Mudik 2012 jadi Bencana Nasional

budi purnomo


Ritual tahunan (mudik) saat jelang hari raya Lebaran tiap tahunnya memang tidak bisa di pisahkan oleh masyarakat kita.Mengingat akan banyaknya jumlah pemudik yang pulang ke kampung halaman,mengakibatkan banyak pula terjadinya kasus kecelakaaan selama pelaksanaannya.

menurut sumber dari Mabes Polri/Porlantas menyebutkan pagi tadi Senin (27/8) total jumlah korban meninggal dunia terkait kecelakaan mudik 2012 berjumlah 902 korban jiwa, dalam waktu 14 hari selama arus mudik dn pelaksanaan arus balik lebaran.Bisa di bayangkan dalam waktu dua pekan,korban jiwa melayang dengan jumlah ratusan,entah siapa yang harus di salahkan pada kasus ini?

Dan selain itu rencananya posko akan di tutup oleh Porlantas esok hari H+7 dan akan mengumumankan secara resmi data jumlah kasus dan korban kecelakaan mudik lebaran 2012.

Dari jumlah kasus dan korban jiwa yang terus meningkat hampir di setiap tahunnya ,menjadi keperihatinan kita bersama,dan bila mana jumlahnya semakin bertambah hingga mencapai 1000 jiwa dalam satu kasus/musibah di negeri kita,maka di anggap atau di nyatakan sebagai musibah atau bencana nasional,sehingga bisa di katakan untuk mudik tahun ini di nyatakan mudik 2012 jadi bencana nasional.

Semoga kita belajar dari pengalaman yang terjadi dan mengetahui akan jumlah korban yang selalu meningkat,sehingga dapat lebih sadar dan mentaati segala peratuturan tata cara berlalu lintas,dan tentu nya ini setidaknya semua dapat kita kurangi, kasus tiap tahun nya dengan peran aktif dan perhatian kita semua,baik dari pemerintah,masyarakat dan penyedia layanan tranportasi dalam negeri.semoga....*yet.

*referensi sumber global tv
*sumber foto by google

138 komentar:

  1. Menurut saya tidak hanya pada waktu musim mudik lebaran saja terjadi banyak kecelakaan. Yang saya liat memang akhir2 ini sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan luka2 tau korban jiwa. Ada banyak faktor, mulai dari bertambahnya jumlah kendaraan terutama sepeda motor setiap tahunnya sampai masalah infrastruktur jalan yang kurang memadai. Namun yang paling memang kesadaran masyarakat akan tata tertib berlalulintas harus ditingkatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas hendrik.. Di rasa cukup ekonomis dan dapat pula di pakai sebagai media transportasi di kampung halmn..orang lebih memilih mudik dg mengendarai motor..namun tdk menghiraukan akan faktor keselamatan dan persiapan yg matang :)
      Trima ksh mas :)

      Delete
    2. ehm, kadang pemudiknya juga yang nekat si bang. ud tau taruhanya nyawa masih aja di paksa. eh beneran nyawanya melayang, dia ga kehilangan, keluarganya yang kehilangan. ya ga? kasihan kan.

      Delete
  2. bagaimana masyarakat bisa tertib lalulintas !
    sedangkan pemerintah sendiri sering melakukan pelangaran undang2 lalulintas.sebuah masyarakat akan menjadi baik jika prilaku atau contoh yg dibarikan oleh pemerintahnya itu baik.

    nice share sob...sukses buat anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali bang.. Peraturan di buat memang untuk di langgar kesannya.. :)
      Trima ksh ya bang..sukses jg buat bang Reo.. :)

      Delete
    2. setuju sama abang satu ini. apalagi kalau pemerintahnya dan lembaganya juga mempermudah dalam pengurusan sim. ah, sudah menjadi rahasia umum bahwa meraka juga yang menjadi dalang sekaligus pahlawan.

      Delete
    3. Itu dia bang..salah satu contoh yg udah sering di jumpaiin... :)

      Delete
    4. iya ya. kalau sudah kejadian kaya gini, eh si pemerintah atau polisi nyalahin pengguna. padahal mereka sendiri yang membuat kesalahan dengan memberikan kemudahan. payah dah :(

      Delete
  3. Memang benar sob dari tahun ke tahun korban jiwa saat mudik semakin meningkat,,,,perlu adanya suatu kaji ulang dan sistem yang dibuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang..gimana akan efektif..bila persiapan nya di lakuin mendekati waktu nya.tidak di rencanakan jauh2 hari ..agar lebih srsuai ug di harapkan bersama :)

      Delete
    2. hem, mungkin pemerintahnya kali perlu di kaji juga supaya kerjanya becus dan ga menghasilkan kaya gini lagi.

      Delete
    3. Menurut saya sih bukan saja pemerintah yang harus mempersiapkan secara baik tetapi seluruh unsur terkait dalam kegiatan akbar setiap tahun ini,,,,

      Delete
  4. kayaknya setiap thun sob,bencana seperti itu,..selama kita masih punya tradisi mudik setiap tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap tahun juga sob..jimlahnya makin meningkat.. :)

      Delete
  5. Terima kasih follow selamat Hari Raya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kawan :)
      Selamat hari raya juga ya..

      Delete
  6. artikel menarik mas..
    lanjutkan postingan nya..
    :)

    ReplyDelete
  7. kalo itu sih udah biasa sob,,tiap tahun juga begitu,,selalu begitu dari dulu,jadi bukan cuma tahun 2012 aja.hehehehe...
    sobat kaya wartawan nih ya...mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tau ya bro kalau adminnya wartawan.. :D

      Delete
    2. Pengen nya sih jadi hartawan sob... Hehe :)

      Delete
    3. ikutan nimbrung dsni sobat....:D

      Delete
  8. saya turut prihatin atas banyaknya korban..menurut pendapat saya sih itu suatu resiko yang harus ditanggung oleh pemerintah ataupun individu pemudik...namun kita semua harus berusaha meminimalkan resiko tersebut..smg dimasa mendatang resiko itu bisa diperkecil lagi...salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob...memang seperti nya harus seperti itu..bagaimanapun bagus nya satu sistim..bila tdk di dukung dan di jalani sebgmana mestinya oleh kita maka akan sia2 ya sob.. :)
      Trima kasih sobat :)

      Delete
  9. kalau ada korban kecelakaan sangat ngeri lihatnya
    apalagi saat lebaran dan kebahagiaan bertemu keluarga
    malah ketemu sama bencana ...

    muadah2an pemmerintah tahun mendatang lebih membaik... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea mba amat tragis ya ..

      Tentunya di dukung dgn masyarakt n jasa lynan transportasi nya jg ya mba..biar ga makn byk korban.. :)

      Delete
  10. Dan penyumbang kecelakaan terbesar adalah dari pengendara motor. Saya harap pemerintah dapat memberikan pelayanan transportasi umum yang lebih efisien untuk masyarakat, agar masyarakan akan lebih memilih menggunakan kendaraan umum daripada menggunakan kendaraan roda dua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betu ..setuju sob .. :)
      di tambah pula ada peraturan tegas khusus buat pengendara sepeda motor..agar dpt menurunkan kasus kecelakaan nya.
      Trima ksh sobat :)

      Delete
  11. nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,
    minal aidzin wal faidzin gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims kasih.. :)
      Segera meluncur.. :)
      Sama2 ya..minal aidzin wal faidzin juga sob :)

      Delete
  12. wah banyak juga ya, hampir 1000. ini bner bener pelik, polisinya ya salah karena bikin sim di permudah, pemerintah nya juga salah ga mau membendung kendaraan bermotor, orang nya juga salah karena nekat. jadi semua salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan, kalau boleh saran. mending ente jangan make captra gan, make modernisasi yang lain aja. sebab captra sekarang lebih susah, harus masukin nomer segala, apalagi ane yang make HP. wah harus ngapalin dulu bahasa alien. ya itu si saran ane aja. biar pengunjung lebih nyaman

      Delete
    2. Ea sob..ya karena jatah kereta sekarang beda dg pelaksanaan arus mudik thn kmrn..yg di berlakukan untk tdk di perkenankan penumpangnya sampai berdiri n berjubel..ya menjafi lebih baik sih..namun sisi negatif nya ya itu masykt memilih alternatif mudik dg biaya hemat..salah satunya dg mengendarai motor..
      Semoga thn depan lebih baik lagi deh mekanisme ya sob.. :)

      Saran nya di trima dan di kabulkan :) hehe
      mksh ya bang Drieant :)

      Delete
    3. gini enak kang. bisa koment berkali kali. heheh. mantap. maju terus blog nya kang :D

      Delete
    4. Hehe... Mksh bang Drieant :D

      Delete
  13. wah ane seumur" belum pernah mudik. org asli jakarta. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..cari istri yg punya kampung sob besok2... Biar bisa mudik.. :D

      Delete
    2. Sedih gan inget kesitu, harusnya tahun kemaren udh merit sama org brebes. Gagal.... gak bisa mudik. jadi curhat tuh kan. haha

      Delete
    3. Haha..gpp BW sekalian curhat sob :)

      Delete
  14. untung ane gak pernah mudik... :D

    ReplyDelete
  15. gk nyangka ya korbanx sampai bnyk gitu.., mgkn data yg terakhir sdh ribuan kali ya..?, *turut sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menrut kbr trakhir mencapai 908 korba jiwa sob..

      Delete
  16. nice blog gan!!!
    kunjungan balik dari http://yeyensujianto.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Sudah Tradisi,sebab lalu lintas jaman skr sudah terlalu padat,sehingga,kemungkinan dan resiko kecelakaan pasti besar

      Delete
    2. Ya sob..faktor human eror !!!
      Harus siapa yg di salahkan?..
      Trims ya sob :)

      Delete
  17. Ikut prihatin, ternyata korban selama lalin begitu besar jumlahnya. Dari tahun ke tahun memang belum terlihat ada perbaikan. Saya mudik ke Bumiayu, Jateng -pas malam takbiran- butuh waktu lebih dari 12 jam. Pas waktu sholat Ied masih di sekitar Indramayu :(

    Mohon maaf lahir batin juga ya Mas, maaf baru mampir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh..mba Lina ngerayain lebaran di kpng halaman ya.. Hehe :)

      Ea mba ..mohpn mav lahir n bathin juga.. :)
      Gpp..mba hehe :D

      Delete
  18. seberapa banyaknya pun lalu lalang kendaraan saat mudik atau saat lainnya tidak akan ada anyak korban jiwa jika, kita sadar akan tertib lalu lintas, jangan kan saat ramai seperti mudik jalanan sepi pun akan jadi bahaya bila kita tak indahkan lalu lintas.. jadi bencana itu ulah manusia sendiri yg di sebabkan kelalaian dirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sob..disiplin dlm berkendara...mengantarkan keselamatan ke tp tujuan.. :)

      Delete
  19. Kunjungan perdana nich sob,,salam kenal...

    ReplyDelete
  20. ya Mas, selalu berulang dan korban dari tahun ke tahun semakin bertambah. gejala apa pula ini. akankah dibiarkan? itulah yang terjadi,pembiaran. ratusan anak bangsa mati sia-sia hanya karena mudik. pemerintah akan diam saja untuk hal ini? kita hanya berharap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga untuk tahun berikutnya.. Semua pihak yg ikut andil dlm pelaksanaan mudik dapat berkerja sama n peduli..akan keselamatan ya mas..:D

      Delete
    2. saya pikir, kalo mudik bakalan membahayakan, tradisi mudik perlu diatur dalam suatu undang-undang. jika dirasa tidak perlu demi keselamatan bersama, saya pun akan patuh.

      Delete
  21. Tuesday afternoon, I want to thank you for the nice visit

    ReplyDelete
    Replies
    1. U'r welcone :)
      Thx also for your visit here :)

      Delete
  22. ea mas,turut prihatin ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih ya wi udah mampir.. :)
      Sering2 kesini ya hehe.. :)

      Delete
  23. Replies
    1. Semoga utk thn berikutnya kita semua bisa tertib ya sob :D

      Delete
  24. Bi keful wen dryving..oh my english..:)

    ReplyDelete
  25. betul juga ya, mudik sudah banyak merenggut korban jiwa. :D.

    ReplyDelete
  26. mau diapa lagi sobat, mudik sudah menajadi tradisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stidak nya jumlah nya bisa menurun sob..

      Delete
  27. halow Pak Budi...
    Selamat pagi, Blog Anda bagus juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih pa Rudi.. :)
      Blog anda byk sekali nih..bingung mau bertamunya hehe..salam knal ya pa :)

      Delete
  28. mampir sini untuk membaca entri baru anda

    ReplyDelete
  29. Harusnya pemerintah menambah kegiatan mudik gratis menggunakan bis sehingga bisa menurunkan kecelakaan khususnya roda 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang..coz pengendara spdh motor..paling banyak n rentang kecelakaan..

      Delete
  30. link terpasang gan,,,di tunggu linkbacknya....mohon di cek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah kamar..comen nya sob..hehe
      link udah juga sy pasang..

      Delete
  31. itulah ya sob berangkat dari sebuah tradisi yang seolah sekarang telah berubah menjadi ritual wajib tahunan, perlu dipikir lagi keuntungan dan kerugiannya, sebetulnya sih mudik merupakan ajang silarutahmi dan ini bagus apalagi anjuran bersilaturahmi wajib karena memutus silaturahmi adalah dosa, hanya perlu dipikirkan lagi sesuatunya sarana dan prasarananya barangkali atau waktu mudiknya tidak harus menunggu hari raya (ini yang sulit), agar mudik yang sarat nilai itu berubah lebih banyak mudhorotnya, wallahua'lam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea juga sih sob..tapi di lain sisi..justru moment lebaran memang di akui saat yg paling di tunggu..selain libur panjang nasional n cuti bersama..untuk bersilahturahmi ke kmpung hlmn..mengandalkan waktu yg lain kmungkinan agak sulit..
      Trima ksh ya sob :)

      Delete
  32. Yah memang begitulah..tapi bagi kita yg masih sadar supaya tetap waspada dan bisa menjaga diri untuk tidak gegabah, karena salah satu terjadi kecelakaan itu timbul dari sifat emosional yg tergesa^, artinya kurang eling...
    Terima kasih info yang menarik ....
    salam.???!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemana aja atuh abang..baru nongol hehe... :)
      Ea sob..saling ngikutin emosi n ga ada yg mau mengalah..di jalan..salah satu pemicu terjadi kecelakaan jg..

      Delete
    2. Ada sih..., banyak jalan^ teman menjemput terus, jadi kesempatan ngeblog agak berkurang..hehe, maklum..??!
      iya sahabatku,..suasana lebaran ini memang begitulah.
      syukur alhamdulillah hari ini masih sempat berkunjung kembali, utk silaturahmi dg sahabat terbaik.
      Terima kasih.

      Delete
    3. Enak dong sob..jalan2 trus..btw mana nih oleh2 nya ..hehe :)

      Delete
  33. jadi ngeri baca judulnya...semoga ada solusi yang terbaik bagi kita semua...

    ReplyDelete
  34. hadir dimari, korbannya banyak juga yah mudik tahun ini. padahal pemerintah juga sudah bekerja maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea ndy..dri thn ke thn trus ningkat...jumlahnya

      Delete
    2. kalau pemerintah sudah bekerja maksimal tetapi dari kesadaran masyarakatnya kurang ya sama saja yah bang :)

      Delete
  35. masyaa Allah.. sampai 100 korbban jiwaa... waaaaa.. banyak banget.. ane gak mudik makanya jarang peduli info mudik bginian.. rupanya banyak banget yaa..

    ReplyDelete
  36. masya Allah.. iya juga yaa,, perlu adanya perubahan ni.. banyak banget korbannya

    ReplyDelete
  37. ya memang begini keadaannya, ini kesalahan kita, dan memang kurang dari segi teknis kepolisian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ga lepas daro peran kita smua ya sob :)

      Delete
  38. wah ramenya,,, saya jadi bingung berkata-kata, salam kenal aj yah??? semua penghuni blog ini...

    ReplyDelete
  39. Keluhan senada, saya punya berita di sini http://www.anekaberita.com/blog/bentrok-sampang-dan-korban-mudik-fenomena-usai-lebaran-yang-tidak-patut-dicontoh.html

    ReplyDelete
  40. Sayangnya, pemudik tetap nekad ya? :D

    ReplyDelete
  41. Bagaimana nggak banyak kecelakaan, penyebabnya saja sangat jelas:

    Pertumbuhan sepeda motor dan mobil tidak sebanding dengan kelayakan jalan
    disamping penyebab lainnya. Betul gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sob..semoga ada solusi yg tepat buat masalah ini dari pemerintah :)

      Delete
  42. memang sungguh memprihatinkan tingkat kecelakaan pada perayaan Iedul Fitri tahun ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali bang jhon.. :)
      Semoga kedepan nya ada perubahan n solusi yg tepat..setidak nya dapat mengurangi jumlah kasus dan korbannya..
      Trima kasih ya bang :)

      Delete
  43. Saya mengikuti angka ini, mulai dari angka korban tewas masih berkisar di angka 300 an kini sudah mencapai sekitar 900 jiwa melayang selama mudik. Sungguh tragis, dan saya sungguh prihatin. :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea ban jumlah korbannya membuat kita prihatin..
      Trima ksh ya bang :)

      Delete
  44. Tradisi mudik mungkin agat sulit di hindari Tapi Tradisi hilangnya nyawa yang bertambah banyak saat terjadinya arus mudik /balik harus nya menjadi perhatian serius pemerintah dengan meningkatkan kwalitas jalan menjadi lebih baik..:D nice share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang..perhatian dan tindakan yg di rencanakan jauh2 hari ya kang..
      Trima ksh kang mahfid

      Delete
    2. he he mampir lagi nich bos thanks pengawalnya yang gak ramah dah di singkirin (chapcha) jadi rajin nich berkunjung

      Delete
    3. Hehe..demi utk memberi kenyamanan buat para sobat..knapa ga kang...hehe :)
      Mksh ya kang mahfid :)

      Delete
  45. setiap tahun terus terjadi dan meningkat ya, hmmm ... solusi solusi datang dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya sob.. :)
      Trima kasih buat kunjungannya sob :)

      Delete
  46. . . menurut sang admin,, mudik yg palink aman itu kira^ pake apa ya?!? biar meminimkan kecelakaan gitu lah. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilahan yg masih merakyat sib mba..kereta api kya nya..hehe

      Delete
  47. klo menrt ane mah mudik yang enak tuh pake mobil truck gandeng sampe menikmatinya . sampe lama nyampenya soalnya pelan :D :D :D wwkwk w

    mampir sini gan smwnya ayuk mampir ke blog ane trus follow nanti aku folbeck http://status-hamba.blogspot.com

    ReplyDelete
  48. banyaknya jumlah pemudik yang memadati jalan, memang sangat rentan terjadinya kecelakaan sobat, ditambah beberapa pengendara yang enggan mematuhi rambu-rambu dan keselamatan diri sendiri

    ReplyDelete
  49. benar sekali itu sahabatku.
    bahkan kecelakaan tahun ini lebih meningkat dibandingkan tahun kemarin secara statiska..

    maaf baru berkunjung kembali sahabatku.. ^_^

    ReplyDelete
  50. sungguh tragis ya kejadian yang terjadi selama mudik...

    hal itu semua karena kurangnya kehati-hatian...

    ReplyDelete
  51. Ya sudah, ganti semua alat transportasi dengan sepeda pancal/gowes saja. Hemat BBM, bebas polusi dan kalau pengen ngebut ya disesuaikan dengan kemampuan dengkulnya. Ahoy! :')

    ReplyDelete
  52. menjadi perhatian buat kita semua bahwa keselamatan tetap harus diutamakan di atas segalanya.

    ReplyDelete
  53. tiap taun kayaknya makin bertambah aja ya kang korban kecelakaan akibat mudik, apalagi yg mudiknya pake motor wuiih, sampe jalan aja penuh sama motor xixiiiii..... yg depan mogok dikit aja ketabrak deh sama yg belakang,,, mungkin nyaman pake Bus kali ya kang, walau macet juga hehehe, biar lambat asal selamat :)

    ReplyDelete
  54. hadir kembali untuk silaturrahmi sahabatku.. ^_^

    ReplyDelete
  55. Sudah selayak nya pemerintah turun tangan secara serius untuk mengurangi hilangnya nyawa yang semakin meningkat tiap tahun nya

    ReplyDelete
  56. Tapi sedikitnya terlihat upaya pemerintah sekarang untuk urusan mudik ini,moga tahun depan tambah lancar dan bisa menekan korban mudik.
    Nice share sob,makasih sudah berbagi,happy blogging.

    ReplyDelete
  57. meskipun sudah ada korban jiwa demikian banyak, tapi pemerintah tetap adem ayem saja...seolah-olah nyawa manusia itu tidak ada artinya sama sekali :)

    ReplyDelete
  58. Itulah yang namanya Indonesia dengan berbagai keunikannya

    ReplyDelete
  59. semua harus berperan serta baik pemerintah maupun pengguna jalan itu sendiri, pemerintah harus menyediakan alat transportasi yang aman seperti kereta api dan pengguna jalan harus patuh pada peraturan lalu lintas....

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum