Korban Brosur Lowongan Kerja

budi purnomo

Ketika melewati jembatan busway depan ITC Cempaka Mas Jakarta Pusat sabtu kemarin (22/9) untuk transit melanjutkan perjalanan selanjutnya,saya berpapasan dengan salah seorang remaja putri,yang membagikan brosur  kepada setiap orang yang lalu lalang di jembatan itu.Dengan tidak sengaja brosur itu terbawa ke rumah,sampai akhirnya istri saya pun sempat membacanya.Ada yang menarik di dalam brosur itu,dan ada pula kisah cerita aneh dan tidak wajar, dari pengalaman yang pernah di coba oleh salah seorang dari teman istri saya.

Korban Brosur Lowongan Kerja

Hal menarik dalam brosur
Adapun informasi yang menarik didalamnya di terangkan,sangat mudah untuk mendapatkan penghasilan Rp. 70.000 dalam satu hari.Itupun bisa dilakukan oleh siapa saja dan dapat di kerjakan di rumah,tanpa ada persyaratan atau embel-embel khusus.Lampiran prosedur kerja dan alamat serta denah peta lokasi lengkap tersaji di dalam brosur tersebut.

Hal aneh dan tidak wajar
Menurut pengalaman dari teman istri saya,sebut saja ST,ia pernah mendatangi kantornya untuk bermaksud mencobanya.Banyak di temui di sana puluhan calon pelamar kerja yang rata-rata memang masih belia atau usai tamat sekolah,namun ada juga sebagian pelamarnya dari kalangan ibu rumah tangga,toh memang di dalam keterangan isi brosur lowongan kerja  tidak mensyaratkan batas umur atau usia.

Yang membuat aneh dan tak wajar,setiap pelamar di kenakan biaya Rp. 10.000 hanya sekedar untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan itu.Namun dari pihak kantor penyelenggara lowongan kerja berdalih,biaya tersebut sebagai biaya pendaftaran...lucu sekali bukan,orang inigin melamar kerja ada pendaftarannya.Karena itu memang sudah menjadi persyaratan dan keharusan mau tidak mau setiap pelamar harus mengamininya.

Dan yang paling semakin tidak wajar lagi,setelah mendapatkan informasi,para calon pelamar di kenakan biaya kembali di kisaran Rp. 200 s/d Rp. 250 ribu-an syarat baru dapat bekerja.

Kebanyakan dari mereka setelah di kenakan persyaratan yang ke dua,akhir nya mengurungkan niat,secara logika mengapa orang yang ingin mencari pekerjaan untuk mendapat duit,malah harus keluar duit.Namun ada dari sebagian para pelamar menyanggupi persyaratan itu,dan sedihnya menurut kabar yang di terima ,sambil menunggu pekerjaan yang akan di terima,mereka di pekerjakan sementara katanya...untuk membagikan brosur itu di tempat keramain atau di tempat-tempat umum,sangat-sangat menyedihkan berharap mendapatkan pekerjaan,namun  tidak sesuai dengan apa yang di harapkan.Mungkin ini salah satu contoh dari postingan yang sebelumnya saya tulis mengenai Kejamnya Ibu Kota vs Kejamnya Ibu Tiri.

Bisa di bayangkan,bila satu calon pelamar kerja di kenakan biaya sebesar itu per orangnya,di kali jumlah puluhan calon pelamar per hari,per minggu sampai per bulan huff.
Hadirnya ratusan bahkan ribuan dari siswa lulusan sekolah setiap tahunnya,di tambah para pendatang baru dari daerah ke ibu kota,yang ingin mencari pekerjaan di himbau untuk selalu menseleksi dan berhati-hati untuk mencobanya.Dan tidak menjadi Korban Brosur Lowongan Kerja,sehingga para calon pelamar tidak memberi upeti ke biro kerja.*yet.

76 komentar:

  1. nipu namanya tuh gan bisa kena sangsi jika dilaporkan

    ReplyDelete
  2. makasih sob buat artikel nya, jadi perlu lebih berhati2 klo seperti itu.....

    ReplyDelete
  3. hadir disini untuk menyambungk tali silahturahmi....
    nice post sob, sangat bermanfaat.........

    ReplyDelete
  4. terima kasih banyak atas infonya ini sob..
    artikel yang menggambarkan akan kehidupan yang sangat sulit, namun jangan gampang berputus asa, karena kehidupan hrus diperjuangkan dan dipertahankan demi menggapai kehidupan yang bahagia..

    ReplyDelete
  5. Arikel yg sangat menarik sobat
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
  6. Menarik buat pihak penyelenggara lowongan karena Rp.10.000 (++++), udah jadi berapa tuw?seharinya lebih dari Rp.70.000. Bagi pihak pelamar sendiri juga menarik ...., menarik uang dari SAKU. hehe.

    ReplyDelete
  7. Ane pernah kayak begini Gan, waktu itu daerah jakarta Selatan. Ane bertiga sama teman.

    Yg bikin Ane percaya awalnya :
    Mereka punya jaringan (penipunya punya peran masing-masing).

    Yg bikin Ane akhirnya mulai gak percaya :
    Itu dia waktu di suruh bayar uang dulu !!

    hahaha penipu bangsat tuh Gan ! Sialan capek"in Ane doank.

    ReplyDelete
  8. informasi semacam ini memang harus di sosialisasikan kepada masyarakat gan, biar ga banyak yang kena tipu...
    lowongan pekerjaan berbasis seperti itu memang sangat banyak dan merak khususnya di ibukota dan kota-kota besar lainnya....
    tapi masih banyak masyarakat yang belum tau modus tipu terbaru seperti itu....

    terima kasih sobat, semoga informasi ini dapat mengantisipasi masyarak secara luas agar tidak mudah tertipu...

    Sukses selalu untuk mas Purnomo....

    ReplyDelete
  9. Zaman sekarang memang banyak sekali brosur2 lowongan kerja yang justru tambah menipu...

    ReplyDelete
  10. dengan adanya info ini, patut berhati hati sob dengan brosur begituan, trimakaish sob

    ReplyDelete
  11. kasian banget yang kena penipuan brosur lowongan tersebut ...

    ReplyDelete
  12. seringkali kejadian seperti ini,yang penting sekarang kitra harus nwaspada saja,

    ReplyDelete
  13. info pertama 10ribu = 30 orang udah dapet 300.000 perhari si bos.
    di tambah info ke-2 250ribu, (kalo ada yang mau) buset,,,emang jakarta kota tipu daya,hati" aja semuanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan jakarta aja kawan. tp d seluruh pelosok.

      Delete
  14. kita tau itu bentuk penipuan sebenarnya....tapi anehnya kok pada mau ditipu.wong pinter kok mau dipinterin....hehe.
    semoga menjadi pengalaman berharga buat kita semua,agar lebih berhati-hati dalam segala hal.

    sebetulnya kasus itu bisa dilaporkan kepihak berwajib....tapi sayangnya takut ketipu 2x....lapor juga bayar...tapi hasilnya nol

    ReplyDelete
  15. waaahhh parah tuh orang yang bikin brosur.. maksud hati pengen dapatin uang,, eehh.. malah kluar uang,, disuruh bagi2in brosur lagi.. wahh.. parah.. parah..

    ReplyDelete
  16. bukan hanya di ibukota jakarta saja tetapi dimanapun tetaplah Hati-hati dan waspadalah selalu.

    ReplyDelete
  17. iya, hati-hati urusan sama "penyedia kerja" yang memintakan jasa uang yang nggak rasional. gampang ditebak sebenarnya, mana yang beneran lowongan kerja mana yang bukan. semoga teman2 pembaca disini jadi makin aware soal ini dengan baca posting ini.

    ReplyDelete
  18. hrus lbih waspada nih kya ginian

    ReplyDelete
  19. ada pepatah yg mengatakan Ibukota lebih kejam dari ibu tiri.. hehehe

    ReplyDelete
  20. waduh...itu namanya penipuan sobat..kenapa tidak dilaporin ke pihak yang berwajib...bukti dan korbanya kan sudah ada

    ReplyDelete
  21. wah penipuan itu, dasar si korban aja yg kurang teliti. nice posting :)

    ReplyDelete
  22. modusnya klasik,, tapi ada saja yang terjebak yah,trimakasih bang infonya

    ReplyDelete
  23. kasihan jika ada calon pelamar kerja, jadi malah ketipu ...

    ReplyDelete
  24. ya itulah indonesia. mau nyari duit ya harus pake duit. jadinya ya yang berjamur seperti ini... sangat di sayang kan ya.

    ReplyDelete
  25. beneran tuh lowongan ya
    http://divametal.blogspot.com/2012/09/interior-design-by-metal.html

    ReplyDelete
  26. kita harus hati-2 kawan, biar gak ditipu

    ReplyDelete
  27. mendingan ke bkk terdekat ajadeh :)
    .

    ReplyDelete
  28. Ingat lagu dangdut, "Nganggur terlalu lama bisa bikin stress" inilah akibatnya mudah tertipu.....

    ReplyDelete
  29. Wah, penipuan kayaknya tu kang. Orang nyari kerja biar dapat duit, ini mah nyari kerja ngeluarin duit ... haduuuhhh... :(
    jaman sekarang harus banyak berhati-hati klo nyari kerja ...
    trima kasih info nya kang

    ReplyDelete
  30. wah harus hati2 nih sob...?? oya blog nya keren bgt sob..?? follow back ya sob...??

    ReplyDelete
  31. oya link sobat saya pasang di blog saya...? pasang link saya juga ya sob...makasih...?

    ReplyDelete
  32. wah terlalu itu, sampai bayar mau dapatin kerja
    dan ternyata cuma ditipu...

    ReplyDelete
  33. kita bener2 butuh pekerjaan, hati-hati mah tetep kudu

    ReplyDelete
  34. Cek dan recek dulu,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  35. Mau makan 3 x sehari aja pakai nipu, apa tidak ada cara lain ya?

    ReplyDelete
  36. wah semakin meraja lela ni penipuan , makasih sob ,
    ikutan kontes seo yuk
    http://edisukarman.blogspot.com/2012/09/mangapowblogspotcom-baca-manga-online.html

    ReplyDelete
  37. Begitulah fenomena yang ada selama ini dan itu sdh jadi penyakit akut yang susah obatnya..hahahyy

    ReplyDelete
  38. Kita harus waspada!
    Hati- hati penipuan!

    He he he he....

    ReplyDelete
  39. Penipuan memang bisa dalam berbagai cara!

    ReplyDelete
  40. Wadochh kacau pulak neh,, Korban penipuan Brosur Lowongan Kerja.
    memang lah org mencari keuntung bisa saja, wajib di laporkan tindakan seperti ini.

    #salam sehat sellu untuk anda xD

    ReplyDelete
  41. /Mmm.. mau aja ditipu,, pengen bisa dapatkan uang malah ketipu dan ngeluarin uang lagi dari kantongnya, hadechhh

    ReplyDelete
  42. wah wah, patut dilaporkan kejadian kek gini neh,
    #tindakan penipuan ato kasus penipuan..

    ReplyDelete
  43. koq yang baru belum tayang Mas, padahal di list ada tu yang tema banner gitu.

    ReplyDelete
  44. wah untuk aja. ane tinggal dikampung,, jadi penduduknya ayem adem.. jarang ada penipuan.. paling juga nipu emaknya sndiri.. hehehehe.. ini nasehat untuk orang awam, biar gak kena tipu...

    ReplyDelete
  45. mas follow back blog saya ya
    http://blogmashanif.blogspot.com/
    salam kenal

    ReplyDelete
  46. Klo ujung2nya bayar, biasanya nipu deh...waspadalah waspadalah...

    ReplyDelete
  47. sekarang memang marak modus kayak gitu...Hmmm

    ReplyDelete
  48. prihatin juga ya mas kalo menyaksikan kejadian seperti ini, mau melamar kerja kok ya malah di suruh bayar ya.

    ReplyDelete
  49. Harus di informasikan ke masyarakan awam agar tdk ada yang tertipu.
    Trimakasih infonya.

    ReplyDelete
  50. penipuan itu gan....di surabaya juga ada sama persis seperti itu...kita harus bayar dulu 250 ribu...lho kok lucu mau cari duit kok malah ngeluarin duit....mohon perhatian dari pihak berwajib dalam kasus seperti ini...

    ReplyDelete
  51. Begitu pintar org membuat brosur, mas Budi. Namun, kita masyarakat hendaknya lebih pintar lagi utk menelaah kebenaran brosur....
    Salam blogger.

    ReplyDelete
  52. itu jelas penipuan,..............msk katanya dpt pekerjaan kok malah disuruh bayar habis itu dipekerjakan sementara untuk nyebarin brosur,.....Harus dilaporkan ke pihak berwajib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kawan. drpda nyebarin brosur mending jualan koran yg hslnya pasti....

      Delete
  53. cari kesempatan dalam kesulitan namaya sob, masa mau cari kerja harus bayar, alesanya buat administrasi lagi

    ReplyDelete
  54. makasih mas infonya,saya pernah juga dapat hal semacam itu, undian berhadiah dari produk mayora, hampir ketipu juga kemaren.

    ReplyDelete
  55. zaman sekarang apa sih yang gak di jadi'in orang sebagai ajang penipuan
    heran.... kerjaan kok nipu orang.

    ReplyDelete
  56. Saya juga ada pengalaman serupa. Walau tidak sama persis bersifat lowongan pekerjaan. Saat itu ada sebuah perusahaan yang memberikan hadiah cuma cuma dari nomor HP yang mereka acak, dan nomor HP saya terkena. Saya ditelp untuk mengambil hadiahnya dikantor tersebut.

    Bingung saya. Nda ikut apa apa kok bisa dapat hadiah. Setelah didatangi ternyata saya di "kuliahi" produk dagangan mereka dengan "iming" hadiah jika membeli dalam partai besar, Huaaaaaaa ada ada aja

    ReplyDelete
  57. . . kalo gak salah hal seperti itu udah pernah di liput dech di john pantau kalo gak salah. tapi pihak merekanya mencoba mengelak . .

    ReplyDelete
  58. ada aja yah... orang yang kayak begitu...
    kreatif tapi ngerugiin orang...

    ReplyDelete
  59. Kalo hati-hati dan Jeli pasti kita terhindar dari segala penipuan ya Kang hehehe.... :)
    Waspadalah... Waspadalah ... :)

    ReplyDelete
  60. sebaiknya haru sberhati-hati dalam segala hal sobat,, saya bingung nih dengna blog sobat, cari postingan terbarunya di mana nih sobat???

    ReplyDelete
  61. Dengan adanya kejadian yg seperti ini mudah^an yg akan datang kita semua bisa berhati^ ya sob.

    ReplyDelete
  62. Dalam segala hal, pengalaman merupakan guru yang sangat berharga,....

    ReplyDelete
  63. bahaya juga yak,kalo tidak hati2

    ReplyDelete
  64. menyedihkan,
    kasihan yg jdi korban, udah keluar biaya suruh keliling pula,
    kudu hati-hati

    ReplyDelete
  65. mau kerja bila disuruh beri uang hanya untuk dapat sedikit info
    makin kayalah majikannya kelak
    tak perlu gaji pekerja, tapi dapat uang dari org yang ingin bekerja denggannya
    dunia sudah tidak adil!

    ReplyDelete
  66. Waduh sampai segitunya ya gan

    ReplyDelete
  67. Ya Allah... begitulah kejamnya 'manusia', ketika sedang lapar dia menjadi binatang buas! Kisah menarik dan fakta yang patut untuk disebarkan demi menghindari jatuhnya korban. Thanks, Brur sudah share... salam sahabat.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum