Hindari Pemicu Kebakaran Jelang Lebaran

budi purnomo

                                               peristiwa kebakaran di Bendungan Hilir,Jakarta Pusat
 
Awal Agustus lalu kebakaran melanda kawasan pemukiman penduduk di Jalan Kalimata,Bendungan Hilir,Jakarta Pusat,tidak kurang dari 500 bangunan rumah hangus dan ludes habis di lalap oleh si jago merah.Konon penyebab kebakaran di karenakan hubungan arus pendek listrik.Ini yang harus menjadi pelajaran buat kita agar berhati-hati dan lebih waspada.

Aktifitas para ibu rumah tangga khusus nya di bulan ramadhan seperti saat ini,tentunya selalu mempersiapkan hidangan sahur untuk keluarga.Namun di khawatirkan sehabis memasak atau menghangatkan masakan,lupa tidak mematikan kompor,di karenakan tertidur setelah makan sahur.
Terlebih pula untuk saat ini yang hanya tinggal menyisahkan dua hari lagi Hari Raya (Lebaran),para ibi-ibu pun sibuk di dapur,dari membuat kue-kue dan masakan khas lebaran,di saat waktu bersamaan juga para ibu berkesempatan untuk pergi belanja ke mall,setelah acara masak memasak usai.

Bagi kita yang akan hendak mudik lebaran ke kampung halaman,sebaiknya memperhatikan dan memastikan peralatan/ barang elektronika tidak dalam keadaan tertancap atau masih tersambung aliran listrik,agar kita dapat Hindari Pemicu Kebakaran Jelang Lebaran,dan mudik kita pun tenang di kampung halaman.*yet.

*sumber foto by google


68 komentar:

  1. hope Every body now are good.
    www.jntkfuntime.com

    ReplyDelete
  2. Betul sekali sob....
    semua ada hikmahnya...agar kita senantiasa berwaspada/hati2
    happy blogging yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sob..untuk menghindari hal2 yg tdk kita inginkan.. :)
      Trima kasih ya buat kunjungannya :)
      happy blooging to :D

      Delete
  3. subhanallah,,
    semoga mereka tetap tabah dan semoga Allah memberikan gantinya yang lebih baik.. aamiin..
    salam sejahterah dari saya wahai sahabatku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... :)
      Salam kembali sahabatku.. :)
      Trima kasih :)

      Delete
  4. Ya Allah...

    ko sampai kena si jago merah
    wah sangat mengerikan

    harus hati2 ni dirumah tiap masak masak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betil mba ay.. :)
      Terutama slalu ingat mematikan kembali kompor usai memasak.. :)
      Trims ya mba :)

      Delete
  5. Postingan cantik,tentunya sangat bermanfaat.
    Semoga dengan post ini,kita semua selalu waspada akan amukan si jago merah.
    Nice share,thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih sis.. :)
      Di harapkan memang kita demikian.. :)
      Sering2 mampir ya hehe.. :)

      Delete
  6. Betul banget tuh bang,usahan kalau mau mudik periksa kabel listrik dll...agar tidak terjadi yang tidak kita inginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang...kebanyakan penyebabnya dari hub arus pendek listrik..
      Trima ksh bang icah :)

      Delete
  7. kebakaran emang sangat marak mas bro jika udah lebaran,, jadi pemilik rumah harus extra checkin rumahnya jika mau pigi mudik ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sob :)
      Trima kasih ya buat kunjunganya :)

      Delete
  8. betul Kang, kita harus berhati-hati
    selamat hari raya idul fitri, maaf lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea kang... Pepep :)
      Met hari raya Idul Fitri juga ya.. :)
      Mohon mav lahir & bathin :D
      trima kasih ya kang ..

      Delete
  9. iya sob,,kenapa ya, setiap mau lebaran pasti musibah kebakaran banyak banget,,,kenapa ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu penyebabnya ya... Seperti ada di postingan ni sob :)
      Di luar itu kmungkinan ada nya faktor lain...
      Trims ta sob.. :)

      Delete
    2. kalo pacar diambil orang,pasti musibahnya kebakaran jenggot ya sob... :D

      minal aidzin sob..

      Delete
    3. Haha... :)
      Minal aidzin jg ya sob :)

      Delete
  10. Tips yang sangat bermanfaat kang, kadang karena saking terburu-buru pengen mudik, pada lupa mencabut kontak listrik yg msh on, atau kompor gas yg masih terpasang, selain itu keamanan rumah dari kejahatan kriminalitas tentunya harus diperhatikan ya kang hehehe... Met sahur kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kang eka :)
      Hehe... Ikutan mudik ga ni kang :D

      Delete
    2. gak kang, lebaran di KArawang aja hehehe,,,
      Mohon maaf lahir dan batin ya kang

      Delete
    3. Mohon mav lahirbathin jg ya kabg eka :)

      Delete
  11. Makasih telah di ingatkan teman, Mantap postingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih juga sob.. Buat kunjungannya :)

      Delete
  12. Wah kita benar" harus lebih extra Hati" lati lagi... Nice Shared Sobat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob... :)
      Trima kasih ya buat kunjunganya :)

      Delete
  13. Maaf OTT,
    Teruntuk semua Sobat Muro’i El-Barezy, diri ini hanyalah manusia biasa yang tak luput dari segala khilaf dan dosa serta prasangka. Di penghujung bulan yang penuh berkah ini saya selaku Admin blog Muro’i El-Barezy, memohon maaf atas perkataan lewat tulisan baik yang disengaja maupun tidak. Semoga amal ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini diterima oleh Nya dan semoga kita kembali di pertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini.
    Selamat hari raya Idul Fitri 1433 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.
    تَقَبَلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ
    Semoga Allah menerima segala amal ibad kita. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat hari raya juga ya sob.. :)
      Mohon maaf lahir n bathin :D
      amin...

      Delete
  14. betul banget... apalagi banyaknya kembang api dan petasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob..itu merupakan salah satu penyebab juga :)
      Trima kasih ya :D

      Delete
  15. bener juga nih tips dari Om budi, ane juga ngeri banget kalau sampe kejadian kebarkaran gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sob agar kita selalu waspada ya.. :)
      Trima kasih ya :)

      Delete
  16. Setuju dan benar banget, amankan dulu segalanya sebelum mudik.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... :)
      Betul sekali sobat :D
      trima kasih ya ..

      Delete
  17. kebetulan usai lebaran saya ingin mudik gan, thanks tipsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat berlebaran di kampung halaman ya sob :D
      trima kasih jg buat kunjungannya :D

      Delete
  18. aduh...
    kasihan bangat
    udah mau raya ni
    terima kasih ingatannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ea sis...smoga mereka di beri kekuatan n kesabaran... :)
      Trima kasih jg buat kunjungannya ya :D

      Delete
  19. iya bang. lagi sibuk sibuknya bikin kue nie gan, ane lagi sibuk sibuknya makan. semoga aja di perhatikan tentang yang satu ini bang. sekalian minta maaf kalau ada salah salah kata ya bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demikian jg sya ya sob...klw ada kesalahan n dosa mohon di buka kan pintu maav... :D
      trima kasih ya sob :)

      Delete
    2. selalu terbuka buat abang dan buat semuanya ya. maafin juga ane ya.

      Delete
  20. semuanya udh takdir, tinggal ambil hikmahnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya dengan berikhtiar terlebih dulu n waspada ya sob.. :)
      Trima kasih.. :)

      Delete
  21. kunjungan balik gan.......
    wah.. sangat bermanfaat gan infonya....

    Salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob... :)
      Salam blogger to :D

      Delete
  22. maaf lahir bathin dari saya sahabatku..
    Taqabbalallaahu minna wa mingkum..
    Taqabbal yaa kariim...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ya sobat... Dan terima kasih ya :D

      Delete
  23. Hadir untuk mengucaokan selamat hari raya idul fitri
    minal aidin wal faizin
    mohon ma'af lahir dan Bain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met lebaran jg ya sob :D
      mohon mav lahir bathin :D

      Delete
  24. . . slain kebakaran juga waspada ma pencuri. he..86x. oia minal aidzin wal faidzin ya. maav kalo jika ada ketikan aq yg kurank berkenan, tolong dimaafkan . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiranya pun kesalahan sy mba vpie...mohon di mav kan.. :)

      Delete
    2. . . zam^ pak,, maav'n aq juga ya?!? . .

      Delete
  25. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    ketika akhir Ramadhan berlalu berganti fajar Syawal, izinkanlah saya mengucapkan salam dan doa,
    Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
    Semoga ALLAH menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan ,
    dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
    SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA KEMENANGAN IDUL FITRI,
    bila ada salah dan khilaf selama ini, baik yang disengaja atau tidak disengaja, mohon dimaafkan lahir dan bathin,
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam wr wb... Bang Har.. :)
      Sama dgn sy ya bang..mohon mav bila ada salah dan khilaf selama ini.. :)
      Terima kasih :D

      Delete
  26. ehm.... mapir lagi nie bang. meramaikan dan berniat membalas komentar. sekali lagi minta maaf lahir batin ya kalau ada salah salah kata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo sobat.. Pintu ini terbuka lebar2..hehe :)
      Sama2 ya sob... Manusia memang tempatnya salah.. :)
      Sy pun demekian meminta mav lahir n bathin.. :)
      Trima kasih ya sobat :D

      Delete
  27. kecerobohan, atau hal kecil yang di abaikan bisa berakibat fatal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali bang .. :)
      ngeri klw udah terjadi..

      Delete
  28. iya tu Mas. di TV saya lihat masih ada beberapa kasus kebakaran saat ditinggal mudik. memilukan sekali. kasihan mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea mas..konon kbr nya jg korban kbkrn di benhil kmrn..sampai2 berlebaran tanpa memakai atap rumah..

      Delete
  29. sedih di kota ane 5 tempat sekaligus kebakaran
    ratusan rumah rakyat terbakar
    disebabkan oleh kembang api

    ReplyDelete
  30. kata berita berita di TV sih kebakarang malah semarak selama bulan Puasa ya, dan disinyalir sudha dibelokkan ke arah Pilgub. Walah bagaimana ini musibah kebakaran kok dilarikan ke masalah isu Pilgub DKI sih.

    ReplyDelete
  31. Kebakaran saya baca di media2 sepertinya saat2 ini sering terjadi di Jakarta ya mas ?
    Oya, maaf agak telat... Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433H... Minal Aidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin... Salam ^^

    ReplyDelete
  32. Meski lebaran dah usai,namun kebakaran di Jakarta masih tetap terjadi,mestinya benar Gan,kia harus selalu waspada.
    Kunjungan malam,happy blogging.

    ReplyDelete

Terima kasih buat kunjungan dan komentar dari rekan semua...

 

ragam

trans

opini

layanan umum