nya menjadi pinter dan berguna bagi bangsa dan negara

    ReplyDelete
  46. Ijin nyimak mas, tp untuk saran di atas ntr aja ah klw pas punya momongan :D. mksh share nya ya mas

    ReplyDelete
  47. info yang bermanfaat bagi orang tua mas. tapi sayanya belum punya e jdna ya ikut baca* sekalian nambah wawasan aja kang :), mksih yak

    ReplyDelete
  48. Membaca itu memang sangat penting khususnya untuk anak. Karena dari belajar membaca lah, pengetahuan dan wawasan anak semakin kaya dengan sendirinya! :)

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum